Edge Bakal Jadi Browser Tercepat Windows 10, Simak Fitur Terbarunya

2 bulan lalu, by Digitek

Microsoft Edge

Setelah Internet Explorer dihentikan, Microsoft mengumumkan bahwa akan menjadikan Microsoft Edge sebagai browser tercepat Windows 10.

Jadwal pembaruan rencananya akan dijadwalkan pekan ini. Pengembang mengatakan bahwa nantinya ada beberapa fitur baru yang akan ditambahkan.

Fitur Baru Microsoft Edge

Edge Bakal Jadi Browser Tercepat Windows 10, Simak Fitur Terbarunya

Pembaruan mendatang, pengembang akan menambahkan fitur baru seperti Sleep Tabs dan Launch Booster Edge ke 91.

Nantinya, fitur tersebut akan langsung membuat iklan tertidur saat pengguna beralih ke tab lain yang memungkinkan penghematan sumber daya instan.

Itu menjanjikan peningkatan kinerja browser dan mengosongkan memori untuk aplikasi lain karena iklan bisa sangat boros dan menghabiskan cukup banyak memori dan prosesor.

Sementara fitur Launch Booster dikabarkan akan mendapatkan proses Core Edge dan selalu berjalan di latar belakang pada Windows tanpa membutuhkan resource tambahan saat membuka tab.

Microsoft beralih ke mesin browser Chromium pada awal tahun 2020 dan secara otomatis mencopot pemasangan versi EdgeHTML lama dari Windows 10 bulan lalu.

Sejak peralihan tersebut, Microsoft mengatakan telah mengirimkan 5.300 komitmen ke proyek Chromium yang menguntungkan semua browser berbasis Chromium, termasuk Chrome itu sendiri.

Pada bulan Maret, Google merilis Chrome versi 89 dengan fokus yang sama pada penghematan memori dan kecepatan pemuatan.

Browser sendiri merupakan resource yang terkenal memakan banyak memori. Tes cepat menunjukkan bahwa Chrome menggunakan RAM 4,5 GB dengan 25 tab terbuka.

Mudah-mudahan, baik Microsoft dan Google akan terus mendorong satu sama lain untuk memperbaiki masalah utama tersebut.

Versi Beta Microsoft Edge Untuk Linux Juga Dirilis

Di samping itu, Edge untuk Linux belum lama ini dihadirkan dalam versi beta. Microsoft Edge Linux pertama kali diuji secara publik pada Oktober lalu.

Hingga Mei 2021, tahap pengujian sudah sampai ke versi beta. Pengembang Microsoft mengumumkan perilisan versi beta pertama dari browser web Edge milik mereka untuk Linux berdasar kode sumber proyek Chromium.

Nantinya, browser akan tersedia sebagai paket rpm dan deb untuk Debian, Ubuntu, Fedora, dan openSUSE.

Kami belum mengetahui waktu rilis final Microsoft Edge untuk platform Linux. Selain Linux, pratinjau browser juga nantinya akan tersedia untuk headset realitas campuran Windows 7/8 / 8.1 / 10 / 10X, Windows Server, macOS, dan HoloLens 2.

Menurut survey perusahaan analitis StatCounter, Microsoft Edge saat ini menempati peringkat ketiga di pasar browser desktop global dengan 8 persen audiens. Posisi pertama ditempati oleh Google Chrome (pangsa pasar 67,6%) menyusul Safari (9,9%).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *