15 Manga Terbaik Sepanjang Masa, Ada Doraemon Hingga Samurai X

5 bulan lalu, by Digitek

Manga Terbaik Sepanjang Masa

Komik Jepang atau yang dikenal dengan manga merupakan budaya pop negara sakura yang populer selain anime. Kali ini DIGITEK.ID akan membahas 15 manga terbaik sepanjang masa.

Manga semakin terkenal karena semua orang di seluruh dunia bisa mengakses konten dari Jepang dnegan mudah. Manga juga dijual ke negara di luar Jepang dan diterjemahkan ke dalam bahasa negara masing-masing.

Berikut daftar manga terbaik yang sudah melanglang buana cukup lama bahkan hingga dua puluh tahun lebih.

1. Manga Terbaik Sepanjang Masa – Doraemon

Manga Terbaik Sepanjang Masa

via Wikipedia

Doraemon bisa dibilang sebagai manga tertua yang masih populer hingga saat ini yang dikarang oleh Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄) sejak 1 Juni 1969.

Manga mengisahkan tentang kehidupan seorang anak pemalas bernama Nobita Nobi yang didatangi robot kucing abad ke 22 bernama Doraemon.

Doraemon dikirim untuk menolong Nobita agar keturunannya bisa menikmati kesuksesan daripada harus menderita dari utang yang disebabkan kebodohan Nobita.

Nobita selalu saja meminta Doraemon untuk membantunya karena masalah yang terjadi di lingkungan sekolah atau teman-temannya. Setelah memohon, Doraemon nantinya akan mengeluarkan alat ajaib yang akan membantu Nobita menyelesaikan masalahnya.

2. One Piece

Manga Terbaik Sepanjang Masa

via Wikipedia

One Piece ditulis dan diilustrasikan oleh Eiichiro Oda dan telah dimuat pada majalah Jump Shueisha sejak 22 Juli 1997 silam.

Manga ini mendapat banyak pujian mulai dari sketsa, karakter dan humornya. Beberapa volume dari manga ini juga telah memecahkan rekor penerbitan. One Piece juga menjadi manga terlaris selama sepuluh tahun berturut-turut hingga 2017.

Manga ini menceritakan petualangan Monkey D.Luffy, anak laki-laki yang punya kelebihan tubuh elastis seperti karet setelah memakan Buah Iblis secara tak sengaja.

Dengan kru bajak lautnya, ia menjelajahi Grand Line untuk mencari harta karun terbesar yang dikenal dengan ”One Piece”.

3. Manga Terbaik Sepanjang Masa – Detective Conan

Manga Terbaik Sepanjang Masa

via Wikipedia

Detective  Conan atau Case Closed merupakan seri manga Shonen jepang yang bertema detektif. Manga ini ditulis dan diilustrasikan oleh Gosho Aoyama.

Detective Conan sudah dimuat dalam majalah Weekly Shonen Sunday terbutan Shogaku sejak tanggal 19 Januari 1994.

Manga sudah dibundel menjadi 98 volume per April 2020 yang sudah terjual lebih dari 230 juta kopi di seluruh dunia.

Manga ini menceritakan Shincihi Kudo, detektif SMA yang diserang oleh 2 anggota sindikat misterius saat mengintai sebuah pemerasan.

Ia diminumi obat yang mengakibatkan badannya mengecil seperti anak berusia tujuh tahun. Untuk menyamarkan identitasnya, ia mengubah namanya menjadi Edogawa Conan.

4. Naruto dan Boruto

Manga Terbaik Sepanjang Masa

via Wikipedia

Naruto merupakan salah satu manga populer selanjutnya. Serial ini dirilis di Weekly Shonen Jump sejak 1999 dan mempunyai 72 volume per 2019 serta sudah terjual sebanyak 250 juta kopi di seluruh dunia.

Setelah tamat di episode 500, Manga-nya pun masih terus berlanjut menceritakan anak Naruto, yaitu Boruto.

Dalam manga tersebut, Naruto dan teman-temannya digambarkan hidup damai dan bersahabat baik dengan desa lain.

Situasi yang datar-datar saja membuat Boruto kurang semangat berlatih teknik ninja dan menganggap Naruto sebagai ayah yang tidak peduli kepada keluarga karena sibuk megurusi desa.

Plot ceritanya merupakan pengembangan skenario asli Naruto dengan menampilkan para ninja generasi baru dan hubungannya dengan orang tua dan guru mereka.

5. Dragon Ball Super

Manga Terbaik Sepanjang Masa

via wikipedia

Dragon Ball sendiri termasuk dalam jajaran manga tertua karena dirlis pada 1984 di Weekly Shonenen Jump.

Manga Dragon Ball terdiri dari tiga pembagian utama yakni Dragon Ball, Dragon Ball Z dan Dragon Ball Super.

Saat ini serial memasuki bagian Dragon Ball Super yang menceritakan pengalaman Goku dan teman-temannya setelah mengalahkan Majin Buu dan membawa perdamaian ke bumi sekali lagi.

Di sana Goku bertemu dengan mahluk yang lebih kuat dan harus melindungi bumi darinya. Ia mendapatkan kekuatan dewa dan mempelajari kekuatannya yang baru dengan bimbingan para dewa.

6. Manga Terbaik Sepanjang Masa – Attack on Titan

Manga Terbaik Sepanjang Masa

via Wikipedia

Shingeki no Kyojin (bahasa Jepang: 進撃の巨人, terj. “Raksasa [yang] Menyerang”), diterbitkan di Indonesia dengan judul Attack on Titan.

Manga ini dimuat berseri di majalah Bessatsu Shōnen Magazine terbitan Kodansha sejak bulan September 2009 hingga April 2021. Serta telah dibuat menjadi 34 volume tankōbon per bulan Desember 2020.

AOT merupakan serial manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hajime Isayama. Serial ini berlatar belakang dunia tempat umat manusia hidup yang dikelilingi tiga lapis tembok besar.

Tembok itu berfungsi untuk melindungi mereka dari mahluk pemakan manusia raksasa bernama Titan.

7. Bleach

Manga Terbaik Sepanjang Masa

via Wikipedia

Bleach merupakan serial manga petualangan yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tite Kubo. Pertama kali dimulai pada Weekly Shonen Jump pada 2001 dan ceritanya selesai pada 2016 dengan 74 volume.

Alur ceritanya mengisahkan petualangan remaja yang keras kepala bernama Ichigo Kurosaki. Ia mewarisi takdir orang tuanya setelah mendapatkan kekuatan Shinigami atau Dewa Kematian.

Shinigami merupakan personifikasi kematian yang mirip Malaikat Maut dari Shinigami lainnya yakni Rukia Kuchiki.

Kekuatan baru tersebut memaksa Ichigo melakukan tugas melindungi manusia dari roh-roh jahat. Serta menuntun jiwa-jiwa yang mati ke alam baka dan membawanya ke petualangan berbagai alam spiritual.

Manga ini juga telah diadaptasi menjadi anime yang ditayangkan antara tahun 2004 dan 2012.

8. Manga Terbaik Sepanjang Masa – One Punch Man

one punch man

via Wikipedia

One Punch Man (ワンパンマン Wanpanman) merupakan serial manga Jepang yang menceritakan superhero bernama Saitama. Hanya dengan satu pukulan, saitama bisa mengalahkan musuhnya.

One Punch Man ditulis oleh seseorang dengan nama samaran ONE dan mulai diterbitkan sejak awal tahun 2009.

Serial ini menjadi viral hingga mencapai 7,9 hits pada Juni 2012. Remake manga ini juga dibuat yang diilustrasikan oleh Yusuke dan dicetak dalam volume tankōbon, dengan dua belas volume yang dirilis pada tanggal 2 Desember 2016.

Adaptasi televisinya dibuat oleh Madhouse yang ditayangkan di Jepang bulan Oktober dan Desember 2015.

9. My Hero Academia

my hero academia

via Wikipedia

Boku no Hero Academia (bahasa Jepang: 僕のヒーローアカデミア Hepburn: Boku no Hīrō Akademia), yang diterbitkan di Indonesia dengan judul My Hero Academia, merupakan seri manga shōnen Jepang bertema pahlawan super yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kōhei Horikoshi.

Manga ini sudah dimuat di majalah Weekly Shōnen Jump sejak bulan Juli 2014 dan telah dibundel menjadi 30 30 volume tankōbon hingga April 2021.

Manga ini menceritakan kehidupan Izuku Midoriya, anak laki-laki tanpa kekuatan super (quirk) tapi bercita-cita menjadi seorang pahlawan.

Ia kemudian bertemu dengan pahlawan terhebat di Jepang yang membagikan quirk setelah melihat potensinya. Izuki kemudian masuk ke SMA prestisius khusus untuk hero muda yang sedang tahap latihan.

Manga ini mendapat penghargaan Har Harvey 2019 untuk kategori Manga Terbaik. Baik manga ataupun adaptasi animenya mendapat banyak respons positif dari para kritikus dan pemirsa. Bahkan dianggap sebagai salah satu yang terbaik selama dekade 2010-an.

10. Manga Terbaik Sepanjang Masa – Tokyo Ghouls

tokyo ghouls

via wikipedia

Tokyo Ghoul (bahasa Jepang: 東京喰種トーキョーグール) merupakan seri manga seinen Jepang bergenre fantasi yang ditulis dan diilustrasikan oleh Sui Ishida.

Manga ini sudah dibuat di majalah Weekly Young Jump terbitan Shueisha sejak bulan September 2011 hingga September 2014. Sudah dibundel menjadi enam belas volume tankōbon antara bulan Oktober 2014 hingga Juli 2018.

Manga ini menceritakan Ken Kaneki yang tidak bisa bertahan hidup setelah pertemuan mematikannya dengan Rize Kamishiro, seorang ghoul.

Ghoul merupakan mahluk mirip manusia yang memburu dan memakan daging manusia. Setelah pertemuannya dengan Rize, Kaneki dibawah ke rumah sakit dalam kondisi kritis.

Setelah sembuh, ia mendapati dirinya menjadi setengah ghoul. Mau tak mau ia pun harus mengonsumsi daging manusia agar bisa tetap hidup.

11. Hunter x Hunter

hunter x hunter

via Wikipedia

Hunter × Hunter (bahasa Jepang: ハンター×ハンター Hepburn: Hantā Hantā, disingkat: HxH) merupakan maga shōnen terbaik yang ditulis dan digambarkan oleh Yoshiro Togashi.

Manga ini sudah diterbitkan pada majalah Weekly Shōnen Jump sejak tanggal 16 Maret 1998, meski sering mengalami hiatus panjang.

Hingga Oktober 2018, manga ini sudah dibundel menjadi 36 volume yang terdiri atas 380 bab. Hunter x Hunter menceritakan seorang bocah lak-laki bernama Gon Freces.

Ia mengetahui ayahnya yang sudah meninggal ternyata merupakan seorang Hunter terkenal. Sebuah profesi yang berlinsensi bagi mereka yang berkutat pada pencarian hal tak lazim seperti hewan langka, harta karun, wilayah belum terjamah dan lainnya.

Gon mengikuti jejak ayahnya hingga akhirnya bisa bertemu sang ayah. Di sepanjang perjalanan, ia bertemu para Hunter dan paranormal.

12. Demon Slayer (Kimetsu No Yaiba)

demon slayer

via Wikipedia

Kimetsu no Yaiba (bahasa Jepang: 鬼滅の刃, terj. har. “Pedang Penghancur Iblis) yang terbit di Indonesia dengan judul Demon Slayer merupakan manga karya Koyoharu Gotōge.

Manga ini dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Jump terbitan Shueisha sejak bulan Februari 2016 hingga Mei 2020. Sudah dibundel menjadi dua puluh satu volume tankōbon per Juli 2020.

Demon Slayer mengangkat kisah anak laki-laki bernama Tanjiro Komando yang hidup damai bersama keluarganya. Namun, semua berubah sejak keluarganya diserang iblis.

Tanjiro dan saudarinya, Nezuko selamat dari insiden tersebut dan adiknya menjelma menjadi iblis. Tanjiro kemudian menjadi pembasmi Iblis untuk mengembalikkan adiknya agar normal lagi layaknya manusia.

13. Slam Dunk

slam dunk

via Wikipedia

Slam Dunk (bahasa Jepang: スラムダンク Hepburn: Suramu Danku) merupakan manga asal Jepang yang dibuat oleh Takehiko Inoue.

Manga dibuat berseri yang dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Jump sejak tahun 1990 hingga 1996. Episodenya dibundel menjadi 31 volume tankōbon.

Slam Dunk menceritakan klub basket SMA Shōhoku di wilayah Shōnan. Komik ini telah terjual lebih dari 121 juta copy di Jepang yang membuatnya sebagai salah satu komik Jepang terlaris dan terbaik sepanjang sejarah.

Komik telah diadaptasi menjadi seri anime yang diproduksi oleh Toei Animation. Anime tersebut mendapat popularitas tinggi khususnya di Jepang dan sejumlah negara di Eropa dan Asia.

14. Fullmetal Alchemist

Manga Terbaik Sepanjang Masa

via Wikipedia

Fullmetal Alchemist (鋼の錬金術師 Hagane no Renkinjutsushi) merupakan manga karya Hiromutu Arakawa yang diterbitkan sejak 2002.

Di Indonesia, komik ini diterbitkan Elex Media Komputindo sejak Mei 2007. Serial ini menceritakan petualangan kakak beradik yakni Edward Elric dan Alphonse yang ditinggal mati ibunya.

Ed dan Al yang masih kecil tapi sudah mewarisi bakat ayahnya sebagai ahli kimia, mencoba untuk menghidupkan kembali sang ibu.

Tetapi usahanya gagal, tubuh keduanya diambil sebagai biaya masuk karena transmutasi manusia merupakan hal tabu dalam alkimia.

15. Manga Terbaik Sepanjang Masa – Rurouni Kenshin (Samurai X)

Manga Terbaik Sepanjang Masa

via Samurai X

Orang Indonesia mengenalnya dengan nama Samurai X tapi di Jepang judul aslinya Rurouni Kenshin (るろうに剣心). Manga karya Nabuhiro Watsuki ini pertama kali dirilis di Shonen Jump tahun 1994 hingga tahun 1999.

Di Indonesia Di Indonesia manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo tahun 2002 dengan judul Samurai X.

Serial ini menceritakan seorang pendekar bernama Himura Kenshin yang hidup pada zaman Meiji dan mengangkat tema penebusan dosa pembatai.

Kenshin merupakan seorang pembantai yang memutuskan untuk menjadi pengembara dan membatu siapapun yang butuh pertolongan.

Selain diadaptasi menjadi anime, Rurouni Kenshin juga telah diangkat menjadi film real action beberapa kali. Live action Rurouni Kenshin: The Final juga tayang pada 23 April 2021. Menyusul the Beginning pada Juni mendatang.

Penutup

Nah, itulah ulasan mengenai 15 manga terbaik sepanjang masa. Semuanya menyajikan alur cerita menarik dan penasaran untuk diikuti.

Sebagian besar juga merupakan komik terlaris di Jepang dan dunia karena berhasil menjual hingga ratusan jutan eksemplar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *