Kabar Gembira, Durasi TikTok Kini Jadi 3 Menit

2 minggu lalu, by Digitek

Dengan semakin populernya aplikasi TikTok saat ini membuat pihak pengembangnya selalu berusaha menghadirkan update terbaru. Salah satu update terkini adalah TikTok menambahkan durasi video yang awalnya satu menit menjadi tiga menit. Para pengguna akan merasakan perpanjangan durasi video TikTok dalam beberapa minggu ke depan.

Table of Contents

Mengapa Berubah?

Kabar Gembira, Durasi TikTok Kini Jadi 3 Menit

via bisnis.com

Perubahan dilakukan dengan sejumlah alasan. Manajer produk Drew Kirchhoff misalnya, ia mengatakan bahwa video yang lebih panjang akan “membuka jalan untuk lebih banyak berbagi cerita dan hiburan.”

Tetapi, dirinya mengatakan bahwa perusahaan telah mendengar dari pengguna bahwa mereka senang karena bisa menampilkan lebih banyak waktu untuk demo memasak.

Pengguna lain juga lebih senang karena bisa membagikan tutorial kecantikan lebih detail lagi, hal yang berkaitan dengan pendidikan dan sketsa komedi dan lainnya.

Perpanjangan durasi video pastinya disambut dengan baik oleh para penggunanya. Konten kreator tidak perlu lagi memotong video dan membaginya ke beberapa part.

TikTok sendiri sudah menguji coba perpanjangan durasi video sejak Desember 2021. Perubahan tersebut akan membuat pengalaman bercerita dan hiburan lebih kaya lagi.

Lebih lanjut, mereka tidak mengatakan seberapa lama klip  bisa mempengaruhi algoritme rekomendasi. Tetapi ada kemugkinan untuk mempertimbangkan sistem pararel seperti YouTube.

Seiring berkembangnya platform, YouTube lebih condong menggunakan algoritma ke retensi pemirsa, dalam hal ini video yang lebih panjang dan lama. Itulah mengapa hampir semua yang ada di YouTube sekarang berdurasi lebih dari 10 menit.

Cara Upload Video Berdurasi 3 Menit

Kabar Gembira, Durasi TikTok Kini Jadi 3 Menit

via NextGrid

Sayangnya, fitur video berdurasi tiga menit TikTok masih dalam tahap uji coba. Mereka yang beruntung untuk mencobanya akan menerima pesan bahwa mereka termasuk user uji coba.

Dengan Tools Editing

Tetapi, yang belum berkesempatan, mereka tidak bisa mengajukan diri. Tetapi tenang saja, kamu bisa memanfaatkan tools editing untuk melakukannya. Berikut caranya:

  • Rekam video berdurasi tiga menit atau lebih sedikit dengan kamera ponselmu
  • Buka aplikasi Tiktok, kemudian klik tombol + untuk melakukan upload video
  • Pilih durasi video 60s/1 menit, kemudian cari video yang akan kamu upload
  • Selanjutnya, klik tombol Next untuk masuk ke proses editing video
  • Geser slider dengan warna merah hingga mencapai ujung video (maksimal tiga menit)
  • Selesai, video dengan durasi tiga menit berhasil kamu upload.

Melalui Galeri HP

Metode kedua yang bisa kamu lakukan adalah melalui galeri HP. Berikut caranya :

  • Buka aplikasi galeri di ponsel kamu
  • Pilih video berdurasi tiga menit yang akan diupload
  • Klik opsi berbagi yang terdapat di menu bar ponsel
  • Pilih TikTok
  • Selanjutnya, kamu bisa lekaukan langkah-langkah sebelum mengungah video seperti yang sudah dijelaskan di cara upload dengan Tools Editing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *