Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Realme 7 Pro

1 bulan lalu, by digitek

Spesifikasi, kelebihan dan kekurangan realme 7 Pro

Tanggal 14 Oktober 2020 kemarin, realme secara resmi meluncurkan smartphone terbarunya, yaitu realme 7 Pro. Smartphone ini hadir dengan performa yang bertenaga untuk kelas menengah. Tentunya, realme 7 Pro juga banyak mengusung fitur yang lebih oke dibanding realme 7 maupun realme 7i.

Spesifikasi layar realme 7 Pro

Spesifikasi layar realme 7 Pro – Photo via realme.com

Dari segi layar, ponsel ini sudah mengunakan panel Super AMOLED dengan bentang layar 6,4 inchi dan beresolusi Full HD+ alias 1080 x 240 piksel. Sangat mumpuni deh untuk menghasilkan gambar yang tajam dan lebih jernih. Panel Super AMOLED juga pastinya akan menghemat daya baterai.

Spesifikasi kamera realme 7 Pro

Spesifikasi kamera realme 7 Pro – Photo via realme.com

Kemudian dari segi kamera, realme7 Pro ini memiliki konfigurasi quad-camera yang terdiri dari lensa wide 64MP, lensa ultra-wide 8MP, lensa makro 2MP, dan lensa depth 2MP. Kamera-kamera tersebut juga dilengkapi dengan beragam fitur yang mendukung kebutuhan fotografi, seperti Pro Nightscape, fitur Amazing Starry Mode, hingga perekaman video 4K@30fps, dan masih banyak lagi.

Untuk kemera selfie-nya sendiri berkekuatan 32MP dengan berbagai fitur seperti AI beautification, Nightscape mode, serta lain sebagainya.

Spesifikasi prosesor realme 7 Pro

Spesifikasi prosesor realme 7 Pro – Photo via realme.com

Kini beralih ke performa, ponsel ini sudah ditenagai prosesor Snapdragon 720G, CPU Octacore, dan GPU Adreno 618. Dari segi performa sih sangat ngebut dan mendukung untuk gaming dengan kualitas grafik yang mulus.

Performa yang oke ini juga didukung dengan RAM berkapasitas 6GB atau 8GB dan penyimpanan internal sebesar 128GB. Sangat cocok untuk penggunaan secara multitasking dan kebutuhan penyimpanan file-file besar dengan lebih lapang. Dengan OS Android 10 dan antarmuka realme UI, pastinya ponsel ini memiliki fitur yang lebih lengkap dan tampilan yang efisien.

Pilihan warna realme 7 Pro

Pilihan warna realme 7 Pro – Photo via realme.com

Untuk desain, realme 7 Pro dari memiliki desain yang masih mirip dengan seri sebelumnya dengan bodi belakang terbuat dari material plastik yang matte sehingga mencegah sidik jari mudah menempel. Ada 2 pilihan desain yang bisa dipilih, yaitu Mirror Blue dan Mirror Silver. Sementara untuk desain Sun Kissed Leather ini adalah edisi spesial.

Spesifikasi dan fiture baterai realme 7 Pro

Spesifikasi dan fiture baterai realme 7 Pro – Photo via realme.com

Selain itu, realme 7 Pro juga mengandalkan baterai tanam berkapasitas 4.500 mAh. Kapasitas yang besar ini cukup tahan lama, apalagi dilengkapi fitur SuperDart Charge 65W yang mendukung pengisian daya 100% dalam waktu 34 menit. Dengan segala kelebihannya, realme 7 Pro ini dibandrol seharga Rp 4,999 jutaan. Untuk mengetahui spesifikasinya secara lebih lanjut, simak saja ulasan di bawah ini.

Spesifikasi realme 7 Pro

  • Dimensi : 160,9 x 74,3 x 8,7 mm
  • Berat : 182 g
  • Layar : Super AMOLED 6.4 inches, resolusi 1080 x 2400 piksel, rasio 20:9, dilengkapi proteksi Corning Gorilla Glass 3+ (always on display)
  • SIM : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dengan water-repellent coating
  • OS : Android 10 realme UI
  • Chipset : Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU : Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU : Adreno 618
  • RAM : 6GB, 8GB
  • Memori internal : 128 GB, bisa diekspansi dengan microSDXC (dedicated slot), UFS 2.1
  • Kamera utama :
    64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.73”, 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.3, 119°, 16mm (ultrawide), 1/4.0”, 1.12µm
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth)
    Dilengkapi fitur LED flash, HDR, panorama, 4K@30fps, 1080p@30/60/120fps, gyro-EIS
  • Kamera depan :
    32 MP, f/2.5, 24mm (wide), 1/2.8”, 0.8µm
    Dilengkapi fitur HDR, panorama, 1080p@30/120fps, gyro-EIS untuk video
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, non-removable dengan fast charging 65W, 50% dalam 12 menit, 100% dalam 34 menit
  • Jaringan : 4G
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.1, A2DP, LE, USB Type C 2.0, USB On-The-Go, A-GPS, GLONASS, BDS, NavIC
  • Sound : Loudspeaker with Dual Stereo Speakers, Dolby Atmos + Hi-Res, dengan 3.5 mm jack 24-bit/192kHz audio
  • Sensor : Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Warna : Mirror Blue, Mirror Silver, Sun Kissed Leather

Gimana? Cukup menggiurkan kan dengan mengetahui spesifikasi lengkap dari realme 7 Pro? Namun, itu saja nggak cukup. Simak juga ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan smartphone ini. Nantinya pasti bakalan lebih mudah untuk disesuaikan kebutuhan deh.

Kekurangan dan Kelebihan realme 7 Pro

Kelebihan realme 7 Pro

1. Desain yang menarik dan elegan

Kelebihan realme 7 Pro yang pertama terletak pada desainnya yang elegan. Desainnya masih familiar kok dengan seri realme 7. Untuk realme 7 Pro ini, bodi belakangnya menggunakan material plastik. Namun tekstur bodi belakang ini mampu mencegah bekas sidik jari dengan tekstur matte / doff, sehingga ponselmu nggak gampang kotor deh. Kamu bisa memilih desain varian Mirror Blue maupun Mirror Silver. Ada juga desain Sun Kissed Leather tetapi berdasarkan website realme.com sih varian ini termasuk edisi spesial.

Untuk bingkai kamera pada ponsel ini, berbentuk persegi panjang dengan tata letak kamera seperti huruf L. Maksudnya, tata letak kameranya nggak sejajar semua, di mana terdapat satu sensor kamera diletakkan sejajar dengan LED flash. Sementara untuk desain di sisi bawah bodi, terdapat jack audio 3,5 mm, mikrofon, port USB-C, dan speaker utama. Lalu mikrofon yang satunya lagi berada di atas. Untuk sensor sidik jarinya sendiri terbenam di layar yang berukuran 6,4 inchi dan dilengkapi proteksi Corning Gorilla Glass 3+.

2. Layar yang tajam dan lebih hidup

Kelebihan realme 7 Pro lainnya adalah hadir menggunakan panel Super AMOLED berukuran 6,4 inchi dan memiliki resolusi Full HD+. Pastinya display ini akan memberikan gambar yang lebih tajam dan juga hidup. Belum lagi, layar ini dapat menyala hingga 600 nits. Cocok sekali untuk kebutuhan gaming atau streaming video dengan lebih memanjakan mata.

Selain itu, layar AMOLED yang dimiliki realme 7 Pro ini mampu menghasilkan kontras yang tinggi dengan saturasi maksimal. Konsumsi daya baterai juga tentu lebih irit. Bahkan layar smartphone ini juga mendukung always-on display. Sayangnya, refresh rate­-nya masih 60Hz, yang jelas lebih rendah dibanding realme 7.

3. Memiliki kamera yang profesional

Masih ada nih kelebihan Reame 7 Pro, yaitu memiliki kamera yang kualitasnya profesional. Untuk kamera belakangnya sendiri berjumlah 4. Yang pertama, ada kamera 64MP yang menggunakan sensor Sony IMX682. Kemudian ada kamera 8MP ultra wide-angle, 2MP black and white, dan 2MP lensa macro. Fitur kameranya sendiri cukup lengkap. Ada Pro Nightscape sebagai mode malam dan fitur Amazing Starry Mode untuk kebutuhan memotret langit dengan lebih baik.

Selain itu, ada juga fitur Stylish Night Shots with Special Night Filters yang bisa memotret di malam hari dengan hasil yang artistik. Lalu untuk perekaman video, ada fitur Ultra Nightscape untuk hasil lebih terang dan efek real-time bokeh untuk perekaman dengan background blur. Bahkan, ponsel ini bisa merekam video hingga resolus 4K@30fps lho. Ada juga fitur gyro-EIS sehingga perekaman video bisa lebih stabil saat ada guncangan.

Kini, beralih ke kelebihan realme 7 Pro dari segi kamera selfie. Dengan sensor 32MP, untuk kebutuhan selfie pun jadi lebih menarik. Belum lagi kamera depan ini juga punya fitur-fitur unggul seperti AI beautification, Nightscape mode, dan masih banyak lagi. Oh ya, kamera selfie ini juga bisa merekam video dengan kualitas yang bagus kok. Pokoknya, kamera realme 7 Pro sangat mendukung kebutuhan fotografi dan perekaman video deh.

4. Baterai berkapasitas besar dan fitur SuperDart Charge

Kelebihan realme 7 Pro yang satu ini sangat menggiurkan, yaitu adanya baterai berkapasitas besar 4500 mAh. Daya tahan baterai ini kalau digunakan untuk pemakaian full bisa mencapai 6-7 jam lho. Kapasitas baterai yang besar ini sangat didukung dengan fitur SuperDart Charge 65W. Dalam 10 menit charging, baterai sudah bisa mencapai 42%. Untuk mencapai 100%, kamu hanya perlu mengecas selama 34 menitan. Bahkan saat pengisian daya, ponsel akan tetap dingin alias nggak panas. Sangat efisien untuk berbagai kebutuhan, ‘kan?

5. Performa yang gesit dan sangat mendukung untuk gaming

Selanjutnya, akan dibahas kelebihan realme 7 Pro dari segi dapur pacu. Ponsel ini sudah diotaki oleh Snapdragon 720G sehingga performanya lebih powerful. Selain itu, prosesor ini memiliki ukuran 8nm yang membuatnya lebih efisien. realme 7 Pro juga dilengkapi dengan 2.3GHz high-frequency Kryo 465 CPU dan GPU Adreno 618. Untuk kebutuhan gaming bakalan memberikan pengalaman yang gesit dengan kualitas gambar yang halus deh.

6. Kapasitas penyimpanan besar

Performa yang ngebut dari realme 7 Pro juga didukung RAM berkapasitas 6GB atau 8GB LDDR4x dual-channel, sehingga sangat support proses multitasking secara lancar. Selain itu, kapasitas penyimpanan internalnya sendiri sebesar 128GB tipe UFS 2.1. Kelebihan realme 7 Pro dari segi kapasitas yang cukup besar tersebut, menawarkan kebutuhan penyimpanan file-file berat. Bahkan kamu masih bisa mengekspansi penyimpanan dengan slot microSD.

7. Dilengkapi speaker yang oke

Masih ada nih kelebihan realme 7 Pro, yaitu dilengkapi dengan speaker stereo. Untuk mendengarkan musik, menonton film, maupun streaming video, kualitas audionya bakalan lebih mantap.

8. Punya SIM triple slot

Kelebihan realme 7 Pro yang satu ini bisa jadi penting, bisa jadi nggak penting tergantung kebutuhan. Namun jika kamu membutuhkan smartphone dual-SIM untuk penggunaan nomor ponsel lebih dari satu, pastinya hal ini berguna. Apalagi SIM dengan triple slot ini memungkinkan kamu untuk memasang 2 SIM sekaligus microSD bersamaan.

Itulah beberapa kelebihan realme 7 Pro yang membuat smartphone ini jadi unggul. Namun jangan tergiur dulu, Guys. Soalnya masih ada ulasan kekurangan ponsel ini, yaitu sebagai berikut.

Kekurangan realme 7 Pro

1. Refresh rate lebih rendah dibanding seri sebelumnya

Meski smartphone ini memiliki banyak peningkatan dibanding seri realme 7 yang lain, namun ternyata ada beberapa fitur dari realme 7 Pro yang juga mengalami penurunan. Refresh rate yang ada di realme 7 dan 7i sudah 90Hz, sementara di ponsel ini malah 60Hz. Padahal layarnya sendiri sudah menggunakan panel Super AMOLED. Maka, nggak heran kalau kemampuan pemindaian ulang gambar pada layar jadi lebih lambat dibanding realme 7 maupun 7i.

2. Absennya kamera telephoto

realme 6 Pro yang sudah ada sebelumnya telah dilengkapi kamera telephoto lho. Namun, smartphone ini justru malah nggak ada kamera telephoto-nya. Hal ini menjadi kekurangan realme 7 Pro yang patut dipertimbangkan. Apalagi lensa telephoto punya kemampuan 2x Optical Zoom dan 5x Hybrid Zoom yang pastinya makin mendukung kebutuhan fotografi.

3. Masih tergolong standar di kelasnya

Kekurangan selanjutnya dari realme 7 Pro adalah masih umum di kalangan smartphone kelas harga 4 hingga 5 jutaan. Keunggulan yang paling menonjol adalah dari segi baterai, layar, fitur SuperDart Charge, dan kamera yang profesional. Untuk fitur yang lain memang sudah bagus, tetapi nggak begitu unggul dan masih umum seperti kompetitornya.

Kesimpulan

Begitulah ulasan soal spesifikasi, kelebihan dan kekurangan realme 7 Pro yang perlu kamu pertimbangkan. Secara keseluruhan sih smartphone ini sudah unggul dibandingkan seri realme 7 sebelumnya. Namun ada sedikit kekurangan dari segi refresh rate. Meski demikian, jika memang ponsel ini sudah sesuai kebutuhanmu, maka realme 7 Pro layak untuk dibeli kok.

Cari tahu juga spesifikasi, kelebihan dan kekurangan realme 7  atau spesifikasi, kelebihan dan kekurangan realme 7i yang sudah pernah Digitek.id bahas.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *