Trend YouTube 2020: Lihat Nih 10 Top Trending!

3 minggu lalu, by DigiTek ID

Trend YouTube 2020

Kayaknya sekarang kita udah tau deh kenapa kamu kesulitan mengembangkan channel YouTube. Faktanya, ada banyak hal tentang trend YouTube yang nggak dimengerti banyak kalangan YouTuber.

Apa kamu pikir kalau YouTube itu cuman masalah konten yang bagus?

Jika emang begitu, pertanyaannya adalah gimana kamu bisa tau kalau konten itu bagus dan up-to-date?

Artinya, kamu butuh sekedar dari bikin konten kalau emang mau menumbuhkan dan mengembangkan channel YouTube yang sukses. Itulah yang kita sebut dengan trend.

So, apa aja yang masuk dalam trend YouTube?

Check it out ya.

Trend YouTube 2020

Perlu kamu tau, trend YouTube itu dari tahun ke tahun selalu berubah dan beda. Jadi, kamu nggak bisa menjadikan acuan buat trend yang udah kadaluarsa.

So, kita kasih bocoran spesial buat kamu tentang trend YouTube di tahun 2020 ini ya.

1. YouTube Live

Trend YouTube 2020 Update

Trend YouTube 2020 Update | Live Streaming

Mau nggak kita kasih satu fakta penting tentang viewers di YouTube?

Yaps, faktanya mayoritas atau sebagian besar viewer di YouTube suka banget sama video dengan gaya story-telling. Jadi intinya, entah kamu mau personal branding atau company branding, jalan terbaik buat dapatkan subscriber di YouTube adalah dengan YouTube Live.

Penelitian dan data menunjukkan kalau ngomong secara langsung dengan Live Streaming itu punya retensi yang lama dengan customer.

Bahkan, sekarang viewer lebih suka nonton video live streaming daripada video reguler, dengan presentase 8 kali lebih besar.

Jadi saran kita sih, ide yang bagus banget buat menjalankan strategi live streaming di YouTube. Dengan catatan, kamu juga harus bisa bikin strategi yang mantap abis buat kombinasi antara video reguler dan live streaming.

2. Tutorial How-To – Trend YouTube Pemula dan Pro

Trend YouTube 2020 Update

Trend YouTube 2020 Update | Tutorial

Buat kamu yang masih baru terjun ke dunia YouTube atau YouTuber pemula, tentu sulit banget buat menentukan strategi video yang bisa bikin subscriber cepat naik.

Bener nggak sih?

Daripada bingung-bingun mikir konten, paling enak itu adalah bikin konten how-to aja ya. Kita yakin banget kamu tau kalau trend ini udah lama banget. Tapi kerennya, nggak ada yang bikin trend ini turun.

Bahkan, Google juga udah bikin algoritma tertentu buat mempromosikan konten ini biar punya interaksi atau engagement yang tinggi.

Mau bukti, gampang banget kok. Coba aja ketik keyword di Google dan lihat hasilnya. Pasti cuman ada 2 hasil yang kamu dapatkan. Pertama, konten berbasis tulisan yang berupa penjelasan. Kedua, konten tutorial, entah dalam bentuk video YouTube atau blog.

Jalan pikiran nitizen itu cuman ada 1. Mereka bakal suka banget kalau masalah mereka terpecahkan disertai dengan design yang enak dipandang. Selain itu, tipikal nitizen Indonesia itu lebih suka nonton video daripada baca tulisan.

So, udah pasti deh kalau trend YouTube ini bakal berhasil kamu terapkan.

3. Power of Followers / Viewers

Trend YouTube 2020 Update

Trend YouTube 2020 Update | Viewer YouTube

Kalau dulu sih trend YouTube itu aneh ya. Kreator yang punya taste dan kamu yang menikmati hasilnya. Jadi, apapun konten yang ada di YouTube, kamu harus puas dengan itu.

Sekarang beda 180 derajat! Followers atau viewers yang kini menentukan konten. Kalau mereka nggak suka sama konten itu, mereka nggak bakal lihat.

Bahkan sekarang, sulit banget buat menarik perhatian followers dan user di YouTube. Kamu butuh banget yang namanya strategi unik dan inovasi cuman buat distract perhatian followers buat klik dan lihat video kamu.

Untungnya, kita punya solusi buat kamu untuk masalah ini.

Kamu bisa maksimalkan banyak banget fitur engagement kayak comments, polling sampai Live video buat menanyakan tentang konten yang mereka suka. Faktanya, viewers banyak banget yang antusias dengan gaya-gaya kayak gini.

4. Video 360

Trend YouTube 2020 Update

Trend YouTube 2020 Update | Video 360 YouTube

Kita yakin banget kalau kamu pasti suka explore video yang unik-unik banget.

Bener kan?

Apalagi kalau kamu harus bicara tentang produk secara keseluruhan. Cara yang paling mudah buat bikin video kamu meyakinkan adalah dengan video 360 derajat.

Jadi, kalau dulu kamu nggak bisa mengubah perspektif video itu, sekarang semuanya possible. Kamu bisa memgubah perspektif video sampai gaya VR buat melihat konten itu dari semua sisi.

Video format ini penting banget apalagi kalau kamu punya bisnis dan lagi menawarkan suatu produk keren.

5. Konten ASMR – Trend YouTube Terbaru

Trend YouTube 2020 Update

Trend YouTube 2020 Update | ASMR Video

Konten ASMR atau Autonomous Sensory Meridian Response bukan konten yang benar-benar biasa kayak apa yang kamu bayangkan saat ini.

Konten ini dibuat dengan metode professional yang kebanyakan berisi tentang audio dan visual. Video ini juga dibuat khusus buat memanjakan dan memberikan perasaan lega buat viewers dan followers.

Konten ini dulunya fokus ke niche kecil yang kemudian melebar jadi besar banget. Jadi, nggak heran banget deh kalau trend YouTube satu ini bisa makin melebarkan sayapnya.

Faktanya, kebanyakan konten ini udah bisa bikin mayoritas user YouTube sekarang terpersona. Padahal, nggak smua niche bisa masuk dalam kategori ini. Paling-paling cuman konten cosplay, kuliner, story telling, masak, dan musik aja.

Kerennya, udah mulai banyak artis dan selebritis yang fokus ke konten ini loh sekarang!

6. Challenge

Trend YouTube 2020 Update

Trend YouTube 2020 Update | YouTube Challenge

Yah kayak social media lainnya, ada banyak banget challenge yang bisa kamu pakai di channel YouTube. Tapi yang paling viral kali ini adalah challenge ‘jelek jadi cantik’ sebagai adopsi dari Tik Tok.

Apalagi kalau kamu punya niche beauty atau kecantikan, pasti konten kayak gini bakal bisa mendatangkan banyak subscriber. Faktanya, video kayak gini juga masuk ke kategori tutorial kan?

Jadi, sekali dayung, 2 – 3 pulau terlampaui deh. Selain dapat challenge nya, kamu juga bisa branding dengan trik how-to yang kamu share itu.

Perlu kamu tau, kebanyakan channel yang ikut challenge ini punya kreator dengan pengetahuan yang luas dalam dunia kosmetik dan kecantikan. Jadi, cocok banget kalau kamu punya fokus buat mengembangkan bisnis beauty.

7. YouTube SEO – Trend YouTube Pro

Trend YouTube 2020 Update

Trend YouTube 2020 Update | YouTube SEO

Siapa sih yang bilang kalau cuman Google aja yang butuh kamu optimasi dengan SEO. Video dan channel YouTube juga sama.

Apalagi sekarang ini ada banyak banget marketer yang fokus ke dunia YouTube. Pasti ada banyak banget video berkualitas. Artinya, kamu juga bakal bersaing dengan mereka buat dapatkan hati viewers dan user YouTube.

Biar bisa bersaing dengan brand besar, kamu harus ngerti benar tentang algoritma dan SEO YouTube. Contoh aja, apakah kamu tau kalau di July 2019 lalu, YouTube bikin algoritma biar konten keluarga bisa lebih mudah diakses?

Intinya, perubahan di saat itu lebih pada penekanan tentang konten yang aman dikonsumsi anak-anak.

Nah, dengan fakta ini tentu kamu harus berpikir 2 kali untuk bikin konten video kan? Makanya, optimalkan juga pengetahuan tentang SEO di Google biar video kamu masuk nominasi dan muncul di ranking paling atas saat orang cari.

Kamu harus keluar dari zona nyaman dan nggak terlalu ter’dikte’ dengan metrik yang ada di YouTube aja. Sebaliknya, kamu harus lebih luwes dalam mencari celah yang ada.

8. Iklan YouTube

Trend YouTube 2020 Update

Trend YouTube 2020 Update | YouTube Ads

Perlu kamu tau, ada sedikit pergeseran fakta tentang TV sekarang ini. Kalau dulunya TV cuman buat bisnis fisik aja, sekarang beda. Hadirnya membership di TV berlangganan inilah yang bikin banyak viewers geser dari internet ke TV lagi.

Tapi ini nggak masalah. Faktanya, durasi waktu yang dihabiskan user internet dan TV langganan jauh berbeda. Dengan begini, YouTube masih jadi tujuan utama buat iklan bisnis dan brand.

Faktanya, penelitian menunjukkan kalau iklan YouTube bisa mendatangkan lead jauh lebih banyak daripada iklan di TV. Disamping itu, biaya iklan di YouTube juga jauh lebih murah daripada di TV.

Bahkan menurut penelitian yang sama, ada 3 hal yang bikin YouTube Ads tetap dilirik brand:

  1. Mayoritas pengguna HP nonton YouTube di Prime Time
  2. 75% orang dewasa nonton YouTube via HP
  3. Iklan YouTube lebih kuat 84% dalam menarik perhatian customer daripada iklan TV

Wow banget kan?

9. Jumlah User

Trend YouTube 2020 Update

Trend YouTube 2020 Update | User YouTube

Apa kamu tau kalau YouTube adalah peringkat ketiga website yang paling banyak dikunjungi, setelah Google dan Facebook?

Yaps, data dari YouTube sendiri menyebutkan kalau ada sekitar 2 milyar akun yang log in dan tiap hari ada 30 juta visitor. Bahkan, durasi video yang ditonton per hari aja bisa mencapai 1 mliyar jam.

Dengan begini, nggak alay kan kalau kita bilang YouTube menguasai hampir 30% user internet?

Bahkan salah satu riset juga menemukan kalau di tahun 2020 ini, 82% kenaikan traffic pengguna internet adalah dari konten video.

YouTube sendiri, sebagai platform social media berbasis video, juga udah merasakan perkembangan yang luar biasa. Kenaikan sebesar 62,9% pengguna bisnis di YouTube bukan satu hal yang sepele kan?

Jadi, disamping kreatif dan inovatif, kamu juga harus bisa memberikan kombinasi yang pas sesuai dengan strategi marketing yang kamu punya.

10. Channel Artis

Trend YouTube 2020 Update

Trend YouTube 2020 Update | Ria Ricis youTube

Artis dan selebritis papan atas mau lebih dekat dengan fans nya. Jadi, mereka harus bisa bikin interaksi dengan para fans di suatu video di luar proses shooting. Jalan satu-satunya buat ini adalah social media, terutama YouTube.

Emang sih Instagram dan Twitter dulu jadi social media yang dekat banget sama kehidupan selebritis dan artis. Tapi akhir-akhir ini, justru trend YouTube yang jadi fokus mereka buat interaksi dan lebih dekat dengan fans.

Dengan video tanpa script yang kelihatan makin natural, didukung dengan kualitas peralatan yang keren, fans makin betah berinteraksi dengan idola mereka.

Sayangnya, butuh usaha yang lebih ke personal daripada professional buat selebritis untuk bisa mengambil hati viewers. Jadi, mereka harus bisa menampilkan sisi di luar sisi saat mereka shooting.

Kesimpulan

Itu dia sih segelintir trend YouTube 2020 yang kini benar-benar hype di seluruh dunia. Mungkin di Indonesia masih terjadi beberapa ya.

Tapi, kayak yang biasa kita lihat. Hype ya tetap hype. Jadi, cepat atau lambat, Indonesia pasti masuk.

So, nggak ada salahnya kalau mulai mengenalkan konten trending ini sekarang kan? Siapa tau kamu bisa jadi salah satu generasi penerus YouTuber Indonesia dengan Subscriber terbanyak ya.

Oke deh mungkin itu aja ya sharing kita kali ini. Jangan beranjak dulu, soalnya masih ada banyak banget topik menarik yang bakal juta share.

Bingung cari inspirasi? Langsung aja ke Digitek.id! Ada banyak info tentang tips dan trik, gadget, games, sampai review film terbaru loh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *