15 Software Wajib Install di PC dan Laptop Baru

8 bulan lalu, by DigiTek ID

Software wajib install untuk PC dan Laptop baru

Punya PC atau Laptop baru? Jangan install software sembarangan dulu ya. Sebaiknya kamu install beberapa software wajib untuk PC atau Laptop baru kamu seperti list yang Digitek rekomendasikan di bawah ini biar performa laptop kamu maksimal dan nggak mengecewakan!

Kita yakin kalau kamu pasti tau tentang beberapa software bawaan laptop baru. Terbatas banget kan! Kalaupun mau software yang standart, kamu harus ke teknisi biar di-install.

Untungnya, kita udah mengumpulkan list atau daftar software komputer yang biasanya jadi satu paket di teknisi! So, kamu nggak harus beli! Cukup download dan install software gratis ini!

Software Komputer Wajib Install 2020

Semua aplikasi ini punya fungsi beda-beda yang saling melengkapi satu sama lainnya. Jadi, laptop kamu bisa multi-task tanpa harus merepotkan device lainnya.

1. Microsoft Office

Software wajib install di PC atau Laptop

Microsoft Office

Software wajib install yang pertama adalah Microsoft Office. Udah nggak heran lagi kan kalau software ini yang jadi daftar pertama kita. Jelas banget! Entah buat sekolah, kerja, atau keperluan lain, Microsoft Office adalah software wajib yang harus kamu install.

Meski software ini berbayar, nyatanya kamu nggak perlu mengeluarkan biaya buat memakainya. Ada banyak crack yang tersebar di internet dan bisa kamu download gratis.

Bahkan, proses install nya juga simple, sama kayak software lain. Jadi, nggak usah khawatir kalau kamu masih belum pro tentang dunia komputer.

2. Antivirus

Software wajib install di PC atau Laptop

Antivirus

Jangan mengira kalau fungsi antivirus itu cuman biar membersihkan virus. Nyatanya, tune up, membersihkan junk, sampai tracking bisa kamu lakukan dengan antivirus. So, sofware antivirus sudah pasti termasuk salah satu software penting yang harus kamu install di komputer baru kamu.

Tapi yang pasti, pilih antivirus terbaik buat melindungi semua hal yang ada di laptop kamu. Kalau perlu, kamu harus update tentang virus yang kuat biar komputer kamu tetap aman!

Pakai Antivirus kayak Avira, Avast, ESET, Kaspersky, BitDefender dan yang lainnya ya. Yang pasti, punya sertifikat dan lolos uji lab ya.

3. Microsoft Security Essential

Software wajib install di PC atau Laptop

Microsoft Essential

Jangan lupa install juga software komputer satu ini ya. Soalnya, software ini asli besutan dari Microsoft dan dia bisa melakukan beberapa task yang mungkin kurang tajam dilakukan oleh antivirus lainnya.

Bahkan, kamu juga bisa membasmi virus-virus Pendrive dan virus-virus bahaya lainnya kayak Trojan.

4. Google Chrome

Software wajib install di PC atau Laptop

Google Chrome

Emang sih, laptop Windows baru pasti ada fitur atau software Microsoft Edge buat broswer default. Tapi, Google Chrome yang merupakan browser nomor satu di dunia saat ini menawarkan fitur yang lebih banyak dan kompleks yang bisa kamu custom.

Bahkan kalau fitur itu masih kurang, kamu bisa pakai ekstensi. Dengan begini, apapun kerjaan kamu bisa terselesaikan. Walaupun terhitung agak berat, kayak SEO, Blogging dan lain sebagainya.

Jadi nggak salah dong kalau Google Chrome menjadi salah satu software yang wajib kamu install untuk PC atau Laptop baru mu.

5. Mozilla Firefox

Software wajib install di PC atau Laptop

Mozilla Firefox

Kalau emang Google Chrome terlalu makan memory atau RAM, kamu bisa pakai Firefox sebagai gantinya. Terbukti Mozilla Firefox lebih ringan tarikannya dan nggak memakan banyak RAM.

Meski beberapa kali, kamu harus terhambat karena loading yang bisa macet. Selain itu, Firefox juga banyak digunakan oleh developer karena fasilitas dan fiturnya yang lebih baik untuk developer.

Bahkan sekarang, kamu bisa akses AdBlocker dan Crypto Miner di ekstensi built-in software keren ini.

6. CCleaner

Software wajib install di PC atau Laptop

CCleaner

Kebanyakan buka Windows serta file download yang menumpuk bisa bikin komputer lemot loh! Saatnya speed up dengan CClearner!

Software komputer satu ini termasuk salah satu sofware wajib install karema memang terbukti software ini mampu membersihkan semua junk files, caches, temporary files, sampai file yang nggak dibutuhkan lainnya di komputer kamu.

Bahkan, file yang masuk dalam kategori ‘bad registry’ juga bakal dihapus otomatis oleh CCleaner! So, pasti deh kalau performa laptop baru kamu makin ciamik!

7. Sumatra PDF

Software wajib install di PC atau Laptop

Sumatra PDF

Kebanyakan dokumen penting dan tugas sekolah serta buku kuliah sekarang pakai format PDF. Jadi, laptop kamu bakal percuma tanpa PDF reader ya.

Dari beberapa aplikasi PDF reader, kita punya rekomendasi kayak Adobe Acrobat. Tapi kalau kamu mau software yang lebih ringan dan support banyak format dokumen digital, Sumarta PDF adalah solusi yang tepat.

Kamu bisa buka file dengan format PDF, Epub, XPS, dan format lainnya. Bahkan ukurannya juga kecil banget, yaitu sekitar 4MB.

8. SHAREit

Software wajib install di PC atau Laptop

SHAREit

Aplikasi ini famous banget di HP. Tapi sekarang, kamu bisa pakai di PC untuk transfer file sebagai ganti dari Bluetooth.

UI atau User Interface (design) juga nggak ribet kan ya. Apalagi kalau udah nyambung ke Android atau iOS. Kamu bakal bisa transfer file sesuai keinginan dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, settingnya juga mudah. Tapi, butuh sedikit adaptasi ya kalau kamu nggak begitu kenal sama aplikasi keren ini.

9. Zip / WinRar

Software wajib install di PC atau Laptop

WinRar

Biar makin simple dan tertata, biasanya file yang kamu download dari web itu dalam bentuk Zip atau RAR. Untuk membukanya, kamu harus pakai ZIP atau WinRAR.

Dengan begini, kamu bisa extract file yang di-compress dalam format itu. Selain itu, kamu juga bisa compress beberapa file ke dalam satu folder dalam format ZIP atau RAR.

So, bisa dikatakan kalau ini adalah salah satu software komputer yang paling penting buat kamu miliki.

10. Internet Download Manager

Software wajib install di PC atau Laptop

Internet Download Manager

Sering bod mood gara-gara speed waktu download lama banget? Nggak usah ngambek lagi! Kan ada Internet Download Manager yang bakal speed up download kamu dengan kecepatan yang belum pernah kamu bayangkan.

Bahkan, menurut beberapa test, IDM sekarang masih kokoh di Top Downloading App kalau dibandingkan dengan kompetitor lainnya kayak Microsoft Lightweight Download Manager, DAP, Orbit, dan lain sebagainya.

Keuntungan lainnya, kamu bisa pause dan resume download. Sehingga nggak khawatir file yang kamu download bakal hilang.

11. Dropbox / Google Drive

Software wajib install di PC atau Laptop

Cloud

Sekarang, industri device udah pada sadar kalau memory yang tersedia di laptop dan komputer itu terbatas. Selain itu, ribet banget kalau harus kolaborasi dengan cara jaman old, yaitu pakai flashdisk.

So, biar nggak ribet-ribet bawa hard disk eksternal atau flashdisk, mending langsung aja install Dropbox atau Google Drive. Layanan berbasis ‘Cloud’ ini juga memungkinkan kamu buat kolaborasi dan kirim file hanya dengan link dan undangan email.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi vital kayak doc, spreadsheet, sampai presentation.

12. Paint.Net

15 Software Komputer Wajib Instal Laptop Baru

Paint.net

Apa gunanya laptop kalau nggak dipakai buat bikin foto kelihatan makin wow! Mungkin fitur yang ada di aplikasi edit foto HP masih kurang lengkap. Artinya, kamu harus pakai Paint.Net biar hasilnya maksimal.

Aplikasi satu ini emang lumayan simple dengan kemampuan editing yang luar biasa. Hampir sama kayak Adobe Photoshop, tapi sedikit lebih simple dan fiturnya nggak sekompleks Photoshop.

Bahkan, kamu bisa menambah plugin sendiri kalau semisal fitur built-in atau bawaannya masih kurang lengkap buat kamu.

13. Nero

15 Software Komputer Wajib Instal Laptop Baru

Nero

Selain Windows 8 dan 10, kamu harus pasang sendiri software buat burning file ke DVD atau CD. So, Nero adalah solusi yang terbaik! Tau sendiri kan kalau nero punya fitur yang lengkap, mulai dari media player, sampai burner ikut jadi satu paket.

Sayangnya, software komputer satu ini nggak dibuat free atau gratis! Tapi, kamu masih bisa nemu crack di internet. So, kamu bisa menikmati semua fiturnya tanpa harus beli kan?

14. Zone Alarm

15 Software Komputer Wajib Instal Laptop Baru

Zone Alarm

Pernah dengan tentang malware kan ya? Yups bener banget. Elemen satu ini penting banget buat kamu perhatikan demi keamanan laptop atau PC kamu.

Meski biasanya include dalam fitur antivirus, sebaiknya install di aplikasi terpisah ya. Contohnya, Zone Alarm. Dengan begini, kamu bisa browsing dengan aman dan nggak gelisah lagi gara-gara virus.

Cara kerjanya, Zone Alarm bakal nge-block situs-situs berbahaya dan menjadikan download lebih aman lagi. Bahakn, ada juga fitur Two-Way Firewall dimana traffic yang masuk dan keluar akan terus diperhatikan.

15. Share X

15 Software Komputer Wajib Instal Laptop Baru

Share X

Nggak jarang dalam kerjaan atau tugas, kamu harus menyertakan gambar screenshot biar kelihatan lebih jelas maksud dan tujuan kamu. Share X bisa jadi solusi untuk masalah ini.

Kamu bisa akses banyak banget fitur dan opsi untuk capture screenshot. Selain itu, Share X juga dilengkapi dengan built-in photo editor biar kamu bisa sedikit edit hasil screenshot itu. Contoh, nambahin teks, gambar, garis, dan lainnya!

Kesimpulan

Setelah beli laptop, mungkin kamu nggak sadar apa aja yang kamu butuhkan. Selain itu, kalau kamu udah terlambar install beberapa aplikasi penting ini, bisa dipastikan kalau laptop kamu dalam bahaya.

Bahkan bisa-bisa, laptop kena virus Ransomware atau lemot yang nggak kunjung selesai. Dengan begini, cek terus performa laptop kamu dan tingkatkan kecepatan kalau laptop udah mulai lemot.

Nah, sementara ini dulu ya sharing kita kali ini. Kita sarankan selalu buat update terus info seputar dunia digital dan teknologi di Digitek.id. Ada segudang info, tips dan trik, game, serta review film terbaru loh!

So, nyesel banget deh kalau sampai nggak ngikutin update dari kita!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *