Cara Mengaktifkan Display 1440p di PlayStation 5

By Digitek

PlayStation 5 adalah konsol generasi yang lebih kuat dibanding pendahunya yang menghadirkan beberapa pengalaman bermain game lebih baik.

Menjelang akhir bulan, PS5 menambahkan fitur sosial baru, detail audio baru, daftar game, dan dukungan untuk output video HDMI 1440p ke beta. Konsol sekarang dapat menampilkan display original 1440p ke monitor yang sesuai.

Cara Mengaktifkan Display 1440p di PlayStation 5

Pengguna yang memiliki PlayStation 5 akan menikmati fitur update baru. Visual 1440p adalah cara lain untuk melihat game baru dalam kualitas yang lebih tinggi dan mencocokkan lebih banyak kapabilitas display.

Untuk mengaktifkan visual 1440p, berikut caranya:

  • Unduh dan instal update firmware PS5 terbaru.
  • Buka menu pengaturan utama PS5 dan navigasi ke submenu Screen and Video.
  • Setelahnya, scroll ke bawah dan pilih opsi Resolution. Memilih pengaturan itu akan menempatkan setiap resolusi yang tersedia pada menu drop-down, dan sekarang kamu bisa memilih opsi 1440p baru.

Cara Mengaktifkan Display 1440p di PlayStation 5

Tepat di bawah opsi Resolution di submenu Screen and Video, kamu akan menemukan fitur Test 1440p Output yang baru. Itu memungkinkanmu melihat bagaimana tampilannya di monitor sebelum menetapkan pengaturan.

Dengan 1440p diaktifkan, game sekarang akan default ke resolusi 2K. itu sangat berguna bagi mereka yang bermain game di monitor 1440p.

Sebelum pembaruan ini, pengguna layar 2K terpaksa bermain pada 1080p. Bahkan dengan monitor yang memiliki HDMI 2.0, tidak mungkin untuk memilih 4K dan menikmati gambar yang diperkecil. Sebagai gantinya, pengguna harus harus puas disuguhkan dengan visual yang kurang tajam.

Ada kekurangan saat menggunakan resolusi video 1440p, yakni hilangnya refresh rate variabel (VRR). Itu akan mengorbankan frame rate untuk kualitas visual yang lebih tinggi.

Sebaliknya, game 4K akan mendapat manfaat dari setting 1440p. Game 4K akan terlihat lebih smooth dan clean, berkat peningkatan anti-aliasing. Dengan supersampling ke video 1440p berkualitas lebih rendah, visual 4K secara keseluruhan akan lebih baik.

PS5 sekarang punya resolusi 720p, 1080p, 1440p, dan 2160p. Berbagai monitor PC yang digunakan untuk PS5 sebagian besar mendukung resolusi 1440p.

Perlu diketahui, update yang mengaktifkan support 1440p saat ini hanya tersedia bagi mereka yang telah mendaftar ke Software Beta Program.

Update ini menandai langkah besar untuk PlayStation, karena memperluas penerimaannya terhadap hardware yang lebih ditargetkan pada game PC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.