16 Film Hollywood Termahal Sepanjang Masa

6 bulan lalu, by DigiTek ID

Film Hollywood termahal

Menurut kamu, mana film Hollywood yang termahal di dunia? Science fiction? Biografi? Atau war movies?

Perlu kamu tau ya, buat bikin film it nggak mudah loh. Apalagi kalau pakai sistem dan teknologi CGI, pasti butuh biaya yang banyak banget kan?

Padahal, belum tentu film yang dibikin itu sukses dan jadi primadona di seluruh dunia.

Faktanya, ada film Hollywood termahal yang gagal dapat fans dan ada juga yang untungnya sampai double!

Apa aja film itu?

Langsung aja check it out ya …

16 Film Hollywood Termahal Update 2020

Kebanyakan sih film sci-fi yang butuh banyak banget biaya. Soalnya, teknologi sama propertinya kan juga banyak banget ya.

Tapi nyatanya, ada juga film pure animasi yang juga masuk nominasi ini loh!

Gila bener nih!

1. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides – $379 Juta

Film Hollywood termahal

Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides

Fans berat Pirates of the Carribean? Nggak heran deh kalau film yang menempatkan Johnny Depp sebagai aktor utama ini punya banyak fans berat!

Ngomong-ngomong, tau nggak sih On Stranger Tides ini seri Pirates of the Carribean ke berapa? Yaps, bener banget! Seri ke 4 yang ceritanya pisah sama sequel series lainnya.

Di seri ini, Capt. Jack Sparrow ditemani oleh Angelica (Penelope Cruz) di petualangan seru untuk mencari The Fountain of Youth. Film ini jadi film pertama yang nggak menempatkan Gore Verbinski sebagai direktur.

Di shoot keseluruhan pakai efek 3 dimensi kayak Avatar dan ada sekitar 10 brand yang terlibat dalam pembuatan film keren ini. So, nggak heran deh kalau film ini jadi film Hollywood termahal sepanjang sejarah.

2. Avengers: Age of Ultron – $365 Juta

Film Hollywood termahal

Avengers: Age of Ultron

Film yang emang enak banget dinikmati semua kalangan itu ya film super hero ya. Dulunya sih mungkin cuman anak-anak aja yang suka. Tapi kalau real life gini, semua jadi tertarik.

Pembuatan film super hero termahal ada pada Avenger: Age of Ultron yang datang dengan direktur Joss Whedon. Semua super hero masuk dalam jajaran barisan depan kayak Captain America, Iron Man, Hulk, Black Widow, Thor, sampai Quick Silver yang akhirnya meninggal.

Tentu aja casting nya juga keren-keren kayak yang selama ini kmau lihat. Ada Chris Evan, Scarlett Johansson, Chris Hemsworth, Robert Downey Jr. dan masih banyak lagi.

Gilanya, total penjualan film ini bisa sampai $1,4 milyar di seluruh dunia. So, nggak heran deh kalau film ini masuk dalam jajaran film terbaik!

3. Avengers: Endgame – $356 Juta

Film Hollywood termahal

Avengers: Endgame

Awas ada Thanos! Akhirnya, Avengers berkumpul dan bisa mengalahkan power luar biasa dari Thanos! Tapi sayangnya, ada beberapa super hero yang harus gugur dalam pertarungan ini.

Asal kamu tau, biaya buat pembuatan film super hero satu ini bisa mencapai $356! Soalnya, butuh banyak banget orang yang terlibat dalam pembuatan efek yang keren abis ini!

Belum lagi, lokasi shooting nya yang berbeda-beda antar benua. Diantaranya, Atlanta Downtown, New York, sampai Scotland dan Inggris loh!

Tapi nggak masalah! Faktanya, movie satu ini bisa dapat penjualan sampai $2,8 milyar di seluruh dunia. Inilah kenapa Avengers: Endgame ini jadi salah satu film dengan penghasilan terbesar di dunia.

4. Avengers: Infinity War – $316 Juta

Film Hollywood termahal

Avengers: Infinity War

Ini nih sequel sebelum matinya Thanos! Awalnya sih pertarungannya cuman antara Hulk sama Thor melawan si Thanos. Tapi gara-gara sadar power nya Thanos makin besar dan dunia terancam, akhirnya sosok super hero lain pada diminta bantuannya.

Bahkan kerennya, disinilah Marvel juga menggabungkan karakter The Guadians of The Galaxy ke seri Avengers. Nah, inovasi inilah yang bikin nitizen antusias banget nonton seri ini dan kelanjutannya, yaitu Endgame tadi.

Kabar-kabarnya sih, pembuatan film ini udah dilakukan Januari sampai Juli 2017. Sama kayak seri Endgame, film ini di shoot di beberapa area kayak Atlanta Downtown, New York, serta Skotlandia.

Total keseluruhan, movie satu ini tuh menghabiskan $316 sampai dengan biaya marketing nya. Hebatnya, pihak management mampu mengembalikan modal dan bahkan untung besar dengan total penjualan sekitar $2 milyar loh.

Pantas aja nih film satu ini juara 1 dalam kategori film terlaris 2018.

5. Pirates of the Caribbean: At World’s End – $300 Juta

Film Hollywood termahal

Pirates of the Caribbean: At World’s End

Masih dari franchise Pirates of the Carribean, film Hollywood termahal ini datang dengan direktur aslinya, yaitu Gore Vibrinski. Rencananya sih dulu film ini bakal jadi seri terakhir. Cuman, ada seri ke 4 di atas yang muncul dengan direktur yang beda.

Waktu pertama kali dirilis tahun 2007 lalu, seri Pirates of the Carribean: At World’s End ini jadi film termahal di eranya. Pembuatan film ini sih didasarkan pada franchise sebelumnya dengan judul the Dead Man’s Chest.

Kerennya, seri ini sukses menghasilkan $960 juta dari penjualan tiket bioskop di seluruh dunia.

6. Justice League – $300 Juta

Film Hollywood termahal

Justice League

Masih ingat sama tragedi Superman yang meninggal di series Super Hero dari DC?

Inilah yang menyebabkan Batman dan Wonder Woman merekrut Aquaman, Cybrog, sampai The Flash buat menyelamatkan dunia.

Meski banyak yang kasih review positif, sayangnya movie ini nggak lepas dari kritik ya. Beberapa menyatakan kalau seri ini kurang maksimal di screenplay, CGI, plot yang terlalu tipis, sampai underdeveloped villain.

Jadi, rating nya nggak sebagus seri lain dimana Justice League ini cuman dapat rating 5.26/10 dan Rotten Tomatoes 40%.

Movie ini sempat heboh sih, soalnya cuman bisa menghasilkan penjualan sekitar $675 juta. Padahal, management punya target sekitar $750 loh!

7. Solo: A Star Wars Story – $275 Juta

Film Hollywood termahal

Solo: A Star Wars Story

Gimana sih jadinya kalau ada film Western tapi judulnya itu sci-fi yang udah populer banget? Movie mix ini bisa kamu lihat di seri Solo: A Star Wars Story yang dirilis di tahun 2018.

Asal kamu tau, film barat satu ini adalah sequel dan lanjutan dari seri Rogue One. Di serie ini, casting nya juga nggak main-main loh! Ada Alden Ehnrenriech, Woody Hallerson, Emilia Clark, sampai Paul Bettany.

Film dengan direktur Ron Howard ini menghabiskan budget total $275 juta. Nggak sia-sia, movie ini juga masuk beberapa nomiasi kriteria film terbaik. Contoh aja, Teen Choice Awards 2018, Visual Effects Society Awards, Academy Awards, dan Saturn Awards.

Sayangnya, prestasi ini nggak diikuti dengan total penjualan yang enak di-dengar. Soalnya, gross movie ini cuman sampai $393 juta dan jadi salah satu film dengan penjualan terburuk.

8. Star Wars: The Rise of Skywalker – $275 Juta

Film Hollywood termahal

Star Wars: The Rise of Skywalker

Udah denger berita buruk soal seri Star Wars: The Rise of Skywalker? Dunia sempat bingung gara-gara review Star Wars: The Rise of Skywalker yang dianggap seri paling buruk sepanjang sequel!

Gimana tidak? Film ini cuman dapat rating 43% dari review kritik. Sementara itu, fans mengaku kalau film ini bagus banget dengan rating total 86%.

Yang bikin kamin rame itu, seri ini dibandingkan sama The Last Jedi yang juga menuai kontroversi. Seri ini bagus banget di mata para kritik dengan skor rating mencapai 91%. Di sisi lain, fans merasa kecewa dan kasih rating 43%.

Terlepas dari itu semua, J.J. Abraham sebagai direktur mendatangkan Carrie Fisher, Mark Hamill sampai Adam Driver sebagai tokoh utama loh! Bahkan, film ini juga masuk 3 nominasi 92nd Academy Awards dan 3 nominasi 73rd British Academy Film Awards.

So, nggak heran deh kalau film ini mampu menghasilkan sekitar $1.07 milyar!

9. John Carter – $264 Juta

Film Hollywood termahal

John Carter

Semua film dengan budget yang gede banget itu belum tentu punya rating dan fans yang bagus ya. Contoh aja, John Carter ini.

Film ini dinilai sebagai flop film atau movie yang gagal dapat fans di bioskop. Yaps, pembuatan dan marketing film ini mencapai $300 juta. Mirisnya, penjualan film ini cuman berakhir pada angka $286 juta.

Film ini sih hasil adaptasi dari novel populer A Prince of Mars karya Edgar Rice Burrough. Bahkan, produser nya juga mendatangkan sosok Stanton, direktur Finding Nemo dan WALL-E loh!

10. Batman V Superman: Dawn of Justice – $263 Juta

Film Hollywood termahal

Batman V Superman: Dawn of Justice

Pertarungan epic terjadi di kalangan super hero vs super hero juga loh. Jadi, nggak ngerti mana yang protagonis dan mana yang antagonis.

Batman V Superman ini adalah seri ke 3 super hero DC setelah seri Man of Steel. Film ini mendatangkan Zack Zynder sebagai direktur dengan Chris Terrio dan David S Guyer sebagai penulis cerita.

Film sati ini mendapat nominasi dan bahkan menang dalam beberapa penghargaan film dunia. Diantaranya, Teen Choice Awards, People Awards, Saturn Awards serta Nickelodeon Kid’s Choice Awards.

Meski cuman dapat rating 4.94/10 dan Rotten Tomatoes 28%, seri ini sukses dapat $873.6 juta loh!

11. Star Wars: The Last Jedi – $262 Juta

Film Hollywood termahal

Star Wars: The Last Jedi

Ini nih yang sempat kita bicarakan di seri Star Wars tadi ya. Lawan dari seri The Rise of Skywalker, seri ini yang dapat rating 91% dari kritik dan 43% dari fans.

Film kedua dari seri Star Wars trilogy ini Rian Johnson sebagai direktur dibawah management Walt Disney Studio Motion Pictures. Film yang selesai digarap tahun 2017 ini mendatangkan suasana baru yang penuh emosi di setiap aksinya.

Terlepas dari reaksi fans, The Last Jedi mampu menghasilkan penjualan sekitar $1.3 milyar dari total tiket di seluruh dunia. Jadi, seri ini dinobatkan sebagai seri Star Wars dengan total penjualan atau gross tertinggi di Amerika Utara.

Laporannya, keuntungan bersih yang didapatkan management itu bisa mencapai $417 juta! Widihh!

12. Tangled – $260 Juta

Film Hollywood termahal

Tangled

Siapa bilang sih cuman film live action dan sci-fi aja yang punya budget gede dalam proses pembuatannya. Nyatanya, ada 1 film animasi murni yang masuk nominasi film Hollywood termahal loh! Yups, Tangled!

Bayangkan aja, pembuatan film ini tuh memakan waktu sampai 6 tahun! Dan budget pembuatannya mencapai $260 juta! Wow!

Animasi ini didasarkan pada cerita populer dari Jerman, Rapunzel, sosok cewek muda berambut panjang banget. Dia melarikan diri dari tower pengasingan buat melihat indahnya dunia luar.

Kerennya, film ini dibuat dengan sistem CGI dan animasi tradisional, lengkap dengan non-photo rendering biar hasilnya beneran kayak hasil lukisan!

For your info, film ini adalah film ke 50 yang diproduksi dibawah naungan Walt Disney Animated Classic!

13. Star Wars: The Force Awakens – $259

Film Hollywood termahal

Star Wars: The Force Awakens

Ini nih seri pertama Star Wars trilogy yang sebagai lanjutan dari serial Return of the Jedi da seri ke 7 dari sequel Skywalker Saga.

Seri ini juga termasuk salah satu film yang paling ditunggu-tunggu fans pada waktu rilis. Apalagi, Walt Disney juga punya planning marketing yang keren banget dengan sejumlah biaya yang nggak sedikit.

Review Star Wars: The Force Awakens ini juga bagus banget. Buktinya, dari 426 reviewer rating yang didapatkan adalah 93%. Inilah yang bikin Star Wars ini bisa menjual copy sampai $2 milyar dengan net profit sampai $780 juta.

14. Spiderman 3 – $258 Juta

Film Hollywood termahal

Spiderman 3

Kangen banget ya sama si polos Tobey Maguire? Perlu kamu tau, seri Spiderman 3 adalah seri terakhir yang diproduksi Marvel dengan direktur Sam Raimi.

Cerita film ini sih masih nyambung sama film ke dua dimana Peter Parker jadi lawan sekaligus kawan dari Harry Osborn yang mau membalas kematian ayahnya gara-gara dibunuh Spiderman.

Di sisi lain, ada juga penjahat kejam yaitu Sandman dan Venom yang mengancam kota dan nitizen.

Serunya cerita serta aksi full di seri ini bikin total penjualannya meledak sampai $890 Juta loh! Keren deh!

15. Beauty and The Beast – $255 Juta

Film Hollywood termahal

Beauty and The Beast

Fans Disney pasti nggak asing lagi sama film satu ini kan ya! Film hasil adaptasi animasi ini dibintangi oleh Emma Watson, Dan Stevens, Luke Evans, dan masih banyak mega bintang lainnya.

Kerennya, film ber-genre musical romantic fantasy yang di-direkturi oleh Bill Condon ini dapat banyak banget review positif dari fans dan kritik. Antara lain dari segi costume, visual, lagu, sampai performa casting nya!

Biaya buat mencapai mega karya ini juga nggak murah loh! Sekitar $255 juta harus keluar dari kantong produsen! Tapi nggak masalah sih. Soalnya, Beauty and the Beast ini bisa mencapai penjualan tiket sampai $1,2 milyar. Tentu, penjualan ini menempatkannya di urutan kedua film dengan penjualan terbanyak tahun 2017!

16. Harry Potter and The Half-Blood Prince – $250 Juta

Film Hollywood termahal

Harry Potter and The Half-Blood Prince

Ada lagi nih film live action hasil adaptasi dari novel populer banget di dunia sastra. Yaps, novel karya JK Rowling dengan judul Harry Potter ini udah sukses bikin generasi 2000 an terpesona.

The Half-Blood Prince, seri ke 6 dari Harry Potter jadi salah satu film Hollywood termahal sejauh ini. Buat bisa menyita perhatian kamu dengan banyaknya aksi dan animasi keren, produsen butuh budget sampai $250 juta loh!

Tapi tenang aja! Seri ini disebut-sebut sebagai seri dengan penjualan terbanyak tahun 2009 dengan total $934 Juta. Cuman masih kalah sama Avatar yang menempati urutan pertama!

Film ini juga dapat respon positif dari nitizen penikmat bioskop di seluruh dunia!

Kesimpulan

Mau bikin film berkualitas tentu juga banyak banget biayanya ya! Terbukti dari 16 film tadi aja, biaya buat si aktor nya banyak banget!

Di samping itu, ada juga biaya tambahan marketing dan berbagai macam properti yang ada. Ditambah lagi, proses pembuatan film yang lumayan lama ya, bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Nah enaknya, semua film ini sekarang udah tersedia di situs online. Jadi, download aja aplikasi streaming film online biar kamu bisa nonton serunya langsung dari HP kamu!

Mungkin segini aja deh sharing kita sekarang ini. Kita bakal terus cari info yang update tentang perkembangan seputar dunia digital dan teknologi.

Baca selengkapnya yuk list kita tentang aplikasi, software, game, gadget, komputer, sampai tips dan trik cuman di Digitek.id!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *