PUBG vs Free Fire, Lebih Bagus Mana Nih?

3 minggu lalu, by Digitek

PUBG vs Free Fire

Garena Free Fire dan PUBG Mobile merupakan dua game mobile terpopuler di Industri esports sejak dirilis. Keduanya punya kualitas gameplay yang hebat dan grafis yang superior. Artikel kali ini akan membahas game mana yang terbaik antara PUBG vs Free Fire

PUBG vs Free Fire, Mana yang Terbaik?

Keduanya menawarkan versi battle royale yang berbeda dan pengalaman gameplay yang berbeda pula. Free Fire dikenal dengan fungsi pengoptimalannya untuk smartphone kelas menengah sementara PUBG Mobile dikenal berkat grafiknya yang kaya. Kami akan bahas satu per satu.

#Dari Segi Gameplay

PUBG vs Free Fire

via Free Fire

PUBG Mobile menawarkan 100 pemain yang mendarat di tanah, sementara Fire Fire sebanyak 50 pemain. Keduanya juga mempunyai durasi waktu pertandingan yang berbeda karena jumlah pemain yang berbeda juga.

Pertandingan PUBG Mobile berlangsung sekitar 30-35 menit, sementara Free Fire lebih singkat, hanya 15 menit saja.

Karakter dan pet atau hewan peliharaan dalam Free Fire merupakan atribut unik dalam game yang membedakannya dengan game battle royale lain. Tiap karakter dan pet juga dibekali dengan kemampuan khusus untuk membentuk tim dengan kombinasi skill.

Selain melawan pemain lain, kamu juga bisa menggunakan papan seluncur, zip line, dan membentuk gloo wall yang dapat menambah keragaman gameplay.

Sementara PUBG tidak punya fitur yang ada pada Free Fire di atas. Game ini lebih menitik beratkan pengalaman battle royale biasa dimana pemain mendarat, ngeloot atau mencari jarahan, bertarung dan bertahan sampai pertandingan berakhir.

Mereka yang selamat dari pertarungan diakhiri dengan winner winner chicken dinner.

#Map dan Game Mode

yrt

via PUBG Mobile

PUBG menawarkan berbagai medan pertempuran yang lebih bervariasi dalam hal medan, siklus siang/malam, ukuran dan cuaca. Berbagai map tersebut adalah Erangle, Sanhook, Vikendi, dan Miramar dan Karakin yang baru saja muncul.

Sementara FF ada 3 map yakni Bermuda, Kalahari dan Purgatory.

Dalam hal Game Mode, Free Fire punya mode permainan yang lebih sedikit dibanding PUBG Mobile. Free Fire mempunyai mode Classis, Death Race, Ranked, Rush Hour, Solo, Duo, dan Squad.

Sementara PUBG Mobile punya lebih banyak lagi, mulai dari TPP, FPP, Classic, Arcade, Training, Duo, Solo, dan Squad. Keduanya menawarkan pengalaman bermain yang berbeda dan menarik.

#Kendaraan

PUBG vs Free Fire

via PUBG Mobile

Baik Free Fire dan PUBG Mobile menghadirkan banyak kendaraan untuk membantu pemain bergerak di peta.

Tapi, PUBG Mobile bisa dibilang lebih unggul karena punya transportasi darat hingga laut dan punya lebih banyak koleksi. Kendaraan terbarunya yakni Motor Glider, kendaraan bermotor yang bisa terbang.

Tidak seperti Free Fire dengan pilihan terbatas. Pemain hanya bisa memilih antara mobile atau sepeda motor.

#Dari Segi Grafis – PUBG Mobile VS Free Fire

PUBG vs Free Fire

via PUBG

Jika berbicara grafis, PUBG Mobile lebih unggul dibanding rivalnya. PUBG Mobile menggunakan Unreal Engine yang sangat populer di kalangan gamer PC. Mesin tersebut dapat memberikan grafik yang smooth dan realistis.

Dibutuhkan koneksi internet yang sangat stabil untuk menjalankan PUBG dengan lancar. Persyaratan sistem perangkat untuk game ini adalah android 5.1.1 atau lebih tinggi dengan minimal 2 GB Memori.

Sementara Firee Fire merupakan game penembak pertempuran animasi yang dirancang bisa dijalankan bahkan di smartphone kelas bawah. Meski grafiknya tidak semulus Free Fire tapi game ini menyediakan kontrol yang mudah digunakan.

#Jumlah Download

N

via Play Store

Free Fire merupakan game bertahan hidup atau survival nomor satu dengan diunduh oleh lebih dari 83.214.361 juta pengguna. Sementara PUBG Mobile diunduh oleh 36.328.963 pengguna. Bahkan, Google Trends menunjukkan popularitas yang mencolok keduanya.

Dalam hal jumlah unduhan, Free Fire memang lebih unggul karena ukuran game yang relatif kecil dan kelancaran bermain bahkan di perangkat kelas bawah.

#Perangkat yang Digunakan – PUBG Mobile VS Free Fire

PUBG Mobile menawarkan pengalaman yang lebih hebat dan maksimal jika digunakan pada perangkat kelas atas dan menengah. Sementara Free Fire bisa dimainkan dengan cukup lancar di perangkat kelas bawah.

Free Fire membutuhkan lebih sedikit ruang dan gamenya memang sudah disesuaikan dengan perangkat kelas bawah.

Kesimpulan

Free Fire dan PUBG mempunyai keunggulan tersendiri. Dari segi gameplay misalnya, Free Fire lebih unggul dengan mekanisme permainan yang beragam.

Sementara dari segi Grafis, PUBG Mobile jauh lebih unggul. PUBG Mobile menawarkan tekstur grafis yang lebih realistis, dan detail sedangkan Free Fire lebih ke kartun.

Karena gratiknya yang menambah pengalaman Battle Royale, PUBG lebih baik dalam hal pengalaman visual di mode BR ini. Di sisi lain, Free Fire menawarkan pengalaman gameplay yang lebih baik untuk mode BR.

Bagi kalian pemilik hp kentang, Free Fire lebih rekomended untuk diinstal. Sementara PUBG meski ukurannya file-nya sudah dipress menjadi 600 MB tapi akan lebih baik lagi jika dimainkan di smartphone menengah ke atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *