Aplikasi Browser Windows Terbaik 2021! Google Chrome vs Browser Lain!

10 bulan lalu, by digitek

Browser windows terbaik

Kamu user setia Windows? Kayaknya emang nggak salah deh kalau kamu pilih Windows 10! Apapun task yang kamu lakukan, speed nya nggak main-main. Termasuk speed waktu buka aplikasi browser.

Browser adalah salah satu terobosan baru dalam dunia teknologi yang bikin kamu connect sama dunia. Tanpa web browser, kamu bakal kesulitan untuk mengakses semua info yang ada.

Sayangnya, nggak semua aplikasi browser itu aman. Jadi paling tidak, kamu harus memperhatikan beberapa elemen penting web broser, antara lain:

  • Kecepatan loading halaman / page
  • Security dan proteksi dari situs berbahaya dan phising
  • Add-on untuk setting custom sesuai kebutuhan
  • User Interface atau design dengan navigasi simple dan fitur lengkap
  • Tool developer kalau kamu emang seorang developer

Terus, apa aja web browser terbaik yang bisa cover semua kebutuhan ini?

Let’s check it out ya.

5 Aplikasi Browser Terbaik 2021

Apa yang selama ini menancap dalam pikiran kamu tentang aplikasi browser terbaik mungkin belum sepenuhnya benar ya. Kebanyakan orang cuman menganggap kalau Google Chrome itu terbaik.

Tapi, apa benar kayak gitu? Apa ada web browser lain yang lebih bagus?

1. Google Chrome – Aplikasi Browser Terpopuler

5 Aplikasi Browser Windows Terbaik

Google Chrome

Perlu kamu tau beberapa hal penting dari Google Chrome yang merupakan browser terbaik saat ini. Aplikasi ini dikembangkan oleh Google dengan model Chromium-based browser. Jadi, Chrome bisa menjalankan Blink Engine yang powerful abis.

Sampai sekarang, Google Chrome udah diprediksi dipakai lebih dari 75% user internet di seluruh dunia. Jujur ya, soalnya ada banyak banget fitur yang bisa bikin custom lebih luwes.

Kerennya, add on ini di desain rapi dalam satu wadah namanya Chrome Web Store. Nah, extension dan add on ini yang jadi tool pelengkap yang bikin performa browser kamu makin keren.

Ditambah lagi, kamu juga bisa bikin akun Google yang bisa di-sync ke beberapa device untuk mengakses bookmarks, document di Google Doc, halaman yang disimpan, dan lainnya. Kamu juga bisa akses web favorit dengan cepat cuman dengan setting favourite pages di icon toolbar.

Aplikasi browser ini juga pin page yang sering kamu buka. Kalau masalah proteksi dan security, Google Chrome akan memblokir situs yang ada malware nya. Meski nggak se-agresif Mozilla Firefox sih kalau dalam urusan blokit phising.

Fitur dan keunggulan Google Chrome:

  • Download Manager nya powerful
  • Support banyak banget add on dan extension
  • Performa cepat banget dengan design modern
  • Ada task manager buat website
  • Akses browsing history
  • Address bar bisa berfungsi kayak search bar
  • Page recovery kalau nggak sengaja close Window
  • Bisa buat testing fitur baru dengan Google Flags

Kelemahan Google Chrome:

  • Agak lemot sih kalau buat nge-load file Javascript
  • Nggak terlalu agresif buat melawan phising dan malware
  • Ada masalah privacy dan boros daya baterai

Download Google Chrome

2. Mozilla Firefox

5 Aplikasi Browser Windows Terbaik

Mozilla Firefox

Bisa dikatakan sih kalau Mozilla Firefox adalah salah satu aplikasi browser terbaik di dunia. Aplikasi ini pakai mesin Gecko buat nge-render page jadi makin cepat.

Kerennya, Firefox juga compatible buat berbagai jenis device, kayak Windows, MacOS, Linux, Android, dan iOS. Jadi, kamu bisa syn akun dan akses semua bookmarks, setting, dan history yang pernah kamu lakukan. Sama deh kayak Google Chrome.

Bahkan, Mozilla Firefox juga punya varian khusus, namanya Developer dan Quantum. Aplikasi ini juga support fitur design yang powerful, private browsing, serta mode offline reading.

Speed nya sih sama kayak Google Chrome cuman privacy dan security nya lebih bagus dan agresif daripada Chrome.

Fitur dan keunggulan Mozilla Firefox:

  • Aman dengan software encryption modern
  • Tracking Protection buat blokir beberapa part dari satu page
  • Fitur phising dan proteksi malware kuat banget
  • Bisa setting custom dengan Add on
  • Download manager cepat banget
  • Akses fitur bookmarks yang lebih smart
  • Fitur incognito browsing lebih maksimal

Kelemahan Google Chrome:

  • Nggak ada Live Support
  • Agak lemot buat loading HTML5
  • Boros memory

Download Mozilla Firefox

3. Opera Browser

5 Aplikasi Browser Windows Terbaik

Opera Browser

Rasa-rasanya kurang lengkap banget deh tanpa Opera Browser. Aplikasi browser dengan fitur Java ini nggak cuman works di HP tapi juga bagus banget buat sistem Windows.

Browser ini juga punya semua fitur yang ada di browser full-featured. Kamu bisa akses download manager, loading page super cepat, support add on, privacy dan security, dengan design yang smooth dan bersih.

Cara kerjanya sih sama kayak Firefox dan Google Chrome. Cuman, Opera punya sidebar yang bisa di-custom. Jadi, kamu bisa bikin shortcut buat akses situs favorit, platform chat, serta email.

Bahkan, kamu juga bisa menyembunyikan sidebar dari screen kalau terkesan mengganggu. Aplikasi ini punya fitur fast-loading dengan teknologi server-side compression.

Fitur dan keunggulan Opera Browser:

  • Ada fitur battery saver
  • Ada fitur video pop-out
  • Bisa bikin shortcut keyboard custom
  • Support Add on

Kelemahan Opera Browser:

  • Sulit akses webiste yang udah lama
  • Nggak bisa load fitur dengan baik

Download Opera Browser

4. Microsoft Edge – Aplikasi Browser Paling Ringan

5 Aplikasi Browser Windows Terbaik

Microsoft Edge

Kalau beli laptop Windows baru, pasti kamu bisa akses aplikasi browser satu ini. Dulu sih namanya Microsoft Explorer.

Ternyata nggak cuman beda nama aja. Performa nya juga jauh beda.

Microsoft Edge emang lebih cepat daripada Google Chrome. Alasannya, software browser satu ini menggunakan jauh lebih sedikit power dan system resources. Jadi inilah kenapa Microsoft Edge atau Explorer ini lebih banyak dipakai di laptop dan PC lama daripada Chrome atau Firefox.

Selain ringan dan cepat, Microsoft Edge juga bisa mendeteksi phising dan blokir semua situs yang mengandung malware.

Perlu kamu tau. Berdasarkan test, Microsoft Edge juga punya kecepatan tinggi. Faktanya, browser ini nggak pakai EdgeHTML buat nge-load page. Tapi udah pakai sistem Blink Page milih Google Chrome dan V8.

Performa browser ini juga bagus dan bisa loading dengan cepat banget. Interface atau design nya juga hampir sama kayak Google Chrome. Bahkan, sekarang kamu juga bisa menikmati fitur sync di beberapa device cuman dengan akun aja.

Fitur dan keunggulan Microsoft Edge:

  • Speed nya cepat banget
  • Versi website terbaru dengan sistem Blink Page
  • Newsfeed yang bisa di-custom
  • Ada fitur Cortana built-in
  • Prioritas ke privacy
  • Fitur reading advanced
  • Compatible dengan sistem Android dan iOS

Kelemahan Microsoft Edge:

  • Nggak support Windows di bawah Windows 10
  • Add on dan Extensions terbatas

Download Microsoft Edge

5. Vivaldi

5 Aplikasi Browser Windows Terbaik

Vivaldi

Buat nutup list kita kali ini, ada pendatang baru yang langsung booming di dunia komputer dan internet. Yaps, Vivaldi Browser yang baru dirilis tahun 2016 ini udah populer banget di kalangan user PC Windows.

Browser ini sama kayak Opera, cuman lebih banyak add on dan extension dari Chrome Web Store. Vivaldi sih fokusnya buat menambah eksperience user dengan tingkat custom yang lebih tinggi.

Vivaldi juga merupakan aplikasi browser dengan sistem Chromium-based. So, nggak usah tanya lagi deh kecepatannya. Dengan fiturnya yang banyak dan bervariasi, Vivaldi cocok banget sebagai alternatif website berbasis Chromium lainnya.

Vivaldi juga dilengkapi dengan design adaptive. Jadi, kamu bisa mengubah dan menyesuaikan design sendiri. Ada juga fitur built-in kayak Note, Image Properti dan masih banyak lainnya yang menyediakan fungsi advanced tanpa harus mengorbankan performa.

Fitur dan keunggulan Vivaldi:

  • Fitur Quick Commands cukup dengan F2
  • Fitur unik dan lengkap untuk bikin tampilan custom
  • Speed dial yang terorganisir dengan bagus
  • Ada tombol navigasi fast forward dan rewind
  • Lengkap dengan fitur web panel
  • Bisa save page buat masa yang akan datang
  • GUI yang bisa di-custom

Kelemahan Vivaldi:

  • Bisa bikin bingung waktu pertama kali pakai

Download Vivaldi

Kesimpulan

Sebenarnya sih masih ada banyak banget browser Windows yang bisa kamu pakai. Sayangnya, cuman 5 di atas yang menurut kita bisa penuhin semua kebutuhan kamu waktu browsing.

Paling tidak, web browser ini adalah salah satu dari software komputer yang wajib install. Entah Chrome, Firefox, atau yang lainnya, tanpa aplikasi ini, kamu nggak bakal bisa menjalankan task dengan lengkap.

Jangan lupa juga, install antivirus terbaik ya buat menghadapi virus berbahaya kayak ransomware. Jadi, kamu bisa tidur tenang dan nggak kepikiran laptop kamu dalam masalah.

So, mungkin ini aja ya sharing kita kali ini. Kita bakal terus update info khusus buat kamu biar nggak KUDET.

Faktanya, ada banyak banget info yang bisa kamu akses di Digitek.id. Ada komputer, aplikasi, software, games, tips dan trik, sampai review film terbaru loh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *