Cara Mudah Share PPT di Zoom

3 bulan lalu, by Digitek

Cara Mudah Share PPT di Zoom

Di masa pandemi Covid-19 ini, sebagian besar aktivitas dilakukan di rumah saja, termasuk belajar dan pekerja. Di artikel kali ini, kami akan membahas cara mudah share PPT di Zoom.

Semua hal yang berkaitan dengan keduanya seperti rapat juga dialihkan ke sistem daring salah satunya dengan bantuan Zoom.

Nampaknya tren ini akan berlanjut hingga pandemi mereda dan kita dituntut untuk terbiasa dengan gaya hidup baru tersebut. Bagi yang ingin melakukan presentasi di Zoom, berikut cara share slide power point dengan mudah.

Cara Memberikan Akses Share Screen di Zoom

Sebelum itu, penting diketahui cara memberikan akses share screen di Zoom. Jika kamu adalah host meeting, kamu bisa dengan mudah melakukannya.

Tetapi lain halnya jika kamu adalah peserta, kamu perlu meminta izin dari host agar bisa melakukan share screen.

Jika kamu peserta, pastikan untuk menghubungi host terlebih dahulu untuk meminta izin melakukan share screen. Host dapat mengaktifkan fitur tersebut selama panggilan.

Jika kamu dalah host dan seseorang meminta izin untuk share screen, caranya :

  • Klik panah atas di samping “Share Screen”.
    Cara Mudah Share PPT Di Zoom

      via Zoom
  • Kemudian, pilih “Advanced Sharing Options“.
  • Jendela baru akan terbuka. Di bagian “Who can Share” pilihlah “All Participants”. Sekarang, semua peserta bisa melakukan share screen.

Cara Mudah Share PPT di Zoom

Untuk share screen presentasi PowerPoint, pertama, buka file presentasi yang akan kamu bagikan. Selanjutnya, klik “Share Screen” di bagian bawah jendela Zoom.

Cara Mudah Share PPT Di Zoom

via digitek.id

Jika menggunakan satu monitor, kamu bisa langsung share sceen. Sementara jika menggunakan monitor ganda, kamu harus memilih layar tempat presentasi yang dibagikan apakah layar 1 atau 2.

Untuk mulai share screen, klik “Share” di pojok kanan bawah jendela. Sekarang, kamu sudah bisa melakukan share screen.

Pada Microsoft PowerPoint, pilih ikon “Slide Show View” di pojok kanan bawah aplikasi.

Pilihan Tampilan PPT di Zoom

Ada beberapa pilihan tampilah PPT yang bisa kamu pilih, mulai dari keseluruhan layar hingga custom slide show. Berikut selengkapnya:

1. Cara Mudah Share PPT di Zoom – Membagi Keseluruhan Layar Komputer

via digitek.id

Pilihan pertama adalah membagi keseluruhan layar komputer. Semua yang ada di layar nantinya bisa dilihat oleh peserta lainnya. Caranya:

  • Klik tombol share screen Zoom
  • Jendela baru akan terbuka, kemudian pilihlah Screen
  • Klik share

Dengan cara ini, apapun yang terbuka di layar akan terlihat oleh peserta meeting lainnya.

2. Membagi Window PowerPoint saja

ppt

via digitek.id

Cara kedua yakni hanya membagikan PowerPoint saja. Pastikan kamu sudah membuka slide PPT yang akan dibagikan. Jika sudah, berikut langkahnya:

  • Buka file PPT yang akan kamu presentasikan
  • Klik tombol share screen Zoom
  • Jendela baru akan terbuka, pilihlah file windows PowerPoint yang ingin dibagi

Dengan cara ini yang akan dilihat oleh peserta hanya PowerPoint saja, baik dalam tampilan normal maupun slide show.

Kamu bisa membuka file lain diluar PPT yang kamu bagikan tanpa khawatir terlihat oleh peserta lainnya. Tetapi sayangnya kamu tidak bisa membuka catatan bersamaan dengan slide show.

3. Membagi Custom Slide Show

custom

via panritaslide

Pilihan untuk menampilkan PPT di Zoom lainnya adalah dengan membuat custom slide show. Kamu perlu mengubah tampilan dari full screen menjadi dalam window.

Window tersebutlah yang nantinya dibagikan pe peserta Zoom Meeting. Sebelum membagikan layar, kamu perlu mengubah pengaturannya terlebih dahulu. Caranya:

  • Buka file PPT yang akan kamu share
  • Klik tab Slide Show
  • Klik Set Up Slide Show
  • Pilih Browse by an individual (window)
  • Pilih OK

Setelah itu, lakukan slide show dan atur tampilannya hingga slidenya memenuhi window. Jika sudah, pilih share screen. Caranya pilih window PowerPointnya (seperti nomor 2).

Kamu juga bisa menampilkan catatan di samping slide show dengan pengaturan tertentu. Jangan khawatir, karena peserta meeting hanya bisa melihat jendela PPT nya saja.

Nah, itulah Cara Mudah Share PPT Di Zoom dan beberapa tampilan share screen yang bisa kamu pilih. Semoga presentasimu berjalan lancar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *