Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihan Realme XT 730G

11 bulan lalu, by digitek

Spesifikasi kekurangan dan kelebihan realme XT 730G

Salah satu smartphone yang akan turut meramaikan pasaran smartphone di akhir tahun 2019 ini adalah Realme XT 730G. Realme melalui seri dan varian ini akan ikut membuat persaingan smartphone gaming menjadi sangat ketat. Sejak pertama kali XT 730G masih keluar rumor, memang Realme sengaja memberikan cap “gaming” kepada smartphone yang satu ini.

Jika dilihat dari pangsa pasar Realme, tentunya Indonesia menjadi target pasar mereka mengingat penjualan Realme sendiri di tahun 2019 yang lalu termasuk ke lima besar penjualan smartphone terbanyak. Sebelumnya Realme juga sudah mengeluarkan seri Realme XT di beberapa bulan yang lalu dan sudah dirilis di Indonesia.

Dengan diumumkannya Realme XT 730G ini tentunya menjadi salah satu kabar bahagia yang cukup ditunggu bagi para pencinta Realme di Indonesia. Nah, di artikel ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui informasi terkait smartphone yang satu ini. Dari sini kita akan membahas mengenai spesifikasi, kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh Realme XT 730G lebih lanjut.

Perlu anda ketahui bahwa rumornya, smartphone ini akan memiliki tampilan dan juga fasilitas serta fitur yang dimiliki smartphone pendahulunya Realme XT, namun smartphone ini akan disokong dengan SoC atau chipset yang lebih gahar yaitu snapdragon 730G. Jika anda masih belum sadar ada huruf “G” tersebut menunjukkan bahwa chipset tersebut memang didedikasikan untuk hp dan juga smartphone gaming.

Baiklah mari kita pelan – pelan bahas lebih mendetail mengenai Realme XT 730G.

Spesifikasi Realme XT 730G

Menurut beberapa sumber seperti GSMArena dan juga berbagai sumber lainnya, Realme baru akan merilis smartphone ini di tahun 2020 mendatang. Walaupun secara resmi akan dikenalkan di akhir tahun atau bulan Desember 2019 ini, namun di tahun 2020 mendatang kemungkinan baru akan dirilis.

Realme ini sangat ditunggu – tunggu oleh para pencinta smartphone yang ada di Asia seperti India, Indonesia, sekitarnya. Jadi untuk anda ketahui secara lebih jauh berikut adalah spesifikasi dari Realme XT 730G.

Desain

Berbicara tampilan luar, kemungkinan smartphone yang satu ini akan masih sama dengan varian sebelumnya yaitu Realme XT. Tampilan luar yang dibuat dengan “khas” notch berbentuk V milik Realme dan tampilan yang cukup mewah.

Jika dilihat dari depan akan terlihat bezel tipis di bagian pinggir display yang menambah kesan menarik serta kekinian. Belum dikonfirmasi bahwa smartphone ini akan memiliki desain warna seperti apa namun jika dilihat dari warna Realme XT, kemungkinan dua warna Pearl White dan juta Pearl Blue tetap akan menjadi pilihan.

Di bagian belakang anda akan bisa melihat empat kamera menempel di bodi mulus meilik Realme XT 730G. Dengan Quad Camera, Realme bekerjasama dengan Samsung menyematkan lensa Samsung ke dalamnya. Dan akhirnya di bagian bawah bodi belakang logo Realme terpampang gagah menghiasi.

Display

Untuk segi display smartphone yang satu ini memiliki teknologi paling kini yang sering digunakan oleh hp flagship. Bagaimana tidak, dilengkapi dengan teknologi Super AMOLED, capacitive touchscreen dilengkapi kemampuan membaca dan menampilkan 16M colors membuat mata kita akan sangat nyaman.

Kemudian tambahan pelindung layar berupa Corning Gorilla Glass 5 yang akan mengamankan layar display dari berbagai benturan dan goresan. Dari segi resolusi sendiri, Realme XT 730G mampu menampilkan resolusi 1080 x 2340 yang berarti Full HD+.

Performa Dan Dapur Pacu

Selajutnya kita akan membahas mengenai performa dari hp terbaru dari Realme. Diperhatikan dari SoC atau Chipset yang diberikan adalah besutan dari Qualcomm yang juga memiliki fitur untuk hp kelas menengah ke atas. Dibekali dengan Qualcomm SDM 730 Snapdragon 730G tentunya Realme ingin mensejajarkan varian ini ke performa “gaming”.

Bagi anda yang belum tahu, seri “G” pada SoC atau chipset Snapdragon memang ditujukan untuk smartphone dan hp gaming. Selain itu seri 7 Chipset ini juga merupakan chipset yang tanggung walaupun jarang digunakan oleh produsen smartphone.

Dengan dibekali CPU Octa Core yang memiliki kecepatan pemrosesan data yang sangat cepat, diklaim smartphone ini akan mampu menawarkan kecepatan yang luar biasa. Kemudian grafisnya juga akan didukung dengan GPU Adreno 618.

Memori Dan Penyimpanan

Tekologi terbaru mengharuskan smartphone jaman sekarang berpindah dari EMMC ke teknologi UFS, begitu pula dengan smartphone dari Realme yang satu ini. Dibekali dengan teknologi UFS 2.1 Realme XT 730G dipercaya akan mengatasi kelemotan yang sering terjadi di Android selama ini terkait dengan masalah penyimpanan.

Dibekali dengan 2 varian memori yang ditawarkan jika berkaca dari pasar Indonesia, anda bisa memilih piliah 4GB RAM, 128GB ROM atau 8GB RAM, 128GB ROM.

Kamera Dan Teknologinya

Dari segi kamera memang Realme XT 730G ini memang bukan main memberikan fitur mereka. Simak saja dimana kamera bagian belakang dibekali dengan kamera utama dengan resolusi 64 MP dengan sensor Samsung GW1, kemudian ditambah 8 MP wide lenses, 2 MP macro lenses (untuk objek yang sangat kecil), dan 2 MP depth sensor.

Selain itu kamera ini juga mendukung perekaman video dengan kualitas 4k HD Video dengan 30FPS. Anda juga bisa merekam dengan 60FPS di resolusi 1080p. Bukankah cukup mengejutkan untuk spesifikasi kameranya?

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari Realme XT 730G:

  • Network/Jaringan: GSM/HSPA/LTE.
  • Dimensi: 158.7 x 75.2 x 8.6 mm.
  • Berat: 183 gram.
  • SIM Card: Dual SIM (nano-SIM).
  • Teknologi Display: Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors.
  • Ukuran layar: 6.4 inches.
  • Resolusi: 1080 x 2340 pixels.
  • Proteksi layar: Corning Gorilla Glass 5.
  • Sistem Operasi: Android 9.0 (Pie), Kemungkinan akan upgrade ke Android 10.
  • User Interface: ColorOS 6 milik Realme.
  • Chipset SoC: Qualcomm SDM 730 Snapdragon 730G (8nm).
  • CPU: Octa-core (2 x 2.2 GHz Kyro 470 Gold & 6 x 1.8 GHz Kyro 470 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • Memori: 4GB RAM/128GB ROM, 8GB RAM/128GB. USF 2.1
  • Kamera Belakang: 64 MP PDAF + 8 MP ultrawide lense + 2 MP Macro + 2 MP depth sensor.
  • Kamera Depan: 16 MP wide lens.
  • Baterai Dan Fitur: 4000 mAh, fast battery charging 30W (VOOC Flash Charge 3.0).

Kelebihan Realme XT 730G

Bagi anda yang menunggu dirilisnya smartphone yang satu ini, ada baiknya menyimak kelebihan yang dimiliki berikut ini:

  • Performa handal. Smartphoe ini memiliki performa yang mampu disejajarkan dengan smartphone atas lainnya walaupun masih kalah dengan jajaran flagship dengan snapdragon seri 8 ya.
  • Teknologi kamera baru. Dengan sensor yang mampu membuat resolusi hingga 64 MP tentunya merupakan teknologi baru di dunia smartphoe.
  • Desain cantik nan mewah khas Realme memang menarik perhatian para penggemar smartphoe yang satu ini.

Kekurangan Realme XT 730G

Tetap saja smarthpone yang paling mahal pun memiliki kekurangan. Jika dilihat dari spesifikasi di atas ada beberapa kekurangan yang akan meonjol, berikut ini adalah kekurangan yang dimilikinya:

  • Kapasitas baterai. Benar sekali kekurangan ini fatal karena paling tidak Realme bisa membuat kapasitas hingga 4500 atau 5000 mAh alih – alih hanya 4000 mAh saja.
  • Desain di bagian belakang terlihat menganggu karena kamera yang menonjol sehingga sangat tidak nyaman untuk diletakkan di kantong.
  • Kamera depan yang tidak meningkat dibandingkan Realme X2. Tapi sepengatan kami karena fitur kamera depan dikorbankan untuk performa dengan menyematkan chipset terbaru, namun tampakya bagi beberapa orang terganggu dengan fasilitas yang diberikan.

Demikian spesifikasi, kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh Realme XT 730G. Semoga artikel ini membantu anda dalam memutuskan untuk membeli atau mencari smartphone terbaru. Untuk harga sendiri kemungkinan smartphone ini akan dipasarkan di harga kurang lebih mendekati Realme XT yang di Indonesia dipasarkan dengan harga Rp. 3.500.000,-.

Jadi jangan lupa share artikel ini ya? Dan sampai bertemu kembali di artikel kita selanjutnya!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *