10 Software Antivirus Terbaik di Tahun 2021

1 bulan lalu, by digitek

Software antivirus terbaik

Apakah kamu saat ini sedang pusing mencari-cari software antivirus terbaik nan mumpuni untuk membabat seluruh virus dan malware-nya di tahun 2021 ini? Yuk, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Yang namanya virus di PC, selalu banyak muncul varian barunya. Bahkan, kian lama kian kompleks dan berbahaya saja. Oleh karenanya, tidak heran jika varian produk antivirus nya juga mengalami perkembangan.

Spesifiknya, produsen lama dan ternama kerap merilis seri terbarunya dan, produsen-produsen baru, banyak bermunculan dengan teknologi antivirus termutakhirnya.

Berdasarkan pernyataan tersebut, maka gak heran sekali lagi jika setiap tahunnya yang terbaik, belum tentu sama. Mungkin tahun ini Norton tapi, tahun depan adalah Avira, atau mungkin sebaliknya.

Sehingga berdasarkan pernyataan tersebut, mari kita simak rekomendasi 10 software antivirus terbaik di tahun 2021 ini.

1. Norton 360

antivirus terbaik 2021

Photo via Lifewire

Mungkin banyak dari kamu yang dari dulu sampai sekarang, menggunakan antivirus buatan NortonLifeLock ini. Walau sering dikeluhkan sebagai yang paling “berat”, tapi toh faktanya selalu ampuh bukan?

Dan hal yang sama juga bisa dikatakan terhadap varian Norton 360 ini. Norton 360 seperti varian sebelumnya, menggunakan anlisis heuristik dan mesin yang selalu belajar sehingga, virus atau malware baru bisa selalu terpindai.

Selain itu Norton 360 menyediakan fitur-fitur keren seperti, VPN dengan kuota data tak terbatas, manajemen password, penyimpanan cloud yang dijamin sangat aman, dan tentunya perlindungan anak (parental control).

Namun perlu diingat, untuk fitur parental control, kita harus meng-upgrade-nya terlebih dahulu ke Norton 360 Deluxe.

2. McAfee Total Protection

antivirus terbaik 2021

Photot via: Forbes

Mungkin satu-satunya brand antivirus komputer tertua di dunia ini. Namun walau paling senior, sayangnya McAfee kerap dianggap remeh proteksinya. Karena kalau yang kita lihat, hingga detik ini hanya sedikit banget yang masih menggunakannya

Namun rasanya di tahun 2021 ini, kita bisa membuat pengecualian. Karena McAfee Total Protection, memiliki fitur “My Home Network”. Fitur ini bisa memindai seluruh perangkat (devices) yang terhubung dengan jaringan Wi-Fi di rumah.

Sehingga, kitapun bisa menghalau “penyusup” yang diam-diam menggunakan Wi-Fi tanpa izin (baik orang atau virus / malware). Jadi kalau memang kamu menggunakan Wi-Fi di rumah, sebaiknya gunakan McAfee Total Protection.

3. Intego

Photo via: PCMag

Nah bagi kamu yang menggunakan sistem operasi (OS) Mac, maka Intego adalah jawaban ampuhnya.

Intego mampu memindai hampir 800.000 files di bawah 2 jam saja. Hal ini karena sistem caching antivirus ini sangat cepat dan praktis. Spesifiknya, gak bakalan memindai lagi files yang sudah dipindai.

Sebenarnya Intego juga ada versi Windows-nya. Tapi yang jauh lebih disarankan memang yang versi Mac. Ya masuk akal sih. Karena kan memang dari awal ditujukan untuk OS Mac bukan?

4. Bitdefender Total Security

Photot via: Rudy Hizkia-Blogger

 

Salah satu keunggulan Bitdefender, adalah memiliki engine yang sudah tingkat tinggi (advance).  Spesifiknya, ia menggunakan basis data malware yang sangat besar yang dikombinasikan dengan mesin belajar yang sangat besar.

Kombinasi ini lantas membuat Bitdefender selalu terbukti sebagai pemberantas malware yang sangat ampuh.Tapi varian terbaru ini bukanlah sekedar anti malware saja loh.

Antivirus ini juga memiliki fitur: web protection, system optimizer, VPN, Password Manager, dan Ransomware Protection. Jadi bisa dikatakan, 1-stop banget bagi kita yang ingin memiliki antivirus dan anti malware dalam wakatu bersamaan.

5. Total AV

Photot via: Amazon.in

TotalAV adalah antivirus yang sangat ramah. Ya, jadi walau kamu sebelumnya gak ngerti cara pakai antivirus, kamu bakalan langsung bisa menggunakan. Karena, TotalAV menggunakan basis perlindungan teknologi Avira.

Selain itu pemindaiannya cepat dan bisa memindai 99% jenis virus dari virus biasa, malware, dan tentunya ransomware. TotalAV juga memiliki fitur phising protection yang sangat berguna menghalu tercurinya data-data pribadi kita.

6. Avira Prime

Photot via: TechNadu

 

Dari dulu, semua varian Avira selalu yang paling tokcer tingkat keampuhannya. Selain itu, apabila kamu meng-install nya dalam PC, antivirusnya gak akan ngelambatin PC. Dan varian terbaru ini jugalah demikian.

Selain itu Avira Prime memiliki fitur optimisasi untuk layar startup PC maupun smartphone kita (Android dan iOS). Juga jangan lupa, ukurannya sangat enteng. Jadi apabila ingin melakukan full scan sembari mengerjakan hal lain, tidak akan masalah banget.

7. BullGuard

Photot via: Clicked Online

Walau namanya masih asing, namun sesuai namanya juga, BullGuard adalah antivirus yang sangat kuat untuk menangkal semuanya termasuk, malware. Selain itu antivirus ini juga bisa menghalau terjadinya pencurian identitas online kita.

BullGuard juga sangat ampuh anti phising nya. Dan bagi kamu yang gamer, rasanya harus menggunakan BullGuard. Karena antivirus ini bisa meminimalisir waktu loading dan meningkatkan frame rate dari tampilan grafis game-nya.

8. PandaDome

Photot via: Tom’s Guide

 

PandaDome adalah antivirus yang sangat ringan tapi bandel. Bahkan versi free-nya saja bisa mendeteksi hampir seluruh virus dan malware yang menjangkiti PC kita.

Selain Free, terdapat juga 4 variasi proteksi lainnya seperti: Essential, Advanced, Complete, dan Premium. Tentunya 4 variasi ini, memberikan fitur proteksi yang lebih dari versi gratisannya.

Tapi, kalau kamu memang tujuannya cuma mau scan-scan virus doang, versi Free juga masih oke kok. Ya sesuaikan saja dengan kepentinganmu oke?

9. Kaspersky Internet Security

Photot via: Asia Pacific Security Magazine

 

Bahkan penulis saja, menggunakan ini (tapi yang versi free nya he..he). Tapi bahkan versi gratisannya pun juga ampuh banget guys. Pokoknya gak akan menyesal deh.

Hal ini karena Kaspersky memiliki fitu-fitur perlindungan mumpuni seperti: Anti-Phising, Safe Money Secure Browser, dan Webcam Protection. Dan tentunya yang menjadi primadona disini, adalah Safe Money Secure Browser.

Dengan fitur tersebut, dijamin kita gak perlu merasa khawatir lagi terhadap pembobolan akun rekening bank kita. Jadi semua transaksi online bisa kita lakukan dengan aman dan lancar.

10. Trend Micro

Photot via: Logos Download

Brand ini juga mungkin masih asing di kedua telinga.Juga, untuk proteksi terhadap virus serta malware masih kalah jauh dari kompetitor lain. Tapi untuk urusan anti-phising, maka Trend Micro lah jagonya.

Seperti yang dikatakan di poin BullGuard, fitur anti-phising sangat berguna banget. Bahkan, jauh lebih vital dari proteksi virus / malware saja. Anti-Phishing yang mumpuni, sangat melindungi PC atau smpartphone kita dari pencurian data dan segala macamnya.

Jadi kalau memang kamu rajin online (apalagi melakukan transaksi), sebaiknya gunakan antivirus terbaik 2021 ini oke?

Kesimpulan

Itulah tadi 10 rekomendasi antivirus terbaik di tahun 2021 ini. Walau memuat 10 pilihan, tentu pada dasarnya semuanya baik dan memiliki tujuan yang sama. Yaitu, melindungi PC, smpartphone atau gawai internet elektronik lainnya.

Jadi bukan berarti Norton 360 lebih ngetop dari Trend Micro atau, sebaliknya. Semuanya oke dan ampuh. Tinggal sesuaikan saja kebutuhan kitanya. Jadi putuskan dengan benar-benar bijak ya guys!

Jangan lupa untuk subscribe email newsletter kita ya biar nggak ketinggalan info update dari kita tiap harinya. Digitek.id, gudangnya info paling update seputar dunia anak muda millennials!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *