Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya

By Digitek

HP kamu lemot? Ketahui penyebab HP lemot dan cara mengatasinya berikut ini sebelum memutuskan untuk membeli ponsel baru.

Sekarang, ponsel android sudah dibekali dengan RAM dan penyimpanan yang besar. Namun, bagi pengguna android lama mungkin mengalami masalah lemot.

Penyebab HP Lemot

Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya

via Pixabay

Tak hanya karana versi android yang sudah usang, ada banyak penyebab ponsel menjadi lelet. Berikut selengkapnya.

1. Memori Internal yang Penuh

Penyebab HP lemot pertama dan yang paling sering dijumpai adalah karena memori internal yang sudah penuh.

Tiap ponsel punya penyimpanan dengan ukuran berbeda tergantung spesifikasinya. Untungnya, ponsel keluaran terkini menawarkan RAM dan ROM yang besar.

Tapi, jika kamu mengunduh aplikasi yang berat, memori bisa menjadi penuh. Karena itulah, cek kapasitas ruang penyimpanan sebelum mendownload aplikasi untuk memastikan ada ruang yang kosong.

2. Membuka Banyak Aplikasi Bersamaan

Selalin memori RAM juga bisa menjadi faktor mengapa sebuah ponsel menjadi lemot. Meski dibekali dengan RAM besar, kamu tidak bisa begitu saja membuka banyak aplikasi berat sekaligus.

Kamu harus menjalankan aplikasi sesuai kapasitas RAM yang dimiliki. Sebaiknya, tutup aplikasi yang tidak digunakan agar tidak memberatkan kinerjanya.

3. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Penyebab selanjutnya adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Secara tidak sadar, kondisi tersebut menyebabkan RAM penuh dan kinerja ponsel pun menjadi lambat.

Cara Mengatasi HP Lemot

Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya

via Pixabay

Jika sudah tahu penyebabnya, lanjut ke cara mengatasinya. Berikut beberapa tips untuk mengetasi ponsel android yang lemot.

1. Hindari Menyimpan Terlalu Banyak Data

Cara mengatasi HP lemot pertama adalah dengan memperhatikan penggunaan RAM dan memori. Jika data yang tersimpan sudah banyak, sebaiknya hapus data yang tidak dibutuhkan atau pindahkan ke memori eksternal.

Hapus juga berbagai aplikasi yang tidak digunakan. Terlalu banyak aplikasi akan membuat ponsel mudah ngelag.

2. Clear Cache Secara Berkala

Tips mengatasi HP lemot selanjutnya adalah menghapus cache secara berkala, tiap satu hari sekali. Ini akan meringankan daya ponsel karena banyak data yang ditampung.

Caranya, masuk ke menu setting – apps – all, bersihkan cache pada semua aplikasi.

3. Matikan Animasi di Android

Selain widget, animasi yang bergerak di layar juga cukup menguras RAM ponsel. Sebaiknya, matikan sistem animasi diponselmu untuk menambah kapasitas penyimpanan dan juga RAM.

Selain itu, animasi juga cukup banyak menyedot baterai ponsel. Ia juga tidak begitu penting penggunaanya sehingga bisa dikurangi atau dimatikan untuk mendapatkan performa ponsel yang lancar.

4. Hentikan Aplikasi yang Tidak Terpakai

Aplikasi yang berjalan di latar belakang merupakan penyebab lain HP menjadi lemot. Karena itulah, hentikan aplikasi yang tidak digunakan untuk menambah performa ponsel.

Sejumlah aplikasi memang sudah diatur berada dalam ponsel atau yang disebut aplikasi bawaan. Jika tidak begitu berguna, sebaiknya non-aktifkan saja atau hapus jika memang bisa.

5. Gunakan Custom ROM

Bagi yang belum tahu, custom ROM adalah ROM yang sudah dimodifikasi. Biasanya, ia dibuat oleh developers besar seperti OEM dari vendor ponsel tertentu.

Ada juga yang dibuat oleh developers amatiran jika ROM yang dibuat mengambil dari source OS Android yang dirilis ke publik.

Contohnya saja pada Xiaomi ada MIUI, di OPPO ada ColorOS, semuanya merupakan hasil custom ROM dari modifikasi android murni.

Kelebihan dari menggunakan custom ROM adalah meningkatknya performa ponsel. Itu terjadi karena sistem dibuat dengan beragam teknik Optimized sehingga kinerjanya bisa lebih baik dibandirng stock ROM.

6. Lakukan Factory Reset

Jika semua cara sudah kamu lakukan, tapi ponsel masih sering lemot, factory reset mungkin merupakan jalan terakhir bila kamu tidak ingin membeli ponsel baru.

Dengan cara tersebut, sudah dipastikan ponselmu menjadi ringan karena dikembalikan ke setelah pabrik. Sebelum melakukannya, backup data penting terlebih dahulu karena factory reset akan menghapus semua data yang ada di ponsel.

Penutup

Nah, itulah sejumlah penyebab HP lemot dan cara mengatasinya. Pastikan kamu peka terhadap ponsel yang sedang digunakan.

Jika RAM ponselmu kecil, sebaiknya jangan menginstal terlalu banyak aplikasi agar tidak membebankan kinerja ponsel. Sementara jika ingin membeli HP baru kalian bisa membaca rekomendasinya di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.