Spesifikasi, Kelebihan Dan Kekurangan Realme C17

1 minggu lalu, by digitek

Spesifikasi, kelebihan dan kekurangan realme C17

Produsen realme baru saja meluncurkan smartphone terbaru untuk menambah seri C-nya, yaitu realme C17. Dengan berbagai terobosan terbaru, realme C17 ini cukup menarik dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki. Di artikel ini akan dibahas dengan lengkap soal ulasan realme C17 ini lho.

Pilihan warna realme C17

Pilihan warna realme C17 – Photo via realme.com

Dimulai dari desain, smartphone ini memiliki bodi yang atraktif dengan 2 pilihan warna, yaitu Navy Blue dan Lake Green. realme C17 ini juga cukup ramping dan ringan dengan bobot hanya 188 gram yang memberi kenyamanan pengguna saat menggenggamnya. Kemudian dari segi display juga cukup unggul dibekali dengan layar IPS LCD ukuran 6,5 inci dan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel).

Spesifikasi layar dan kamera selfie realme C17

Spesifikasi layar dan kamera selfie realme C17 – Photo via realme.com

Sementara itu, layar juga dilengkapi refresh rate 90Hz dan rasio aspek 20:9. Kalau soal visual, pastinya ponsel ini bisa menyediakan gambar yang mulus. Bisa dibilang kalau realme C17 ini adalah versi lite dari realme 7i. Dari segi kamera, realme C17 ini dibekali kamera selfie 8MP dengan berbagai fitur menarik seperti Beauty Mode, foto bokeh, dan lain sebagainya. Kamera selfie ini terletak pada punch-hole sisi kiri atas layar.

Spesifikasi kamera realme C17

Spesifikasi kamera realme C17 – Photo via realme.com

Kalau untuk kamera belakang, terdapat 4 buah kamera dalam modul persegi di sisi belakang bodi. Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 13MP, ultrawide 8MP, makro 2MP, dan depth 2MP. Belum lagi fitur kameranya juga banyak sehingga sangat mendukung untuk kebutuhan fotografi yang kekinian. Selain itu, kamera realme C17 ini juga bisa untuk perekaman video dengan kualitas 1080p@30fps.

Spesifikasi chipset realme C17

Spesifikasi chipset realme C17 – Photo via realme.com

Kini beralih ke dapur pacu, realme C17 sudah dibekali dengan chipset Qualcomm SM450 Snapdragon 460 dan CPU Octa-core. Cukup kekinian dan mendukung performa yang ngebut untuk kelas smartphone new entry. Performa dari dapur pacu ini juga dilengkapi dengan GPU Adreno 610. Nggak hanya itu, untuk kebutuhan multitasking pun smartphone ini sangat men-support karena memiliki RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB yang masih bisa diekspansi microSD hingga 256GB. Cocok buat kamu yang butuh smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang besar.

Spesifikasi baterai realme C17

Spesifikasi baterai realme C17 – Photo via realme.com

realme C17 juga memiliki keunggulan dari segi kapasitas baterai yang tahan lama, yaitu mencapai 5000 mAh. Baterai tersebut bahkan sudah dilengkapi fitur fast charging 18W. Sangat mendukung untuk pemakaian intensif dalam waktu lama, bukan? Kalau untuk OS sih realme C17 ini sudah menggunakan platform Android 10 dan antarmuka realme UI.

Kemudian untuk fitur konektivitas, ponsel ini mendukung slot dual-SIM, jack audio 3,5 mm, USB 2.0 Type-C 1.0 reversible connector, dan USB On-The-Go. Kamu bisa membeli smartphone ini dengan harga Rp 2,8 juta. Nah, kalau ingin mempertimbangkan secara lebih lengkap, simak saja spesifikasi realme C17 berikut ini.

Spesifikasi realme C17

  • Dimensi : 164,1 x 75,5 x 8,9 mm
  • Berat : 188 gram
  • Layar : IPS LCD, 90Hz, berukuran 6.5 inches, resolusi 720 x 1600 piksel, rasio 20:9, dan dilindungi Corning Gorilla Glass
  • SIM : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • OS : Android 10
  • Chipset : Qualcomm SM450 Snapdragon 460 (11 nm)
  • CPU : Octa-core (4×1.8 GHz Kryo 240 & 4×1.6 GHz Kryo 240)
  • GPU : Adreno 610
  • RAM : 6GB LPDDR4X
  • Memori internal : 128 GB , bisa diekspansi dengan microSDXC (dedicated slot), UFS 2.1
  • Kamera utama :
    13 MP, f/2.2, (wide), 1/3.06”, 1.12µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 119° (ultrawide), ¼.0”, 1.12µm
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth)
    Dilengkapi fitur LED flash, HDR, panorama, 1080p@30fps
  • Kamera depan :
    8 MP, f/2.0, (wide), 1/4.0”, 1.12µm
    Dilengkapi fitur HDR 1080p@30fps untuk video
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable dengan fast charging 18W
  • Jaringan : 4G
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, USB Type C 2.0, USB On-The-Go, A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, FM radio
  • Sound : Loudspeaker, dengan 3.5 mm jack
  • Sensor : Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
  • Warna : Navy Blue, Lake Green

Itulah spesifikasi lengkap dari realme C17 yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli smartphone keluaran terbaru ini. Selanjutnya, Digitek juga akan mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan realme C17. So, check this out!

Kelebihan dan kekurangan realme C17

Kelebihan realme C17

1. Desain yang atraktif

Kelebihan realme C17 yang pertama adalah dari segi desainnya yang atraktif untuk ukuran smartphone harga Rp 2 jutaan. Ada 2 pilihan warna desain dari realme C17 ini, yaitu Navy Blue dan Lake Green. Gaya visual untuk warna Navy Blue cenderung reflektif sementara Lake Green menghadirkan efek buram atau matte pada desain belakangnya.

Untuk desain modul kamera belakang sendiri, berbentuk huruf L dengan penempatan kamera bersama flash. Kemudian di bagian belakang tengah, ada sensor sidik jari. Kalau untuk desain bagian depan, terdapat punch hole di kiri atas layar. Dengan bobot 188 gram, bodi smartphone ini masih tergolong ringan dan tipis (8,5 mm) sehingga nyaman untuk digenggam. Oh ya, yang lebih menarik lagi, desain semua lubang di smartphone ini dilengkapi pelindung silikon yang bisa melindungi ponsel dari percikan air.

2. Layar dengan visual yang mulus

Kelebihan realme C17 lainnya adalah dari segi display. Smartphone ini dibekali dengan panel layar IPS LCD berukuran 6,5 inchi. Bentang layar yang cukup besar ini juga dilengkapi dengan kecepatan refresh layar 90Hz Ultra Smooth dan kecepatan pengambilan sampel 120Hz. Dengan fitur ini, realme C17 memiliki tampulan visual yang lebih mulus.

Sementara dari segi ketajaman dan kecerahan layar, realme C17 dibekali 1600 x 720 piksel atau resolusi HD+ dengan kecerahan 600 nits. Pastinya cukup memanjakan mata dengan tampilan gambar yang lebih jernih. Untuk kebutuhan gaming, menonton video, streaming, dan lain sebagainya visual bakalan lebih halus. Selain itu, layar smartphone ini pun memiliki proteksi Corning Gorilla Glass 3.

3. Performa lebih ngebut

Kalau soal performa, realme C17 juga punya kelebihan yang sangat menarik nih. Seri ini dibekali dengan chipset Qualcomm dan prosesor Snapdragon 460. Dapur pacunya sendiri menggunakan ukuran 11nm sehingga lebih powerful dan efisien. Belum lagi pengolah grafisnya juga menggunakan Adreno 610.

Hal ini membuat realme C17 punya kinerja bagus dengan performa ngebut untuk multitasking. Untuk kebutuhan main game pun bakalan sangat nyaman tanpa nge-lag. Selain itu, untuk gaming, tampilan grafisnya juga cukup memuaskan.

4. Punya kapasitas memori cukup besar

Dengan dapur pacu yang membuat performa powerful, kelebihan realme C17 ini juga dilengkapi dengan kapasitas memori yang besar. Untuk kelas yang sama, smartphone ini punya kapasitas RAM 6GB LPDDR4X. Hal ini pastinya sangat mendukung untuk multitasking dan penggunaan smartphone secara intensif secara lebih nyaman.

Sementara itu, ponsel ini dilengkapi memori internal berkapasitas 128GB UFS 2.1 dan bisa diekspansi dengan microSD hingga 256GB. Cocok banget deh untuk penyimpanan file-file penting berukuran besar tanpa takut cepat penuh.

5. Kamera yang bisa diandalkan

Kelebihan realme C17 selanjutnya adalah dari segi kamera yang dimiliki. Kamera belakang smartphone ini ada 4, yaitu kamera utama beresolusi 13MP (wide). Kamera ini memiliki dukungan PDAF sehingga mampu menangkap fokus secara lebih cepat dan tepat. Selain itu, ada kamera beresolusi 8MP wide angle sehingga bisa menangkap tampilan gambar lebih luas.

Kemudian, ada juga kamera sensor pendukung beresolusi 2MP macro dan 2MP depth. Kamera-kamera tersebut mampu memproduksi gambar dalam warna hitam putih dan memberikan eksposur lebih tinggi. Belum lagi, fitur kamera yang dimiliki realme C17 ini sangat banyak. Ada Super Nightscape Mode, Panoramic view, AI Scene Recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Bokeh Effect Control, dan masih banyak lagi. Lalu untuk perekaman video, kamera belakang bisa men-support video dengan kualitas 1080p@30fps.

Kalau dari segi kamera depan, kelebihan realme C17 ini dibekali kamera selfie 8MP yang bisa memotret gambar secara jelas dan jernih. Untuk fitur kamera selfie sendiri ada Portrait Mode, Timelapse, Panoramic view, Beauty Mode, HDR, Face-Recognition, Filter, hingga Bokeh Effect Control. Sangat mendukung untuk kebutuhan fotografi dan perekaman video dalam pembuatan konten, terutama konten sosial media kan?

6. Sudah didukung OS Android 10

Masih ada nih kelebihan realme C17, yaitu dari segi OS serta antarmuka yang digunakan. Smartphone ini sudah dibekali dengan OS Android 10 dan antarmuka realme UI yang bakalan menawarkan pengalaman penggunaan lebih baik. Selain itu, gaya desain ikonnya lebih minimalis dan teratur, sehingga tampilannya lebih efisien.

7. Memiliki kapas baterai besar

Kelebihan lain dari realme C17 adalah baterainya yang berkapasitas besar, yaitu hingga 5000 mAh dan sudah disertai fitur fast charging 18W. Baterai ini dapat bertahan hingga 34 hari kalau dalam mode siaga lho. Kemudian untuk pengisiannya, dalam waktu 30 menit baterai sudah terisi hingga 33%.

Bahkan nih, baterai realme C17 ini didukung fitur App Quick Freeze, Screen Battery Optimization, hingga Power Saving Mode. Selain kapasitas baterai yang besar dan fitur pengisian cepat, kamu juga bisa menggunakan fitur hemat daya deh. Kelebihan yang satu ini sangat layak dipertimbangkan, apalagi jika kamu membutuhkan smartphone yang tahan lama untuk pemakaian intensif.

8. Harga yang terjangkau

Untuk berbagai fitur keren seperti berbagai ulasan kelebihan realme C17 di atas, harga smartphone ini hanya Rp 2,8 juta lho. Sangat layak bersaing dengan smartphone lain pada segmen harga yang sama.

Gimana? Berbagai ulasan tentang kelebihan realme C17 di atas sangat menarik dan menggiurkan, bukan? Namun tunggu dulu. Jangan lupa pertimbangkan juga kekurangan realme C17 di bawah ini.

Kekurangan realme C17

1. Layar masih menggunakan panel IPS LCD dan beresolusi HD+

Kekurangan realme C17 yang satu ini sebenarnya nggak terlalu berpengaruh. Layarnya sebenarnya masih sangat oke kok. Hanya saja, dengan performa yang sudah powerful, smartphone ini bakalan lebih kekinian dan istimewa jika layarnya sudah Full HD. Namun demikian, kualitas layar sudah dilengkapi dengan fitur refresh rate 90Hz kok.

Itulah ulasan tentang spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan realme C17. Meski ada satu kekurangan yag nggak begitu signifikan memengaruhi kualitas smartphone ini, secara keseluruhan realme C17 ini layak untuk dipertimbangkan jika kamu tertarik. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan penggunaan smartphone yang kekinian. Apalagi harganya pun masih bersahabat. Namun tetap saja, jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhanmu juga, ya.

1+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *