15 Aplikasi Stem Gitar Yang Terbaik dan Recommended

2 minggu lalu, by digitek

Aplikasi stem gitar terbaik

Inilah 15 aplikasi stem gitar (guitar turner) terbaik saat ini yang sangat direkomendasikan oleh tim Digitek.

Di era yang serba online dan komputerisasi sekarang ini, tak memungkiri semua-muanya dilakukan dengan satu klik atau swipe sana-sini saja. Termasuk juga dalam melakukan setting stem gitar (guitar turner).

Memang kalau mau jujur-jujuran, melakukan stem secara manual (“diputer-puter”) masih jauh lebih alami, tepat, dan membuat kita terlihat seperti musisi pro. Tapi sekali lagi, kini semenjak ragamnya fitur aplikasi stem gitar, orang-orang kini cenderung lebih suka dengan metode yang super praktis tersebut.

Nah bagi kalian yang memang suka main atau memang pemain gitar dalam sebuah band dan, ingin mencoba stem gitarnya melalui sebuah aplikasi, yuk langsung saja simak 15 aplikasi stem gitar terbaik yang sangat kami rekomendasikan berikut ini. Bersiaplah untuk nge-rock dan keraskan volume-nya hingga 11!

1. Clear Tune

Aplikasi stem gitar terbaik

Aplikasi stem gitar yang terbaik dan sangat direkomendasikan yang pertama adalah Clear Tune. Clear Tune sangat pas bagi kamu yang mungkin masih belum berapa bisa mengira-ngira atau memang belum peka dengan nada sama sekali.

Aplikasi ini bisa juga bisa digunakan walau hanya dengan built-in microphone smartphone saja. Dalam pengaturannya, Clear Tune menggunakan sistem roda nada (note wheel system). Sehingga sekali lagi, mempermudah mereka yang masih “buta nada”.

Walau demikian, aplikasi ini lumayan sering hang / freeze dan juga, tidak kompatibel dengan beberapa model smartphone terbaru.

2. BOSSTuner

Aplikasi stem gitar terbaik

Aplikasi stem gitar yang terbaik dan sangat direkomendasikan selanjutnya adalah BOSSTuner. Selain gratis, tampilan (interface) nya juga sangat enak dilihat. Selain itu BOSSTuner juga memungkinkan kita mengatur pitch yang kita inginkan seraya mendengar tiap posisi pitch-nya.

Dengan dukungan pandangan layar horizontal, kita pun bisa memperbesar meter view-nya. Namun sayangnya selain tampilan (visualnya) yang sering nge-bug, juga BossTuner tidak kompatibel terhadap beberapa model smartphone yang ada saat ini.

3. iStrobo Soft

Mau kamu newbie atau sudah lama banget main gitar, iStrobo Soft merupakan aplikasi stem gitar yang pas banget. Karena aplikasi ini sangat sensitif dengan semua nada-nada gitar yang kita setel (tuning).

Selain itu aplikasinya juga memiliki fitur noise filter yang bisa menyaring suara-suara luar yang gak diinginkan ketika menggunakan mikrofon eksternal. Walau demikian dengan harga $9.99, dan ditambah lagi kita harus membeli beberapa fitur tambahannya, rasanya kita akan memikir-mikir dulu dua atau bahkan tiga kali untuk menggunakannya.

4. TonalEnergy

Kekurangan yang dimiliki TonalEnergy hanyalah interface-nya saja yang terlihat biasa banget. Namun selebihnya, TonalEnergy adalah aplikasi stem gitar yang all-in one. Selain melakukan stem (tuning), aplikasi ini juga memiliki fungsi metronom.

Selain itu, kita juga bisa melakukan tuning vokal kita loh. Jadi bisa sekalian nyanyi-nyanyi deh.

5. CarlTune

Tidak seperti keempat aplikasi sebelumnya, CarlTune juga bisa digunakan untuk melakukan stem instrumen lain seperti: Cello, Flute, Saksofon, dan lainnya.

Selain itu tampilan aplikasinya juga sangat komprehensif dan bisa kita otak-atik lagi tampilan warnanya sesuai keinginan kita. Carl Tune memiliki 2 versi: Versi free dan paid full. Sebenarnya veris gratisan pun tak masalah. Namun, apabila memakai versi ini, siap-siap saja kamu dimbobardir oleh banyak iklan.

6. Chromatic Guitar Tune

Aplikasi stem gitar ini khusu bagi pengguna Android. Dan sama seperti CarlTune, masalah utama aplikasi ini adalah banyaknya iklan yang tampila nan berseliweran di versi gratisannya.

Namun selebihnya, Chromatic Guitar Tune adalah aplikais paling terbaik. Karena selain sangat gampang digunakan oleh siapapun (dan level apapun), presisi (ketepatan) tuning nya tinggi banget. Jadi kamu gak perlu takut salah nada.

Dan kerennya lagi, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lagi untuk mengingkatkan kualitas suara mikrofon di smartphone. Pokoknya sudah keren deh peningkatan kualitas mic nya. Jangkauan tone generator nya pun terdiri dari 1 sampai dengan 22050 Hz.

7. Smart Chords and Tools

Kalau dilihat dari tampilan fotonya, terlihat banget kalau aplikasi stem gitar ini cocok sekali bagi kita yang memang bisa baca musik atau pemusik. Tapi kenyataannya tidak begitu juga kok. Karena kita-kita yang pemula pun akan bisa menggunakannya.

Aplikasinya memiliki 500 contoh stem yang masih “polos” Aplikasi ini juga menampilkan hampir semua tipe chord  dan bahkan, bisa mengajarkan kita dalam memposisikan jari-jari kita ketika ingin memainkan kombinasi kunci spesifiknya.

8. Tunable

Selain melakukan stem, Tunable juga bisa kita gunakan pencocokan nada instrumen lainnya dan bahkan, memiliki fitur merekam dan mengenali nada yang kita mainkan. Aplikasinya juga memiliki fitur aplikasi metronom.

Dan kerennya, aplikasi ini bisa kita atur tingkat kesulitannya. Sehingga mau kamu pemula atau sudah expert, kamu akan bisa mengoperasikannya dengan sangat gampang. Dan untuk memudahkan proses stem nya, Tunable menggunakan sistem 2 warna: Hijau & Merah.

Merah apabila proses tuning nadanya tidak pas, dan hijau untuk memberitahukan kalau proses tuning nadanya benar-benar pas.

9. Fender Tune

Nah inilah aplikasi stem gitar yang versi gratisannaya bebas iklan. Selain itu dikarenakan aplikasi ini adalah keluaran salah satu merek gitar ngetop seluruh dunia, maka sudah pasti hasilnya tidak akan mengecewakan sama sekali.

Selain menampilkan fitur auto-tune, secara manual, dan kromatik, kamu juga bisa mengakses koleksi chord-chord klasik yang dimiliki oleh Fender. Namun kalau kamu ingin memiliki fitur tambahan keren lainnya, kamu harus membelinya.

10. Yousician

 

Yousician mungkin adalah aplikasi belajar musik yang banyak dari kita sudah ketahui. Dikatakan demikian karena iklan promosi aplikasi ini sering banget berseliweran.

Selain untuk stem gitar, kita juga bisa sekalian belajar gitarnya sekalian. Dan cara pengajarannya yang menerapkan sistem tutorial, dijamin membuat kita sangat cepat untuk menguasai instrumen bersenar ini.

Sayangnya untuk bisa menikmatinya, aplikasi ini memberikan harga yang sangat mahal yaitu $19.99 atau hampir $20. Tapi ya pada akhirnya memang sepadan banget sih dengan kualitasnya.

11. Pro Guitar Tuner

aplikasi steam gitar

Aplikasi stem gitar Pro Guitar Tuner memiliki tampilan dan sistem pengoperasian yang sangat gampang. Selain itu nada-nada tuning yang dihasilkan juga terdengar sangat akurat. Nah kalau memang ingin menggunakan ini, kami sarankan untuk menggunakan yang versi berbayar.

Karena versi gratis hanya menampilkan proses tuning yang sangat standar. Jadi kalau kita mau melakukan tuning yang “aneh-aneh” ya tidak bisa sama sekali. Selain itu yang gak enaknya lagi, banyaknya iklan yang tampil di versi gratisannya ini.

Iklannya bisa tampil kapan saja termasuk, ketika kita sedang konsentrasi mengatur stem nya. Alhasil, bisa membuat semuanya menjadi lebih repot dan lebih lama lagi.

12. Pitched Tuner

aplikasi steam gitar

Hanya ada di Android, Pitched Tuner bisa dikatakan adalah aplikasi stem gitar yang oke banget. Selain harganya murah banget, $2.99, penyetelannya dan tampilannya semuanya terasa simpel dan to the point.

Aplikasi ini juga mendukung instrumen bersenar lainnya dan seperti yang kamu lihat, menerapkan model tampilan jarum tuning tradisional. Namun perlu diingat nih. Apabila kita menggunakan versi gratis, kita tidak bisa menerapkan stem sesuai keinginan (custom tuning).

Juga, tidak semua model smatphone sekarang mendukung aplikasi ini.

13. Guitar Tuna

aplikasi steam gitar

Aplikasi ini juga mahal harganya. Spesifiknya, $12.99. Namun harganya memang sepadan banget dengan teknologi yang dimiliki.

Selain tuning akurasinya yang sangat tinggi, kita juga bisa sekalian belajar gitarnya. Selain itu lagi, aplikasinya mendukung semua instrumen bersenar termasuk, yang jarang banget seperti Balalaika.

Lebih kerennya lagi, Guitar Tuna juga memiliki teknologi yang bernama Noise-cancelling. Sesuai namanya, aplikasi ini akan meredam seluruh suara berisik apabila kita sedang menggunakan aplikasinya di tempat yang sangat ramai.

Tapi apabila ingin merasakan semua fitur ini, kita harus memiliki yang versi Pro. Karena, versi gratisan hanya sebatasa standar tunning saja dan, tidak mendukung instrumen-instrumen bersenar lainnya tersebut.

14. InsTuner

aplikasi steam gitar

Apabila kamu tipe individu yang ingin semuanya bisa dikuasai dengan sangat cepat, maka InsTuner adalah aplikasi stem gitar yang pas.

Mulai dari melakukan stem spectrum (FFT) hingga men-tuning sekaligus mengkoreksi pitch, semuanya bisa dilakukan dengan satu kali tap saja. Selain itu InsTuner juga sangat bersahabat bagi mereka yang sudah super profesional.

Pasalnya aplikasi ini menyuguhkan fitur-fitur seperti: Concert A calibration, historical temperaments, dan transposisi. Walau demikian, sebelum melakukan instalasi, kamu harus cek baik-baik apakah smartphone kamu kompatibel atau tidak.

Karena tidak semua smartphone support dengan InsTuner. Lalu dalam beberapa tempat / waktu, proses stem kita akan terganggu dengan iklan-iklan yang berseliweran disana sini.

15. gStrings

aplikasi steam gitar

 

Eits jangan langsung berpikiran “aneh-aneh” nih. Karena ya aplikasinya memang bernama demikian. Dan gStrings adalah aplikasi stem gitar tertua di smartphone berbasis android. Dan secara general, gStrings emang enak banget digunakan.

Selain bisa menggunakan mode tuning yang berbeda-beda, kita juga bisa mengatir sensitivitas mic agar pitch-nya benar-benar akurat. Selain itu asyiknya lagi, kita bisa men-save setting tuning kita. Jadi kita gak perlu repot mengatur-atur lagi.

Walau demikian ada dua hal gak enak banget dari aplikasi ini. Pertama, gStrings lumayan sering mengalami hang / freeze. Lalu kedua, pembacaan respon datanya juga lumayan lelet. Jadi  kita harus bersabar banget kalau mengalami loading yang lumayan lama.

Lalu Aplikasi Mana Yang Bagus?

Jawabannya, tidak ada satu yang pasti (definitif). Karena layaknya seperti aplikasi / program komputer kebanyakan, tidak ada aplikasi stem gitar yang 100% sempurna. Pasti ada saja kekurangan spesifik masing-masingnya.

Jadi kalau saran Tim Digitek, pilihalah sesuai kenyamanan tapi juga seraya menimbang kemampuan baik secara skill maupun finansial. Kalau memang pas-pas, ya beli saja yang sesuai mid-budget. Tapi kalau memang mampu dan juga skill musik kamu mumpuni belilah yang maksimal (harga dan kualitas tertinggi).

Sehingga, kamu bisa memiliki experience stem dan belajar gitar yang super maksimal. Tapi kalau masih bingung juga, silahkan membaca-baca ulasan (review) dari aplikasi terkait di beberapa media atau video online-nya,

Karena biasanya sebuah review, sangat tinggi pengaruh (influens) nya terhadap keputusan yang nantinya akan kita ambil. Pokoknya benar-benar pikir dan putuskan semua dengan benar-benar bijak sehingga nantinya tidak akan merugi sama sekali oke?

Selamat memilih dan ber-stem gitar ria ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *