Apa Yang Baru Dari iOS 13, OS iPhone Berikutnya Dari Apple

2 bulan lalu

Apple telah mengumumkan iOS 13 pada Worldwide Developer Conference 2019. Ini adalah versi selanjutnya dari sistem operasi seluler yang dimilikinya, yang diharapkan akan hadir ke berbagai perangkat buatan Apple seperti iPhone, iPad, iPod dan iPhone terbaru pada akhir tahun ini.

Setelah beberapa minggu meluncurkan versi beta untuk para developer, akhirnya iOS versi beta untuk publik pun diluncurkan. Sistem operasi terbaru ini membawa sejumlah penyesuaian dan perubahan namun perbedaan paling mendasar antara kedua versi tersebut yaitu iOS 13 versi beta untuk publik lebih stabil dan memiliki bug yang lebih sedikit.

Performa

Untuk masalah performa, iOS 13 yang baru akan memiliki kinerja yang lebih baik daripada sebelumnya, kata Craig Federighi dari Apple. Beberapa statistik yang menjadi perhatian diantaranya peningkatan 30% kecepatan ketika membuka kunci ponsel Anda menggunakan FaceID. Download aplikasi akan menjadi 50% lebih kecil dan updates akan menjadi 60% lebih kecil. Sementara kecepatan peluncuran aplikasi akan dua kali lebih cepat dibandingkan dengan edisi sebelumnya. Mail, Notes, dan Safari semuanya akan menjadi salah satu aplikasi standar yang diperbarui.

Dark Mode

iOS 13 dark mode

Photo via Brandon Butch YouTube Channel

Dark Mode akan hadir di iOS 13, yaitu tampilan antarmuka berwarna gelap yang keren dan nyaman untuk mata khususnya pada saat kondisi sekitar memiliki pencahayaan yang redup. Apple akan membuat Dark Mode dapat diakses oleh para developer sehingga mereka dapat mengintegrasikan pada berbagai aplikasi third-party. Selain itu Dark Mode juga bisa dijadwalkan untuk aktif secara otomatis pada saat tertentu.

Foto dan Kamera

Fitur pengaturan foto pad iOS 13

Photo via apple.com

Menggunakan on-device machine learning, foto-foto yang sama atau kurang bagus pada photo library akan disembunyikan dan akan mengutamakan untuk menampilkan foto terbaik yang bisa diatur berdasarkan hari, bulan dan tahun. Dengan pengorganisasian foto dan video yang diatur secara cerdas menggunakan on-device machine learning akan membuat kita untuk lebih mudah untuk menemukan foto favorit yang kita inginkan.

Fitur edit foto pada iOS 13

Photo via apple.com

Fitur edit video pada iOS 13

Photo via apple.com

Mengedit foto pada iOS 13 akan lebih mudah dengan berbagai tools baru yang sangat mudah untuk diaplikasikan, diatur dan ditinjau secara sepintas. Hanya dengan menggeser menggunakan jari, berbagai efek dapat di tambahkan atau dikurangi untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna sehingga memberikan keleluasaan bagi para fotografer untuk lebih banyak berkreasi. Dan bagusnya lagi, pada iOS 13 semua tools untuk mengedit foto juga tersedia untuk mengedit video.

Pada iOS 13 juga terdapat fitur dalam mengedit foto yang dapat membantu kita untuk mengubah intensitas cahaya sehingga dapat membuat kulit terlihat lebih halus dan lebih cerah serta membuat mata terlihat lebih tajam. Selain itu kamu juga bisa membuat foto monochrome yang bagus dan indah lewat fitu baru yang bernama ‘High-Key Mono’.

Sign In with Apple

Fitur Sign In with Apple pada iOS 13

Photo via apple.com

Seperti yang kita ketahui bahwa Apple sangat memperhatikan masalah privacy. Di iOS 13, Apple memperkenalkan cara baru untuk sign in ke berbagai aplikasi dan website dengan lebih cepat mudah, mudah dan private.

Alih-alih menggunakan akun sosial media atau mengisi form login, verifikasi email atau memilih password, para user bisa login dengan lebih mudah hanya dengan menggunakan Apple ID. Dengan Apple ID proses autentikasi dimana Apple akan melindungi data pribadi user dengan memberikan ID yang unik dan acak kepada para developer. Bahkan ketika para developer lebih memilih untuk meminta informasi nama dan alamat email, para pengguna memiliki opsi untuk tetap merahasiakannya dan bisa memberikan alamat email yang unik dan acak.

‘Sign In with Apple’ akan memudahkan user untuk proses autentikasi menggunakan Face ID atau Touch ID serta memiliki dua faktor autektikasi yang dibuat secara built in untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan. Selain itu Apple juga tidak akan menggunakan ‘Sign In with Apple’ untuk mengambil data user dan melacak aktifitas yang mereka lakukan.

Apple Maps

Apple Maps terbaru pada iOS 13

Photo via apple.com

Pada iOS 13, Apple Maps dibuat ulang dengan beberapa perubahan seperti penambahan jalan, pantai, bangunan dan area lainnya serta dengan tingkat detail yang lebih tinggi. Terdapat juga fitur ‘Favorites’ yang baru pada layar utama ditambah menu ‘Collections’ untuk mengorganisir perjalanan favorit dan rencana perjalanan.

Kemudian juga terdapat fitur ‘Look Around’ yang memiliki kemiripan dengan ‘Google Streetview’ yang memungkinkan kita melihat lokasi sebelum mengunjunginya. Selain itu ada juga terdapat label yang memungkinkan kita untuk mengetahui informasi lebih lanjut dari sebuah lokasi spesifik yang ditampilkan oleh fitur ‘Look Around’.

Apple Maps yang baru baru akan mencakup seluruh wilayah Amerika Serikat pada akhir 2019 dan akan diikuti oleh negara-negara lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *