Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4 F

2 minggu lalu, by digitek

OPPO baru saja secara resmi meluncurkan smartphone teranyar mereka di Indonesia, yaitu Reno4 F. Smartphone ini cocok untuk segmen kelas menengah dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Dari segi desain, OPPO Reno4 F ini cukup ramping dan tipis sehingga sangat fleksibel untuk digenggam maupun dimasukkan kantung atau tas. Dimensinya sendiri 160,14 x 73,77 x 7,48 mm dengan bobot yang hanya 164 gram.

Spesifikasi layar Oppo Reno4 F

Spesifikasi layar Oppo Reno4 F – Photo via oppo.com

Dengan bodi yang ramping, bagian belakang smartphone ini dibuat dari material plastik dengan tampilan matte. Sementara itu, tersemat modul 4 kamera yang disusun 2-2 atas dan bawah. Kalau untuk bodi depan, sudah ada proteksi Gorilla Glass 3 pada layarnya yang sudah Full HD+. Layar OPPO Reno4 F ini juga sudah berupa panel Super AMOLED beresolusi 2400 x 1080 piksel. Sangat mendukung untuk menawarkan gambar yang tajam dengan warna yang jernih dan pekat.

Spesifikasi kamera Oppo Reno4 F

Spesifikasi kamera Oppo Reno4 F – Photo via oppo.com

Dari segi kamera, OPPO Reno4 F ini juga sangat bisa diandalkan. Terdapat 4 kamera belakang dan 2 kamera selfie yang mendukung kebutuhan fotografi dan pembuatan video. Kamera belakangnya bersolusi 48MP, 8MP wide angle, 2MP black and white, dan 2MP depth sensor. Sementara kamera selfie yang dimiliki punya resolusi 16MP dan 2MP depth sensor.

Fitur dari kamera-kamera tersebut juga cukup lengkap. Di antaranya ada AI Color Portrait, Night Flare Portrait, dan lain sebagainya. Kalau untuk perekaman video, kamera belakang sudah bisa membuat video berkualitas 4k@30fps dan 1080p@30/120fps. Bahkan ada fitur gyro-EIS untuk video yang lebih stabil.

Spesifikasi chipset, RAM dan ROM Oppo Reno4 F

Spesifikasi chipset, RAM dan ROM Oppo Reno4 F – Photo via oppo.com

Belum lagi, smartphone ini didukung RAM 8GB dan ROM 128GB yang bisa diekspansi dengan microSD. Dengan platform Android 10 ColorOS 7.2 dan GPU IMP 9XM-HP8 970MHz, sayangnya dapur pacu OPPO Reno4 F ini kurang maksimal.

Smartphone ini dibekali chipset yang masih MediaTek Helio P95 sehingga performanya kurang ngebut kalau untuk kebutuhan memainkan game-game berat. Meski begitu, untuk game ringan dan kebutuhan lain, OPPO Reno4 F masih oke kok. Kamu bisa membelinya seharga Rp 4.299.000,- dengan pilihan 3 warna, yaitu Magic Blue, Matte Black, dan Metalic White.

Spesifikasi baterai Oppo Reno4 F

Spesifikasi baterai Oppo Reno4 F – Photo via oppo.com

Dari segi baterai, OPPO Reno4 F sudah dibekali baterai  4000 mAh dan ada fitur fast charging 18W. Fitur tersebut memungkinkan dalam waktu pengisian sekitar 1,5 jam, baterai sudah bisa penuh.

Untuk ulasan lebih lengkap, simak nih spesifikasi OPPO Reno4 F berikut ini.

Spesifikasi OPPO Reno4 F

  • Dimensi :  160,14 x 73,77 x 7,48 mm
  • Berat :  164  gram
  • Bodi : Glass front (Gorilla Glass 3), plastic back
  • Layar : Super AMOLED 430 nits, 6,43 inchi, resolusi 2400 x 1080 piksel, rasio 20:9, kerapatan 409 ppi, dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3
  • SIM : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • OS : Android 10, ColorOS 7.2
  • Chipset : MediaTek Helio P95
  • CPU : Octa-core dengan kecepatan up to 2GHz
  • GPU : IMP 9XM-HP8 970MHz
  • RAM : 8 GB LPDDR4X
  • Memori internal : 128 GB , bisa diekspansi dengan microSDXC UHS-3 Kelas-10 AI V31)
  • Kamera utama :
    48 MP, Samsung GM1ST, 1/2”, f/1.7, 0.8µm, 6P
    8 MP Wide-Angle, Hynix Hi846, f/2.2, 1/4”, 1.12µm
    2 MP Kamera Mono GalaxyCore GC02M1B, f/2.4, 1/5”, 1.75µm, 3P
    2 MP Kamera Mono GalaxyCore GC02M1, 1/5”, 1.75µm, f/2.4, 3P
    Dilengkapi fitur LED flash, HDR, panorama, 4k@30fps, 1080p@30/120fps, gyro-EIS untuk video
  • Kamera depan :
    16 MP Kamera Utama Depan, IMX 471, 1/3.09”, 1.0µm, f/2.4, 5P
    2 MP Kamera Portrait Depan GC02M1B, 1.5”, 1.75µm, f/2.4, 3P
    Dilengkapi fitur HDR 1080p@30fps untuk video
  • Baterai : Li-Po 4000 mAh, non-removable dengan fast charging 18W
  • Jaringan : 4G
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, USB Type C 2.0, USB On-The-Go, A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS
  • Sound : Loudspeaker, dengan 3.5 mm jack
  • Sensor : Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Warna : Magic Blue, Matte Black, Metalic White

Begitulah spesifikasi lengkap dari OPPO Reno4 F. Dari spesifikasi tersebut, secara sekilas sudah bisa dinilai ‘kan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki? Namun untuk ulasan lebih lengkap, simak deh kelebihan dan kekurangan OPPO Reno4 F di bawah ini sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli smartphone keluaran terbaru.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno4 F

Kelebihan OPPO Reno4 F

1. Desain yang ramping, enteng, dan modis

Kelebihan OPPO Reno4 F yang pertama terletak pada desainnya yang tipis, sehingga nyaman banget untuk digenggam. Selain itu, bobot OPPO Reno4 F ini juga cukup ringan, soalnya hanya 164 gram. Sementara itu, bagian bodi belakangnya memiliki tampilan matte sehingga pantulan cahaya lebih halus. Material pembuat bodi belakang sendiri adalah plastik.

Kemudian, susunan kamera di bagian belakang pun sangat unik dengan tata letak 2-2. Kalau di bagian depan, smartphone ini sudah dilengkapi perlindungan Gorilla Glass 3. Desain kamera depannya berupa mini dual-punch hole yang diameternya 3,7mm.

2. Layar yang jernih dan tajam

Dari segi layar, OPPO Reno4 F ini juga punya kelebihan. Dengan ukuran 6,43 inchi, Reno 4F sudah dibekali Super AMOLED dan memiliki resolusi Full HD+. Tentunya, layar yang dimiliki bakalan memberikan kualitas gambar yang tajam dengan warna yang pekat, serta lebih hemat daya. Belum lagi, piksel yang dimiliki terbilang lebih terang, meski kamu berada d bawah sinar matahari.

Smartphone dengan resolusi layar 1080 x 2400 piksel ini sangat mendukung deh untuk berbagai kebutuhan kekinian akan smartphone seperti kebutuhan gaming, streaming, dan lain sebagainya. Tingkatan local peak brightness yang dimiliki juga mencapai 800 nits yang sangat memanjakan mata. Oh ya, pada bagian bawah layar, terbenam sensor Hidden Fingerprint Unlock.

3. Baterai sudah memiliki fitur fast charging

Sebenarnya bisa dikatakan bahwa kapasitas baterai yang dimiliki OPPO Reno4 F ini sedikit lebih kecil dibandingkan Oppo Reno 4. Namun, tetap bisa menunjang aktivitasmu kok. Nah, kelebihan OPPO Reno4 F ini juga telah memiliki fitur fast charging 18W di mana dalam waktu sekitar 1,5 jam, baterai sudah bisa penuh. Fitur ini menggunakan port USB Type-C.

Selain itu, baterai di sini sudah ada fitur AI Night Charging yang bakalan membaca pola kita dalam mengisi baterai.  Jadi, kalau kamu mengecas di malam hari dan ditinggal tidur, nggak perlu khawatir daya yang terserap bakalan kebanyakan deh.

4. Kamera belakang yang punya kualitas mumpuni dan fitur cukup lengkap

Kelebihan OPPO Reno4 F berikutnya adalah mengusung konsep quad camera dengan resolusi yang cukup bisa diandalkan. Mulai dari kamera utama 48MP, kamera kedua 8MP ultrawide, kamera makro 2MP, dan kamera depth 2MP. Kamera-kamera tersebut juga sudah dilengkapi fitur unggulan untuk mendukung kebutuhan fotografi.

Ada AI Color Portrait Mode yang memungkinkan kamu untuk mengubah warna background foto menjadi hitam putih dengan warna objek tetap asli. Kemudian ada juga AI Super Clear Portrait yang akan membuat detail wajah / objek foto tampak lebih sempurna. Nggak lupa, ada pula fitur Night Flare Portrait yang bisa menghasilkan foto bokeh di malam hari.

Nggak hanya untuk kebutuhan fotografi, kelebihan OPPO Reno4 F juga unggul untuk kebutuhan pembuatan konten video nih. Smartphone ini sangat mendukung perekaman video dengan resolusi 4k@30fps dan 1080p@30/120fps. Belum lagi, ada fitur gyro-EIS yang membuat perekaman video tetap stabil meski terdapat guncangan.

5. Kamera depan dengan kualitas nggak kalah unggul

Selain dari kamera belakang, kelebihan OPPO Reno4 F juga terletak pada kamera depannya yang memiliki konsep dual camera. Kamera yang pertama merupakan lensa wide beresolusi 8MP dan kamera kedua merupakan depth camera beresolusi 2MP. Fitur-fitur kamera depannya juga nggak kalah oke nih dengan kamera belakang.

Salah satunya ada fitur selfie gesture yang memungkinkan kamu untuk selfie dengan mengarahkan telapak tangan ke arah kamera. Sementara untuk perekaman video, OPPO Reno4 F mendukung kamu untuk merekam video dengan kualitas 1080p@30fps.

6. Kapasitas penyimpanan cukup besar

Kalau untuk kebutuhan multitasking, kapasitas RAM 8GB yang menjadi kelebihan OPPO Reno4 F ini tentu sangat layak untuk dipertimbangkan. Apalagi, kapasitas memori internalnya sendiri 128GB dan masih bisa diekspansi microSD. Keunggulan ini pastinya sangat mendukung penyimpanan file-file besar untuk kebutuhanmu, ‘kan?

7. Punya fitur Air Gesture atau fitur tanpa sentuh

Masih dari segi kelebihan yang ditawarkan oleh OPPO Reno4 F, kali ini, ada fitur Air Gesture. Fitur ini bisa memudahkanmu untuk menjawab panggilan telepon tanpa menyentuh layar, yaitu dengan menggerakkan tangan di udara pada jarak 20 hingga 50cm. Fitur ini nggak hanya bisa untuk mengangkat panggilan telepon, tapi juga bisa untuk scrolling sosial media.

8. Ada fitur untuk menyembunyikan notifikasi

Dari segi keamanan, kelebihan OPPO Reno4 F juga cukup oke dengan adanya fitur menyembunyikan notifikasi.  Fitur ini  akan otomatis aktif saat kamera mendeteksi orang lain yang berusaha mengintip smartphone kamu. Bermanfaat banget ‘kan fitur ini?

9. Harga mampu bersaing

Dengan segala fitur canggihnya, OPPO Reno4 F dibandrol seharga Rp 4.299.000,-. Harga ini sangat layak kok dengan segala keunggulan yang dimiliki seperti kamera, desain, maupun ketajaman layar.

Itu dia beberapa kelebihan OPPO Reno4 F yang layak untuk dipertimbangkan. Kelebihan saja nggak cukup untuk kamu jadikan patokan saat membeli smartphone ini. Jangan lupa juga untuk pertimbangkan kekurangannya, karena siapa tahu smartphone ini belum bisa memenuhi kebutuhanmu, ‘kan?

Kekurangan OPPO Reno4 F

1. Dapur pacu yang kurang

Salah satu kekuranga OPPO Reno4 F terletak pada dapur pacunya yang masih didukung Chipset MediaTek Helio P95. Performanya tentu kurang tinggi jika dibanding Reno 4. Apalagi kalau untuk main game berat, fitur ini kurang mendukung. Namun kalau untuk game enteng atau atau aplikasi yang tidak berat maka performanya tetap oke kok.

Begitulah ulasan mengenai spesifikasi, kekurangan, dan kelebihan OPPO Reno4 F yang perlu kamu ketahui. Secara keseluruhan, smartphone ini sudah unggul kok, kekurangannya hanya dari segi dapur pacu saja. Namun, tentunya dapur pacu juga termasuk hal krusial untuk dipertimbangkan. Intinya, OPPO Reno4 F lebih oke untuk kebutuhan sehari-hari seperti sosial media, nonton film, pembuatan konten foto atau video, dan bukan untuk gaming.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *