Aplikasi Musik Gratis Untuk Android dan iOS 2021!

2 bulan lalu, by DigiTek ID

Aplikasi musik gratis

Ciye yang punya HP baru! Kayaknya masih ada yang kurang deh kalau HP baru tanpa aplikasi musik gratis! Apapun device nya, aplikasi keren ini bisa kamu nikmati kapan pun dan dimana pun.

Emang sih ada gap yang mencolok banget antara Android dan iOS. Inilah sebabnya kenapa aplikasi iOS nggak bisa dipakai di Android atau sebaliknya. Termasuk aplikasi musik.

Bahkan sekarang, aplikasi ini juga disupport oleh aplikasi lirik lagu! Jadi, cocok banget buat latihan dan hafalin lirik lagu favorit.

So, apa aja aplikasi yang cocok buat dengerin lagu di Android dan iOS?

Check it out ya …

Aplikasi Musik Gratis untuk Android dan iOS 2021

Mungkin yang familiar banget buat kamu adalah aplikasi musik bawaan masih-masing OS. Dimana kamu harus download lagu dulu buat menikmatinya.

Nah sekarang, kita bakal kasih tau kamu tentang aplikasi musik gratis Android dan iOS yang bisa kamu nikmati dimanapun dan kapanpun.

Aplikasi Musik Gratis: Music-based

1. Spotify

Aplikasi Musik Gratis Android

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS – Spotify

Kita ragu deh kalau sampai kamu ngomong nggak kenal sama aplikasi satu ini. Nyatanya, aplikasi ini adalah aplikasi musik gratis paling populer yang bisa kamu nikmati dari HP dan PC.

Kerennya, aplikasi ini dilengkapi dengan AI yang bisa personalize selera musik berdasarkan akun yang kamu connect kan. Jadi, setelah connect atau sign up dengan email atau Facebook, home screen Spotify bakal langsung bikin list musik sesuai dengan info yang kamu tulis di akun itu.

Kamu juga bisa search musik baru, podcast, musik baru, dan video terbaru yang bisa kamu nikmatin. Bahkan, aplikasi ini juga punya library yang bikin kamu bisa mendengarkan list yang barusan kamu dengarkan.

Download Spotify via Play Store

Download Spotify via App Store

2. Google Play Music

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS – Google Play Music

Kayak Spotify tadi, kamu harus sign up dulu buat bikin akun ya. Nah, kalau kamu udah masuk ke aplikasi Google Play Music, home screen nya bakal langsung ada konten kurasi stasiun radio.

Sama kayak aplikasi musik gratis lainnya, kamu bisa menikmati fitur search buat cari lagu, artis, dan genre sesuai keinginan kamu. Bahkan, kamu juga bisa nambah list dari laptop buat streaming ke device yang masih support.

Aplikasi ini juga punya fitur search atau browse music berdasarkan lokasi, mood kamu, sampai album paling top sekalipun. Sayangnya, aplikasi ini lengkap dengan iklan yang nggak bisa kamu skip.

Download Google Play Music via Play Store

Download Google Play Music via App Store

3. YouTube Music

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS – YouTube Music

Yakin banget deh kalau kamu udah punya akun YouTube. Sebagai salah satu aplikasi video sekaligus social media dan social sharing, YouTube juga tengah mengembangkan aplikasi keren, bernama YouTube Music.

Nah kalau udah sign in atau masuk dengan akun YouTube kamu, otomatis aplikasi ini bakal langsung menggunakan data YouTube kamu buat bikin list musik. Kalau emang kamu musik atau video yang baru, kamu bisa langsung search di search bar ya.

Sayangnya, kamu nggak bisa pakai aplikasi ini di background. Jadi, kamu harus tetap buka aplikasi ini kalau mau tetap dengarkan musik.

Download YouTube Music via Play Store

Download YouTube Music via App Store

4. SoundCloud

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS – SoundCloud

Kalau aplikasi ini sih udah ada sekitar 150 juta list yang bisa kamu nikmati langsung dari Android dan iOS. Syaratnya, kamu harus daftar dan bikin akun dulu. Kalau udah sign in pakai email, Google, atau bahkan Facebook, home screen aplikasi ini bakal langsung menampilkan musik yang udah kamu upload.

Nggak cuman itu aja, kamu juga dikasih stasiun rekomendasi. Nah, bedanya ada disini. Kamu harus bekerja manual buat tetap menjaga musik berjalan.

Kerennya, kamu bakal bisa menemukan list-list lagu, artis Indie, serta DJ yang suka banget upload karya mereka di aplikasi keren ini.

Download SoundCloud via Play Store

Download SoundCloud via App Store

5. Apple Music

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS – Apple Music

Apple Music ini menyediakan fitur streaming musik yang bisa langsung diakses pakai Android dan iOS. Sayangnya, aplikasi ini sulit banget buat dipakai, buat user Android dan iOS.

Pertama, kalau kamu user iOS atau produk Apple lainnya, aplikasi ini punya fitur integrasi dengan local storage. Jadi, kamu bakal bingung buat milih lagu yang asli dari HP atau streaming an.

Buat kamu user Android, mungkin sebagian besar bakal kesulitan gara-gara navigasi yang ribet banget. Jadi, sulit banget buat menemukan lagu streaming baru.

Tapi, Apple Music masih bisa jadi pertimbangan kalau kamu pakai katalog buat milih lagu papan atas dunia.

Download Apple Music via Play Store

Download Apple Music via App Store

6. Tidal

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS – Tidal

Aplikasi ini juga nggak kalah keren dari aplikasi lainnya, terutama tentang content generation. Jadi, setelah bikin akun dan sign in, kamu nggak bakal dikasih pilihan tentang genre favorit. Tapi, kamu harus mandiri buat cari lagu-lagu dan playlist favorit kamu.

Kamu bisa register pakai email, Google, Facebook dan Twitter. Tapi saran kita sih jangan pakai Twitter buat daftar atau register ya. Soalnya, agak ribet dan sulit.

Jadi kalau udah berhasil register, di home screen bakal muncul lagu-lagu rekomendasi yang bisa langsung kamu dengarkan.

Download Tidal via Play Store

Download Tidal via App Store

7. Deezer

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS – Deezer

Aplikasi musik gratis lain yang bisa bikin kamu menikmati musik dari artis favorit secara langsung adalah Deezer. Nah, aplikasi ini juga udah dilengkapi dengan AI canggih yang bisa mendeteksi dan bikin lagu rekomendasi buat kamu.

Gampang banget kok cara pakainya:

  • Pilih genre mulai dari Metal, Pop, Blues, RnB, sampai lagu anak-anak ya
  • Lihat preview yang ada di home screen
  • Pilih yang bagus dan buang yang jelek

Terakhir, kamu juga bisa lihat channel yang direkomendasikan serta playlist edisi editor’s choice. Artinya, ada banyak koleksi musik yang bisa kamu nikmati disini.

Tapi satu hal sih yang nggak kita suka. Kamu harus cari playlist sendiri yang cocok dari sekian banyak playlist yang tersedia.

Download Deezer via Play Store

Download Deezer via App Store

Aplikasi Musik Gratis: Radio-based

8. iHeartRadio

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS 2021

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS – iHeartRadio

Aplikasi yang paling rekomended buat dengar musik radio tentu iHeartRadio. Gimana tidak sih. Kamu nggak usah repot-repot buat cari sendiri musik yang kamu suka. Cukup register, daftar, dan masuk, aplikasi ini bakal langsung menyiapkan playlist yang diambil dari info di akun Google, Facebook, GPS, atau bahkan kode pos kamu loh!

Kalau rekomendasi ini meleset dan nggak sesuai selera kamu, pakai aja search bar dan ketik musik, genre, dan artis yang mau kamu dengarkan. Masing-masing hasil pencarian bakal punya tampilan kayak playlist.

Kalau kamu udah menemukan yang cocok, langsung aja klik playlist itu dan biarkan auto-play. Kerennya, kamu juga bisa akses ke radio lokal dan dengar siapa aja yang lagi streaming dan melakukan podcast.

Tapi, aplikasi ini khusus buat streaming ya. Apapun list dan musik yang ada nggak bisa di download.

Download iHeartRadio via Play Store

Download iHeartRadio via App Store

9. TuneIn Radio

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS – TuneIn Radio

Nah, kalau aplikasi ini cocok banget buat kamu yang suka banget dengar story dari channel populer di dunia kayak CNN, FOX News, MSNBC, dan lainnya. Bahkan, kamu juga bisa menikmati small-talk di sport kayak NBA, MLB, ESPN Radio dan masih banyak lainnya.

Sebelum sign up atau daftar dengan email, Google, atau akun Facebook, kamu harus pilih plan dulu. Entah itu 7 hari atau 30 hari free trial.

Nggak cuman story berita aja, kamu juga bisa menikmati stasiun musik dan lebih dari 100 podcast terbaik di seluruh dunia. Ditambah lagi, kamu juga bisa akses semua channel radio lokal dengan fitur search bar.

Sayangnya, kamu nggak bisa menikmati semua genre musik kayak aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini fokus cuman ke berita, podcast, dan channel radio aja.

Download TuneIn Radio via Play Store

Download TuneIn Radio via App Store

10. Jango Radio

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS – Jango Radio

Nggak beda jauh sama dua aplikasi yang udah kita jelaskan tadi, Jango radio juga menyediakan fitur buat mendengarkan musik dengan model radio stasiun private. Jadi, kamu harus bikin akun, pilih genre dan artis favorit dulu sebelum bisa memutar musik di aplikasi ini.

Bahkan, aplikasi ini juga kasih kamu opsi buat masuk pakai akun Facebook, email, dan Google. Sebelum mendengarkan musik pilihan itu, kamu bisa baca dulu preview dan deskripsinya ya.

Di menu bar, kamu juga bisa pilih stasiun yang mau kamu dengarkan. Bisa pilih My Station atau stasiun lain yang baru aja kamu dengarkan.

Download Jango Radio via Play Store

Download Jango Radio via App Store

12. Stingray Qello

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS

Aplikasi Musik Gratis Android dan iOS – Stingray Qello

Mau tau gimana sensasi nikmati konser musik jaman old? Yah, jaman-jamannya si Queen, Santana, Pink Floyd.

Kalau emang kamu pecinta lagu jaman old, Stingray Qello bisa jadi teman setia kamu. Aplikasi musik gratis satu ini emang fokus ke tema konser artis dan musisi papan atas dunia.

Kalau udah daftar dan masuk, kamu bisa lihat di halaman home ada banyak banget pilihan konser. Termasuk kategori konser yang paling laris, EuroArt, rock, classic, sampai track jaman old.

Bahkan, kamu juga bisa baca info pendek tentang konser yang bakal kamu dengar itu, related video, sampai tracks dari masing-masing playlist.

Sayangnya, kamu harus masuk ke plan berbayar buat menikmati fitur selengkapnya. Tenang, ada trial 7 hari kok. Jadi, ikutin aja dulu trialnya terus, kamu bisa putuskan mau lanjut atau nggak.

Download Stingray Qello via Play Store

Download Stingray Qello via App Store

Kesimpulan

Ternyata selain ada aplikasi streaming video, aplikasi musik gratis ini juga punya cara kerja yang sama, yaitu streaming, bukan download. Kalau kamu udah punya dua aplikasi ini di device kamu, lengkap banget deh bahagianya.

Ditambah lagi, ada juga aplikasi karaoke Android dan iOS yang bisa kamu coba buat test seberapa merdu suara kamu. Daripada nyanyi nggak jelas di kamar mandi kan ya.

So, mungkin ini aja ya sharing kita kali ini. Masih ada banyak banget materi dan topik menarik yang bakal kita bahas tiap hari. Janji deh, kita bakal upload konten tiap hari dengan berbagai kategori. Ada tips dan trik, game, gadget, rekomendasi film, sampai info paling update di dunia Digital dan Teknologi.

Cuman di Digitek.id, semua info update bisa kamu dapatkan!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *