Cara Mengatasi Patah-Patah Saat Bermain Game

By Digitek

Lag bisa terjadi saat ada delay antara aksi pemain dan reaksi server game. Jika mengalami hal itu, berikut kami berikan solusi mengatasi patah-patah saat bermain game.

Game lag cukup menjengkelkan karena  erver tidak akan langsung bereaksi sehingga jika lawan lebih cepat, mereka punya peluang menang lebih besar.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan delay dan mempertahankan game agar tetap lancar.

Cara Mengatasi Patah-Patah Saat Bermain Game

1. Periksa Kecepatan dan Bandwidth Internet

Tidaklah perlu menggunakan internet business-speed untuk dapat bermain game dengan lancar, tetapi kamu membutuhkan setidaknya 15-20Mbps jika akan bermain game.

Kamu juga perlu memikirkan bandwidth. Jika kamu atau orang lain di rumah akan melakukan aktivitas berbasis internet lainnya (seperti streaming film, video call, dan browsing) pada saat yang bersamaan, itu dapat membebani bandwidth.

Aktivitas seperti streaming video dan mengunduh file sangat besar karena membutuhkan banyak data, lebih dari sekadar bermain game.

Itu bisa secara signifikan memperlambat internet dan game jika tidak memiliki bandwidth yang cukup untuk mendukung semuanya.

2.  Cek Latensi Apakah Low

Cara Mengatasi Patah-Patah Saat Bermain Game

via pc

Latensi jaringan adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan data untuk melakukan perjalanan antara sumber dan tujuannya.

Semakin rendah latensi, semakin baik. Jika bermain game dengan latensi tinggi, kamu mungkin memberi tahu karakter untuk berjalan maju tetapi mereka tidak benar-benar bergerak selama beberapa detik.

Inilah yang menyebabkan lag. Kombinasi terbaik adalah memiliki internet berkecepatan tinggi dengan latensi rendah. Latensi yang baik adalah kecepatan ping di bawah 150 milidetik. 20ms sudah cukup bagus.

Seperti bandwidth, latensi bergantung pada lebih dari sekadar koneksi broadband. Itu dipengaruhi oleh hardware jaringan, lokasi dan koneksi server jarak jauh, dan router.

Ketika paket data melakukan perjalanan dari sumbernya ke tujuannya, biasanya itu bukan rute langsung, mereka sering melewati titik yang berbeda di sepanjang rute.

Semakin panjang rute dan semakin banyak pemberhentian yang harus mereka lakukan, semakin lama penundaannya. Seberapa jauh router dari komputer/konsol juga menambah delay.

3. Pindah Lebih Dekat ke Router

Barang-barang seperti dinding, lantai, furnitur, dan benda fisik lainnya dapat menghalangi sinyal nirkabel.

Tingkatkan sinyal WiFi dan tingkatkan jalur konektivitas dengan memindahkan komputer atau konsol lebih dekat ke router.

Jika masih mengalami lag, atau router tidak bisa dipindahkan, coba ubah posisi bermainmu. Misalnya, menempatkan konsol pada sudut yang berbeda.

Kamu juga bisa mengurangi gangguan sinyal dari peralatan rumah tangga lainnya seperti speaker nirkabel, microwave, dan charger ponsel. Ini dapat membantu sinyal wireless menempuh rute langsung ke perangkatmu.

4. Tutup Semua Situs Web dan Program yang Berjalan di Latar Belakang

Situs dengan bandwidth tinggi seperti Netflix, YouTube, dan unduhan sangat memengaruhi kecepatan ping dan latensi.

Tutup semua yang mungkin kamu jalankan karena dapat memengaruhi kinerja game. Mengurangi jumlah perangkat yang disambungkan ke WiFi juga bisa membantu.

Semakin banyak perangkat yang terhubung dan menggunakan WiFi, semakin banyak bandwidth yang dibutuhkan.

Kamu bahkan dapat menggunakan perangkat pada Mode Pesawat saat bermain game.

5. Hubungkan Perangkat ke Router melalui Kabel Ethernet

Cara Mengatasi Patah-Patah Saat Bermain Game

via pixabay

Jika tinggal di rumah yang harus berbagi koneksi WiFi dengan anggota keluarga atau teman, mungkin sulit untuk meminta mereka berhenti menggunakan internet saat kamu bermain game.

Kamu bisa mencoba bermain game saat mereka berada di luar rumah atau dengan menghubungkan perangkat a ke router melalui kabel Ethernet. Selama router bukan masalahnya, ini akan menurunkan ping secara drastis.

6. Bermain Server Lokal

Bermain di server di negara tempat kita tinggal atau yang terdekat dapat mengurangi ping secara signifikan. Semakin dekat server denganmu, semakin baik.

7. Optimalkan Setting Game

setting

via Steam

Kamu harus mengoptimalkan kontrol audio dan visual gim agar sesuai dengan koneksi internet. Jika memiliki koneksi internet yang buruk, coba turunkan resolusi grafis dan ini akan mengurangi jumlah data yang dibutuhkan game.

Semakin rendah resolusinya, semakin sedikit lag yang yang muncul saat bermain game dengan koneksi buruk.

6. Hapus Aplikasi Atau Program Yang Tidak Dibutuhkan

Cara lain untuk mengoptimalkan perangkat saat bermain game online adalah dengan menghapus file atau program yang tidak perlu dari PC atau ponsel.  Itu akan membebaskan disk space yang berharga dan menjaga perangkat tetap optimal.

Penutup

Nah, itulah berbagai cara mengatasi patah-patah saat bermain game yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.