Review iPhone 13, Apakah Wort It?

By Digitek

Di artikel kali ini, Digitek akan mereview iPhone 13 dari berbagai sisi. Mungkin akan sulit membedakan antara iPhone 13 dengan pendahulunya, kecuali kamu melihatnya dari dekat.

Saat menggunakan, kamu juga akan merasakan iPhone 13 memberikan performa lebih dibanding iPhone 12. Berikut ulasan selengkapnya.

Harga dan Penyimpanan

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13

via Apple

iPhone 13 tersedia di pasaran mulai dari $799 untuk penyimpanan 128GB (naik dari 64GB pada iPhone 12). Jika dirupiahkan setara dengan Rp 11,3jutaan. Untuk varian 256GB harganya $899 dollar (12,8jutaan) dan 512GB $1.099 dollar (Rp 15jutaan)

Itu bukan ponsel murah, tapi kamu bisa menghemat budget dengan penawaran tukar tambah dari Apple dan ada banyak diskon yang tersedia.

Perlu diketahui juga bahwa beberapa pesanan iPhone 13 memiliki penundaan, tetapi Apple sedang mengerjakannya.

Desain dan Warna

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13

via Apple

Ada dua catatan perubahan desain untuk iPhone 13. Pertama, kamera di bagian belakang kini diatur secara diagonal, bukan vertikal.

Kedua, dan yang lebih penting notch-nya kini 20% lebih kecil sambil tetap menghadirkan sistem kamera TrueDepth hebat dan Face ID yang sama sejak iPhone X menghadirkan fitur ini empat tahun lalu.

Sejujurnya, notch yang lebih kecil tidak membuat banyak perbedaan dalam penggunaan sehari-hari iPhone 13.

Penempatan tombol sedikit berbeda pada iPhone 13 versus iPhone 12. Tombol power lebih rendah di sisi kanan, dan hal yang sama berlaku dengan tombol dering dan tombol volume di sisi kiri.

iPhone 13 menawarkan tampilan CeramicShield tangguh yang sama di bagian depan, kaca yang tahan lama di bagian belakang, dan tepi yang rata.

Kamu juga akan mendapatkan ketahanan air IP68 yang sama seperti sebelumnya. Sayangnya, iPhone 13 tidak menawarkan Touch ID, karena ID Wajah tidak berfungsi dengan baik saat menggunakan masker.

Untuk saat ini, tampaknya iPhone 13 mengalami masalah saat membuka kunci dengan Apple Watch dalam beberapa kasus.

Apple telah mengakui masalah ini dan mengatakan perbaikan akan segera hadir. IPhone 13 hadir dalam lima warna, termasuk Pink, Blue, Midnight, Starlight dan Red.

Display

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13

via GSMArena

Sayangnya, iPhone 13 tidak membanggakan refresh rate 120Hz adaptif dari iPhone 13 Pro, tetapi masih merupakan stellar OLED panel.

Layar Super Retina XDR ini sekarang 28% lebih terang dari iPhone 12, itu juga dinilai pada 800 nits, dibandingkan dengan 600 nits untuk ponsel tahun lalu. Itu bisa membantumu saat menatap layar ponsel di bawah sinar matahari langsung.

Pada tes lab yang dilakukan Tomsguide, iPhone 13 memiliki kecerahan rata-rata 795 nits, dibandingkan dengan 569 nits untuk iPhone 12 dan 702 nits untuk Galaxy S21.

IPhone 13 juga mendaftarkan 78,1% gamut warna DCI-P3 dan 110,2% gamut warna sRGG, di mana angka yang lebih tinggi lebih baik. IPhone 12 mencapai 81.1 dan 114,5 dan Galaxy S21 77.4 dan 109.2.

Akurasi warna panel iPhone 13 juga luar biasa, karena mencapai skor Delta-E 0,26 (lebih rendah lebih baik.) Itu dibandingkan dengan 0,29 untuk Galaxy S21 dan iPhone 12.

Kamera

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13

via Apple

Pada dasarnya, spesifikasi iPhone 13 tidak jauh berbeda dibanding pendahulunya. Hanya ditingkatkan dari segi layar, kapasitas, bagian notch dan penggunaan chip Apple A15 Bionic yang lebih gahar.

Meski begitu, ia mempunyai ciri fisik yang membedakannya dengan iPhone 13 yakni dengan dirombaknya posisi kamera belakang menjadi diagonal.

iPhone 13 sendiri dibekali dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 12 MP dan kamera ultra wide 12 MP.

Kamera lebar sekarang mengumpulkan 47% lebih banyak cahaya daripada iPhone 12, berkat kamera yang lebih besar dengan piksel 1,7μm.

Kelebihan lainnya adalah kamera ultrawide-nya dapat menangkap scene empat kali lebih banyak dan sensor yang lebih baru memberikan kinerja cahaya rendah yang lebih baik dengan sedikit noise.

Jika bukan penggemar color temperature iPhone yang biasa atau hanya ingin lebih mengontrol foto, kamu akan menyukai fitur Photographic Styles.

Di aplikasi Camera, kamu bisa beralih dari beberapa gaya, termasuk standar, vibrant, rich contrast, warm dan cool.

Daya Tahan Baterai

iphone 13

via idn

Apple mengatakan bahwa iPhone 13 bertahan hingga 1,5 jam lebih lama dari iPhone 12, berkat baterai yang lebih besar, tampilan yang lebih efisien, dan chip A15 Bionic.

Tetapi pengujian yang dilakukan Tomsguide kami menunjukkan hasil yang lebih baik. iPhone 13 bertahan selama 10 jam 33 menit. Itu 2 jam lebih lama dari dari iPhone 12.

iPhone 13 memiliki 3.240 mAh baterai. Untuk iPhone Pro Max, Apple memberikan kapasitas baterai 4373 mAh yang merupakan tertinggi dibanding seri lainnya. Sementara untuk versi Mini-nya sebesar 2.438 mAh.

Sayangnya, iPhone 13 menawarkan kecepatan pengisian yang sama seperti sebelumnya. iPhone baru mencapai kapasitas 51% dalam 30 menit dengan pengisi daya 20W Apple.

Pengisi daya MagSafe 15W iPhone sedikit lebih lambat, tetapi beberapa mungkin merasa lebih nyaman karena bersifat magnetis dan tidak melibatkan Lighting Port.

Kesimpulan

iPhone 13 biasa memiliki beberapa kekurangan. Pengisian daya masih relatif lambat dibandingkan dengan beberapa ponsel Android.

Beberapa orang mungkin tidak suka karena hanya model iPhone 13 Pro yang mendapatkan tampilan 120Hz dan zoom telefoto.

Mini iPhone 13 direkomendasikan jika kamu menginginkan semua fitur yang sama dari iPhone 13 dalam desain yang lebih kecil.

Jika mengingkinkan tampilan 120Hz dan zoom telefoto, iPhone 13 Pro merupakan pilihan tepat. Sementara iPhone 13 Pro Max merupakan yang terbaik jika mencari layar yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.