Review Ipad 6 Mini: Spesifikasi dan Harganya

3 bulan lalu, by digitek

Pada Apple event kemarin, Apple menghadirkan banyak sekali project-project gadget baru untuk dirilis pada akhir tahun 2021 ini, salah satunya adalah iPad mini 6. Pada awal perilisannya, iPad ini sangat banyak sekali orang yang antusias karena memang dari beberapa series iPad mini terdahulu, iPad mini 6 lah yang memiliki fitur serta tampilan dengan perubahan yang signifikat sehingga memiliki daya tariknya tersendiri.

iPad mini 6 merupakan series dari iPad mini yang Apple udah tampilan dan juga fiturnya secara signifikat. Bahkan, dengan menggunakan desain flat pada bodynya membuat iPad ini disebut-sebut sebagai iPad pro namun dalam versi mininya. Selain itu, ada juga perubahan-perubahan lain pada iPad mini 6 ini.

Penasaran dengan fitur, spesifikasi dan harganya? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut!

Desain dan Body

Desain Ipad 6 Mini

via apple.com

Untuk pembahasan pertama ini tentang body dan desain dari iPad mini 6 yang sekarang memiliki tampilan berbeda dari series iPad mini sebelumnya, yaitu dengan menggunakan desain flat layaknya yang digunakan dengan iPad pro series. Desain ini terlihat compact karena perbaduan dengan dimensi mungil dari iPad mini sendiri. Bahkan untuk penggunaan iPad mini 6 ini bisa lebih mudah karena dapat digenggam dengan satu tangan.

Aluminium finish pada bagian body iPad juga lebih solid jika dibandingkan dengan iPad-iPad sebelumnya, sehingga membuat orang-orang lebih puas lagi dalam menggunakan iPad mini ini. Untuk pilihan warnanya sendiri yaitu ada space grey, pink, purple dan startlight. Selain itu juga, ada perpindahan tombol volume yang pindah ke atas membuat para pengguna bisa lebih mudah untuk mengaksesnya.

Display dan layar

Selain pada desain, iPad mini 6 ini juga memiliki keuntungan pada perubahan display layarnya karena mempunyai diagonal 8.3 inch dengan menggunakan liquid retina display 1488 x 2266 pixels dengan 327 ppi yang membuat iPad ini lebih fresh saat digunakan. Bahkan dengan rasio 3/2 diagonal dari iPad mini 6 ini bisa sedikit lebih memanjang lebih biasanya namun hal ini malah membuat produktivitas dan penggunaannya bisa lebih baik lagi, mulai dari scroll sosial media, bermain game, membuat desain, menulis ataupun sebagainya. Apalagi dengan support appel pencil gen 2 pada samping kanannya membuat produktivitas bisa lebih baik lagi.

Spesifikasi kamera

Spesifikasi kamera iPad 6 mini

via apple.com

Untuk sistem kamerannya sendiri tentu juga sudah diupgrade oleh Apple dengan penggunaan kamera depan 12 Mp front facing camera ultrawide dengan fitur terbaru yaitu fitur senter stace yang memungkinkan kamera menentukan fokus kepada objek saat melakukan video. Fitur ini menjadi salah satu fitur paling efektif karena masa pandemi sekarang yang lebih banyak menggunakan gadget sehari-hari khususnya untuk melakukan pekerjaan dan pembelajaran.
Lalu untuk kamera belakangnya sendiri dibekali dengan 12 Mp Rear camera dengan aperture f1 point 8 yang membuat hasil foto dan video sudah oke banget untuk low light performancenya. Bahkan untuk pembuatan video juga sudah support 4k atau 60eps di 1080p ataupun di 2040eps sehingga menjadi lonjakan tinggi sekali untuk upgradenya.

Performa penggunaan

Selanjutnya adalah tentang chipset yang digunakan iPad mini 6 ini, uniknya setiap iPad mini itu selalu menggunakan chipset terbaru dari Apple sehingga membuatnya lebih canggih lagi. Ditahun ini, iPad mini 6 dibekali dengan chipset Apple A15 Bionic yang merupakan chipset yang sama di Iphone 13 sehingga untuk performa penggunaannya tentu tidak diragukan lagi karena memang Apple A15 Bionic ini merupakan chipset terbaik Apple saat ini.

Untuk penggunaanya iPad mini 6 ini sudah sangat baik sekali, mulai dari penggunaan standar seperti scroll-scroll sosial media ataupun produktivitas-produktivitas sehari-hari tentu bisa diakses dengan mudah menggunakan iPad mini 6 ini sampai dengan penggunaan berat seperti bermain game yang lancar karena spesifikasi dari iPad mini 6 sendiri. Bahkan dengan displaynya yang kecil, performa penggunaannya bisa lebih mudah lagi.

Untuk defaul sistemnya sendiri yaitu menggunakan iPad OS 15 yang tentu memiliki tingkat operating tinggi untuk update iPad OS ditahun-tahun kedepannya. Bahkan, untuk penggunaan keamanannya sendiri itu menggunakan touch id yang sekarang sudah imput tombol power yang ada diatas dan bukan lagi ditengah bawan iPad sehingga hal ini membuatnya seperti iPad air series.

Baterai

Untuk baterainya sendiri, iPad mini 6 ini dibekali baterai dengan kapasitas tinggi yaitu 5078mAH sehingga untuk penggunaan ringan sehari-hari iPad mini ini bisa tahan seharian bahkan jika tidak terlalu intens dalam penggunaannya bisa tahan untuk dua harian yang membuat penggunaanya bisa lebih efektif lagi. Bahkan baterai pada iPad mini 6 ini lebih tinggi dariPada series iPhone yang line up pro max karena memang ini adalah iPad sehingga tidak perlu khawatir untuk baterainya bisa lebih boros dariPada penggunaan iPhone.

Harga

Terakhir untuk permasalahan harga iPad mini 6 ini dengan tambahkan desain, display, chipset dan fitur-fitur lainnya tadi hanya dihargai dengan $ 499 sehingga harganya ada dikisaran 7 jutaan untuk versi dengan storage 64gb sehingga membuatnya menjadi sangat sangat worth it untuk digunakan sebagai gadget kerja ataupun penggunaan lainnya.

Nah, itulah pembahasan-pembahasan mengenai iPad mini 6 dari mulai display dan tampilan bodinya sampai dengan performa penggunaan dan harga perilisan dari Apple sendiri. Semoga dapat bermanfaat dan memberi informasi, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *