Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Android

Aplikasi edit video untuk Android - Kinemaster

4 minggu lalu

Teknologi yang ada sekarang berkembang dengan sangat cepat. Semua orang dimudahkan dengan adanya teknologi yang memudahkan setiap pekerjaan, tak terkecuali dengan editor video. Aplikasi video editor untuk smartphone android sudah banyak tersebar dan dikembangkan oleh berbagai macam pengembang aplikasi android. Awalnya untuk mengedit sebuah video kita harus susah payah memindahkan video ke dalam PC atau Komputer untuk bisa mengedit sebuah video. PC dan juga komputer yang memiliki spesifikasi rendah pun tidak memiliki performa yang baik dalam editing video. Aplikasi editing video di PC haruslah memiliki spesifikasi tingkat tinggi agar bisa mengedit video dengan maksimal.

Tapi tidak untuk saat ini. Sekarang sudah banyak aplikasi edit video yang bisa anda install dan pasang di smartphone android. Ya, memang aplikasi editing ini kebanyakan berbayar dan juga tidak gratis, tapi kamu bisa kok tetap menggunakannya secara gratis. Nah, di kesempatan kali kita akan membahas mengenai 10 aplikasi edit video terbaik untuk android.

1. FilmoraGO

Aplikasi edit video untuk Android - filmoraGo

Photo via play.google.com

FilmoraGO adalah sebuah aplikasi editor untuk android yang dibuat dan dikembangkan oleh wondershare software yang merupakan salah satu pengembang aplikasi android. FilmoraGo sangatlah populer di google playstore, terunduh lebih dari 10 juta kali merupakan rekor yang sangat sulit untuk dicapai. Aplikasi edit video yang satu ini bisa dikatakan terbaik karena memiliki berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Hasil dari editing video bisa kita export dengan berbagai ratio yang populer digunakan seperti 1:1 untuk Instagram, dan juga 16:9 untuk video di youtube. Aplikasi ini juga bisa kita gunakan gratis, namun juga ada beberapa fitur dimana kita bisa membelinya jika menginginkan fitur tersebut.

Fitur dan Kelebihan FilmoraGO:

  • Pilihan efek tema video dan transisi bermacam – macam.
  • Menyediakan export untuk berbagai tujuan (Instagram, youtube).
  • Preview video, sehingga kita bisa melihat hasil editing sebelum kita export.
  • Menu simpel sehingga mudah untuk digunakan.

2. Quick

Aplikasi edit video untuk Android - Quick

Aplikasi editor video yang satu ini dikembangkan oleh salah satu vendor kamera yang sudah cukup terkenal yaitu GoPro. Aplikasi juga sangat populer dengan total download lebih dari 100 juta kali di google playstore. Dibandingkan dengan aplikasi video editor lainnya, Quick sedikit membutuhkan memori penyimpanan yang cukup besar. Dengan inisial download sebesar 100MB, smartphone anda harus memiliki memori sekitar 100MB lebih untuk bisa menginstall aplikasi ini.

Fitur yang ditawarkan pun tidak main – main, tema, transisi, kemudian backsong atau efek music semua bisa anda nikmati melalui aplikasi ini. Selain itu jika anda memiliki perangkat action cam milik GoPro, aplikasi ini bisa terintegrasi secara mudah dengan perangkat GoPro anda. Selain itu Quick juga menyediakan fitur penyimpanan video hingga HD.

Fitur dan Kelebihan Aplikasi Quick:

  • Menyimpan video HD 1080/720p dengan 60fps.
  • Dapat menambahkan hingga 75 foto dan juga video di dalam aplikasi Quick.
  • Pilihan transisi dan juga tema yang sangat beragam, ada lebih dari 23 tema yang ada.
  • Slow-motion atau Speed Up features.
  • Penggunaan yang relatif mudah dan sederhana.

3. PowerDirector Video Editor

Aplikasi edit video untuk Android - PowerDirector Video Editor

Photo via play.google.com

PowerDirector juga merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik yang juga merupakan salah satu nominasi editor choice 2019 di google playstore. Aplikasi ini juga sangat digemari oleh beberapa orang yang hobi mengedit foto via smartphone android. Dengan total download lebih dari 50 juta kali di google playstore, tentunya aplikasi editing satu ini bisa dijadikan pilihan.

Fitur paling mencolok dari PowerDirector ini adalah fitur dimana kita bisa mengganti background video yang kita edit. Selain itu menu yang ada di dalam aplikasi ini juga mudah untuk digunakan sehingga anda tidak akan kesulitan dalam mengedit video yang anda inginkan. Sayangnya aplikasi ini memiliki watermark untuk penggunaan gratis, untuk menghilangkan watermark harus membayar dengan cara berlangganan.

Fitur dan Kelebihan Aplikasi PowerDirector:

  • Sangat cocok untuk pemula dan juga editor professional.
  • Support berbagai HD video format dan audio format (H.263, H.264 AVC, MPEG-4 SP, H.265, VP8, VP9).
  • Background Editor dan berbagai efek transisi.
  • Export Full HD 4K and 1080p, 720p.

4. VivaVideo

VivaVideo merupakan aplikasi video yang sangat disukai oleh netizen terutama di Indonesia. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur, transisi, dan efek yang keren untuk kebutuhan video editing. Menu yang dibawakannya sangat coco untuk pemula yang ingin mengedit video dengan cara mudah. Aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk pengeditan video dengan tujuan media sosial terutama Instagram, sangat cocok juga untuk anda yang eksis di Instagram.

Fiturnya lengkap dengan berbagai efek seperti speed up dan juga slow-motion sehingga video anda akan menjadi sangat bagus untuk dilihat.

Fitur dan Kelebihan Aplikasi VivaVideo:

  • Cocok untuk digunakan oleh pemula dan juga professional.
  • Berbagai pilihan efek dan transisi lucu, yang bisa memviralkan video anda.
  • Efek lensa yang bisa digunakan bersamaan dengan kamera anda.
  • Terdapat komunitas viva video yang bisa membantu proses editing anda.

5. Kinemaster

Aplikasi edit video untuk Android - Kinemaster

Photo via play.google.com

Kinemaster adalah aplikasi video editor karya Kinemaster Corporation yang juga sudah terdonwload sebanyak 100 juta kali. Aplikasi ini juga umum digunakan di Indonesia, karena memang fitur yang ditawarkan memberikan kemudahan kepada penggunanya. Tampilan yang ditampilkan di dalam kinemaster ini juga sangat mirip dengan video editor professional, namun tetap bisa digunakan oleh pengguna yang masih pemula.

Kinemaster mampu memberikan hasil video Full HD dengan resolusi hingga 4k, namun sayangnya kinemaster ini memiliki watermark pada video yang dihasilkan pada free version. Jika anda ingin menghilangkan watermark ini anda harus, berlangganan ke aplikasi yang satu ini.

Fitur dan Kelebihan dari Kinemaster:

  • Memiliki fitur green screen, yang berguna untuk melakukan editing video gaming.
  • Bisa disebut dengan video editor semi professional.
  • Fitur efek yang bisa ditampilkan bersamaan (multi-layer effect).

6. Loopsie

Lebih dari 1 juta kali di download loopsie merupakan salah satu aplikasi yang underrated tapi memiliki berbagai fungsi editor terbaik. Aplikasi loopsie ini merupakan salah satu aplikasi yang sangat baik untuk video dan memiliki tampilan yang sangat simpel. Anda bisa menghasilkan video yang memiliki tingkat stabilitas yang baik.

Loopsie juga merupakan salah satu aplikasi yang menawarkan export Full HD, walaupun masih di versi beta ya. Loopsie juga memiliki algoritma AI yang ditujukan untuk menstabilkan video agar lebih stabil.

Fitur dan Kelebihan Loopsie:

  • Stabilizer yang sangat bagus (dengan algoritma AI yang disebut dengan nama notch stabilization).
  • Fasilitas efek, tema, dan transisi yang beragam.
  • Kemudahan dalam penggunaan (user friendly).
  • Terintegrasi dengan kamera anda, sehingga bisa langsung mengambil video saat itu juga.

7. Inshot: Video Editor & Video Maker

Inshot salah satu video editor yang sudah terunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali. Inshot merupakan aplikasi video editor yang cukup mudah dalam penggunaannya dan juga memiliki berbagai fitur yang sangat mengasikkan. Menambahkan teks, efek, memotong, dan memberikan transisi tertentu bisa dengan mudah dilakukan.

Selain itu inshot juga sangat pas jika dijadikan pilihan untuk anda yang gemar bermain media sosial khusunya Instagram, youtube, dan juga facebook karena dilengkapi dengan ratio yang pas untuk berbagai media sosial. Selain itu efek bokeh video menampilkan video anda menampilkan efek yang sangat elegan.

Fitur dan Kelebihan dari Inshot:

  • Speed Up dan Juga Slow Motion efek yang keren untuk dipasang di video anda.
  • Sangat cocok untuk pemula karena kemudahan dalam penggunaannya.
  • Full HD video dengan resolusi mencapai 1080p.
  • Pilihan free music yang lumayan banyak.

8. VideoShow

Aplikasi edit video untuk Android - VideoShow

Photo via play.google.com

VideoShow merupakan All-in-one video editor yang bisa digunakan pada smartphone android kesayangan anda. Aplikasi ini memiliki berbagai tema video yang sangat keren, dan menambahkan efek transisi yang bisa membuat video anda sangat menarik. Selain itu VideoShow juga memiliki kelebihan yang menjadikan video anda memiliki efek bokeh. Anda juga bisa melakukan export video dengan tujuan untuk sharing di berbagai media sosial seperti facebook, Instagram, youtube, dan lain – lain.

Fitur dan Kelebihan dari VideoShow:

  • Fasilitas compressing video yang bisa dengan mudah mengecilkan ukuran memori video.
  • Fasilitas HD export.
  • Video dubbing.
  • Membuat GIF dengan mudah.
  • Bisa digunakan secara gratis tanpa watermark, pop-up

9. Video Editor

Video Editor ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Video Editor Professional Studio. Jadi jangan sampai salah install atau download, pastikan untuk melihat pengembang aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi yang satu ini menawarkan fitur yang cukup sederhana. Tidak seperti video editor lainnya, aplikasi yang satu ini menawarkan hanya menawarkan basic video editing, seperti crop, trim, cutting, split, zoom, dan lain – lain.

Aplikasi Video Editor sangatlah ringan, karena memang fitur yang ditawarkan tidak banyak. Walaupun begitu aplikasi ini memiliki lebih dari 20 efek filter dan 10 efek transisi yang sangat menarik. Selain itu aplikasi ini juga menawarkan efek slow motion yang keren.

Fitur dan Kelebihan dari Video Editor:

  • Simpel dan juga sangat mudah digunakan.
  • Video reverse atau playback yang bisa menambah kreatifitas editing.
  • Gratis dan tidak memiliki watermark sehingga sangat cocok untuk pemula.

10. Funimate

Aplikasi edit video untuk Android - Funimate

Photo via play.google.com

Funimate, salah satu aplikasi video editing yang memiliki fitur keren dan lucu sehingga memiliki perbedaan dari video editor pada umumnya. Video editor yang satu ini sangat cocok digunakan untuk yang ingin eksis di Instagram, atau TikTok. Menawarkan berbagai macam efek lucu, keren, dan menarik sehingga menghasilkan video musik yang sangat kreatif.

Fitur dan Spesifikasi Funimate:

  • Menawaran pembuatan efek sendiri untuk pengguna yang ingin membuat video lebih original.
  • Pilihan backsound dan juga efek yang lucu pada video.
  • Pilihan music yang cukup banyak.

Masing-masing aplikasi edit video untuk Android diatas memiliki kelebihan masing-masing yang sangat memudahkan bagi para video editor ataupun pengguna pemula untuk menghasilkan video yang bagus dan terlihat profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *