Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Oppo A11k

2 bulan lalu, by digitek

Spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Oppo A11k

Oppo Indonesia kembali lagi memperkenalkan sebuah HP low entry miliknya yang bertajuk Oppo A11k. Seri ini pertama kali dikenalkan di India, dan akhirnya juga rilis di tanah air kita tercinta. Menurut data dari Counterpoint, di tahun 2020 ini Oppo juga menjadi salah satu smartphone dengan penjualan terbanyak no 2 (Q2), tidak bisa dipungkiri karena harga yang ditawarkan juga sangatlah murah.

Di tahun 2019 lalu, Oppo juga menjadi salah satu dari lima brand terbaik yang menjual smartphone mereka dalam jumlah besar di Indonesia. Agar anda lebih memiliki informasi panduan sebelum membeli atau sekedar mengikuti informasi perkembangan HP terbaru, silakan untuk simak Spesifikasi, Kelebihan, dan kekurangan Oppo A11k yang akan dibahas di sini.

Oppo A11k sendiri dijual dengan harga yang sangat terjangkau yaitu 1 jutaan tepatnya adalah Rp. 1.799.000,-. Tentu Indonesia merupakan salah satu pasar yang sangat pas bukan?

Fitur Yang Dimiliki Oleh Oppo A11k

Dengan menggunakan keunggulan harga, Oppo juga ingin memastikan bahwa mereka memiliki keunggulan lain dalam produk terbaru satu ini. Kita akan melihat lebih lanjut apa saja sih yang dimiliki oleh smartphone satu ini, dengan membedahnya satu persatu?

Desain dan Body

Desain dan Pilihan Warna Oppo A11k

Desain dan Pilihan Warna Oppo A11k – Photo via oppo.com

Berbicara mengenai desain dan body, Oppo A11k memiliki beberapa kelebihan yang bisa dibilang cukup di atas rata – rata pesaing mereka. Ukurannya juga merupakan salah satu smartphone yang pas dengan 6.22 inch sehingga nyaman dalam genggaman.

Oppo menyebut desain mereka dengan 3D Diamond Blaze Design, dengan menonjolkan sisi pewarnaan dengan corak desain 3D seperti Diamond. Sebenarnya jika dilihat secara sekilas desain yang diberikan sama seperti smartphone pada umumnya.

Namun, ada salah satu hal menarik yang membuat smartphone ini berbeda yaitu Waterdrop Eye protection Screen Blue Light Screen, seperti itulah Oppo memanggilnya. Ini adalah teknologi yang digunakan oleh Oppo melindungi mata tetap aman dan sehat saat berada di depan layar dalam waktu yang lama.

Display dan Layar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Oppo A11k menggunakan layar dengn lebar dan ukuran 6.22 inch. Smartphone ini sangat pas jika untuk digenggam karena tidak terlalu besar dan juga kecil. Dengan menggunakan corning Gorilla Glass 3, sudah tidak diragukan lagi ketahanan layar terhadap gesekan dan gangguan lain dari luar.

Oppo juga menggunakan fasilitas resolusi HD mencapai 720×1520 pixels, sehingga untuk keperluan nonton dan sebagainya masih sangat mampu untuk bersaing dengan smartphone low-entry lainnya. Teknologi panel IPS LCD juga masih menjadi pilihan untuk Oppo di seri satu ini.

Secara spesifikasi dan fitur yang diberikan sudah lebih dari cukup untuk smartphone dengan harga Rp 1 jutaan ini.

Kamera

Spesifikasi kamera Oppo A11k

Spesifikasi kamera Oppo A11k – Photo via oppo.com

Oppo adalah salah satu brand yang selalu menonjolkan fitur kamera dengan sejarah dikenal sebagai penghasil smartphone dengan kamera depan terbaik. Dengan tagline AI Dual Camera, Oppo A11k memiliki lensa utama 13MP dan juga lensa portrait 2MP yang bisa digunakan untuk menghasilkan efek bokeh keren.

Kamera lensa utama 13MP ini memiliki aperture bukaan lensa f/2.2, sementara untuk portrait 2MP memiliki bukaan f/2.4.

Sementara itu untuk kamera depan sendiri fitur yang dimiliki adalah AI Beautification, yang akan menyulap foto selfie menjadi yang terbaik. Fitur ini mampu untuk mengenali jenis kelamin, umur, dan sebagainya.

Dengan lensa sensor sebesar 5MP anda akan dimanjakan dengan hasil yang maksimal di sini. Tidak banyak sih fitur tambahan untuk kamera di kelas harga 1 jutaan, namun Oppo A11k memaksimalkan fitur untuk kualitas terbaiknya.

Performa

Spesifikasi prosesor Oppo A11k

Spesifikasi prosesor Oppo A11k – Photo via oppo.com

Lalu dari segi performa apa yang bisa diandalkan dari Oppo A11k? Oke dari chipset yang digunakan, Oppo A11k menggunakan chipset Mediatek yang sama dengan A12, yang berarti performa kedua smartphone ini mirip baik untuk digunakan untuk gaming, ataupun kegiatan lainnya.

Dengan Octa-core Cortex A53 2.3Ghz ditambah Cortex A53 1.8 Ghz membuatnya cukup untuk chatting, media sosial, nonton streaming dan sebagainya. Tapi harus jujur jika dimainkan game sekelas PUBG Mobile sangatlah berat dan tidak nyaman. Anda tetap bisa menggunakan HP satu ini untuk game Mobile Legends dengan grafik menengah ke bawah.

Untuk pilihan RAM dan memori penyimpanan di Indonesia hanya ada pilihan RAM 3GB dengan memori penyimpanan 32GB. Sudah cukup bagus dengan para pesaing mereka yang juga menggunakan RAM sebesar ini dan merupakan ciri khas dari smartphone low-entry.

Baterai

Spesifikasi baterai Oppo A11k

Spesifikasi baterai Oppo A11k – Photo via oppo.com

Sebagai salah satu tambahan dari segi baterai Oppo dibekali baterai dengan kapasitas 4230 mAh, dengan klaim bisa tahan sampai seharian. Menurut produsen satu ini, kita bisa menyaksikan video sepuasnya selama 17 jam dan juga bermain game selama 8 jam tanpa harus memikirkan kehabisan baterai.

Ini adalah klaim yang wajar sih, karena kebanyakan rata – rata perangkat smartphone juga memiliki daya tahan seperti itu jika digeber langsung. Sayangnya Oppo tidak memberikan fitur fast charging milik mereka, seperti yang kita tahu bahwa untuk menghemat ongkos produksi dengan harga 1 jutaan tentu akan sangat jarang yang mendukung fast-charging.

Spesifikasi Lengkap Oppo A11k

  • Dimensi : 155,9 x 75,5 x 8,3 mm
  • Berat : 165 gram
  • Layar : IPS LCD, 6,22 inchi, resolusi 720 x 1560 piksel, dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3
  • SIM : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • OS : Android 9.0 (Pie) + ColorOS 6.1
  • Chipset : Mediatek MT6765 Helio P35
  • CPU : Octa-core (4×2.35 GHz Cortex-A53 + 4×1.8 GHz Cortex-A53)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 2 GB
  • Memori internal : 32 GB , bisa diekspansi dengan microSDXC
  • Kamera utama : 13 MP + 2 MP depth, dilengkapi fitur LED flash, HDR, panorama
  • Kamera depan : 5 MP
  • Baterai : Li-Po 4230 mAh battery + Charging 10W
  • Jaringan : 4G
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, microUSB 2.0, USB On-The-Go, with A-GPS, GLONASS, BDS
  • Sound : Loudspeaker dengan 3.5 mm jack, FM Radio
  • Sensor : Fingerprint, AI Face Unlock
  • Warna : Black, Blue
  • Harga : Rp. 1.799.000.- resmi Oppo Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A11k

Kelebihan Oppo A11k

Dan akhirnya kita akan membahas beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Oppo A11k, secara umum kelebihan ini tergantung dari kebutuhan kita dalam penggunaan smartphone untuk apa. Mari kita bahas langsung.

1. Harga Cukup Terjangkau

Oppo A11k menjadi salah satu smartphone dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan harga 1 jutaan anda sudah bisa mendapatkan akses smartphone kaya fitur. Bisa untuk foto, ngegame, streaming dan sebagainya. Menurut kami salah satu kelebihan paling baik dari smartphone ini adalah dari segi harga.

2. Performa Sebanding Dengan Harga

Walaupun harga murah, Oppo A11k ini menyematkan chipset yang sama dari pendahulunya yaitu A12. Jadi menurut kami sangat worth it juga untuk membeli smartphone satu ini, walaupun sebenarnya tidak ada peningkatan yang signifikan.

Jika anda adalah orang yang suka ngegame, pilihan game ringan adalah yang paling bijak. Anda juga bisa bermain mobile legends dengan settingan rendah dan tetap nyaman. Kecuali untuk kelas game PUBG M dan sebangsanya, game ini mampu digeber untuk main game.

3. Teknologi Kamera Selfie Keren

AI beautification Camera adalah sebuah teknologi kamera depan yang sangat keren besutan Oppo. Fitur ini disematkan ke dalam Oppo A11k sehingga anda bisa mendapatkan hasil selfie yang menarik. Walaupun hanya menggunakan lensa sensor 5MP sudah lebih dari cukup kok teknologi AI memproses gambar yang dihasilkan.

Kamera belakang juga tidak kalah disematkan dengan teknologi AI filter dengan pemrosesan gambar dan foto terbaik sehingga mampu menghasilkan gambar, foto, dan video secara maksimal. Kami kira cukup untuk sekelas HP 1 jutaan.

4. Desain dan Build Quality Terbaik

Nyaman digenggam, di saku inilah kata yang tepat untuk menjelaskan kelebihan satu ini. Desainnya memang tidak wah, namun build quality mulai dari warna, corak, kenyamanan di genggaman membuatnya satu tingkat di atas para pesaing mereka.

Ukurannya yang tidak terlalu besar dengan 6.22 inch membuat Oppo A11k ini sangat pas untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

5. Fitur Face Unlock dan Finger Print

Sebenarnya yang membuat kami kaget adalah kelebihan terakhir dari Oppo A11k ini, yaitu Face Unlock. Kami cukup kaget melihat HP 1 jutaan mendapatkan face unlock. Memang sih Oppo bukan yang pertama membuat fitur ini, namun ternyata membuat sebuah perbedaan besar dari para pesaingnya terutama di harga menengah ke bawah.

Kekurangan Oppo A11k

Setiap produk bahkan untuk produk – produk flagship pasti memiliki kekurangan. Nah, berikut ini adalah kekurangan dari Oppo A11 yang harus diperhatikan.

1. Kapasitas Baterai

Kami menyoroti kapasitas baterai karena pesaing mereka di seperti Xiaomi, Realme, dan sebagainya memberikan fasilitas kapasitas baterai selalu besar. Di harga 1 jutaan bahkan ada yang sampai 5000 mAh dan sebagainya.

Untuk kapasitas 4230 mAh memang tidak menjadi masalah besar, namun alangkah lebih baiknya jika memiliki kapasitas yang lebih besar lagi.

2. Tidak Ada Variasi Spesifikasi Kamera

Coba lihat spesifikasi kamera Oppo seri A, hampir semuanya mirip dan ini merupakan salah satu kekurangan terbesar dari Oppo terutama seri A dimana tentu A11K terkena dampaknya. Oppo membuat produk banyak dengan variasi kamera yang hampir sama di setiap produk terutama di seri A.

Nah, kekurangan smartphone ini paling tidak hanya dua yang berhasil kami temukan. Karena selain kekurangan di atas untuk kelas HP menengah ke bawah sudah cukup baik.

3. Tampilan dan Desain Kurang Variatif

Selain spesifikasi kamera yang kurang variasi, desain dan tampilan juga bisa dibilang kurang variatif. Hal ini terlihat dari desainnya yang secara sekilas sangat mirip dengan Oppo A12. Sama saja kita membeli HP baru namun dengan tampilan desain yang lama.

Akhir Kata

Oppo A11k bisa menjadi pilihan dan alternatif terbaik di harga 1 jutaan terutama jika anda memilih smartphone dengan kamera selfie yang keren. Oppo terkenal dengan hasil foto selfie terbaiknya juga. Namun jika anda memilih performa, kami rasa masih sangat banyak alternatif lain di harga 1 jutaan.

Semoga membantu dan sampai bertemu lagi di kesempatan yang akan datang. Terimakasih.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *