Spesifikasi Lengkap Oppo Reno Serta Kekurangan dan Kelebihannya

2 tahun lalu, by digitek

Spesifikasi, kekurangan dan kelebihan Oppo Reno

Salah satu brand smartphone yang digemari dan cukup populer di Indonesia adalah Oppo. Baru – baru ini Oppo mengeluarkan sebuah smartphone yang bersaing di kelas menengah ke atas, bernama Oppo Reno. Oppo yang sangat mengunggulkan kamera selfie mereka di produk smartphone mereka, kali ini juga ingin memberikan kejuatan lewat Oppo Reno ini.

Oppo Reno sendiri resmi diluncurkan di Indonesia pada bulan juni 2019 yang lalu, tepatnya pada tanggal 17 Juni 2019 setelah peluncuran global yang dilakukan sebelumnya pada bulan April 2019. Di Indonesia terdapat dua seri Oppo reno yang dapat anda nikmati dan juga dapatkan, pertama adalah Oppo Reno dengan kisaran harga Rp. 7.999.000 dan juga Oppo Reno 10X Zoom dengan harga sekitar Rp. 12.999.000.

Dua seri Oppo ini membuat penasaran dunia gadget, pasalnya seri Oppo Reno sendiri menawarkan berbagai fitur kamera yang sangat garang. Spesifikasi Oppo Reno ini tentunya sangat layak untuk dilihat secara lebih dekat, karena seri oppo reno ini tergolong baru dengan harga yang cukup mahal atau kelas menengah ke atas. Berikut ini kita simak spesifikasi lengkap Oppo Reno beserta dengan kekurangan dan juga kelebihan yang dimiliki.

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno

Seri pertama adalah seri oppo reno reguler. Dilengkapi dengan dapur pacu terbaru dari Qualcomm yaitu snapdragon 710 membuat performa oppo reno mampu bersaing dengan berbagai smartphone lainnya. Oppo juga mengklaim bahwa oppo reno ini bisa digunakan untuk berbagai game yang populer seperti PUBG Mobile dan AOV dengan sangat baik.

Dilengkapi dengan processor Octa-core, tentunya sangat baik untuk keperluan dan performa sehari – hari anda. Oppo reno ini juga dilengkap dengan GPU Adreno 616 yang cukup tangguh untuk memproses berbagai grafik yang berjalan.

Bukanlah oppo jika mengeluarkan smartphone tanpa kelebihan kamera yang dimiliki. Oppo reno ini memiliki kamera dengan sensor resolusi mencapai 48 mega pixels. Dengan dua kamera belakang, lensa satu digunakan sebagai kamera utama dengan wide lensa f/1.7, 26mm dan kamera kedua berfungsi sebagai depth sensor dengan resolusi 5 mega pixels, dan f/2.4.  Fitur video kameranya juga dilengkapi dengan EIS (Electronic Image Stabilization), teknologi yang membuat video dan juga foto menjadi tetap bagus saat mengambil gambar dengan kondisi bergerak.

Keunikan selanjutnya adalah di kamera depan yang dimiliki oppo reno. Menggunakan sebuah teknologi yang disebut dengan “motorized pop-up”, kamera akan muncul saat anda ingin mengambil foto selfie. Hal ini juga merupakan salah satu kelebihan oppo reno karena bisa memaksimalkan layar smartphone tanpa adanya gangguan kamera di atas layar.

Dari segi baterai oppo reno dilengkapi dengan baterai dengan fitur fast-charging dengan kapasitas 3765 mAh, sepertinya tanggung karena seharusnya oppo bisa membuat dengan kapasitas 4000 mAh.

Dari segi penampilan oppo reno tentunya sangatlah elegan dengan tampilan layar full sebesar 6.4 inch dengan bezel minimalis. Dilengkapi dengan teknologi AMOLED, 16 M yang memanjakan mata, layar oppo reno juga dilengkapi dengan fitur Corning Gorilla Glass 6, yang mampu mengamankan dan melindungi layar dari berbagai gesekan yang terjadi.

Rangkuman spesifikasi oppo reno bisa dilihat di daftar atau list sebagai berikut:

  • Sistem Operasi: Android 9.0 (Pie).
  • Chipset: Qualcomm SDM 710 Snapdragon 710 (10 nm).
  • CPU: Octa-Core (2×2.2GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver).
  • GPU: Adreno 616.
  • RAM / Internal Storage : 6/8 GB, 256 GB internal atau 6 GB, 128 GB.
  • Kamera Utama (Belakang): 48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2 .0”, 0.8 um, PDAF dan 5 MP, f/2.4, depth sensor, fitur dual-LED flash, video HDR, panorama, 2160p@30fps, 1080p@30/60/120fps, gyro-EIS.
  • Kamera Depan: Motorized pop-up (kamera tersembunyi) 16 MP, f/2.0, 26mm (wide), fitur HDR, video 1080p@30fps.
  • USB: Type-C 1.0 reversible connector, USB On the go.
  • Baterai: Non-removable Li-Po 3765 mAh, fast-charging 20W (VOOC Flash Charge).
  • Sensor: Fingerprint (di layar), accelerometer, gyro, proximity dan kompas.

Harga : Sekitaran Rp. 7.999.000,-

Kelebihan Dan Kekurangan Oppo Reno

Oppo renno tentunya memiliki berbagai kelebihan dan juga kekurangan sebagai sebuah smartphone yang baru saja dirilis di tahun 2019 ini. Berikut ini merupakan kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh oppo reno.

Kelebihan Oppo Reno:

  • Layar full-screen dengan bezel minimalis:

    Trend smartphone sekarang ini adalah menampilkan tampilan layar full dengan bezel minimalis. Oppo beberapa kali memberikan teknologi yang memisahkan kamera depan dengan layar agar tampilan layar tidak terganggu dengan adanya kamera depan yang ada.

  • Hasil kamera yang pasti memuaskan:

    Dengan resolusi 48 megapixels dan juga fitur EIS pada video yang dimiliki, oppo reno jelas sudah tidak diragukan lagi dalam hal kualitas kamera yang ditawarkan.

  • Fitur – fitur lainnya sangat lengkap:

    Sensor sidik jari di layar, kemudian accelerometer, dan juga sensor gyro juga disematkan di dalam oppo reno, sehingga sangat cocok untuk anda dalam kegiatan sehari – hari.

Kekurangan Oppo Reno:

  • Kapasitas baterai kurang maksimal:

    Untuk smartphone sekelas oppo reno kapasitas baterai yang dimiliki sangatlah kurang maksimal. Dengan kapasitas hanya 3765 mAh ini masih kalah dengan beberapa produk sekelasnya yang bisa menyematkan kapasitas baterai hingga 4000 mAh.

  • Resolusi kamera bukanlah resolusi sebenarnya:

    Walaupun harus diakui bahwa kualitas dari kameranya memang sangat baik, tapi jika diteliti lebih jauh resolusi ini masih jauh dari spesifikasi yang dikatakan.

  • Komponen yang harusnya bisa lebih baik:

    Mungkin oppo ingin menggunakan chipset terbaru dengan menyematkan snapdragon 710, tapi kekurangannya mungkin ada kandidat chipset yang mungkin lebih baik untuk disematkan di oppo reno agar performanya lebih maksimal.

Spesifikasi Oppo Reno 10x Zoom

Seri Oppo Reno kedua adalah oppo reno dengan 10x optical zoom. Perbedaan dengan seri regeler memang sangatlah mencolok dari segi harga, dan spesifikasi. Harga yang ditawarkan untuk bisa mendapatkan oppo reno 10x Zoom ini berkisar sampai Rp. 12.999.000 .-, berbeda cukup jauh dengan seri oppo reno reguler.

Dari sisi tampilan oppo reno 10x zoom memiliki layar yang lebih besar dengan ukuran 6.6 inch. Selain itu oppo reno 10x zoom ini juga memiliki pelindung Corning Gorilla Glass 5, di bagian belakang bodi, dan juga Corning Gorilla Glass 6 di bagian layar depannya, sedangkan untuk oppo reno hanya memilikinya di bagian depan layar.

Untuk segi dapur pacu dan juga chipset yang diberikan, oppo reno 10x zoom ini memiliki kualitas yang sangat layak untuk dilihat lebih lanjut. Dengan menggunakan chipset snapdragon 855 untuk performa kegiatan sehari – hari juga sangat mempuni. Seperti yang sudah diketahui bahwa oppo mengklaim performa game yang mereka berikan sangatlah baik. Reno 10x zoom juga memiliki processor dengan jumlah proses octa-core, menggunakan teknologi Qualcomm kyro yang mampu memproses dengan kecepatan 2.84 gHz. Sudah tidak diragukan lagi performa yang diberikan oleh oppo reno zom 10x, memberikan basemark II score sebesar 5504 diperingkat ketiga setelah Samsung galaxy fold dan juga oneplus 7.

Spesifikasi selanjutnya adalah keunggulan dalam kamera. Untuk fitur kamera ini oppo reno 10x zoom ini jelas sangat menarik untuk dibahas lebih mendetail. Baik oppo reno reguler maupun reno 10x zoom memang sangatlah baik untuk mengambil gambar pada pencahayaan yang kurang baik alias dalam kondisi gelap, tapi ada perbedaan yang sangat jelas dari kedua seri ini.

Pertama adalah optical zoom. Seri oppo reno 10x zoom ini dibekali dengan lensa periscope atau telephoto dengan kemampuan 5x optical zoom. Lensa ini dilengkapi juga dengan teknologi OIS yang bisa membuat foto lebih stabil jika diambil dengan kondisi tanpa bantuan apapun. Adapun lensa periscope ini memiliki resolusi 13 mega pixels dengan aperture f/3.0. Fitur lainnya yang juga dimiliki reno 10x zoom ini dalah teknologi PDAF dan juga Laser AF, yang menambah tajam gambar karena focus yang diberikan sangat baik.

Perbedaan lain di kamera belakang adalah oppo reno 10x zoom ini juga dilengkapi dengan lensa ultra-wide dengan 8 mega pixels, 16mm , yang berfungsi untuk pengambilan gambar landscape pemandangan contohnya. Untuk fitur lainnya relatif sama dengan seri oppo reno reguler.

Sedangkan kamera depannya juga menggunakan kamera tersembunyi dengan teknologi “motorized pop-up”, yang mampu tersembunyi di dalam smartphone saat tidak digunakan. Hal ini merupakan bentuk konsistensi dari oppo untuk memberikan smartphone dengan kualitas full layar depan di semua produknya. Selain itu, kamera depannya juga dilengkap dengan LED Flash, untuk selfie di cahaya yang kurang akan menjadi maksimal, berbeda dengan oppo reno reguler yang belum memiliki fitur ini.

Smartphone yang satu ini memiliki kapasitas baterai yang lumayan besar mencapai 4065 mAh. Seharusnya untuk smartphone seharga oppo reno 10x zoom, masih terlalu kecil. Tapi mungkin oppo memperhatikan faktor lainnya.

Rangkuman spesifikasi oppo reno 10x zoom bisa dilihat di daftar atau list sebagai berikut:

  • Sistem Operasi: Android 9.0 (Pie).
  • Chipset: Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7nm).
  • CPU: Octa-core (1×2.84GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.8 GHz Kryo 485).
  • GPU: Adreno 640.
  • RAM / Internal Storage: 6 GB RAM / 128 GB Internal storage atau 6/8 GB RAM, 256 GB Internal.
  • Kamera Utama (Belakang): 3 kamera dengan lensa 48 MP, f/1.7, 26mm (wide), ½.0”, 0.8um, PDAF/Laser AF, OIS. Periscope 13 MP,f/3.0, 130mm (telephoto), 5x optical zoom, PDAF/Laser AF, OIS. Dan lensa terakhir dengan 8 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide). Dual-LED flash, HDR, panorama, dengan fitur video 2160p@30/60fps, 1080p@30/60/240fps, gyro-EIS.
  • Kamera Depan (selfie kamera): Motorized pop-up (kamera tersembunyi) 16 MP, f/2.0, 26mm (wide), fitur LED flash, dan HDR, video 1080p@30fps.
  • USB: Type-C 1.0 reversible connector, USB on the go.
  • Sensor: Fingerprint (di layar), accelometer, gyro, proximity, dan kompas.
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4065 mAh, fast battery charging 20W (VOOC Flash Charge).

Harga: Berkisar di harga Rp. 12.999.000,-

Kelebihan Dan Kekurangan Oppo Reno 10x Zoom

Nah, berikut ini merupakan kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh oppo reno 10x Zoom.

Kelebihan Oppo Reno 10x Zoom:

  • Performa yang sangat menawan:

    Tentu saja dengan chipset flagship, snapdragon 855 oppo reno 10x zoom menawarkan performa yang gahar dan juga sangat cepat. Ditambah juga GPU yang mampu memproses high-end grafis menambah kinerja smartphone yang satu ini menjadi sangat maksimal.

  • Layar besar, lega, dan full:

    Dengan kamera depan yang disembunyikan dengan teknologi “motorized pop-up” sehingga tampilan layar terlihat sangat lega tanpa adanya gangguan dari lensa kamera depan, seperti smartphone pada umumnya.

  • Kamera dengan teknologi 10x optical zoom:

    Tentu saja ini merupakan kelebihan dari oppo reno 10x zoom. Dengan lensa periscope yang dimilikinya anda tidak perlu khawatir pengambilan foto jarak jauh anda akan menjadi jelek.

Kekurangan Oppo Reno 10x Zoom:

  • Harga yang cukup mahal:

    Kelemahan pertama dari oppo reno 10x zoom adalah segi harga yang cukup mahal, sehingga merupakan smartphone kelas menengah ke atas.

  • 10x optical zoom:

    Secara teknis, oppo menggunakan lensa periscope atau telephoto 5x optical zoom dengan kata lain fitur ini bisa menjadi dua mata pisau yang tajam bagi oppo reno 10x zoom ini. Fitur ini bisa menguntungkan untuk oppo dan juga bisa merugikan oppo, karena hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan ekspektasi pengguna.

  • Kapasitas baterai:

    Sama halnya seperti oppo reno reguler, reno 10x zoom juga menawarkan kapasitas yang mungkin terlalu kecil untuk kelas smartphone menengah ke atas. Bahkan smartphone lain di harga menengah ke bawah sudah menawarkan kapasitas hingga 5000 mAh, sementara reno 10x zoom masih dengan kapasitas 4050 mAh sangatlah disayangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *