Spesifikasi Lengkap, Harga Serta Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy M30 di Indonesia

Spesifikasi lengkap Samsung Galaxy M30

4 minggu lalu

Samsung sebagai produsen smartphone yang sudah besar kembali meramaikan pasar smartphone menengah di Indonesia. Kali ini Samsung Galaxy M30 yang baru saja rilis di pasaran Indonesia, setelah sebelumnya di dahului oleh genereasi Samsung galaxy M10 dan juga M20. Smartphone Samsung seri M terbaru ini memberikan pertarungan sengit yang terjadi di pasaran smartphone menengah ke bawah Indonesia.

Samsung Galaxy M30 diperkenalkan pada 25 Juli 2019 yang lalu dimana sebelumnya sudah dirilis dan diperkenalkan di negara India. Jika dilihat dari spesifikasi, Samsung Galaxy M30 ini lebih tinggi dari seri pendahulunya M10 dan juga M20.

Disini kita akan membahas secara lengkap spesifikasi, kelebihan, kekurangan, dan harga Samsung galaxy M30 ini secara lengkap dalam artikel ini, simak terus ya?

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy M30 di Indonesia

Anda ingin membeli smartphone baru? Tapi masih bingung memilih smartphone yang bisa dijadikan pilihan? Mungkin smarphone Samsung seri M terbaru ini bisa menjadi pilihan anda, kita akan lihat spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy M30 ini.

Dimulai dari performa, seri M30 menggunakan chipset besutan Samsung sendiri dengan seri chipset Exynos 7904 (14 nm). Chipset ini memang sangat baik untuk smartphone kelas menengah, karena nyatanya Samsung memberikan chipset ini pada smartphone seri M20 juga. Dengan processor octa-core yang memiliki kecepatan hingga 1.8 GHz yang juga didukung GPU Mali-G71 MP2, membuat performa untuk bermain game dan juga melakukan pekerjaan berat tetap bisa dilakukan.

Smartphone ini bisa bermain game populer sepert Mobile Legends, dan juga AOV dengan settingan rata kanan tapi untuk game seperti PUBG Mobile masih di settingan grafis medium. Samsung galaxy M30 memiliki beberapa pilihan RAM dan memori, pertama dengan 4 GB RAM, dengan internal storage sebesar 64GB atau 6 GB RAM, dengan internal storage 128 GB. Tapi menurut website resmi Samsung di Indonesia baru akan ada satu varian yang akan dijual yaitu versi RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Selanjutnya adalah dari segi kamera, Samsung Galaxy M30 memiliki tiga lensa kamera yang disematkan sebagai kamera belakang. Kamera belakang yang memiliki resolusi utama sebesar 13 MP, dengan fitur Auto Fokus (PDAF). Sebenarnya kualitas dari kameranya sudah sangat baik, namun sangat disayangkan masih belum mendukung OIS.

Untuk kualitas video sendiri sudah bisa merekam video dengan kualitas Full HD dengan resolusi 1920x1080p namun masih di 30fps. Kamera depannya sendiri sudah memiliki resolusi sebesar 16 MP.

Daftar spesifikasi lengkap Samsung Galaxy M30:

  • Chipset: Exynos 7904 (14 nm).
  • Processor: Octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex A-53).
  • GPU: Mali-G71 MP2.
  • Sistem Operasi: Upgradeable Android 9.0 (Pie): One UI atau Samsung Experience.
  • Storage: 4GB, 64 GB.
  • Dimesi: 6.4 inch (~84.2% screen to body ratio), 1080 x 2340 pixels, Super AMOLED capacitive touchscreen 16M colors.
  • Berat: 174 g.
  • Kamera Depan: 16 MP, f/2.0, fitur HDR, [email protected]
  • Kamera Belakang: 13MP, f/1.9, PDAF. 5 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide). 5 MP, f/2.2, depth sensor.
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 15W.
  • Fitur Sensor: Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass.
  • Harga: 3 jutaan

Kelebihan Samsung Galaxy M30 di Indonesia

Sebuah smartphone terbaru tentunya memiliki kelebihan yang ditawarkan, apalagi untuk smartphone kelas menengah ke bawah. Setelah kita melihat spesifikasi lengkap Samsung Galaxy M30, coba kita lihat berikut ini adalah kelebihan dari Samsung Galaxy M30.

  1. Baterai Yang Tangguh Dan Juga Tahan Lama

    Samsung memang jarang sekali menawarkan fasilitas smartphone dengan kapasitas baterai yang besar. Biasanya Samsung memiliki kapasistas baterai yang tanggung, yang dirasa sebenarnya masih bisa ditingkatkan. Samsung Galaxy M30 ini memiliki kapasitas yang sangat besar dengan 5000 mAh yang memungkinkan daya tahan penggunaan baterai akan sangat lama.

    Dengan adanya kapasitas baterai besar kali ini, menjadikan sebuah angin segar bagi Samsung yang akan bersaing dengan berbagai brand smartphone menengah ke bawah lainnya seperti Xiaomi, Asus, Oppo, dan lain – lain. Selain kapasitasnya yang besar smartphone yang satu ini dilengkapi dengan fitur fast-charging dengan daya 5watt yang juga memiliki fitur USB Type-C.

    Samsung mengklaim bahwa pemakaiannya bisa mencapai 31 jam untuk telepon, dan juga 25 jam untuk menonton video.

  2. Kamera Yang Menghasilkan Foto dan Video Berkualitas

    Jika berbicara mengenai smartphone Samsung, pasti akan sangat menarik membicarakannya dari segi kualitas kamera. Samsung cukup terkenal dengan kualitas kamera yang sangat mumpuni. Hasil yang jernih dan tajam, terkadang menjadi kelebihan yang sangat diunggulkan oleh pabrikan Korea ini. Samsung galaxy M30 ini dilengkapi oleh 3 lensa kamera yang berfungsi untuk berbagai kebutuhan.

    Lensa wide angle, ultra-wide, dan juga lensa utama begitulah cara kerja dari ketiga lensa yang ada pada smartphone yang satu ini. Dengan resolusi kamera utama 13 MP, dan juga kedua kamera lainnya 5 MP menjadikan kualitas foto yang dihasilkan sangatlah tajam dan juga jernih.

    Dibagian kamera selfie terdapat fitur beauty face yang memang sudah sangat umum ada di smartphone jaman sekarang, sehingga bisa membuat tampilan foto selfie anda menjadi sangat cantik. Dari segi video sendiri Samsung galaxy M30 bisa menangkap video dengan kualitas HD, naun sangat disayangkan frame rate dari video hanya baru mencapai 30fps.

  3. Desain Yang Menarik

    Satu lagi kelebihan dari Samsung galaxy M30 adalah dari sisi desain. Samsung galaxy M30 menawarkan desain yang kekinian yang sangat sesuai dengan berbagai kalangan. Sebelumnya Samsung merupakan salah satu brand yang sangat tidak update atau sangat terlambat untuk mengikuti perkembangan desain atau tampilan dari smartphone. Dengan bazel yang tipis dan juga tampilan notch yang kadang bisa dibilang mengganggu tapi juga bisa dibilang menambah elegan tampilan smartphone.

    Samsung Galaxy M30 memiliki tampilan layar dengan resolusi FHD dengan lebar layar 6.4 inch. Samsung mengklaim display ratio nya mencapai 92% dimana memang dari tampilan bezelnya sangat tipis sehingga terlihat sangat maksimal dalam penggunaan layar.

 

Kekurangan Dari Samsung Galaxy M30

Ada kelebihan tentunya tetap ada kekurangan. Agar adil, kita juga akan melihat beberapa kekurangan dari smartphone yang satu ini. Berikut ini adalah kekurangan dari Samsung Galaxy M30.

  1. Body Belakang Masih Plastik

    Walaupun tidak berpengaruh dari segi performa, tapi lagi – lagi Samsung memberikan bahan plastik di body yang dimiliki oleh Samsung Galaxy M30 kali ini. Beberapa smartphone kelas menengah lainnya, sudah menawarkan smartphone dengan body metal dengan harga yang sama dengan smartphone seri Samsung terbaru ini. Hal ini tentunya menjadi kekurangan dari Samsung, karena memang di seri M rata – rata body memang masih menggunakan plastik.

    Memang plastik yang digunakan oleh Samsung sudah terlihat sangat elegan, namun karena dilihat dari beberapa saingan yang sudah menggunakan metal di harga yang sama, kita bisa menganggapnya sebagai kekurangan.

  2. Tidak Ada Perubahan Performa Dari Seri Sebelumnya

    Dibandingkan dengan seri M sebelumnya, sebut saja Samsung Galaxy M20 tidak peningkatan signifikan dari segi performa. Masih menggunakan chipset, processor, dan juga GPU yang identik dengan seri M20, sehingga dari segi performa tidak ada perubahan. Hanya saja perbedaan terletak pada RAM yang ditingkatkan menjadi 6 GB, dan juga internal storage yang juga ditingkatkan lebih besar menjadi 128 GB.

Harga Samsung Galaxy M30 di Indonesia

Secara resmi Samsung belum mengumumkan harga jual pada Samsung galaxly M30 ini, namun menurut website resmi Samsung Indonesia, smartphone ini baru dijual dengan sistem pre-order. Tapi anda bisa membelinya dengan harga berkisar 3 jutaan di pasaran yang sudah tersedia di berbagai toko yang menjual produk resmi dari Samsung. Harga ini terpaut sedikit dengan smartphone pendahulunya.

Demikian info spesifikasi lengkap dan harga Samsung Galaxy M30 di Indonesia berserta dengan kekurangan dan juga kelebihan dari smartphone seri M terbaru ini. Setelah melihat artikel ini apakah anda jadi tertarik dengan Samsung Galaxy M30 ini? Dengan kapasitas baterai besar yang bisa menjadikan aktifitasmu dengan smartphone tidak dibatasi oleh baterai, ditambah kualitas kamera yang sangat bagus dan juga performa yang juga cukup mumpuni maka rasanya handphone ini cocok untuk anda pertimbangkan.

Jika menurut anda apakah harga yang ditawarkan memang pantas dengan spesifikasi yang ada? Bisa share pendapatnya di kolom komentar deh. Jangan lupa juga untuk share informasi ini agar teman – teman anda juga memiliki informasi mengenai smartphone smartphone terbaru dari Samsung ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *