Cara Membuat Presentasi di Powerpoint Agar Terlihat Menarik

2 hari lalu, by Digitek

Semua pekerja dan pelajar rasanya membutuhkan presentasi. Untuk itulah penting mengetahui cara membuat presentasi di powerpoint agar terlihat menarik.

Cara membuat presentasi yang baik dilakukan dengan menggabungkan teks dan gambar yang menarik. Kenyamanan dan kemudahan audiens dalam memahami presentasi kita merupakan prioritas, untuk itu buatlah semenarik mungkin. Berikut selengkapnya.

1. Buatlah ‘Killer Opening Slide’

Cara Membuat Presentasi di Powerpoint Menarik

via Freepik

Killer opening slide merupakan slide pembuka presentasi yang menarik perhatian audiens karena awal presentasi adalah kesempatan terbaik untuk menarik perhatian mereka.

Gunakan gambar yang menarik, unik dan warna yang cerah tapi tetap nyaman dilihat. Jika awal presentasi sudah terlihat bagus, audiens akan semakin tertarik untuk menunggu slide selanjutnya.

2. Cara Membuat Presentasi di Powerpoint Agar Terlihat Menarik – Gunakan Tema yang Bagus

Cara Membuat Presentasi di Powerpoint Menarik

via Freepik

Untuk membuat presentasi dilirik audiens, gunakan tema yang menarik. Kamu bisa menggunakan tema custom yang tersedia di aplikasi power point atau yang diunduh dari web penyedia tema PPT seperti Giant Template.

Fitur Morph di sana akan membantu mengubah gambar, teks dan 3D menjadi animasi yang menarik. Slide pun terlihat lebih hidup dengan menggunakan fitur ini.

3. Gunakan Slide Master

Cara Membuat Presentasi di Powerpoint Menarik

via Freepik

Slide master merupakan fitur yang membantu menjaga elemen-elemen seperti jenis font, ukuran font, warna latar belakang tetap konsisten.

Dengannya, kamu bisa lebih menghemat waktu karena bisa membuat template sesuai keinginan dalam waktu singkat.

Kamu tidak lagi perlu mengedit slide per slide karena sudah seragam dari awal. Fitur ini bisa kamu cari di menu “view”

4. Gunakan Skema Warna atau Color Scheme

Cara Membuat Presentasi di Powerpoint Menarik

via Freepik

Skema warna akan membantu slide terlihat harmonis dan profesional. Jika warna yang ditampilkan seragam dan menarik, audiens makin antusias melihatnya.

Tapi bagi yang tidak ingin buang-buang waktu dengan menyettingnya secara manual, kamu bisa langsung download template power point yang disediakan berbagai web penyedia template.

5. Teks yang Menarik dan Mudah Dibaca

Cara Membuat Presentasi di Powerpoint Menarik

via Freepik

Pastikan untuk menggunakan teks yang mudah dibaca dan font yang menarik tapi tidak lebay. Gunakan font dengan ukuran sedang hingga besar agar bisa dibaca oleh audiens yang duduk di kursi belakang.

Sebaiknya gunakan font yang beragam untuk membuat presentasi terlihat enak di lihat dan tidak terlalu ramai karena penggunaan font yang berbeda-beda.

6. Cara Membuat Presentasi di Powerpoint Agar Terlihat Menarik – Gunakan Stunning Visuals

Cara Membuat Presentasi di Powerpoint Menarik

via Freepik

Stunning visual meliputi penggunaan gambar, diagram dan tampilan visual lainnya yang membantu audiens memahami apa yang kamu sampaikan dengan cepat dan menarik.

Kamu juga bisa menggunakan gambar kreatif untuk memancing rasa ingin tahu netizen dan membuat mereka penasaran apa kelanjutan dari presentasi yang kamu sampaikan.

7. Kurangi Konten

Cara Membuat Presentasi di Powerpoint Menarik

via Freepik

Powerpoint memang ditujukkan untuk meringkas presentasi yang akan disampaikan dalam bentuk point. Dari point tersebut, kamu bisa menarik kesimpulan mengenai hal apa sajakah yang akan disampaikan.

Sebaiknya, usahakan untuk mengurangi jumlah slide powerpoint karena sejatinya PPT merupakan softwaren untuk membantumu mengingat apa poin-poin yang akan dibahas dalam presentasi.

8. Cara Membuat Presentasi di Powerpoint Agar Terlihat Menarik – Gunakan Teknik CRAP

Cara Membuat Presentasi di Powerpoint Menarik

via Freepik

Contras, Repetition, Alignment, dan Proximity (CRAP) merupakan konsep yang dijelaskan oleh Robin Williams dalam bukunya The Non Designer’s Design Book dan The Non Designer Presentation Book. Salah satu bagian CRAP adalah kontras.

Tujuan kontras adalah membuat perbedaan, perbandingan dan presentasi lebih menarik lagi. Kamu bisa mengaplikasikan tips ini dengan membuat ukuran, warna dan tampilan berbeda antar slide.

Selanjutnya yakni repetetion atau pengulangan. Kamu bisa mengulang elemen dalam presentasi antara satu slide dengan slide lainnya.

Pengulangan ini bisa dalam bentuk pola, warna, tata letak atau lainnya dengan tujuan menciptakan slide presentasi yang harmoni.

Kemudian, Alignment yakni kamu perlu paragraf dengan sejajar dan orientasi yang sama mulai dari judul, paragraf, list bullet dan lainnya.

Terakhir, proximity yang berhubungan dengan gambar dan teks. Kamu bisa memberi jarak elemen yang punya penjelasan berbeda dan mendekatkan elemen yang punya makna sama.

Kesimpulan

Nah, itulah sejumlah cara membuat presentasi di power point agar terlihat menarik. Terakhir, buatlah kesimpulan di slide terakhir atas presentasi yang kamu sampaikan.

Dengan begitu, audiens bisa mengingat kembali poin-poin yang sudah kamu sampaikan sejak awal hingga akhir dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *