Spesifikasi, Kekurangan Dan Kelebihan Samsung A80

Spesifikasi kekurangan dan kelebihan Samsung A80

4 minggu lalu

Di tahun 2019 ini sansung memiliki beberapa smarphone dan ponsel terbaru mereka yang cukup populer yaitu Samsung Galaxy A80. Sebagai vendor smartphone yang sudah sangat sukses merajai pasaran smartphone Samsung selalu melakukan berbagai inovasi untuk mempertahankan nama besarnya. Pada tahun 2019 ini tentunya Samsung juga masih menunjukkan bahwa dia mampu untuk memberikan inovasi dan juga teknlogi terbaru yang mereka miliki.

Samsung Galaxy A80 sendiri merupakan seri terbaru dari smartphone Samsung seri A yang menawarkan beberapa teknologi yang belum pernah ada di smartphone Samsung lainnya. Berbagai spesifikasi, fitur canggih smartphone Samsung A80 cukup mencuri perhatian para pecinta gadget sehingga seri ini benar – benar menjadi bahan perbincangan yang cukup hangat di waktu belakangan ini.

Biasanya Samsung menjual smartphone seri A dengan harga menengah, karena memang target dari seri A merupakan untuk kalangan mid-level, namun tidak dengan seri Samsung yang satu ini. Harga Samsung Galaxy A80 ini dibanderol hampir setara dengan seri flagship milik Samsung. Harganya hampir menyamai seri S yang merupakan smartphone flagship dari Samsung.

Mungkin karena Samsung memberikan fitur terbarunya di seri ini menjadikan harga Samsung galaxy A80 mendekati harga flagship. Baiklah kita akan membahas mengenai spesifikasi, kekurangan, dan kelebihan dari Samsung A80 ini, dan apakah spesifikasi dan fitur yang ditawarkan sepadan juga dengan harga yang ada?

Spesifikasi Samsung Galaxy A80

Samsung Galaxy A80 merupakan Samsung yang dirilis pada tahun 2019 ini. Diperkenalkan oleh Samsung pada bulan April 2019, Samsung galaxy A80 ini kemudian dirilis pada bulan Mei 2019 yang lalu. Seri ini pun sudah masuk ke pasaran Indonesia secara resmi. Harga dari Samsung A80 ini menurut website resmi dari Samsung berkisar di harga Rp. 9.499.000,-. Dari segi harga memang sedikit mahal dari Samsung seri A lainnya, bahkan seperti yang sudah disampaikan harganya mendekati smartphone flagship milik Samsung dengan seri Galaxy S.

Terus spesifikasi yang diberikan sebagus apa sih? Mungkin anda berpikir seperti itu. Tenang, kita akan membahasnya sebentar lagi.

Samsung Galaxy A80 ini dari segi performa disokong oleh oleh chipset yang dibuat oleh Qualcomm, dengan seri Snapdragon 730 (8 mm). Snapdragon 730 ini juga didukung dengan processor ampuh dengan fitur octa-core dan processor Kyro 470, yang tentunya cukup baik dalam hal performa.

Kemudian galaxy A80 juga dilengkapi dengan GPU atau Graphics Processor Unit Adreno 618. Chipset yang diberikan Samsung ini dikenal sebagai chipset yang memiliki ketangguhan dalam performa bermain game, sehingga sangat mampu untuk melakukan pekerjaan sehari – hari.

Dari segi desain sendiri tampialan dari Samsung Galaxy A80 ini sangat elegan dan memiliki kesan yang benar – benar mewah. Layarnya terkesan full karena memiliki bezel yang cukup tipis dengan ratio perbandingan 20:9. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah motorized pop-up kamera depannya yang merupakan teknologi kekinian di pasaran smartphone.

Kamera depannya tidak disematkan di bagian depan, sehingga tampilan depan smartphone full untuk layar. Kamera depan Samsung ini menggunakan teknologi motorized pop-up dimana kamera akan muncul ke atas saat kita ingin mengambil foto dengan kamera depan.

Uniknya kamera Samsung ini di desain untuk kamera depan dan belakang, jadi kamera ini bisa berputar untuk mengambil foto baik untuk selfie atau foto biasa menggunakan kamera belakang. Samsung menyebut fitur ini sebagai kelebihan dimana A80 dibuat untuk semua tujuan bukan hanya untuk selfie. Dengan fitur ini tentunya kamera depan dan belakang memiliki kualitas foto yang sama.

Berikut ini spesifikasi lengkap dari Samsung A80:

  • Dimensi: 2 x 76.5 x 9.3 mm ( 6.50 x 3.01 x 0.37 inch ).
  • Berat: 220 gram.
  • Fitur Build: Front glass (Gorilla Glass 3), back glass (Gorilla Glass 6), aluminium frame.
  • SIM: Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual Standby).
  • Display: Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors.
  • Ukuran: 7 Inches, (~85.8% screen-to-body ratio).
  • Resolusi: 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~ ppi density).
  • Proteksi: Corning Gorilla glass 3, Always on display.
  • Sistem Operasi: Android 9.0 (Pie), One UI.
  • Chipset: Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8nm).
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)
  • GPU: Adreno 618.
  • Memori: 128 GB dan 8 GB RAM.
  • Kamera depan dan belakang: Triple camera. 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), PDAF. 8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide). TOF 3D camera, f/1.2, 30mm.
  • Fitur kamera: LED Flash, panorama, HDR.
  • Video: [email protected], [email protected]/60fps (gyro-EIS).
  • Sensor: Fingerprint (layar bagian bawah), accelerometer, gyro, proximity, compass, ANT+.
  • Baterai: Li-Po 3700 mAh, Fast charging 25W.
  • Harga: 9.499.000 (Resmi Indonesia).

Kelebihan Dari Samsung A80:

Dilihat dari spesifikasi tentu anda sebenarnya bisa melihat berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Samsung galaxy A80 ini kan? Nah, untuk lebih jelasnya kita akan bahas mengenai kelebihan yang dimiliki oleh Samsung seri ini.

1. Performa Garang Untuk Keseharian

Memang Samsung galaxy A80 ini didesain untuk bisa mengerjakan berbagai fungsi pekerjaan dengan baik, alias multifungsi. Dari segi performa yang dilihat dari chipset saja sudah menunjukkan bahwa performanya memang sudah sangat optimal. Qualcomm sebagai produsen chipset yang dipakai oleh Samsung ini bahkan mengklaim Snapdragon 730 yang dipakai di A80 ini memiliki performa yang lebih cepat sampai dengan 15 % lebih cepat dibandingkan chipset lain di kelas 7xx ini. Dengan demikian performa untuk bermain game jelas akan mumpuni.

Jika untuk game saja sudah sangat baik kinerjanya apalagi untuk keseharian yang tidak bermain game, tentunya sudah lebih dari cukup performa yang ditawarkan oleh samsnung galaxy A80 ini.

2. Kualitas Kamera Depan dan Belakang Sama

Dengan teknologi kamera pop-up putar dari Samsung galaxy A80 ini, kualitas foto yang ditawarkan untuk kamera depan dan belakang dari kedua kamera sama. Hal ini terjadi karena kamera yang digunakan untuk kamera depan dan kamera belakang  sama, jika anda ingin mengambil selfie, kamera belakang akan berputar kedepan.

Teknologi ini merupakan sebuah teknologi pertama bagi Samsung yang melakukan inovasi dengan fitur kamera putar. Hal ini merupakan sebuah kelebihan tersendiri, karena dengan teknologi ini tampilan menjadi lebih elegan dan juga mewah. Selain itu dengan kamera satu untuk kamera depan dan belakang, smartphone ini merupakan smartphone yang dibuat bukan hanya untuk selfie melainkan untuk berbagai tujuan lain, sehingga lebih multifungsi.

3. Desain Cantik Yang Elegan

Jika dilihat sekilas tampilan layar depan dari Samsung A80 ini sangat elegan. Tampilan layar depan yang full, tanpa notch, kamera depan, dan memiliki bezel yang sangat tipis membuat Samsung A80 ini sangat enak untuk dipandangi. Selain itu frame yang terbuat dari aluminium membuat smartphone yang satu ini mudah dan sangat nyaman untuk digenggam dengan satu tangan, rasanya pas. Kemudian dari segi warna sendiri Samsung menyediakan beberapa pilihan warna yang bisa dipilih, warnanya cukup simpel yaitu, Phantom Black (Hitam), Angel Gold (Emas), dan Ghost White (putih).

4. Sensor Sidik Jari Yang Mudah Di Akses Dan Reponsif

Menggunakan sensor sidik jari di layar depan bagian bawah yang mempermudah pengguna dalam membuka akses ke smartphone yang satu ini. Selain itu sensor sidik jari dari Samsung A80 ini juga cukup responsif, bahkan dibeberapa kasus tangan berkeringat bisa dengan mudah untuk membuka sidik jari dengan mudah, dengan catatan kondisi tangan tidak terlalu basah ya. Mungkin harus diperhatikan juga jika ingin menambah seperti tempered glass lebih baik dengan kualitas yang baik agar tetap bisa membaca sidik jari dengan mudah.

5. One UI Yang Sangat Simpel Namun Elegan

One UI merupakan kebanggaan tersendiri bagi Samsung setelah sekian lama mengembangkan UI berbasis android ini, One UI menjadi salah satu user interface yang paling digemari oleh pecinta smartphone. UI ini terbukti lebih cepat dibandingkan dengan UI yang dipakai Samsung sebelumnya sehingga menambah nyaman pemakaian smarphone Samsung galaxy A80.

Kekurangan Samsung A80

Setelah melihat kelebihan yang ditawarkan oleh Samsung galaxy A80 ini, tentunya kita mencoba untuk melihat kekurangan yang dimiliki agar adil dan tidak timpang. Berikut ini merupakan kekurangan yang dimiliki oleh Samsung galaxy A80.

1. Desain Memang Elegan Tapi Masih Terlalu Tebal Untuk Kelas Smartphone Sekarang

Jika anda perhatikan lebih lanjut, ketebalan dari Samsung seri A80 ini tidaklah setipis dari Samsung seri A lainnya. Samsung ini masih terkesan lebih tebal dan terlihat lebih berat. Walaupun layarnya besar tanpa gangguan notch dan bezel tipis Samsung ini masih kurang tipis dari sisi bentuknya. Mungkin karena sistem kamera putar yang dimilikinya sehingga mengharuskan Samsung mengorbankan sisi tipis dari seri A80 ini.

2. Harga Yang Ditawarkan Tidak Sepadan Dengan Performa

Ya memang Samsung A80 memberikan teknologi terbaru dari segi chipset dan juga processor, namun di harga yang hampir sama dengan harga tipe flagship performanya masih sangat kurang, dan seharusnya bisa lebih ditingkatkan. Contohnya pemakaian chipset yang kalau di harga setara kita bisa mendapatkan chipset dan processor yang bisa lebih cepat dari Samsung A80 ini.

Memang tipikal dari Samsung selalu seperti ini selalu memberikan kualitas chipset dan processor dibawah harga yang semestinya, entah strategi apa yang mereka berikan. Tapi harus diakui bahwa strategi yang mereka berikan memang agaknya hampir selalu berhasil. Karena kualitas foto dan videonya sangat baik.

3. Kapasitas Baterai Hanya 3700 mAh

Satu lagi kekurangan yang dimiliki oleh Samsung galaxy A80 ini adalah kapasitas baterai. Benar – benar tidak bisa dimengerti kenapa Samsung masih menyematkan kapasitas baterai hanya 3700 mAH. Dengan harganya yang cukup fantastis, Samsung Galaxy A80 ini harusnya bisa memiliki kapasitas baterai yang lebih, paling tidak hingga 4000an mAh. Memang dengan fitur fast-charging yang ditawarkan kita akan lebih cepat untuk mengisi daya baterai, tapi kapasitas 3700 mAh ini juga berpengaruh dalam kegiatan kita sehari – hari, karena rata – rata teknologi baterai dari smartphone sama.

4. Tidak Ada Garansi Untuk Mekanisme Kamera Putar

Teknologi kamera putar dari Samsung galaxy A80 ini bisa menjadi pedang dua sisi yang bisa menjadi kelemahan dan juga kelebihan untuk Samsung. Samsung tidak memberikan garansi terhadap kerusakan yang ada pada kamera putar ini. Karena mekanisme kamera putar ini merupakan sebuah teknologi terbaru tentunya kita masih belum mengetahui seperti apa kinerja kamera ini, apakah benar – benar tahan lama dan juta awet.

5. Tidak Adanya Memori Eksternal

Bagi sebagian orang slot memori eksternal ini sangat bermanfaat untuk menyimpan berbagai data penting. Samsung galaxy A80 ini tidak menawarkan memori eksternal di Smartphone mereka. Jika anda gemar mengambil banyak foto dan video mungkin anda akan merasakan kekurangan dan juga kelemahan dari segi memori ini.

Dengan spesifikasi yang dimiliki berserta kekurangan dan kelebihannya maka anda dapat memutuskan apakah smartphone Samsung Galaxy A80 ini sesuai atau tidak untuk kebutuhan akan smartphone anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *