Harga, Spesifikasi, Kekurangan Serta Kelebihan Oppo K3

Harga, Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihan Oppo K3

2 bulan lalu

Oppo lagi – lagi meramaikan pasaran smartphone dengan mengeluarkan produk terbaru mereka yang disebut dengan Oppo K3. Oppo K3 ini merupakan smartphone yang baru saja diperkenalkan dan dirilis secara resmi di Indonesia oleh Oppo pada minggu ini tepatnya hari Rabu, 7 Agustus 2019 kemarin. Sebelumnya Oppo K3 sudah dirilis terlebih dahulu di pasar China pada 23 Mei yang lalu. Indonesia merupakan negara ke empat masuknya Oppo K3 ini, setelah sebelumnya China, India, Thailand, dan Filipina.

Oppo K3 merupakan sebuah smartphone yang diproduksi dengan menyasar pasaran smartphone menengah dengan harga yang cukup terjangkau dan juga menawarkan spesifikasi cukup menggiurkan bagi para pecinta gadget. Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai spesifikasi, harga, kekurangan dan kelebihan dari Oppo K3. Simak saja langsung ya?

Spesifikasi Lengkap Smartphone Oppo K3

Oppo seri K3 disebutkan sebagai smartphone yang ditujukan untuk para anak muda milenial yang peduli dengan great value pada smartphone dan juga peduli akan spesifikasi smartphone. Memang benar secara spesifikasi, Oppo K3 ini sangatlah menarik untuk dibahas lebih lanjut. Jika dilihat dari segi desain juga smartphone Oppo K3 ini menawarkan desain trendy yang sangat pas untuk anak muda.

Spesifikasi Oppo K3 menggunakan Chipset Snapdragon 710

Photo via oppo.com

Kita bahas mulai dari dapur pacu dan performa yang ditawarkan. Oppo K3 dilengkapi dengan chipset dari Qualcomm dengan memakai Chipset Snapdragon 710. Chipset ini sudah sering dipakai untuk smartphone di pasar menengah seperti Realme 2 Pro, Xiaomi Mi 8 SE, dan juga Oppo R17 Pro. Chipset ini dikenal tangguh untuk berbagai kegiatan seperti bermain game dan juga pekerjaan berat lainnya.

Dengan sistem android bawaan versi 9.0 atau versi Pie, Oppo K13 juga dibekali dengan kapasitas RAM yang sangat besar dengan dua variant yang berbeda. Anda bisa menikmati kapasitas RAM dari 6GB atau 8GB RAM. Sedangkan untuk kapasitas memori internal sendiri Oppo K3, memberikan kapasitas memori internal sebesar 128 GB.

Berbicara mengenai smartphone Oppo yang merupakan sebuah smartphone pabrikan China yang cukup tangguh, tentunya tak bisa lepas dari performa kameranya yang canggih. Nah, anda bisa mendapatkan spesifikasi kamera berkualitas di oppo K3 ini.

Kamera belakang yang disematkan para Oppo K3 ini memiliki 2 lensa dengan 16 + 2 MP. Satu lensa yang digunakan untuk kamera utama dan satu lensa untuk depth sensor. Jika diperhatikan ada hal yang lebih menarik untuk kamera depannya, dengan teknologi terbaru motorized pop – up, kamera depan memiliki resolusi 16 MP, memungkinkan anda untuk melakukan selfie dengan kualitas foto terbaik.

Oppo juga merupakan salah satu pelopor motorized pop-up, dimana kamera depan tidak lagi berada di layar depan smartphone melainkan disematkan di dalam body smartphone yang bisa keluar jika akan digunakan.

Sementara dari segi desain sudah dijelaskan bahwa desain yang dimiliki cukup trendy dengan ditujukan ke desain anak muda yang menyukai spesifikasi smartphone tinggi. Selain itu Oppo K3 ini merupakan smartphone dengan lebar layar sebesar 6.3 inch, yang tentunya sangat besar. Bezel yang sangat kecil membuat tampilan layar menjadi lebih mewah dan elegan.

Nah, secara lengkap kita bisa melihat spesifikasi Oppo K3 sebagai berikut:

  • Chipset: Snapdragon 710.
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Kyro 360 Gold & 6x 1.7 GHz Kyro 360 Silver).
  • GPU: Adreno 616.
  • RAM: 6GB RAM dan 8GB RAM.
  • Memori Internal: 128 GB.
  • Lebar layar: 6.3 inch, Full HD 1080p x 2310p, ratio 19.5:9.
  • Sensor: Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass.
  • Kamera Depan: Motorized Pop up, 16MP, f/2.0, HDR, video 1080p@30fps.
  • Kamera Belakang: Dual Kamera, 16MP, f/1.8, PDAF. 2MP, f/2.4, depth sensor.
  • Baterai: 3700 mAh.

Kelebihan Smartphone Oppo K3

Setelah mengetahui spesifikasi smartphone Oppo K3, selanjutnya anda akan kami ajak menengok kelebihan yang ada pada smartphone dari Oppo ini. Smartphone menengah ini akan kita beda dari sisi kelebihan apa saja yang dimiliki. Baik langsung saja kita simak kelebihan smartphone Oppo K3.

  1. Performa Yang Sangat Cepat

    Dengan spesifikasi yang mumpuni Oppo K3 ini terbukti memiliki keunggulan dalam hal performa. Dengan chipset terbaru dari Qualcomm Snapdragon 710, performa untuk bermain game juga lebih enak sehingga kita bisa menggunakan grafik menengah untuk bermain game – game populer di Indonesia seperti Mobile Legends, dan PUBG Mobile, bahkan anda bisa memainkan game PUBG Mobile dengan settingan fps tinggi hingga 60 FPS yang jarang kita dapatkan.

    Dengan score Antutu Benchmark yang mencapai 164.137 (Antutu v7) smartphone ini memiliki performa 87% lebih baik dari smartphone lainnya. Sehingga dapat dipastikan memang dari segi performa Oppo K3 ini tidak bisa diragukan lagi.

  2. Layar Yang Sangat Luas

    Kelebihan Oppo K3 memiliki ukuran yang layar yang luas

    Photo via oppo.com

    Smartphone Oppo K3 ini memiliki lebar layar sebesar 6.3 inch dengan ratio screen to body sebesar 19.5:9, membuat tampilan layar smartphone yang satu ini terkesan sangat luas. Dengan tampilan yang lebih luas tentunya kita akan lebih puas untuk bermain smartphone. Selain itu warna yang ditampilkan dengan 16 juta warna dan dilengkapi dengan fitur AMOLED + Full HD dengan resolusi 1080p sehingga anda akan sangat puas ketika memakai smartphone ini.

  3. Teknologi Kamera Depan Terbaru

    Oppo K3 menggunakan teknologi motorized pop-up camera

    Photo via oppo.com

    Teknologi motorized pop-up di smartphone mungkin terbilang sebuah teknologi baru yang mungkin baru diterapkan setahun belakangan ini. Adanya teknologi ini tentunya menjadi sebuah angin segar dimana para produsen smartphone ingin memberikan kualitas layar depan yang tidak terganggun dengan kamera yang sering memakan tempat. Oppo, Samsung, dan beberapa produsen smartphone lainnya menjadi salah satu pioneer yang mengawali perkemabangan teknologi ini.

    Selain itu kamera depan Oppo memang selalu menjadi andalan, hasil dari kamera selfi Oppo K3 pun demikian. Dengan resolusi 16MP dengan model lensa wide akan memberikan pengalaman selfie anda menjadi lebih keren.

  4. Fast Charging Oppo

    Oppo K3 fast charging - VOOC 3.0

    Photo via oppo.com

    Baterai yang disematkan di dalam Oppo K3 ini memiliki kapasitas yang cukup besar dengan total kapasitas adalah 3700 mAh. Namun, bukan hanya itu saja teknologi fast charging yang ada pada smartphone ini juga cukup canggih. Oppo menyematkan teknologi fast charging mereka di K3 ini yang disebut dengan teknologi VOOC 3.0.

    Bukan hanya itu penggunaan chipset juga berpengaruh di dalam performa baterai, dengan menggunakan snapdragon 710 ini oppo mengharapkan konsumsi daya akan menjadi lebih hemat dan tahan lama.

  5. Body Dengan Desain Elegan dan Kekinian

    Anda pernah mendengar smartphone premium milik Oppo lainnya? Seperti misal Oppo Reno? Ya! Desain dari smartphone Oppo K3 ini mirip dengan oppo Reno jika dilihat dari sekilas. Warna yang ditawarkan di pasar Indonesia ada dua warna utama yaitu white dan black. Jika dilihat lebih jelas body nya memiliki kekuatan yang cukup kuat dengan body metal yang dimilikinya. Serta dibelakang body ada dua kamera dengan logo Oppo terpampang dibagian bawah body.

Kekurangan Oppo K3

Sudah tahu kan kelebihan dari smartphone Oppo K3? Agar adil sebaiknya kita juga lihat kekurangan yang dimiliki oleh Oppo K3. Karena di setiap produk sebagus apapun itu pasti akan ada kekurangan, sehingga bisa dijadikan untuk perbandingan. Baiklah mari kita simak kekurangan dari Oppo K3.

  1. Tidak Adanya Memori Eksternal

    Mungkin anda yang tidak pernah mengambil foto dan juga video dengan menggunakan smartphone itu bukanlah masalah, tapi untuk orang yang gemar melakukan foto dan video menggunakan smartphone tentunya ini adalah sebuah masalah besar. Walaupun memori internal cukup besar, tapi smartphone sekarang yang memiliki resolusi kamera besar tentunya menghasilkan ukuran gambar dan juga video besar juga.

    Jadi tidak adanya memori eksternal ini menjadikan sebuah kekurangan yang cukup membuat beberapa orang kecewa.

  2. Kamera Motorized Pop-up

    Walaupun terdapat garansi yang ditawarkan oleh Oppo K3, tapi sebenarnya teknologi terbaru ini belum terbukti bertahan dalam waktu yang lama. Produk ini tergolong masih sangat baru untuk bisa dibuktikan kualitasnya. Motorized pop – up bisa menjadi sebuah buah simalakama untuk Oppo sendiri, dengan demikian ada dua kemungkinan, menguntungkan atau merugikan. Jika menguntungkan akan membuat oppo lebih baik dimata pelanggan jika tidak ya mungkin para pengguna akan berpindah ke lain hati.

  3. Interface Yang Memiliki Update

    Sebenarnya ini terjadi bukan hanya di seri Oppo K3, bahkan terjadi di Oppo Reno. UI dari Oppo adalah ColorOS sampai ke versi yang ke 6. Untuk masalah update dukungan UI oppo terkenal sangatlah lambat daripada produsen seperti Xiaomi, Samsung, dan juga produsen smartphone lainnya. Jadi tampilan yang ada di smartphone Oppo cenderung lebih kuno dibanding dengan beberapa tampilan smartphone lain.

Harga Oppo K3

Memang tidak banyak kekurangan yang bisa kita dapatkan dari produk Oppo K3 yang satu ini karena memang dari segi harga sendiri, semua fitur dan spesifikasi Oppo K3 sudah sangat mumpuni. Bicara soal harga mungkin anda mulai tertarik mengenai harga dari Oppo K3. Beberapa hari yang lalu Oppo sudah mengeluarkan harga Pre-Sale di salah satu marketplace online yaitu Lazada dengan harga Rp. 3.599.000,-, yang lebih murah dari harga retail yang ditawarkan.

Harga tersebut merupakan harga diskon yang dimasukkan oleh Lazada ke dalam event Flash Sale mereka. Nah, untuk anda yang melewatkan flash sale dari Lazada kemungkinan besar akan mendapatkan harga retail di sekitar harga Rp.3.999.000,-. Murah bukan smartphone Oppo yang satu ini?

Demikian pembahasan mengenai smartphone terbaru dari Oppo yaitu Oppo K3 yang baru saja keluar dirilis secara resmi di Indonesia pada tanggal 7 Agustus 2019 yang lalu. Bagaimana apakah anda tertarik dengan smartphone yang satu ini? Atau sudah memesannya?

Silakan share artikel ini jika memang bermanfaat, agar teman – teman anda juga mendapatkan informasi yang berharga mengenai Oppo K3 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *