Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan realme 7i

1 bulan lalu, by digitek

Spesifikasi, kelebihan dan kekurangan realme 7i

Bulan September 2020, ada smartphone keluaran baru realme yang baru diluncurkan, yaitu realme 7 dan realme 7i. Sama-sama ditujukan untuk segmen kelas menengah, realme 7i bisa dikatakan memiliki fitur yang hampir sama dengan realme 7 yang memang lebih unggul. Hal ini juga bisa kita lihat dari segi harga dimana reamle 7 memang lebih mahal dari realme 7i. Nah, setelah sebelumnya Digitek.id membahas tentang spesifikasi, kelebihan dan kekurangan realme 7 maka kali ini yang akan kita bahas adalah realme 7i. Dengan harga Rp 3.199.000 smartphone ini punya spesifikasi yang menarik untuk kita ulas.

Processor realme 7i - Snapdragon 662

Processor realme 7i – Snapdragon 662

Dimulai dari dapur pacunya yaitu Snapdragon 662 Octa-core Kryo 260 di CPU dan Adreno 610 untuk GPU. Chipset tersebut dibuat melalui proses fabrikasi 11nm sehingga bikin performa ponsel ini jadi powerful. Performa yang tangguh ini juga diimbangi dengan kapasitas RAM 8GB dan memori internal 128GB. Dengan spesifikasi dapur pacu yang mumpuni maka tidak salah jika realme 7i termasuk salah satu HP gaming yang patut diperhitungkan.

realme 7i ultra smooth display

realme 7i ultra smooth display

Nggak hanya itu, realme 7i ini pun menyuguhkan layar berukuran 6,5 inchi dengan panel IPS LCD. Bahkan layar ini sudah disertai fitur Ultra Smooth Display sehingga menyajikan visual yang lebih halus.

Spesifikasi kamera realme 7i

Spesifikasi kamera realme 7i

Kekuatan kamera realme 7i juga termasuk unggul lho. Ada 4 kamera utama di bagian belakang beresolusi 64MP, 8MP, 2MP, dan 2MP yang disertai fitur-fitur lengkap pendukung fotografi maupun videografi.Kalau untuk kamera depan, resolusinya 16MP dengan kualitas sensor Sony IMX471 yang pastinya menghasilkan jepretan keren.

Desain realme 7i

Desain realme 7i

Untuk sisi desain, realme 7i menghadirkan smartphone dengan design yang elegan, stylish dan modern dengan 2 pilihan warna yaitu Aurora Green dan Polar Blue.

Spesifikasi baterai realme 7i

Spesifikasi baterai realme 7i

Yang menjadi fitur unggulan lagi dari realme 7i adalah “Power Master” dari baterainya yang berkapasitas 5000 mAh. Baterai tersebut didukung dengan 18W Quick Charge dan Super Power Saving Mode sehingga selain daya tahannya lama, pengisiannya juga cepat. Untuk OS-nya sendiri adalah Android 10 berbasis realme UI yang menawarkan kemampuan lebih unggul.

realme 7i ini sangat cocok deh untuk kebutuhan anak muda untuk pembuatan berbagai konten kreatif, gaming, dan aktivitas harian lainnya dengan harga yang nggak terlalu tinggi. Kalau ingin mengetahui spesifikasi lebih lengkap dari smartphone ini, berikut juga tersedia ulasannya.

Spesifikasi realme 7i

  • Dimensi : 164,1 x 75,5 x 8,9 mm
  • Berat : 188 g
  • Layar : IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, berukuran 6,5 inch, dengan resolusi 720 x 1600 piksel, rasio 20:9, dan 90Hz refresh rate dengan Ultra Smooth Display
  • Proteksi :Corning Gorilla Glass
  • SIM :dual SIM (nano-SIM, dual stand-by)
  • OS : Android 10, realme UI
  • Chipset : Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11nm)
  • CPU : Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU : Adreno 610
  • RAM : 8 GB, bisa diekspansi microSDXC
  • Memori internal : 128 GB dengan UFS 2.1
  • Kamera utama :
    64MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.73”, 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.3, 119° (ultrawide), 16mm, 1/4.0”, 1.12µm
    2 MPmacro, f/2.4
    2 MP depth, f/2.4
    Dilengkapi LED flash, HDR, panorama, dan 1080p@30fps, gyro-EIS untuk video
  • Fitur kamera utama :
    Photography function 64MP mode, Super Nightscape, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portrait mode, HDR, Ultra-wide mode, Ultra macro mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Motion, Portrait Mode
  • Kamera depan :16 MP f/2.1, 26mm (wide), 1/3”, 1.0µm dilengkapi fitur HDR dan 1080p@30fps, gyro-EIS untuk video
  • Fitur kamera depan : Photography function, Portrait mode, Timelapse, Panoramic viw, AI Beauty, HDR, Face-Recognition, Filter
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable dengan fitur fast charging 18W
  • Jaringan : 4G LTE
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0 A2DP LE, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
  • Sound : loudspeaker, 3,5 mm jack audio
  • Sensor : Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Warna : Aurora Green, Polar Blue

Setelah mengetahui spesifikasi lengkap realme 7i, kamu juga bisa membaca ulasan tentang kelebihan dan kekurangan realme 7i. Siapa tahu bisa untuk bahan pertimbangan selanjutnya agar bisa menyesuaikan kebutuhan dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh smartphone ini.

Kelebihan dan Kekurangan realme 7i

Kelebihan realme 7i

  1. Desain yang atraktif dan nggak monoton

    Kelebihan realme 7i ini salah satunya adalah dari desain yang memiliki tampilan segar dan nggak monoton. Di desain belakang, terdapat garis pemisah dengan arah diagonal yang membaginya menjadi 2 bagian yang sangat kontras. Bagian atas menghadirkan desain cermin dengan pantulan cahaya, sementara bagian bawah memiliki tekstur matte.

    Pada bagian depan, ada punch hole. Lalu di bagian belakang, terdapat empat lensa dan satu flash yang didampingi sensor sidik jari yang mungil. Meskipun desainnya unik, bagian belakang Realame 7i ini cenderung mudah kotor jika digunakan tanpa casing.Untuk penempatan port audio sendiri ada di bawah, diapit lubang speaker dan lubang mic. Kemudian, ada juga port USB Type C. Sementara di sisi kanan ponsel, ada tombol volume, power, dan SIM tray.

  2. Menyajikan visual yang halus dengan Ultra Smooth Display

    Dari segi display, realme 7i menyuguhkan bentang layar berukuran 6,5 inchi dengan layar IPS LCD. Kelebihan realme 7 ini terletak pada kecepatanrefresh layar 90Hz Ultra Smooth Display dan kecepatan pengambilan sampel 120Hz. Fitur ini membuat efek pengguliran dan animasi akan lebih lembut karena mampu menampilkan banyak gerakan halus. Digunakan untuk gaming pastinya akan menyuguhkan visual yang memuaskan.

  3. Memiliki performa yang tangguh

    Kelebihan realme 7i selanjutnya adalah dari segi performa yang menjanjikan. Pasalnya, smartphone ini dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 662 Kryo 260 di CPU dan Adreno 610 untuk GPU. Chipset tersebut dibuat melalui proses fabrikasi 11nm sehingga bikin performa ponsel ini jadi powerful dengan tetap efisien. Pas banget mendukung berbagai kebutuhan, termasuk untuk kepentingan gaming.

  4. Punya kapasitas memori yang besar

    Performa yang oke akan makin sempurna jika diimbangi dengan RAM yang besar, bukan? Nah, realme 7i ini memiliki kelebihan lain yaitu dibekali RAM 8GB dan memori internal 128GB. Cocok abis untuk kamu yang butuh smartphone dengan kapasitas penyimpanan besar dan tangguh untuk multitasking.Untuk gaming pun, kapasitas memori yang besar pastinya membuat game-game yang kamu install bisa dijalankan dengan mulus. Selain itu, RAM 8GB LPDDR4x dual-channel dan ROM 128GB UFS 2.1 ini mampu meningkatkan kinerja grafis.

  5. Memiliki baterai dengan kapasitas besar dan fitur penghemat daya

    Sama dengan realme 7, kelebihan realme 7i yang sangat menggiurkan adalah kapasitas baterainya yang mencapai 5000 mAh. Kapasitas baterai yang besar tersebut dapat bertahan hingga sekitar 15 jam dengan pola pemakaian yang cukup intensif.

    Nggak hanya itu, realme 7i juga memiliki fitur fast charging 18W. Kira-kira kamu akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi baterai dari 0  hingga 100%. Yang lebih menarik lagi, realme 7i ini punya fitur Super Power Saving Mode yang bisa menghemat daya jika terjadi keadaan darurat.

  6. Kamera dengan fitur yang banyak dan profesional

    Kelebihan realme 7i berikutnya adalah mendukung untuk kebutuhan fotografi. Soalnya, realme 7i ini dibekali kamera utama 64MP yang memiliki Night Mode lebih baik. Bahkan ada 3 filtermalam yang sangat oke seperti Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Selain lensa 64MP, ada juga lensa ultra wide 8MP, kamera makro 2MP, dan monokrom 2MP. Hasil fotonya cukup baik dengan detil yang tajam asalkan kondisi cahayanya ideal.

    Untuk fitur kameranya sendiri sangat banyak dan mendukung kebutuhan fotografi lho. Mulai dari 64MP Mode, Super, Nightscape, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portratit mode, HDR, Ultra-wide mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Slow Motion, dan Portrait Mode. Selain itu, ponsel ini juga mampu merekam video dengan sangat baik karena ada UIS Video Stabilization dan UIS Max Video Stabilization.

    Kalau untuk kamera selfie juga nggak kalah oke dengan resolusi 16MP dan punya beberapa fitur seperti Portrait Mode, Timelpase, Panoramic view, AI Beauty, HDR, dan Face-Recognition. Kemampuan merekam videonya juga oke lho hingga 1080p/30fps. Untuk kepentingan fotografi dan videografi, kelebihan realme 7i ini lumayan akan sangat membantumu.

  7. Punya 3 slot kartu

    Banyak lho ponsel dual-SIM yang modelnya hybrid, sehingga hanya punya 2 slot kartu saja. Di mana satu slot bisa kamu gonta-ganti antara kartu SIM atau microSD. Namun, realme 7i ini punya kelebihan dari 3 slot kartu yang dimiliki. Cocok nih untuk memudahkan penggunaan 2 nomor berbeda dalam satu ponsel.

  8. Harga yang rasional

    Dengan berbagai kelebihan dan fitur yang dimiliki, realme7i ini masih punya harga yang rasional lho, yaiu Rp 3.199.000,-. Lumayan terjangkau untuk kelas menengah. Apalagi harga tersebut lebih murah dari realme 7. Pastinya, harga bisa menjadi pertimbangan tersendiri sebelum membeli smartphone keluaran terbaru.

Kekurangan realme 7i

Nggak hanya berbagai keunggulan yang ditawarkan, realme 7i juga memiliki kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan tambahan. Kekurangan-kekurangan di bawah ini bisa jadi penting atau nggak penting tergantung kebutuhanmu. Yuk, simak!

  1. Layar belum Full HD dan panel layar masih IPS LCD

    Salah satu kekurangan realme 7i adalah dari segi layarnya yang masih HD+ dan belum Full HD. Sehingga, tampilan gambar dan ketajaman warnanya kurang sempurna. Apalagi fitur-fitur lainnya sudah cukup bagus. Selain itu, layar realme 7i ini masih memakai panel IPS LCD, sehingga tampilan layar jadi kurang maksimal di bawah terik matahari.

  2. Material bodinya masih plastik polikarbonat

    Desain realme 7i sebenarnya sudah stylish dan atraktif. Hanya saja, kekurangannya dari segi material bodinya yang masih dari polikarbonat, belum dari bahan metal. Selain itu, bodi juga cenderung mudah kotor jika terkena jari sehingga perlu digunakan casing pelindung.

  3. Belum ada fitur 4K untuk fitur perekaman video

    Berbeda dengan seri realme 7, kekurangan realme 7i adalah belum adanya fitur 4K untuk perekaman video. Selain itu, di cahaya temaram, hasil video juga kurang memuaskan. Namun overall, kualitas perekaman videonya sudah oke kok.

Bagaimana ulasan mengenai spesifikasi, kekurangan, dan kelebihan realme 7i diatas? Tertarik untuk membeli smartphone satu ini?

Secara keseluruhan, smartphone ini layak kok untuk dibeli dengan berbagai kelebihan menonjol dari sisi prosesor, baterai kapasitas jumbo, dan kamera yang kualitasnya lumayan unggul. Untuk kekurangannya sendiri hanya dari segi layar dan display yang belum maksimal, desain, dan juga salah satu fitur yang belum ada.

Cari tahu juga spesifikasi, kelebihan dan kekurangan realme 7  atau spesifikasi, kelebihan dan kekurangan realme 7 Pro yang sudah pernah Digitek.id bahas.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *