Lengkap! Ini Dia Fitur, Spesifikasi, dan Harga PS5 2020

1 bulan lalu, by DigiTek ID

PS5

Yakin mau beli? Kayak gini nih fitur, spesifikasi, dan harga PS5 yang wajib kamu tau!

Sony udah terus-terusan kasih info ke kita kalau PS5 bakal dirilis. Sayangnya, nggak ada info yang jelas tentang game apa yang paling recommended atau bentuk fisik dari PS5 itu sendiri.

Setelah kita cari tau lebih dalam lagi, kita menemukan info tentang fitur PS5 yang bikin kamu melongo!

Kira-kira, apa aja fitur yang paling nendang serta berapa harga PS5 ini?

Simak selengkapnya ya …

Fitur, Spesifikasi, dan Harga PS5 Update 2020

Mungkin banyak nitizen yang masih ragu tentang fitur PS5. Soalnya, PS4 aja udah excellent banget loh!

Bahkan saking eksklusif-nya, ada cracker dan hacker yang bikin produk dengan nama PS4 Hen. Sayangnya, Sony masih tangguh banget dengan sistem security sehingga PS4 Hen nggak bakal bisa digunakan kalau online!

Terus, gimana teknologi yang dipakai PS5 ini?

Fitur Fix PS5

1. Loading Cepat

~ Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020

~ Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020 ~ Loading PS5

Asal kamu tau, PS5 udah dilengkapi dengan sistem SSD yang super cepat sehingga bisa mempersingkat durasi loading. Nggak cuman wacana aja, Mark Cerny, sosok leader arsitek sistem untuk PS5, mencoba demo secara langsung dengan game Spiderman dari Marvel.

Buktinya, PS4 butuh waktu loading sekitar 8,10 detik. Sementara itu, PS5 cuman butuh waktu sekitar 0,8 detik loh!

Rahasia nya simple banget kok!

SSD PS5 dilengkapi dengan lebih banyak bandwidth. Jadi, data bisa langsung diproses via bandwidth kalau emang diperlukan. Biasanya, data ini akan langsung masuk ke RAM. Itulah kenapa loading PS4 dan PS sebelumnya agak lama.

Dengan terobosan ini, nggak heran deh kalau waktu loading yang dibutuhkan jadi makin singkat.

2. Teknologi Audio 3D yang Perfect

~ Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020

~ Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020 ~ Tempest 3D Audio Engine

Akhirnya, Sony berhasil bikin teknologi audio miliknya sendiri. Kerennya, teknologi ini langsung dipasang perdana di PS5 sebagai fitur unggulannya! Teknologi Audio ini dikenal dengan nama Tempest 3D Audio Engine.

Teknologi ini dibuat dengan memanfaatkan hardware built-in dan algoritma software custom sehingga audio game yang dihasilkan jauh lebih realistis. Dengan kata lain, kualitas audio nya jadi makin imersif.

Beda sama teknologi audio lainnya, Tempest 3D Audio Engine ini compatible dan bisa dipakai dengan headset gaming terbaik di pasaran. Bahkan, kamu juga bisa menyambungkan dengan soundbar untuk pengalaman audio yang lebih keren, dan Smart TV.

Inilah yang bikin teknologi audio Sony ini beda dari Dolby Atmos yang cuman dipakai oleh beberapa perangkat aja.

3. Compatible untuk PS4

~ Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020

~ Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020 ~ Game PS4

Sama kayak versi sebelumnya, PS5 juga compatible untuk main game PS4. Hal ini dijelaskan langsung oleh Cerny dalam konferensi rilis, hampir 100 dari semua game PS4 terbaik bisa kamu mainkan di PS5.

Pertanyaannya, game PS4 apa aja yang bisa kamu mainkan?

Berdasarkan penjelasan Cerny, 100 game terbaik itu bakal diambil dari game yang paling sering dimainkan. Tapi, masih belum ada penjelasan yang jelas tentang game apa aja yang bakal di cut out.

Oh iya, ada satu lagi info yang serius. Sony masih belum konfirmasi apakah PS5 ini masih compatible buat PS3, PS2, dan PS1. Tapi yang jelas, PS1 nggak mungkin masuk dalam daftar ini.

Selama ini, informasi dari konferensi menyatakan kalau PS5 cuman compatible dengan PS4.

4. 4K UHD Blu-Ray Drive

~ Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020

~ Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020 ~ UHD Blu Ray Drive

Ini nih yang paling ditunggu-tunggu banyak fans PS5.

Yaps, bener banget! PS5 bakal langsung dilengkapi dengan teknologi 4K UHD Blu-Ray Drive.

Artinya, PS 5 ini punya peran ganda sesuai yang kamu inginkan. Di satu sisi, PS5 bakal jadi salah satu game console terbaik buat main game. Di sisi lain, PS5 ini juga bisa jadi opsi hiburan rumah untuk dinikmati keluarga.

Terus, apa sih bedanya sama PS3 dan PS4? Toh mereka juga sama-sama udah dilengkapi dengan Blu-Ray technology kan?

Beda dong!

PS5 udah menghadirkan 4K Blur-ray player yang nggak ditemukan di PS3, PS4 dan bahkan PS4 Pro. Inilah kenapa PS5 digadang-gadang sebagai game console dengan fitur dan value yang paling lengkap.

5. Multi player Mayhem

Pihak Sony juga udah bikin pernyataan yang menurut kita sangat kontroversial. SSD card dengan kemampuan super memungkinkan kita buat install dan menghapus part-part game, bukan game secara keseluruhan.

Kerennya, kamu bisa akses dan langsung main part-part game ini. Artinya, teknologi next-level Sony ini memungkinkan kita untuk langsung masuk ke aspek-aspek tertentu dari berbagai game yang berbeda, kayak match-making, sampai load data yang udah di-save tanpa harus booting duluan.

Bahkan, system Sony ini juga punya fitur buat bikin template game dimana kamu bisa langsung melanjutkan game  yang kamu simpan langsung dari desktop.

Rahasianya, Sony udah punya server sendiri untuk pengaturan game multiplayer sehingga pemain yang online bisa langsung akses aktivitas yang gaming online sedang terjadi secara real-time.

Fitur Harapan di PS5

Banyak yang mengeluh gara-gara PS4 masih belum bisa memenuhi ekspektasi para gamers di seluruh dunia.

Melalui artikel ini, kita udah kumpulkan beberapa keluhan para gamers. Harapannya, Sony bisa menghadirkan fitur yang mereka inginkan agar tetap standout.

6. AMD Graphic Card

~ Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020

~ Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020 ~ AMD Graphic Card

Perlu kamu tau, game console lagi berjuang keras melawan PC gaming dan laptop gaming. Soalnya, user lebih memilih PC atau laptop buat gaming karena mereka bisa buat melakukan task lainnya kayak mengerjakan tugas, browsing, hingga design.

Jalan satu-satunya untuk tetap memenangkan hati gamer nggak lain adalah dengan memberikan tampilan grafik yang luar biasa. Itulah kenapa PS5 ini sengaja menghadirkan AMD Graphic Card untuk menyempurnakan tampilan game nya.

Jenis graphic card ini adalah upgrade dari graphic card yang dipasang di PS4. Kualitasnya udah lumayan bagus sih, tapi belum maksimal. Buktinya, developer console ini masih terus melakukan pengembangan di sektor ini.

Sebagai bukti, grafis yang agak berat waktu kamu makin game Horizon: Zero Dawn.

Kabar-kabarnya, Sony akan menghadirkan fitur JoyStick AMD Graphic Card di series PS5 ini. Harapannya, grafis yang dihasilkan makin keren dan makin mudah memperbaiki nya.

7. Storage Lebih Besar

Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020

Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020 ~ Storage

Jujur aja ya, ini adalah fitur yang paling diharapkan di semua game console. Soalnya, makin kompleks suatu console, hal yang dibutuhkan mulai dari grafik sampai sound biar performa nya makin bagus nggak lain adalah penyimpanan yang lebih besar.

Coba deh kita lihat perbandingannya. PS 4 hadir dengan memori 500 GB dalam bentuk hard-drive. Performa nya sih oke-oke aja, sampai akhir nya agak nge-lag kalau ada game besar yang butuh 50 GB space untuk booting.

Harapannya, PS5 ini hadir dengan konsep hard-drive yang jauh lebih besar. Dengan begitu, kamu bakal dapat space yang cukup untuk menginstall game-game berat yang akan dirilis di masa depan.

Mungkin HDD 5K udah cukup buat menghadirkan space installasi yang besar. Bisa juga ditambah dengan SSD untuk menambah speed game nya.

8. Controller / Stick

Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020

Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020 ~ Stick

Kayak yang kamu udah rasakan sendir, stick PS4 hadir dengan design yang luar biasa. Bisa dikatakan kalau controller itu adalah controller game yang sempurna yang pernah ada. Beda dengan controller PS3 yang masih nggak begitu pro.

Jadi, kita nggak 100% mau ada perubahan dari controller ini. Tapi, Sony juga nggak boleh puas dengan keadaan ini. Mungkin cuman satu hal penting yang harus dirubah oleh Sony, yaitu fitur motion sensor.

Pengalaman kita dan beberapa gamer sih, fitur motion-sensor di stick PS4 masih beberapa kali hit-and-miss. Nah, mungkin ini yang bisa jadi fokus dan konsentrasi Sony dalam memaksimalkan pengalaman gaming user nya.

Spesifikasi PS5

Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020

Fitur, Spesifikasi dan Harga PS5 Update 2020 ~ Spesifikasi

Kayak yang kita bilang di awal tadi, PS5 bakal head-to-head dengan PC dan laptop gaming untuk memberikan pengalaman terbaik.

Nggak cuman design luar yang bagus, elemen dan spesifikasi nya juga diupgrade. Sony lagi fokus untuk meningkatkan kemampuan proses gaming dengan upgrade sistem yang ada di PS4.

Bahkan kerennya, elemen yang diupgrade nggak se-sulit waktu transisi PS3 ke PS4. Sony sendiri menyatakan kalau pengembangan sistem ini dilakukan dengan mudah dan developer-friendly.

Terus, gimana sih sebenarnya spesifikasi full yang ditawarkan PS5 ini?

Lihat nih spesifikasi lengkap PS5 ya …

  • CPU: Dual CPU AMD Zen, Octa-core 3,5 GHz
  • GPU: 10.28 TFLOPs, 36 CU, 2.23GHz
  • Design GPU: Custom RDNA 2
  • Memory Interface: 16 GB GDDR6 / 256 bit
  • Memory Bandwidth: 448 GB/s
  • Penyimpanan Internal: Custom 825 GB SSD
  • IO Type: 5.5GB/s (raw), typical 8-9GB/s (compressed)
  • Memory Tambahan: NVMe SSD slot
  • Memory Eksternal: USB HDD support (Khusus game PS4)
  • Optical Drive: 4K UHD Blu-ray drive

Kebayang kan gimana kuatnya performa PS5 ini?

Game PS5: Originals

Meski masih belum ada pengumuman resmi tentang daftar game PS5, paling tidak ada beberapa game yang udah bisa dimainkan. Bahkan, game ini juga dijadikan sebagai uji-coba performa PS5 dalam konferensi.

Beberapa game PS5 yang mungkin bisa langsung ditemukan di pasaran antara lain:

  • Spider-Man dari Marvel Super Hero Edition
  • Horizon: Zero Dawn
  • Horizon: Forbidden West
  • Demon’s Soul
  • Sekuel Resident Evil 8: Village (bentuk upgrade dari Resident Evil 4 di game PS2)
  • Ratchet and Clank
  • Oddworld
  • Grand Tourismo
  • Ghost of Tushima

Sementara, hanya itu game yang tersedia dan memenuhi spesifikasi PS5. Mungkin dalam waktu dekat, Sony akan mengumumkan perkembangan daftar game PS5 terbarunya.

Harga PS5

Sampai saat ini, pihak Sony juga belum konfirmasi secara resmi tentang harga PS5 ini. Tapi rumor-rumor nya harga PS5 ini nggak bakal paling rendah di antara persaingan dengan Xbox Series X.

Ditambah lagi, adanya pandemi COVID-19 ini bakal punya pengaruh besar terhadap harga PS5 di pasaran. Meski begitu, Sony masih mencari harga yang cocok dengan value dan fitur yang disediakan di PS5.

Kita sempat cari banyak info tentang harga PS5 di berbagai media. Ternyata, ada banyak yang masih fake. Ada yang bilang kalau harga PS5 di perilisan pertama di Amerika Utara sekitar $500 atau 7,5 jutaan.

Sedangkan rumor lainnya menerangkan kalau harga PS5 bakal lebih tinggi $100 aja dari harga PS4. Jadi sekitar 5 jutaan aja ya.

Tapi kita masih belum bisa tentukan mana yang benar. Soalnya, pihak Sony juga masih belum konfirmasi tentang hal itu.

Kesimpulan

Gimana? Apa kamu tertarik buat boyong PS5 ke rumah?

Kita masih belum tau sih kapan produk satu ini bakal datang ke Indonesia. Tapi setidaknya, kamu bisa timbang-timbang dulu ya. Mau pilih beli PS5 dengan spesifikasi dan fitur kayak gitu, atau justru lebih enak pakai PC atau laptop gaming aja?

Satu hal yang pasti, PS nggak bisa melakukan banyak task kayak PC atau laptop. Jadi, pikirkan matang-matang ya.

Mungkin itu dulu sih yang bisa kita share buat kamu. Masih ada banyak banget hal menarik yang bakal kita update tiap hari khusus buat kamu. Mulai dari games, gadget, pc, laptop, sampai review film, aplikasi dan software!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *