15 Aplikasi Presentasi Terbaik Selain Power Point

3 bulan lalu, by Digitek

Aplikasi presentasi terbaik

Berbicara tentang presentasi tentu tidak bisa lepas dari Power Point. Tetapi, ada loh sejumlah aplikasi presentasi terbaik selain Power Point.

Bagi pelajar, mahasiswa, hingga  pekerja menyampaikan materi dengan presentasi merupakan hal yang lumrah. Tampilannya yang menarik juga bisa menjadi nilai plus.

Nah, berikut ini aplikasi presentasi terbaik yang akan membantumu menyajikan materi dengan desain memukau.

15 Aplikasi Presentasi Terbaik

1. Google Slides

Aplikasi Presentasi Terbaik Selain Power Point

via Play Store

Google slides merupakan aplikasi presentasi tradisional besutan Google. Ia bisa digunakan secara online dan gratis dari browser perangkat baik PC atau ponsel.

Fitur yang disajikan terbilang lengkap seperti aplikasi presentasi pada umumnya. Penggunaanya juga sangatlah mudah.

Kamu hanya perlu memiliht tema untuk slide yang akan ditampilkan, tambahkan tata letak, kemudian masukkan teks, grafik atau transisi.

Google Slide juga sudah terintegrasi dengan Zapier. Kamu nantinya bisa memperbarui grafik berdasar baris spreadsheet atau tanggapan formulir yang baru masuk.

Google Slides juga terintegrasi dengan Zapier loh, sehingga kamu dapat melakukan hal-hal seperti memperbarui grafik berdasarkan tanggapan formulir atau baris spreadsheet baru.

Sesuai namanya, Google Slides menjadi tools buatan Google yang ditujukan untuk mengakomodir kebutuhan presentasi digital.

Download Google Slides di sini

2. Canva

Aplikasi Presentasi Terbaik Selain Power Point

via Canva.com

Selain membuat banner promosi atau desain lainnya, Canva juga bisa digunakan untuk membuat slide presentasi yang menarik.

Kamu bisa memanfaatkan versi gratisnya, template yang dihadirkan cukup banyak meski gratis. Tetapi, jika kamu pekerja dan presentasi merupakan makanan sehari-hari, pertimbangkan untuk membeli versi premiumnya.

Di versi premium, kamu bisa mendapatkan layout, logo, gambar dan tools lainnya lebih banyak dan kompleks.

Keunggulan lain Canva yakni aplikasinya bisa dengan mudah dioperasikan dari device apa saja, baik android, tablet ataupun laptop.

Canva juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi mobile, kamu bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store atau App Store.

Kunjungi Canva di sini

3. WPS Presentation

Aplikasi Presentasi Terbaik Selain Power Point

via WPS

WPS merupakan software layaknya Microsoft Office. Ia menyediakan beragam aplikasi mulai dari Word, Excel dan Presentasi.

Aplikasi presentasi besutan WPS dinamakan WPS Presentation. Penggunaanya juga mudah, kamu hanya perlu download aplikasnya di Play Store secara gratis.

Nantinya, kamu akan mendapatkan tambahan cloud-base storage atau penyimpanan online berkapasitas 1GB. Jika kurang, kamu bisa mengupdgrade-nya ke versi premium.

Bagi pengguna baru, kamu akan diberi kesempatan menggunakan WPS versi trial selama 30 hari. Jika masa trial sudah habis, kamu perlu menggunakan versi aslinya dengan biaya berlangganan 45 dollar per tahun.

Untuk lebih menghemat, ada juga paket lifetime seharga 80 dollar. Nantinya, aplikasi bisa kamu akses gratis dan premium seumur hidup tanpa perlu membayar biaya berlangganan tahunan.

Download WPS Presentation di sini

4. OfficeSuite + PDF Editor

Aplikasi Presentasi Terbaik Selain Power Point

via Office Suite

OfficeSuite + PDF Editor merupakan salah satu aplikasi office yang menyediakan template presentasi seperti halnya PPT.

Aplikasi ini sudah mendukung berbagai format file, mulai dari DOC, DOCX, XLS, XLSX dan tentunya PPTX. Untuk kebutuhan presentasi, aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan pengeditan hingga menampilkan slide secara langsung.

Download OfficeSuite untuk Android di sini

5. Aplikasi Presentasi Terbaik Selain Power Point – Prezi

Aplikasi Presentasi Terbaik Selain Power Point

via Prenzi

Bagi kamu yang tidak terlalu mahir membuat desain untuk presentasi, Prezi sangat cocok untuk digunakan.

Ia adalah salah satu aplikasi yang cocok untuk pemula. Kamu bisa mengatur tampilan dengan mudah karena desain antarmuka-nya sederhana dan ramah pengguna.

Prezi menghadirkan fitur zoom level yang akan memperkaya materi presentasi. Kamu bebas memilih beragam template menarik yang disediakan secara gratis sesuai kebutuhan.

Kunjungi Prezi di sini

6. Visme

Aplikasi Presentasi Terbaik Selain Power Point

via Visme

Seperti aplikasi presentasi kebanyakan, Visme cukup multifungsi dan bisa digunakan untuk kebutuhan presentasi, olah data hingga visualisasi produk.

Aplikasi ini juga sudah menggunakan infratruktur berbasis cloud. Dengan begitu semua kebutuhanmu bisa dengan mudah diakomodir, jadi tidak perlu khawatir menghabiskan banyak penyimpanan di perangkat.

Kunjungi Visme di sini

7. Academic Presenter

Academic Presenter

via Academic Presenter

Academic Presenter merupakan aplikasi presentasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan slide menawan.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara offline, jadi lebih hemat kuota. Keunggulan dari fitur yang ditawarkan Academic Presenter adalah kamu bisa menyematkan grafik yang menarik dalam slide yang ditampilkan.

Setelah selesai, kamu nantinya bisa membagikan hasil presentasi ke berbagai jejaring online seperti sosial media, blog, email atau lainnya.

Kunjungi Academic Presenter di sini

8. ZohoShow

ZohoShow

via ZohoShow

Zoho Show merupakan software online yang memungkinkan kamu membuat slide presentasi secara online dari browser PC maupun ponsel.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa meletakkan animasi dan transisi yang menarik dan elegan untuk materi yang akan disampaikan.

Kamu juga bisa mengimpor file dengan format .ppt, pptx, odp, ppsx dan xsi. Aplikasi ini juga mendukung kamu berkolaborasi dengan pengguna lainnya.

Menariknya, pengguna lain bisa meninggalkan komentar di presentasi yang kamu buat dengan Zoho Show.

Kunjungi ZohoShow di sini

9. SlideBean

SlideBean

via SlideBean

Bagi kamu yang mencari aplikasi presentasi yang mudah digunakan, SlideBean merupakan pilihan tepat. Aplikasi ini dikenal membantu mereka yang tidak punya banyak waktu untuk menciptakan slide super keren.

Penggunannya sangatlah mudah, kamu hanya perlu melengkapi bagian-bagian seperti header, outline, dan tema. Selanjutnya, kamu bisa mengupload gambar sesuai kebutuhan, memasukkan materi dan menggunakan visualisasi grafis.

SlideBean dirancang khusus dengan cerdas. Aplikasi ini akan secara otomatis membuat presentasi yang pengguna inginkan. Itu karena desain dan format slide bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan selera.

Kunjungi SlideBean di sini

10. Emaze

emaze

via Emaze

Emaze merupakan terobosan baru aplikasi presentasi yang mudah penggunaanya. Aplikasi ini dibuat dengan program HTML5 yang mendukung di semua web browser.

Kamu tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi, cukup kunjungi alamat situsnya saja. Bagi yang tidak punya banyak waktu untuk membuat presentasi, aplikasi satu ini sangat bisa diandalkan.

Template yang disediakan cukup beragam mulai dari 2D hingga 3D. Uniknya, tampilan presentasi tidak hanya tersedia dalam bentuk slide seperti biasanya.

Kamu juga bisa membuat presentasi dalam bentuk video interaktif. Dengan begitu, audiens pun tidak akan merasa bosan saat kamu memberikan penjelasan di depan mereka.

Emaze merupakan software presentasi yang bisa diakses dengan online dan digunakan kapan saja serta dimana saja.

Kunjungi Emaze di sini

11. Haiku Deck

haiku

via haiku

Berbeda dengan lainnya, aplikasi presentasi satu ini hanya bisa diakses oleh pengguna iPad dan iPhone saja.

Haiku Deck menghadirkan 27 jenis template yang menarik dan lebih dari 35 stok fotp. Kamu bisa melihat dan mengedit secara realtime slide baik dengan iPhone atau iPad.

Keunggulan aplikasi ini adalah pengguna bisa mengekspor data presentasi yang sudah selesai ke format beragam. Mulai dari PDF, Power Point, Keynote dan lainnya.

Namun, aplikasi ini tidaklah gratis. Bagi kamu yang tertarik bisa berlangganan dengan tarif 5 dollar per bulan atau sekitar Rp 72 ribuan.

Kunjungi Haiku di sini

12. LibreOffice

LibreOffice

via LibreOffice

LibreOffice merupakan aplikasi menarik lainnya yang bisa digunakan secara online untuk menyajikan slide keren dan unik.

Aplikasi ini menghadirkan fitur dan tools menarik yang akan membuat presentasi lebih berwarna dan tidak membosankan.

Tidak hanya itu, LibreOffice secara rutin melakukan update fitur yang lebih komplit dan menarik. Seperti misalnya ada EPUB Export file yang bebeapa waktu lalu dirilis.

Aplikasi ini juga punya fitur join spreadsheet, cocok bagi mahasiswa yang punya tugas kelompok atau karyawan.

Kunjungi LibreOffice di sini

13. Focusky

Focusky

via Focusky

Focusku menawarkan berbagai template menarik, kreatif dan tidak membosankan. Aplikasi ini bisa digunakan secara offline, jadi tidak perlu khawatir kehabisan kuota saat menjalankannya.

Terdapat banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik tampilan slide, salah satunya dengan memanfaatkan mid-mapping yang tersedia.

Kamu juga bisa menambahkan efek 3D yang modern dan keren yang akan membuat presentasi makin hidup. Selain itu, tersedia banyak efek transisi dan animasi yang akan membuat slide lebih berwarna.

Kunjungi Focusky di sini

14. SlidesGo

SlidesGo

via SlidesGo

SlidesGo merupakan aplikasi presentasi berbasis cloud yang bisa kamu gunakan untuk membuat slide presentasi unik dan kekinian.

Aplikasi ini bahkan memungkinkan penggunanya mengedit konten presentasi yang dibuat menggunakan Power Point.

Kamu bisa menambahkan latar belakang dengan gambar atau warna solid, tema, grafik atau ilustrasi lainnya yang akan membuat slide makin keren.

Aplikasi ini bisa diakses secara offline dengan tarif berlangganan mulai dari 6 dollar atau sekitar Rp 87 ribuan per bulan.

Kamu bebas menikmati semua fitur yang tersedia tanpa batas. Dengan begitu, presentasi pun menjadi hal yang menyenangkan bukan lagi menegangkan.

Kunjungi Slides di sini

15. Slidedog

Slidedog

via Slidedog

Slidedog merupakan aplikasi presentasi terbaik yang mampu menggabungkan berbagai jenis media. Dengan aplikasi ini kamu bisa memadukan antara video, PDF dan slide dalam satu tampilan.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuat semacam daftar putar yang mengabungkan beragam format.

Dengan Slidedog, kamu tidak perlu lagi menggunakan aplikasi lain. Dengan begitu proses membuat bahan presentasi pun lebih cepat dan lancar.

Untuk membuat presentasi dengan aplikasi ini, kamu hanya tinggal drop and drag file-file yang akan kamu gabungkan menjadi satu.

Selanjutnya, atur atau sesuaikan urutan slide yang akan kamu tampilkan. Slidedog bisa kamu gunakan secara gratis.

Tetapi, jika ingin menikmati fitur yang lebih lengkap kamu bisa membayar biaya berlangganan mulai dari 99 dollar per tahun.

Kunjungi Slidedog di sini

Penutup

Nah, itulah berbagai aplikasi presentasi terbaik selain Powerpoint. Membuat slide yang menarik merupakan salah satu strategi terbaik menarik perhatian audience.

Faktor lain yang mempengaruhi sebuah presentasi menarik atau tidak adalah tidak terlalu banyak tulisan.

Perbanyak ilustrasi saja seperti grafik, gambar atau lainnya. Tuliskan poin-poin pentingnya saja, selebihnya kamu yang menjelaskan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *