Tips Agar Baterai Hp Awet Dan Tahan Lama

1 tahun lalu, by digitek

Tips Agar Baterai Hp Awet Dan Tahan Lama

Di jaman sekarang ini hp dan smartphone baik Android maupun iPhone memiliki peranan yang sangat penting. Pekerjaan, hiburan, media sosial semua kegiatan ini dimudahkan dengan adanya berbagai aplikasi pada hp dan smartphone.

Untuk mendukung pengoperasioan berbagai aplikasi di smartphone maka baterai handphone merupakan sebuah komponen penting, karena baterai hp merupakan sumber daya yang mampu menjaga sebuah hp tetap hidup. Bayangkan jika anda memiliki sebuah hp yang memiliki baterai yang mudah ngedrop, pastinya akan menyusahkan anda sendiri kan? Maka dari itu diperlukan sebuah baterai yang awet serta memiliki daya tahan yang lama.

Sebelum melangkah lebih jauh ke pembahasan tips agar baterai hp tahan lama, ada baiknya jika kita mengetahui mengenai fakta dan mitos dari baterai hp. Tujuannya adalah agar lebih mengetahui mengenai informasi tentang baterai, sehingga kita tidak akan salah langkah dalam melakukan perawatan yang bertujuan untuk membuat baterai menjadi tahan lama.

Fakta Dan Mitos Seputar Baterai Hp

  1. Mengisi daya baterai haruslah dari o% ke 100% agar ketahanan baterai menjadi tahan lama (Mitos)
    Beberapa orang menyarankan bahwa baterai haruslah di isi dari 0% hingga 100% agar baterai tersebut awet. Fakta ini memang benar untuk beberapa tahun yang lalu, tapi untuk sekarang teknologi yang ada di dalam baterai hp dan smartphone sudah berkembang. Mitos ini sudah sangat berkembang dan beberapa orang masih percaya dengan mitos yang satu ini.
  2. Jangan terlalu lama mengisi baterai (Mitos)
    Kita sering mengisi dan melakukan charge baterai semalaman saat tidur, dan beberapa dari anda mungkin berpikiran bahwa ini adalah kebiasaan buruk. Mungkin anda berpikir charge hp terlalu lama atau semalaman menjadikan salah satu penyebab baterai menjadi cepat rusak, ini adalah mitos. Faktanya, mengisi daya baterai semalaman merupakan hal yang bisa anda lakukan, dan baterai anda akan baik baik saja.Teknologi baterai pada smartphone yang ada sekarang sangatlah canggih. Jika dulunya pengisian baterai jangan melebihi 100%, baterai smartphone sekarang memiliki teknologi yang jika baterai sudah mencapai 100% maka pengisian daya akan berhenti. Teknologi baterai sekarang juga cukup canggih untuk bisa memulai kapan harus mengisi daya baterai dan kapan untuk berhenti mengisi kembali.
  3. Tidak menggunakan Hp dan smartphone saat melakukan charging (mitos)
    Sebenarnnya ini adalah sebuah mitos yang mungkin terjadi karena salah paham atau salah kaprah yang terjadi di kehidupan sehari – hari. Tujuan dari tidak menggunakan hp dan smartphone saat kita sedang mengisi daya atau charging. Tujuan dari tidak menggunakan hp saat melakukan charging adalah menghindari smartphone mengalami overheat atau panas yang berlebihan.Faktanya panas yang berlebihan yang terjadi di hp dan smartphone tidak dianjurkan, karena bisa menyebabkan kerusakan pada hp dan smartphone anda. Walaupun tidak dianjurkan penggunaan yang berlebihan, tapi menggunakan hp saat melakukan charging atau pengisian daya sangatlah aman.
  4. Baterai akan bertahan bertahun tahun jika kita melakukan charging atau pengisian daya dengan benar.
    Harus diakui bahwa hp dan smartphone memiliki kelemahan di baterai. Baterai memiliki masa penggunaan rata – rata jika melewati masa itu maka baterai haruslah diganti. Semakin baterai bertambah usia, maka baterai akan kehilangan kemampuan untuk menahan lebih lama daya yang ada di dalam baterai. Hal inilah yang sering kita sebut dengan kenapa baterai kita menjadi lebih boros setelah pemakaian, misal dua tahun.

Setelah kita mengetahui fakta dan mitos yang terjadi terhadap baterai handphone di atas, tentunya anda akan tahu kesalahpahaman yang terjadi selama ini. Setelah itu kita akan membahas bagaimana caranya kita membuat hp baterai kita menjadi awet dan lebih tahan lama.

Tips Agar Baterai Hp Tahan Lama

1. Jaga Hp dan smartphone tetap dalam suhu normal

Salah satu hal yang berbahaya bagi smartphone adalah panas. Overheat atau panas berlebih akan berdampak buruk bagi baterai dan bahkan bisa jadi komponen yang ada di dalam hp. Panas ekstrem yang berlebih akan menyebabkan kerusakan pada cell baterai sehingga menyebabkan daya tahan baterai dalam menyimpan daya akan berkurang. Hal ini menyebabkan baterai menjadi lebih boros nantinnya.

Pastikan hp dan smartphone anda berada di suhu maksimal 35 derajat celcius untuk menjaga smartphone dalam kondisi yang baik.

2. Selalu Gunakan Aksesoris Bawaan Atau Original

Charger original dianjurkan untuk mengisi daya dan juga menjaga baterai tetap dalam kondisi yang baik. Hal ini disebabkan produsen smartphone sudah menggunakan perhitungan yang sedemikian rupa untuk menentukan suhu, keadaan, dan juga kondisi saat melakukan charging dan pengisian baterai.

Selain itu penggunaan charger dan juga aksesoris bawaan atau original akan lebih cepat dalam pengisian daya. Jadi mulai sekarang gunakan charger original jika anda ingin baterai yang anda gunakan menjadi awet dan tahan lama.

3. Lihat Settingan Smartphone dan Hp

Hal ini berlaku untuk semua pengguna hp dan smartphone baik itu android maupun iphone. Dengan melihat setting penggunaan baterai, kita akan melihat aplikasi apa yang menghabiskan terlalu banyak baterai. Selain itu juga minimalkan penggunaan fitur yang meyebabkan penggunaan baterai menjadi lebih boros.

GPS dan lokasi, brightness yang tinggi, push notifications, fitur – fitur ini juga merupakan yang bisa dikurangi agar penggunaan baterai menjadi lebih tahan lama. Selain itu jangan juga background app, jika tidak menggunakan aplikasi lebih baik hapus background app. Selain itu hapus dan uninstall aplikasi yang tidak digunakan, selain memperingan kinerja hp dan smartphone, hal ini juga akan mengurangi memori penyimpanan anda.

4. Hindari Penggunaan Smartphone dan Hp Di tempat yang susah sinyal

Mencari sinyal merupakan sebuah pekerjaan berat bagi sebuah hp dan juga smarphone, terlebih jika sebuah tempat memiliki sinyal yang tidak stabil. Untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan cara, mengaktifkan air plane mode, atau juga menonaktifkan jaringan telepon untuk sementara sampai anda berada di tempat yang memiliki sinyal yang stabil.

5. Perhatikan Update OS yang diberikan

Silakan secara berkala cek apakah ada update OS yang diberikan oleh produsen smartphone anda. OS update terkadang memberikan fitur – fitur tambahan yang bisa jadi membuat baterai hp tahan lama. Selain itu OS update tentunya memberikan berbagai keuntungan yang bisa kita dapatkan, jadi jangan sampai terlewat dengan OS update.

6. Jika memiliki koneksi Wi-Fi gunakan Wi-Fi daripada menggunakan data

Penggunaan Wi-Fi bisa menjadikan baterai tahan lama. Penggunaan Wi-Fi memiliki banyak keuntungan selain irit kuota, menggunakan Wi-Fi juga mengurangi beban kerja dari hp dan smartphone dalam melakukan pencarian sinyal internet di hp, sehingga baterai menjadi lebih tahan lama.

7. Jika anda memiliki mobilitas tinggi silakan pilih power bank dengan bijak

Tips yang terakhir ini adalah untuk anda yang memiliki mobilitas tinggi dan sering berada jauh dari sumber listrik, yaitu memilih pengisi daya atau charger alternatif seperti power bank dengan bijak. Pilihlah power bank yang bagus dengan memperhatikan support atau dukungan hp dan smartphone milik anda. Perhatikan output yang dikeluarkan di power bank, apakah sejalan dengan yang dibutuhkan oleh hp dan smartphone. Hal ini diperlukan untuk menjaga baterai menjadi tahan lama.

Nah itu dia beberapa tips yang harus diperhatikan agar baterai hp bisa awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *