15 Film Horor Terseram dan Paling Mengerikan, Pantang Nonton Sendirian

3 bulan lalu, by Digitek

Film Horor Terseram

Siapa yang tidak suka nonton film horor? Oke, tidak semua orang suka dengan genre film yang satu ini. Tapi tetap saja, menyaksikan film horor dengan berbagai adegan terseram akan membuat kita ketakutan namun tetap seru dan asik untuk ditonton.

Rasa takutnya seperti guilty pleasure yang tiada habisnya. Maksudnya kita sudah tahu kalau kita menyaksikan filmnya kita akan ketakutan setengah mati dan bahkan mimpi buruk. Namun entah mengapa kita selalu suka dan semangat lagi setiap ingin menyaksikan rilisan film horor barunya.

Dan tak dipungkiri banyak sekali film horor terseram yang sudah dirilis. Namun dari semua itu, tim Digitek.id akan merangkumkan 15 film horor terseram dan paling mengerikan yang wajib kamu tonton. So, let’s check it out!

15 15 Film Horor Terseram Sepanjang Masa

15. Paranormal Activity 1 (2007)

Film horor terseram dan mengerikan yang pertama adalah Paranormal Activity yang pertama. Salah satu alasan utamanya adalah Oren Peli beserta tim, sukses menampilkan elemen “found footage” nya dengan sangat realistis.

Sehingga tak heran ketika dirilis kala itu, banyak audiens yang menyangka kalau peristiwa Paranormal yang terjadi pada Katie (Katie Featherston) dan suaminya, Micah (Micah Sloat) ini, memang merupakan sajian dokumenter horor sungguhan.

Selain itu Peli dan tim juga tahu banget kapan harus mengejutkan dan kapan harus menenangkan audiens-nya dalam formatnya ini. Namun kerja keras Peli tidak akan bisa maksimal banget tanpa bantuan dari penampilan keren nan total dari kedua aktornya ini terutama, Katie yang kini, menjadi salah satu karakter film horor ter-ikonik sepanjang masa.

14. REC (2007)

Lagi-lagi film ber-genre found footage. Dan kali ini adalah film asal Spanyol arahan Paco Plaza (Romasanta) dan Jaume Balaguero (Muse).

REC mengishkan seorang reporter TV wanita Angela Vidal (Manuela Velasco) yang ditugaskan untuk meliput tim petugas pemadam kebakaran di Barcelona, Spanyol demi kebutuhan seri dokumenter mengenai mereka.

Nah ketika sedang meliput dan mewawancarai beberapa petugasnya, tiba-tiba petugas PMK mendapat telepon dari seseorang yang mengatakan kalau ada seorang wanita tua yang teriak-teriak karena terperangkap di dalam apartemennya.

Dikarenakan posisinya yang juga sedang meliput untuk kepentingan tersebut, alhasil mau tak mau, Vidal pun ikut bersama tim PMK-nya ini. Dan betapa terkejutnya mereka semua ketika mengetahui bahwa penyebab wanita tua itu teriak-teriak, karena sudah menjadi zombie.

Dan kini Vidal, kamerawan, tim PMK, dan seluruh penghuni apartemennya, harus mencari cara agar bisa bertahan dari serangan penghuni apartemen lainnya yang sudah terkena wabah “rabies manusia” ini.

Bisa dikatakan salah satu genre horor yang selalu di-refresh dan disukai banyak orang adalah genre zombie. Namun walau disukai, rasa ngeri dan terancamnya bagi kita yang menyaksikan terasa biasa saja (terkecuali kalau kita yang dikejar zombie-nya).

Nah ketika REC ini rilis, akhirnya untuk pertama kalinya, kita merasakan dari sudut pandang si karakter yang dikejar zombie-nya. Dan bisa dikatakan Paco dan Jaume sukses banget. Saking suksesnya, film ini dinuat remake Hollywood-nya dengan judul Quarantine (2008). Namun tetap saja yang orisinil yang tetap lebih tegang, seram, dan oke banget.

13. Orphan (2009)

Film horor terseram dan mengerikan selanjutntya adalah film mengenai si gadis kecil Esther (Isabelle Fuhrman) yang setelah diadopsi oleh keluarga angkatnya, ternyata malah menimbulkan horor dan teror di sekitarnya.

Mungkin bagi kita-kita yang sudah menyaksikan, kita sudah mengetahui siapa dan kenapa Esther bisa se-sadis dan se-kejam itu. Namun demi menghormati mereka yang mungkin belum menyaksikan, maka kami tidak akan men-spoiler jawabannya.

Pada intinya bagi kamu-kamu yang mungkin belum menyaksikan film yang dibintangi oleh Peter Sarsgaard (Green Lantern) dan Vera Farmiga pre-The Conjuring ini, langsung saja saksikan filmnya. Dan siap-siap super terkejut dengan twist identitas Esther-nya ini.

Selain twist-nya tersebut, tentunya hal lain yang membuat Orphan sangat menegangkan adalah akting Fuhrman yang benar-benar total dan terlihat sangat dewasa untuk sosoknya yang kala itu masih berumur 11-12 tahun.

Mari sekarang kita berdoa saja semoga prekuelnya, Orphan: First Kill nanti, akan sekeren dan se-ikonik film awalnya ini.

12. The Others (2001)

Nah sama seperti Orphan, adalah twist terakhirnya yang sebenarnya sih generik tapi menjadi surprising karena pengarahan keren dari sutradara berbakat asal Spanyol, Alejandro Amenabar (Regression).

Tentunya seperti poin di Orphan, kami tidak ingin menjelaskan twist-nya. Silahkan tonton sendiri dan siap-siap kaget oke? Lebih baik, mari kita sekarang kilas balik saja seluruh plot cerita dari film horor yang dibintangi oleh Nicole Kidman (Batman Forever) ini.

The Others berlatar di tahun 1945 atau 3 tahun setelah Perang Dunia dan mengisahkan Grace Stewart (Kidman) beserta kedua anaknya, Anne (Alakina Mann) dan Nicholas (James Bentley). Nah kedua anaknya ini menderita penyakit foto sensitivitas.

Spesifiknya, Anne dan Nicholas tidak boleh terkena cahaya sama sekali. Kalau sampai kena, keduanya akan mengalami sensasi seperti terbakar. Kehidupan sehari-hari mereka tiba-tiba terusik dengan Anne dan Nicholas yang mengeluh dengan adanya gangguan mahluk halus di rumah mereka.

Dan gara-gara ini, keluarga ini beserta beberapa pelayan rumahnya, harus berjuang habis-habisan untuk menangkal fenomen supranatural-nya. Sekali lagi secara plot memang terlihat biasa banget. Namun karena twist-nya yang jenius, alhsil membuat yang biasa ini menjadi sangat luar biasa.

11. #Alive (2020)

Satu lagi film ber-genre horor zombie di daftar ini. #Alive dirilis pada masa awal pandemi COVID-19 2020 lalu. Dan mirisnya apa yang ditampilkan di film ini sangat persis dengan apa yang terjadi di dunia nyata.

Filmnya berlatar di Korea Selatan dan mengisahkan Oh Joon-woo (Yoo Ah-in) yang tinggal di sebuah apartemen. Nah ketika bangun tidur, ia melihat kalau di dalam kamarnya sepi banget. Ayahnya sedang sibuk di kantor sedangkan ibunya sedang berbelanja makanan.

Awalnya hal ini terlihat normal pada umumnya. Namun setelah ia menyaksikan orang-orang di luar apartemennya dan berita di televisi, betapa terkejutnya ia kalau wabah zombie sudah mulai masuk ke wilayah apartemennya.

Joon-woo pun kini harus berjuang keras agar bisa tetap bertahan hidup. #Alive adalah remake Korea dari film Hollywood, Alone (2020). Dan ironisnya, untuk pertama kalinya selain kini giliran Asia yang me-remake film Hollywood, juga remake ini jauh lebih keren dan intens daripada film aslinya tersebut.

Semuanya terima kasih pada kesimpelan setting lokasinya dan tentunya akting keren Ah-in.

10. The Owners (2020)

Kalau kita perhatikan banget, film-film horor asal Inggris adalah film yang terasa unik dan beda baik secara penyajian, maupun cara mereka untuk membangkitkan rasa takut kita.

Spesifiknya, hanya dengan plot dan dialog saja (pokoknya sedikit tampilan yang seram-seramnya), mereka telah berhasil banget menampilkan sajian horor yang membuat kita takut dan bahkan tidak nyaman sendiri.

Dan The Owners juga termasuk salah satunya. Bahkan untuk film yang menampilkan Maisie Williams (Game of Thronse) dan Sylvester McCoy (The Hobit) ini, mereka menambahkan elemen genre heist dan sedikit komedi. Dan kerennya itu tadi, pada akhirnya kombinasi unik ini tetap sukses untuk membuat bulu kuduk merinding banget.

The Owners mengisahkan trio pencuri Gaz (Jake Curran), Nathan (Ian Kenny), dan Terry (Andrew Ellis) yang ingin merampok rumah dokter kaya raya yang sudah lansia, Dr. Richard Huggins (McCoy). Konon ia memiliki simpanan harta dan emas yang berlimpah.

Ketika ketiganya sedang bersiap untuk merampok, pacar Nathan, Mary (Williams) datang dan hampir mengacaukan semuanya. Namun pada akhirnya Mary pun turut ikut walau sebenarnya, ia tidak mau sama sekali.

Perampokan yang awalnya berjalan lancar, lama kelamaan menjadi “sirkus” horor yang mengerikan dan menegangkan. Hal ini karena Richard beserta istrinya, bukanlah sosok dokter lansia biasa. Wah ada apa nih? Langsung nonton saja oke?

Yang jelas yang membuat The Owners keren adalah penampilan seluruh aktornya yang total dan juga twist menjelang akhirnya yang benar-benar tak terduga banget. Anggap saja film ini merupakan campuran antara Don’t Breath, The Visit, dan Parasite.

9. Halloween (1978)

Mungkin banyak dari kalian yang sudah bosan melihat film slasher horror ini tampil di berbagai ulasan daftar film horor terseram dan mengerikan seperti ini. Tapi ya memang tidak salah apabila seperti ini.

Pasalnya kisah pembunuh berantai bertopeng “William Shattner”, Michael Myers ini, memang sangat simpel tapi sangat “menusuk” kita-kita yang menyaksikan.

Selain karena tampilannnya yang sangat besar nan mengintimidasi, hal lainnya juga dikarenakan akting super keren dari Jamie Lee Curtis (Freaky Friday) yang memerankan heroine utama filmnya, Laurie Strode.

Dan dengan berbagai sekuel dan reboot-nya, tak memungkiri kalau Halloween adalah salah satu franchise horor yang wajib banget untuk kita saksikan.

8. Insidious (2010)

Kalau kita mau berbicara yang blak-blak, film horor bersifat supranatural yang lengkap dengan lokasi para arwahnya yang disebut dengan The Further, memang sangat mengkhayal dan membuat kita merasa malas banget.

Tapi untungnya di tangan James Wan (The Conjuring) semuanya menjadi terlihat tidak konyol sama sekali. Alhasil, membuat kisah si kecil, Dalton Lambert (Ty Simpkins) yang terperangkap di dunia terebut menjadi benar-benar seru lagi menegangkan.

Oh ya belum lagi aktor spesialis “muka setan”, Joseph Bisara, tampil dengan sangat menyeramkan sebagai iblis berwajah lipstiknya itu.

7. The Loved Ones (2009)

Tak dipungkiri bahwa hingga detik ini masih banyak dari kita yang tidak menyadari bahwasanya, film-film horor asal Australia juga tidak kalah kerennya daripada horor Hollywood, Inggris, Jepang, bahkan Indonesia.

Termasuk salah satunya adalah film arahan Sean Byrne (The Devil’s Candy) ini. The Loved Ones mengisahkan Lola Stone (Robin McLeavy) yang ingin mengajak gebetannya di sekolah, Brent (Xavier Samuel) untuk menjadi pasangan prom night nya.

Sayang, Brent menolak karena ia sudah berencana untuk pergi prom bersama pacarnya Holly (Victoria Thaine). Sedih, Lola dibantu sang ayah tercinta, menculik Samuel. Dan ternyata, Samuel dibawa ke rumah Lola.

Dan disana, Lola sudah mengadakan prom night nya sendiri dam sangat bertekad untuk menjadikan Samuel sebagai pasangan prom-nya. Sudah bisa ditebak, kisah ini pun berujung pada perjuangan bertahan hidup dan upayanya untuk bisa segera keluar dari keluarga psycho tersebut.

Film horor ini dikemas dengan kisah yang sederhana, to the point, tapi tetap memiliki pesan moral yang menggugah dan juga akting keren dari seluruh aktornya terutama McLeavy. Oh ya film ini juga menampilkan pemeran Sonya Blade di reboot Mortal Kombat (2021), Jessica McNamee.

6. Nosferatu: A Symphony of Horror (1922)

“Apa film yang drakulanya sering tampil di episode SpongeBob SquarePants ini adalah film horor terseram dan mengerikan?” Well, jangan meremehkan dulu guys.

Memang Nosferatu adalah film horor bisu (silent film) hitam putih super jebot. Tapi percaya atau tidak, film yang pada dasarnya adaptasi layar lebar dari kisah novel horor hit, Dracula karya Bram Stoker ini, memanglah ngeri banget.

Tak hanya karena tampilan si drakulanya, Count Orlock (Max Schreck) yang terlihat ngeri, namun hal ini juga dikarenakan musik latar (scoring) dari Hans Erdmann (Augustus the Strong) yang benar-benar membuat suasana dan kedua telinag terasa kian menegang saja.

Terlebih lagi, apabila menonton filmnya di tengah malam. Wah dijamin deh langsung merinding total.

5. The Blair Witch Project (1999)

Seperti yang kami pernah katakan di artikel berita mengenai film horor yang ditakuti oleh novelis horor legendaris, Stephen King beberapa bulan lalu, King mengatakan kalau ia sangat ketakutan dengan The Blair Witch Project.

Dan memang tidak berlebihan sama sekali pernyataan kreator karakter badut monster, Pennywise ini. The Blair Witch Project adalah film berformat found-footage yang dikemas dengan sangat keren dan gila banget.

Maksudnya “gila” disini, kreator sekaligus sutradara Daniel Myrick dan Eduardo Sanchez, sukses membuat film ini dengan tampilan dan rasa seperti benar-benar merupakan sebuah dokumenter yang hilang dan kejadiannya memang pernah terjadi.

Sampai-sampai kala itu banyak audiens di seluruh dunia yang juga meyakini bahwa hilangnya 3 siswa SMA yang sedang ingin mengerjakan proyek sekolah tentang hutan Blair Witch-nya ini,  adalah kejadian nyata. Terlebih kala itu masih tahun 1999 alias internet dan spoiler masih super minim. Tapi pada akhirnya diketahui kalau film ini hanyalah fiksi belaka.

Namun bagaimanapun kalian dulu meyakininya, yang jelas The Blair Witch Project adalah film found-footage terseram, terkeren dan wajib ditonton setidaknya sekali seumur hidup.

4. The Babadook (2014)

Lagi-lagi horor asal Australia. Dan seperi hal-nya The Loved Ones, The Babadook adalah karya horor yang keren banget. Bahkan, memiliki elemen metafora yang sangat miris namun di saat yang sama sangat inspiratif.

Film arahan Jennifer Kent (The Nightingale) ini mengisahkan janda bernama Amelia Vanek (Essie Davis) yang kini tinggal berdua saja bersama anak laki-lakinya, Samuel (Noah Wiseman).

Keduanya ditinggal mati oleh kepala keluarga mereka, Oskar (Ben Winspear) yang meninggal karena kecelakaan. Gara-gara ini, Jennifer kini harus berjuang dan berpusing-pusing ria mengurusi seluruh kebutuhan rumah dan juga tentunya, Sam yang masih berumur 6 tahun.

Seakan hal tersebut belum memusingkan, Jennifer tiba-tiba dipusingkan dengan ocehan dan tingkah Sam yang selalu mengeluhkan kalau ia kerap melihat monster Babadook di rumahnya. Padahal Jennifer sendiri tidak pernah melihatnya sama sekali.

Awalnya ia mengacuhkan bahkan, kesal banget dengan tingkah Sam ini. Namun lama-kelamaan kekesalannya pun memuncak dan memutuskan untuk mencari tahu apakah Babadook yang dilihatnya ini memang sungguh ada atau hanya imajinasinya saja.

Bagi kamu yang mungkin selama ini gak suka atau sering mengeluh dengan film horor yang tema dan karakternya adalah monster, tenang saja. Film ini menyuguhkan semuanya dengan halus, cerdas, namun tetap membuat bulu kuduk merinding.

3. Hush (2016)

Sutaradara Mike Flanagan, kini bisa dikatakan adalah salah satu sutradra film horor terpercaya lagi mumpuni. Pengarahannya yang lebih mengedepankan aksi dan reaksi karakternya terhadap suatu keadaan, menjadi ciri khas kerennya.

Dan salah satu film yang sukses melambungkan namanya adalah film slasher horror Netflix ini. Hush mengisahkan novelis horor, Maddie Young (Kate Siegel) yang sayangnya menderita tuna rungu (tidak bisa mendengar) dan mengalami luka dalam parah di pita suaranya.

Semuanya ini ia dapat dari penyakit meningitis yang ia derita dari umur 13 tahun. Namun walau dalam keadaan seperti ini, ia tetaplah bisa berkarya dan mencari nafkah melalui tulisan-tulisan novel-nya.

Nah karena ia ingin menjadi novelis super sukses, iapun pindah ke New York, AS dan tinggal sendirian di daerah terpencil dekat hutan. Memang ada 1-2 tetangga tapi, sayangnya lokasi rumah mereka cukup jauh dari rumahnya.

Alhasil gara-gara ini, Maddie pun menjadi horor dan repot sendiri ketika seorang bertopeng, ingin membunuhnya. Perjuangan bertahan hidup un dimulai, dan Maddie pun berusaha keras untuk bertahan di tengah kekurangannya ini.

Nah dari plot tersebut, terlihat plot-nya memang sangat sederhana dan cukup pasaran. Tapi di tangan Flanagan, semuanya berubah menjadi istimewa dan segar banget. Akting Siegel yang sangat total pun juga turut mengatribusikan poin kekerenan dari Hush.

Belum nonton? Tunggu apalagi? Langsung nonton, dijamin kamu akan seru sendiri.

2. It Follows (2014)

Ketika menyaksikan trailer filmnya, mungkin kala itu banyak dari kita yang menganggap kalau seluruh karakter di filmnya ini sedang diikuti (follow) oleh entitas mahluk gaib atau pembunuh sadis.

Namun setelah melihat salah satu tagline-nya, “it doesn’t think, it doesn’t feel, it doesn’t give up”, jelas sudah kalau sosok yang mengikuti disini bukanlah 2 hal tersebut. Dan benar saja. Film arahan David Robert Mitchell (Under the Silver Lake) ini memang bukan bertemakan atau menyorot dua sumber takut yang pasaran tersebut.

Melainkan entitas yang mengikutinya berupa bayangan bergerak yang pada dasarnya merupakan metafora dari virus penyakit menular seksual (PMS). Dan ya It Follows merupakan film yang juga bagaikan iklan layanan masyarakat untuk mengingatkan semua akan bahayanya pergaulan bebas.

Filmnya melalui pengarahan Mitchell yang jenius, sukses menjalankan misinya tersebut tanpa membuat kita seperti dikuliahi. Terasa tegang, seram, dan super introspektif. It Follows sukses mengajarkan juga ke kita bahwa terkadang film horor yang seram tidaklah selalu dalam wujud iblis, setan, hantu, atau pembunuh psikopat.

1. The Shining (1980)

Dan inilah film horor terseram dan mengerikan yang paling jawara. Dan pastinya banyak dari kita yang sudah mengetahui film adaptasi novel Stephen King yang dirilis pada tahun 1977 ini.

Apalagi pada tahun 2019, sekuelnya Doctor Sleep dirilis. Oh ya satu lagi, film dokumenter dibalik oembuatan filmnya yang fenomenal, Room 237 juga sudah dirilis di tahun 2012 silam.

Oleh karenanya mari kita langsung bahas saja mengapa The Shining kerap dianggap sebagai salah satu film terseram sepanjang masanya. Dan jawabannya adalah kejeniusan sutradaranya, Stanley Kubrick (2001: A Space Odyssey) dalam mengadaptasi filmnya.

Well, sebenarnya kalau mau gamblang, Kubrick benar-benar merubah total isi novel aslinya (hanya beberapa elemen saja yang disertakan) yang alhasil membuat King membenci film ini. Walau demikian, tetaplah apa yang dilakukan Kubrick ini membuat The Shining terlihat seram, tegang, namun tetap terlihat super artistik.

Belum lagi akting seluruh aktornya termasuk pemeran Jack Torrence, Jack Nicholson sangat gila-gilaan. Maha gokil kerennya. Pokoknya menyaksikan The Shining akan memberikan kita ketakutan mental yang setakut-takutnya hingga kita merasakan trauma yang berkepanjangan.

Itulah tadi pembahasan 15 film horor terseram dan paling mengerikan. Manakah yang jadi film favorit dan paling membuatmu ketakutan ketika menontonya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *