iOS 14.5 Telah Hadir, Simak Berbagai Fitur Terbarunya

3 bulan lalu, by Digitek

Fitur iOS 14.5

Apple baru saja merilis sistem operasi iPhone baru yakni iOS 14.5 dengan menyematkan sejumlah perubahan besar.

Tidak semua perangkat bisa menikmati sistem operasi ini, pada iPhone seri lama, iOS 14.5 tidak lagi tersedia.

Melansir dari GSM Arena, sejumlah perangkat iPhone yang bisa upgrade sistem ke iOS 14.5 antara lain , iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7 hingga iPhone 7 Plus.

Sementara itu seri lama yang bisa menikmati sistem operasi ini meliputi iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE (1st generation), iPhone SE (2nd generation) dan iPod Touch (7th generation).

Fitur Baru yang Disematkan Pada iOS 14.5

Dalam pembaruan terbarunya, Apple menghadirkan sejumlah fitur baru. Mulai dari kemampuan membuka iPhone dengan Apple Watch hingga emoji baru.

Membuka Kunci iPhone dengan Apple Watch Saat Menggunakan Masker

Unlock Your iPhone With Apple Watch

Unlock Your iPhone With Apple Watch/ Macrumors

Pada pembaruan iOS 14.5, pengguna iPhone bisa dengan mudah membuka kunci handphone ketika menggunakan masker wajah.

Pengguna bisa melakukannya dengan bantuan fitur Face ID yang terhubung dengan iPhone. Untuk mendapatkan fitur tersebut, pengguna perlu memperbarui OS Apple Watch ke seri terbaru yakni WacthOS 7.4.

Caranya yakni dengan membuka aplikasi Watch > My Watch > General > Software Update > Install. Pengguna juga bisa melakukan update melalui perangkat Apple Watch. Caranya buka General > Software Update > Install.

Kemudian lanjutkan dengan buka menu “Face ID dan Passcode” dan aktifkan pilihan “Unlock with Apple Watch”.

Perlu diketahui, fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna iPhone X atau versi yang lebih baru dan Apple Watch seri 3 dan lebih baru.

Dukungan AirTags

AirTags

via 9to5mac.com

Pembaruan iOS 14.5 menghadirkan dukungan untuk AirTags yang baru dirilis, memungkinkannya untuk dilacak melalui aplikasi Find My app. Pada iPhone 11 dan iPhone 12, ada fitur Precision Finding yang memanfaatkan chip U1 untuk memberikan umpan balik visual, audio, dan haptik untuk memandu kamu ke barang yang hilang.

AirTags‌ memiliki mode hilang yang dapat dilacak melalui suara dan dapat ditemukan melalui jaringan ‌Find My‌ dengan memanfaatkan iPhone, iPad, dan Mac orang yang berada di dekat barang yang hilang.

Suara Siri yang Lebih Alami

Pembaruan yang dibawa Apple pada iOS 14.5 lainnya yakni menyediakan sejumlah pilihan suara siri yang lebih alami.

Suara Siri tidak hanya default suara perempuan saja. Kini, pengguna bisa memilih suara yang disukai dengan pilihan dua suara.

Siri juga sudah mendukung Face Time Grup dan akan membantu pengguna melakukan panggilan ke sejumlah kontak atau nomor darurat 911.

Pembaruan ini juga memungkinkan pengguna untuk melaporkan kecelakaan, peringatan bahaya saat berkendara, atau pemeriksaan kecepatan melalui Siri ke Maps di iPhone ataupun Carplay.

Memilih Layanan Musik

Jika pengguna mengintruksikan kepada Siri untuk memutar musik, asisten digital tersebut tak hanya menawarkan Apple Music saja.

Tapi, perangkat akan menyediakan semua daftar layanan streaming musik yang diinstal. Pengguna hanya memilih mana layanan yang ingin digunakan sebagai pemutar default.

Streaming Fitness + via AirPlay

iOS 14.5, iPadOS 14.5, dan WatchOS 7.4 mengaktifkan dukungan AirPlay 2 untuk Fitness + yang memungkinkan pelanggan Apple Fitness + untuk melakukan streaming langsung latihan mereka ke smart TV dan perangkat yang mendukung ‌AirPlay‌ 2.

App Tracking Transparency

Fitur ini akan meminta izin kepada pengguna sebelum melakukan pelacakan aktivitas dan data. Kini, pengguna bisa melihat duplikasi data apa saja yang dikumpulkan sebelum mengunduhnya.

Dual-SIM Global

iPhone 12 akan mempunyai dukungan dual SIM Global yang sebelumnya hanya ada untuk China daratan. Pengguna bisa memanfaatkan slot SIM Fisik dan digital untuk dua layanan di satu ponsel.

Dukungan Pengontrol Konsol

Apple menyematkan dukungan IOS dan iPadOS ada kontroller PS5 dan Xbox Series X. Dengan ini, pengguna bisa memainkan game baik pada ponsel ataupun tablet.

Peningkatan Penggunaan Data 5G

Penyempurnaan Smart Data Mode menawarkan pengoptimalan pada jaringan 5G untuk meningkatkan penggunaan data dan memperpanjang masa pakai baterai.

Roaming internasional 5G juga telah diaktifkan untuk operator yang didukung pada model ‌iPhone 12‌.

Emoji Baru

emoji baru di iOS/Apple

emoji baru di iOS/Apple

Sejumlah peningkatan lainnya yang diberikan pada perangkat barunya ini adalah 217 emoji baru dan perubahan emoji sebelumnya.

Terdapat tiga emoji baru yang diberikan Apple seperti mata spiral, wajah tertutup awan dan menghela napas. Ada juga dua emoji hati baru yakni hati yang terbakar dan dibalut perban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *