Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan realme 7

1 bulan lalu, by digitek

Spesifikasi, kelebihan dan kekurangan realme 7

Pada September 2020, realme meluncurkan smartphone terbaru yaitu realme 7 dan realme 7i dengan kelas harga yang kompetitif. Pada artikel ini, realme 7 akan dibahas terlebih dahulu. Smartphone kelas menengah yang satu ini banyak mengalami peningkatan dibanding series sebelumnya.

Fitur utama yang ditawarkan antara lain kamera 64MP yang powerful dengan sensor Sony IMX628, layar FHD+ 6,5 inchi, baterai berkapasitas besar 5.000 mAh dengan 30W Dart Charge, dan kamere selfie 16MP, serta NFC. Dengan fitur tersebut, realme 7 dibandrol harga Rp 3.999.000,- yang pastinya sangat layak.

Procesor realme 7 - MediaTek Helio G95

Procesor realme 7 – MediaTek Helio G95

Performa realme 7 ini juga cukup unggul dibekali dengan OS terbaru Android 10 dengan antarmuka realme UI. Untuk dapur pacunya sendiri dibekali chipset Mediatek Helio G95 dengan fabrikasi 12nm dan GPU Mali-G76 MC4. Performa tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8GB dan memori internal 128GB yang masih bisa diekspansi.

Spesifikasi kamera realme 7

Spesifikasi kamera realme 7

Nggak hanya itu, realme 7 ini memiliki 4 kamera utama dengan konfigurasi 64MP wide, 8MP ultra wide, 2MP portrait, dan 2MP macro. Yang menarik, kamera 64MP realme 7 ini menggunakan sensor Sony IMX682. Pastinya sangat mumpuni untuk keperluan fotografi. Belum lagi, kemampuan merekam videonya bisa dengan kualitas 4K hingga 30fps, dan 1080p hingga 30/60fps. Sementara untuk kamera depan, realme 7 dibekali kamera 16MP dengan kemampuan merekam video beresolusi 1080p hingga 30/120fps.

Desain realme 7

Desain realme 7

Dari segi desain, realme 7 ini sangat kekinian dengan beberapa penempatan fitur yang menambah kesan elegan. Material yang digunakan adalah polycarbonate untuk melapisi bodi bagian belakang. Desain yang oke ini dilengkapi dengan layar yang cukup tajam berukuran 6,5 inchi dengan panel IPS LCD beresolusi 1080x 2400 piksel. Layar realme 7 juga sudah dilengkapi proteksi Corning Gorilla Glass 3 lho.

Spesifikasi baterai realme 7

Spesifikasi baterai realme 7

Dengan segala fitur keren dan canggih tersebut, realme 7 memiliki kapasitas baterai raksasa yaitu 5000 mAh dangan pengisian daya cepat 30W Dart Charge. Sangat tahan lama untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan, ‘kan? Ada 2 varian desain dari realme 7 yang hadir di Indonesia, yaitu Mist White dan Mist Blue.

Secara lebih jelas dan lengkap, spesifikasi realme 7 bisa dilihat dalam ulasan di bawah ini.

Spesifikasi realme 7

  • Dimensi : 162,3 x 75,4 x 9,4 mm
  • Berat : 196,5 g
  • Layar : IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 90Hz Ultra Smooth Display, berukuran 6,5 inch, dengan resolusi 2400 x 1080 piksel, 480 nits
  • Proteksi : Corning Gorilla Glass 3
  • SIM : dual SIM (nano-SIM, dual stand-by)
  • OS : Android 10
  • Chipset : MediaTek Helio G95 (12nm)
  • CPU : Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55
  • GPU : Mali-G76 MC4
  • RAM : 8 GB LPDDR4x dual channel
  • Memori internal : 128 GB
  • Kamera utama :
    64 MP (Sony IMX682), f/1.8, 26mm (wide), 1/1.73”, 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 119° (ultrawide), 16mm, 1/4.0”, 1.12µm
    2 MP Portrait, f/2.4
    2 MP Macro, f/2.4
  • Kamera depan : 16 MP f/2.0, FOV 79.3°, f/2.0, 5P lens
  • Fitur video : 4K, 30fps 1080P, 30/60fps 720P, 30/60fps 1080P Slow-mo, 120fps EIS, stabilisasi gambar elektronik
  • Fitur kamera : Flash, AI Beauty, UIS Video Stabilization, Video Bokeh, Chroma Boost, Nightscape, Starry Mode, Expert Mode, Portrait Mode, HDR, Night Color Filter, Pro 64MP mode
  • Baterai : 5000 mAh, 30W DART Charge
  • Jaringan : 4G LTE
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth v5.0 A2DP LE, USB Type C, GPS, aGPS, GLONASS, BDS, NFC
  • Sensor : Magnetic Induction Sensor / Light Sensor / Proximity Sensor/ Gyro-meter / Acceleration Sensor
  • Warna : Mist White, Mist Blue

Itu dia spesifikasi lengkap dari realme 7 dengan fiturnya yang kekinian. Spesifikasi lengkap tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli smartphone yang satu ini. Namun, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan ponsel ini.

Kelebihan dan Kekurangan realme 7

Kelebihan realme 7

  1. Desain yang stylish dan kekinian

    Kelebihan realme 7 yang pertama adalah dari segi desainnya yang kekinian banget. Ada 2 varian warna dari realme 7, yaitu Mist White dan Mist Blue yang masing-masing punya gradasi warna baru serta kekinian abis. Bagian bodinya menggunakan tekstur CD klasik dan berdesain kaca doff, tetapi materialnya sendiri dari plastik.

    Pada desain bagian depan, ada punch hole di kiri atas untuk penempatan kamera depan. Sementara pada bagian belakang terdapat empat kamera yang disusun secara vertikal. Kalau penempatan finger print sendiri ada di samping yang tambah memberi kesan elegan. Pastinya, desain bisa menjadi bahan pertimbangan juga, ‘kan?

  2. Layar yang cukup tajam dan berkualitas

    Kelebihan realme 7 selanjutnya terletak pada layarnya yang memiliki gambar cukup tajam. Meski sama dengan realme 6, tetapi kualitas layar ini sangat oke dengan membawa teknologi layar 90Hz Ultra Smooth Display. Dimensi layarnya sendiri 65,5 inchi dengan resolusi Full HD+. Berjenis IPS, layar realme 7 ini bisa menyala terang hingga 48 nits. Untuk berbagai keperluan, pastinya layar smartphone ini akan sangat memanjakan mata. Selain itu, layar yang tajam ini sudah dilengkapi proteksi Corning Gorilla Glass 3. Makin oke ‘kan jadinya?

  3. Kamera dengan kemampuan mumpuni

    realme 7 juga memiliki kelebihan dari segi kamera utama yang dimiliki. Mungkin kamera beresolusi 64MP sudah biasa, tetapi pada ponsel ini nggak hanya resolusinya yang oke, sensornya menggunakan Sony IMX682 f/1.8. Cocok banget untuk kebutuhan fotografi atau pembuatan konten karena resolusi gambar yang dihasilkan besar dan lebih banyak cahaya yang ditangkap untuk detail foto.

    Selain kamera beresolusi 64MP, realme 7 ini memiliki kamera 8MP ultra wide, 2 MP portrait, dan 2MP macro lens dengan jarak fokus terdekat 4 cm. Fiitur pada kameranya banyak banget lho. Ada mode Chroma Boost untuk hasil foto dengan warna lebih nyata, ada juga mode malam, ada Starry mode, dan berbagai filter untuk membuat hasil foto makin dramatis.

    Kemampuan untuk merekam video dari kamera realme 7 ini juga cukup mumpuni dengan kualitas 4K hingga 30fps, dan 1080p hingga 30/60fps. Kamera depan juga nggak kalah keren, dengan resolusi 16MP, kamera ini mampu merekam video dengan resolusi 1080p hingga 30/120fps. Pokoknya, kelebihan realme 7 soal kamera untuk smartphone di kelas mid-range sih nggak perlu diragukan lagi.

  4. Performa yang kencang dengan Chipset terbaru dan kapasitas memori yang besar

    Performa smartphone pastinya juga menjadi pertimbangan krusial, ‘kan? Nah, kelebihan realme 7 yang satu ini sangat layak untuk dipertimbangkan. realme 7 menggunakan salah satu chipset terbaru dari MediaTek, yaitu Helio G95. Tentunya performanya sangat powerful. Cocok abis untuk kebutuhan gaming.

    Belum lagi, CPU dan GPU dari ponsel ini juga ditingkatkan lho. Nah, performa yang sudah oke ini diimbangi dengan kapasitas RAM 8GB dan penyimpanan internal yang cukup luas hingga 128GB. Oh ya, yang lebih menarik lagi, realme 7 ini memiliki sistem pendingin berbasis carbon fiber yang bisa menurunkan suhu sampai 8,6%. Pas banget buat kamu yang banyak menggunakan smartphone secara intensif untuk berbagai kebutuhan.

  5. Kapasitas baterai yang tahan lama

    Masih ada nih kelebihan realme 7 yang sangat unggul, yaitu kapasitas baterainya yang besar mencapai 5000 mAh dangan pengisian daya cepat 30W Dart Charge. Nggak hanya tahan lama, waktu pengisian baterainya pun, kira-kira bisa penuh 50% dalam waktu 30 menitan. Sangat oke nih kalau untuk penggunaan intensif di luar ruangan yang nggak ada tempat pengisian daya.

    Kemudian, Reame 7 ini juga memiliki standar Power Delivery 15 Watt. Sehingga kalau kamu sedang bepergian dan nggak membawa adapter, baterai tetap bisa diisi dengan cepat. Belum lagi, ada juga fitur Super Power Saving Mode yang cocok abis untuk keadaan darurat. realme 7 ini sangat mengerti kebutuhan penggunanya deh!

  6. Punya fitur Nearby Share

    realme 7 juga punya berbagai fitur keren yang sangat membantu penggunanya, salah satunya adalah fitur Nearby Share. Fitur ini mendukung transfer data antar perangkat Android yang memungkinkan untuk berkirim file secara mudah dan cepat dibandingkan Bluetooth.

  7. Daya tahan cukup kuat

    Kalau mencari smartphone yang awet, realme 7 ini bisa menjadi salah satu rekomendasi. Kelebihan dari smartphone ini, yaitu sudah lolos uji TUV Rheinland dengan 23 pengujian utama dan 72 pengujian kecil. Ponsel ini sangat kuat untuk penggunaan sehari-hari deh.

  8. Sudah ada fitur NFC

    Kelebihan realme 7 yang satu ini sangat menarik, karena sudah menghadirkan fitur NFC. Padahal fitur ini biasanya ada di smartphone flagship. Sangat cocok deh buat kamu yang memiliki beragam kartu uang elektronik agar dimudahkan untuk cek maupun isi ulang saldo dari realme 7 ini.

  9. Harga yang layak dan kompetitif

    Dengan segala fitur yang ada, realme 7 dibandrol dengan harga Rp 3.999.000,- dan Rp 3.899.000,- untuk flash sale. Harga ini layak kok dengan segala kelebihan di smartphone ini.

Kekurangan realme 7

Dengan segala kelebihan-kelebihan tersebut, realme 7 masih memiliki kekurangan yang juga layak untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli smartphone ini.

  1. Belum didukung Dolby Atmos

    Kakurangan realme 7 yang pertama adalah belum adanya Dolby Atmos yang biasanya ada pada smartphone di kelas yang sama. Selain itu, kualitas speaker pada smartphone ini juga kurang oke untuk kebutuhan mendengarkan musik. Pastinya hal ini bisa dipertimbangkan sendiri.

  2. Panel layar belum AMOLED

    Meski menampilkan gambar yang cukup tajam, kekurangan realme 7 ini belum memiliki panel layar AMOLED yang bisa menampilkan kualitas gambar lebih cerah dan tajam lagi dengan daya yang lebih hemat. Namun secara keseluruhan, kelebihan-kelebihan realme 7 sudah cukup unggul kok.

  3. Material bodi belakang masih polycarbonate

    Dengan desain yang sudah stylish dan elegan, sayang sekali kekurangan realme 7 ini juga ada pada material bodinya. Pada body belakang, masih menggunakan material polycarbonate atau plastik, belum menggunakan metal. Meski demikian, daya tahan realme 7 ini masih cukup kuat.

Cukup sekian ulasan mengenai spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan realme 7. Secara umum, smartphone ini sudah sangat menarik dan unggul. Apalagi sudah banyak fitur-fitur baru yang belum ada pada series realme sebelumnya. Meski ada sedikit kekurangan, tapi secara keseluruhan, realme 7 ini sangat mendukung beragam kebutuhan.

Cari tahu juga spesifikasi, kelebihan dan kekurangan realme 7i  atau spesifikasi, kelebihan dan kekurangan realme 7 Pro yang sudah pernah Digitek.id bahas.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *