10 Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

2 minggu lalu

Perubahan jaman digital dan perkembangan teknologi menjadi salah satu penyebab berkembangnya berbagai teknologi dalam bidang apapun itu tak terkecuali bidang ekonomi akuntansi. Salah satunya adalah dengan adanya software akuntansi yang berkembang sangat cepat di bebera tahun ini. Ada banyak sekali software akuntansi terbaik yang bisa digunakan untuk membantu anda dalam pengerjaan dan permasalahan akuntansi yang ada.

Software Akuntansi adalah salah satu jenis program komputer atau software computer yang digunakan oleh seorang akuntan untuk menjalankan berbagai fungsi akuntansi. Akuntansi sendiri merupakan sebuah langkah sistematis dalam pekerjaan menyangkunt pencatatan, dan pengencekan informasi finansial di sebuah perusahaan. Software akuntansi sendiri merupakan software yang memudahkan hal tersebut, sehingga bisa berjalan dengan lebih cepat.

Disini anda kami ajak untuk melihat 10 software akuntansi terbaik di Indonesia. Simak terus sampai habis ya?

1. Zahir Accounting

Software akuntansi terbaik - Zahir Accounting

Photo via zahiraccounting.com

Software akuntansi pertama kita adalah Zahir Accounting. Zahir Accounting ini merupakan software akuntansi yang cukup lama ada di Indonesia sudah sekitar 20 tahun berinovasi di Indonesia. Penggunaan software zahir sangat cocok untuk bisnis kecil, menengah, hingga ke bisnis yang besar. Software Zahir Accouting juga merupakan salah satu sortware akuntansi yang memang sudah sangat populer di Indonesia, karena sudah banyak pengguna software yang satu ini dan bisa dikategorikan sebagai salah sati software akuntasi terbaik di Indonesia.

Kelebihan zahir Accounting:

  • Sangat cocok untuk berbagai jenis bisnis seperti trading dan distribusi, ritel, kontraktor, manufaktur, jasa, dan bahkan untuk Lembaga non-profit.
  • Ada berbagai pilihan software seperti untuk small business atau perusahaan yang sudah besar.
  • Fitur akuntansi yang lengkap seperti pencatatan jual beli, persediaan barang, kelola hutang piutang, anggaran per department, dan lain – lain.
  • Bisa diakses secara online melalui aplikasi mobile.

2. Sofwate Akuntansi – Jurnal

Software akuntansi terbaik - Jurnal

Photo via jurnal.id

Jurnal merupakan salah satu software akuntansi terbaik yang ada di Indonesia. Jurnal bisa menyelesaikan berbagai fungsi akuntansi dengan mudah karena software jurnal merupakan salah satu software yang memiliki fitur yang cukup lengkap. Biasanya penjual software apapun itu memiliki support yang harusnya baik, jurnal juga merupakan salah satu yang memiliki dukungan yang sangat bagus dalam hal support purna jual.

Kelebihan Software akuntansi Jurnal:

  • Jurnal memiliki tampilan atau User Interface yang sangat user friendly atau mudah digunakan.
  • Berbagai fitur akuntansi lengkap yang sangat mendukung pekerjaan akuntan professional, seperti stok gudang, laporan keuangan, anggaran belanja, invoicing, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Harga yang sangat terjangkau.

3. Software Akuntansi – Sleekr

Software akuntansi terbaik - Sleekr

Photo via sleekr.co

Jika anda sudah lama terjun di dunia Akuntansi pasti pernah mendengan software yang bernama Kiper. Sleekr merupakan software akuntansi yang pada awalnya bernama Kiper. Software akuntansi yang satu ini memiliki kelebihan dimana anda bisa mencoba gratis fitur yang diberikan oleh software ini sebelum anda membelinya. Fitur yang ditawarkan pun sangatlah lengkap sehingga memudahkan para akuntan untuk menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan akuntansi dengan mudah.

Berikut ini adalah kelebihan dari software akuntansi Sleekr:

  • Banyak fitur akuntansi yang ditawarkan seperti, penjualan dan invoice, gudang dan stok barang, laporan keuangan, integrasi pajak, integrase dengan mesin kasir, dan rekonsiliasi bank.
  • Sudah digunakan oleh beberapa perusahaan besar di Indonesia seperti Gojek, Amartha, dan berbagai perusahaan bertaraf nasional lainnya.
  • Memiliki tampilan yang simpel dan sangat mudah untuk digunakan.

4. Software Akuntansi – Beecloud

Software akuntansi terbaik - Bee cloud

Photo via beecloud.id

Software akuntansi premium selanjutnya adalah Beecloud. Beecloud merupakan sebuah software yang berguna untuk memonitor sebuah bisnis yang anda jalankan. Dengan integrasi dengan platform cloud sehingga penyimpanan data sangat aman. Selain itu becloud juga menawarkan software multi platform yang berarti anda bisa mengaksesnya melalui berbagai platform seperti mobile dan komputer secara bersamaan.

Kelebihan software akuntansi Beecloud:

  • Terdapat fitur business analyst, yang bisa menganalisa jalannya bisnis yang ada di perusahaan anda.
  • Data berbasis cloud yang aman sehingga bebas dari kebocoran data.
  • Berbagai fitur akuntansi yang lengkap dan juga mudah dalam penggunaanya.

5. Hashmicro

Software akuntansi terbaik - Hashmicro

Photo via hashmicro.com

Hashmicro adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi ERP. Salah satu software ERP yang dibuatnya adalah software akuntansi.  Software akuntansi dari hashmicro ini memiliki tampilan super simpel tetapi memiliki fungsi yang sangat lengkap. Dengan lengkapnya fitu akuntansi yang ditawarkan software ini sangat membantu kinerja staff akuntan di perusahaan anda.

Kelebihan software akuntansi Hashmicro:

  • Fitur akuntasi yang tentunya sangat lengkap mulai dari pengelolaan stok gudang hingga perpajakan.
  • Mendukung multi-currency, mendukung berbagai macam mata uang yang ada di dunia.
  • Tampilan yang sangat sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

6. Software Akuntansi – Accurate

Photo via accurate.id

Software yang mengklaim dirinya sebagai software yang membantu kerja binis kecil menengah dan umkm dalam hal kinerja keuangan ini sangat cocok bagi anda yang memiliki bisnis kecil. Dengan berbagai fitur akuntansi yang lengkap, Accurate mampu mengelola tugas akuntansi dengan baik. Selain itu perhitungan perpajakan otomatis menjadikan software satu ini layak untuk disebut sebagai salah satu software akuntansi terbaik di Indonesia.

Kelebihan software akuntansi Accurate:

  • Multi-platform, bisa digunakan di platform mana saja seperti mobile, komputer, dan browser.
  • Fitur yang juga lengkap, seperti dengan software akuntansi pada umumnya Accurate juga menawarkan berbagai fitu akuntansi yang sangat lengkap.
  • Sistem keamanan data yang cukup baik dengan teknologi enkripsi yang memiliki keamanan terjaga.

7. Software SAP

Siapa yang tidak kenal software SAP ini? Salah satu software ERP yang memiliki fitur sangat lengkap guna menjalankan semua fungsi bisnis yang ada. SAP merupakan salah satu software berasal dari Jerman tapi cukup banyak digunakan oleh perusahaan multinasional yang ada di Indonesia. Software ini dikenal sangat tangguh dan menjalankan berbagai fitur bisnis dengan baik. SAP memiliki berbagai fitur lengkap mulai dari sistem HR, Akuntansi, CRM, yang bisa diintegrasikan sehingga dengan begitu analisa bisnis anda akan menjadi lebih tepat.

Kelebihan software SAP:

  • Integrasi dengan berbagai fitur sehingga bisnis bisa menjadi lebih berjalan dengan baik.
  • Penggunaan teknologi cloud computing tanpa perlu khawatir kehilangan data.
  • Sistem keamanan yang terkenal sangat aman, sudah terbukti di berbagai perusahaan multi nasional yang telah memakai software SAP.
  • Support dan dukungan terbaik dari tim SAP.

8. Software Akuntasi – Omegasoft

Software akuntansi terbaik - Omegasoft

Photo via omegasoft.co.id

Dulunya bernama omega accounting, software akuntansi yang satu ini merebranding nama mereka menjadi omegasoft. Menjadi salah satu software akuntansi terbaik di Indonesia, Omegasoft dibekali dengan fitur penyimpanan cloud yang berarti kita bisa mengakses data dengan cara real-time. Omegasoft juga memberikan fitur integrase dengan sistem kasir yang bisa digunakan untuk usaha kecil dan menengah.

Kelebihan Omegasoft:

  • Sangat cocok untuk usaha kecil dan menengah dengan diberikan fasilitas sistem kasir terpadu.
  • Fitur akuntansi yang sangat lengkap mulai dari stok gudang hingga laporan keuangan.
  • Sistem penyimpanan data dengan teknologi cloud yang bisa menyimpan data dengan jumlah yang sangat banyak dan tentunya aman.

9. Software Akuntansi SQL Ledger

Software akuntansi terbaik - SQL Ledger

Photo via youtube.com

Jika anda menjalankan sebuah Lembaga non-profit, salah satu software akuntansi yang bisa anda gunakan adalah software akuntansi gratis bernama SQL Ledger. Software ini merupakan sebuah software akuntansi yang sangat baik untuk usaha kecil, menengah, dan juga perusahaan non-profit. Software ini sangat lengkap dan memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan dengan gratis. Namun, anda perlu mempelajarinya sendiri karena software ini adalah software open-source yang berarti semua orang bisa mengembangkan software ini.

Kelebihan Software Akuntansi SQL Ledger:

  • Software open-source gratis yang bisa digunakan tanpa pembatasan fitur.
  • Memiliki fitur yang sangat lengkap yang bahkan dimiliki oleh software premium.
  • Komunitas yang solid, karena biasanya software open source memiliki komunitas yang sangat supportive.
  • Sangat cocok untuk usaha kecil, menengah, dan juga non-profit yang masih belum punya anggaran untuk membeli software akuntansi premium.

10. Software Akuntasi GNUCash

Software akuntansi terbaik - GNUCash

Photo via nickjanetakis.com

Satu lagi yang merupakan software akuntansi terbaik di Indonesia adalah GNUCash. Pertama kali memakai software ini sebenarnya anda akan dikejutkan dengan berbagai fitur andalan yang sangat membantu pekerjaan akuntansi anda. Software yang satu ini memiliki berbagai fitur yang sangat lengkap sehingga membantu pekerjaan anda sebagai seorang akuntan. Selain itu software ini adalah sebuah software gratis, yang bisa anda pakai tanpa adanya Batasan fitur.

Jika anda belum memiliki budget dan anggaran untuk membeli software premium, bisa gunakan GNUCash untuk solusi software akuntansi alternatif anda.

Kelebihan software akuntasi GNUCash:

  • Software gratis dengan fitur yang tidak kalah dengan software premium yang ada.
  • Komunitas yang akan membantu anda dalam menyelesaikan permasalahan akuntansi.
  • Multi-platform yang berarti bisa digunakan di aplikasi mobile, jarang software gratis memberikan fitur multi-platform.

Nah, demikian artikel mengenai 10 software akuntansi terbaik di Indonesia yang gemar dipakai oleh perusahaan di Indonesia. Dimulai dengan software premium yang sangat berguna membantu proses pekerjaan akuntansi, sampai dengan software akuntansi gratis bagi anda yang masih belum ada budget untuk membeli software premium.

Jadi bagaimana? Apakah anda sudah mencoba salah satu software yang sudah disebutkan di atas? Coba dong share pengalaman anda di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat ya? Jangan lupa juga untuk share artikel ini agar informasi ini bisa tersebar sehingga dapat membantu orang yang membutuhkan. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *