Berbahaya! Tik Tok Challenge Berujung Patah Tulang!

1 tahun lalu, by digitek

Tik Tok skull breaker challenge berbahaya

Kamu pengguna aktif Tik Tok? Digitek.id sarankan buat makin hati-hati deh kalau ikut-ikutan Tik Tok Challenge ya. Ada laporan kalau salah satu challenge bisa bikin patah tulang!

Emang sih nggak ada yang lebih seru daripada ngumpul bareng terus main social media. Apalagi main Tik Tok yang sekarang lagi hype banget. Ada banyak banget deh challenge yang bisa kamu mainkan bareng sama teman-teman.

Lengkap dengan lagu-lagu keren baik dari luar dan lokal, Tiktok emang jadi pilihan buat seru-seruan di waktu senggang kamu. Nggak jarang, lagu populer terbaik ini dibuat sebagai cover challenge Tik Tok.

Tapi siapa sangka kalau challenge itu justru berujung pada musibah retak tulang tengkorak? Ini nih berita selengkapnya tentang kejadian miris ini.

Skull Breaker: Tik Tok Challenge

Perlu kamu tau ya, apapun kalau mengandung kata-kata ‘skull-breaker’ itu dalam Bahasa Inggris selalu punya arti yang jelek. Contoh, skull-breaker interview, skull-breaker spa dan lain-lain, itu pasti konotasinya negatif.

Artinya, challenge Tik Tok bernama skull breaker ini juga sebuah challenge yang berbahaya banget.

Jangan kira challenge yang satu ini sama dengan challenge lainnya yang seru dan menyenangkan. Justru challenge ini bikin kamu gigit jari dan khawatir melihatnya.

Challenge Tik Tok Paling Berbahaya, Skull Breaker

Challenge Tik Tok Paling Berbahaya, Skull Breaker

Awalnya, bakal ada 3 orang yang berdiri bareng-bareng dan mau melompat. Kelihatannya sih innocent banget ya. Tapi akhinya, cuman yang tengah aja yang lompat. 2 teman yang disamping nggak ikut lompat tapi justru menendang kaki si pelompat.

Terus apa yang terjadi kalau seandainya yang tengah itu adalah kamu?

Nggak masalah sih kalau kamu itu pemain basket yang pro sehingga bisa mendarat dengan seimbang. Faktanya, kamu bukan siapa-siapa dan 90% pasti kehilangan keseimbangan kalau jatuh dalam posisi kaki yang nggak tepat.

Skull Breaker Gone Wrong

Mungkin udah banyak banget info di social media, termasuk YouTube, Twitter, kalau ada kasus yang kurang enak di dengar seputar challenge ini.

Gimana tidak, akhir bulan Desember 2019 lalu, ada laporan dari Brazil kalau salah seorang siswa berusia 16 tahun meninggal gara-gara main challenge Tik Tok satu ini.

Sebelumnya juga ada kasus yang sama di Venezuela. Seorang anak harus mendapatkan rawatan intensif karena kepala terjatuh keras ke lantai.

Nggak cuman itu aja, ada juga laporan kasus kalau ada anak laki-laki yang patah tulang tangan gara-gara ikut challenge ini.

Bahkan baru-baru ini di Februari tanggal 4, seorang ibu bernama Valerie Hudson juga mem-posting satu konten yang bikin kita ngilu. Singkatnya kalau kita translate ke Bahasa Indonesia kayak gini nih …

Rabu lalu, putra ku diajak 2 temannya untuk melakukan challenge. Waktu putraku melompat, kedua temannya itu menendang kuat-kuat kakinya dari bekalang sehingga kakinya terpental. Dia (puraku) jatuh dengan posisi terlentang dan mulai berdiri dengan kondisi nggak sadar.

Tapi setelah itu, dia langsung jatuh dan wajahnya menghantam aspal. Penjaga sekolah berlari mendatanginya tapi kedua teman itu justru tertawa terbahak-bahak.

Putraku langsung dilarikan ke rumah sakit dengan luka yang luar biasa. Dia mengalami luka kepala, beberapa luka di wajah, bagian dalam mulutnya juga terluka serta 2 gigi yang mau copot.

Bahkan Dokter Nathan Richard, spesialist anak dan penyakit dalam, menyatakan kalau challenge ini punya efek yang luar biasa fatal. Patah tulang, pendarahan di bagian otak, paralysis, sampai kematian bisa terjadi gara-gara jatuh yang nggak tepat.

Tanggapan dari Pihak Tik Tok

Mendengar dan melihat berita kayak gini jelas bikin pihak Tik Tok angkat bicara. Point utama dari tanggapan pihak Tik Tok ini adalah keamanan penyebaran video via Yahoo Lifestyle.

Bahkan sekarang, kita sempat dengar kabar kalau video Skull Breaker udah diganti dengan konten Skull Saver. Aslinya sih sama kayak sebelumnya, tapi sekarang nggak pakai tendangan yang kuat.

Meski beberapa media udah mengumumkan berita ini, tetap aja ada peringatan penting buat orang tua dan pengasuh anak. Gimana pun keadaannya, orang tua harus selalu update tentang kejadian-kejadian tentang social media.

Sedikit info aja, Tik Tok punya segment pasar milenial yang kuat banget. Jadi kebanyakan usernya pasti anak-anak yang masih belum dewasa. Artinya, justru inilah yang paling bahaya karena orang dewasa pasti nggak bakal melakukannya. Anak kecil yang sering meniru tanpa memperhatikan dulu resikonya.

Nah dengan begini, mereka bisa mencegah kemungkinan terburuk yang bakal menimpa putra putri mereka.

Perkembangan Challenge Tik Tok

Meski kamu udah tau sendiri kalau challenge ini udah diganti, tapi tetap harus waspada ya. Bahayanya lagi, challenge ini bagai virus yang menyebar cepat banget di seluruh dunia. Kini dikabarkan kalau India, Arab, dan negara di Asia juga sudah terjangkit challenge ini.

Ditambah lagi kalau sampai anak-anak udah bawa HP ke sekolah. Resiko adanya kecelakaan gara-gara ketidaktahuan ini juga makin besar. Dengan begitu, alangkah baiknya kalau orang tua memberikan batasan anak buat bermain social media.

Pastikan mereka pakai social media dalam pengawasan. Atau ajarkan kepada mereka buat main challenge yang nggak terlalu beresiko. Termasuk challenge dari lagu Tik Tok terbaru yang lagi viral.

Kesimpulan

Tanpa disadari, ternyata ada banyak bahaya yang mengancam dibalik serunya challenge Tik Tok. Dengan begini, mungkin jalan satu-satunya adalah penyuluhan kesadaran tentang bahaya ini ke anak-anak dan sekolah.

Sebelum hal-hal yang nggak diingikan terjadi, sebaiknya tindakan ini segera dilakukan. Disamping itu, kamu juga harus benar-benar pintar dalam memilah dan memilih challenge yang cocok.

Kalau emang challenge itu ringan dan nggak berbahaya, it’s totally okay.

So, mungkin itu aja ya sharing kita kali ini. Masih ada banyak banget info update yang mau kita bahas sama kamu semua. So, pastikan udah subscribe email newsletter kita ya. Biar kamu makin update dan nggak ketinggalan info.

Cuman di Digitek.id, kamu bisa mendapat segudang tips, trik, info bahkan review film terbaik paling update!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *