Tips dan Cara Mengatasi Handphone Ngelag

1 bulan lalu, by Digitek

Bagaimana tips dan cara mengatasi handphone ngelag? Caranya tidak sulit, kamu hanya perlu mengikuti panduannya di artikel ini.

Jika sudah bertahun-tahun, android akan mengalami performa seperti baterainya yang cepat boros dan kinerja ponsel menjadi lamban.

Tetapi usia bukanlah penyebab utama sebuah ponsel lemot atau ngelag. Kami akan membahas penyebabnya terlebih dahulu sebelum masuk ke tips dan caranya.

Penyebab Handpone Ngelag

Tips dan Cara Mengatasi Handphone Ngelag

via Pixabay

Ada banyak penyebab mengapa sebuah ponsel lemot saat dipakai. Berikut selengkapnya.

1. Kapasitas Penyimpanan

Sejumlah orang mungkin tidak peduli dengan memori penyimpanan dan menjelali ponsel dengan banyak aplikasi.

Padahal, aplikasi-aplikasi yang menumpuk apalagi jarang digunakan akan mengurangi memori penyimpanan. Jika dibiarkan ponsel pun menjadi lemot. Jadi sebaiknya, instal aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja.

2. Terlalu Banyak Data di Memori Internal

Kecepatan memori internal akan menurun seiring banyaknya data yang tersimpan. Mungkin pengguna tidak sadar menyimpan banyak foto, aplikasi, video dan file lainnya yang tidak dibutuhkan.

File tersebut menumpuk selama bertahun-tahun hingga mengakibatkan performa ponsel menjadi lambat. Jika dirasa ponselmu lemot, tidak ada salahnya untuk mencoba bersih-bersih file yang tidak dibutuhkan.

3. Baterai yang Menurun

Kualitas baterai yang menurun juga berdampak pada performa hp menjadi lemot. Untuk itu, jangan sering-sering membiarkan baterai di charge terlalu lama.

4. Update Operasi System (OS) Tidak Sesuai

Rutin melakukan update OS memang peting demi kinerja ponsel yang lebih ngebut. Meski begitu, update OS memakan space di memori internal.

Ini penting untuk dipertimbangkan karena jika memori dan RAM ponsel rendah, HP menjadi lemot jika dipaksa update OS.

5. ROM Kurang Stabil

Tiap smartphone harus punya ROM berbeda. Biasanya saat rilis awal, ROM-nya kurang stabil tapi pasti akan mendapat pembaruan.

Tips dan Cara Mengatasi Handphone Ngelag

Setelah mengetahui penyebab HP ngelag, saatnya masuk ke solusinya. Berikut cara ampuh mengatasi hp lemot di android dengan cepat.

t

via Pixabay

1. Uninstal Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting

Tips dan cara mengatasi handphone lag pertama adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan. Dengan begitu, memori dan RAM ponsel menjadi lebih lega dan nyaman saat digunakan.

2. Update Software

Jika ada notifikasi update software segera lakukan pembaruan. Hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki bug yang dibawa oleh pendahulunya.

Tujuan update sendiri adalah memberikan pengalaman menggunakan ponsel yang lebih baik dari sebelumnya.

Meski tak jarang update malah membuat sistem makin buruk. Tetapi pengembang pasti akan memperbaikinya.

3. Update ROM atau CusROM

Tiap ponsel dibekali dengan sistem yang disebut ROM yang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika dirasa penyebab lag adalah karena masalah ROM, cobalah pasang CusROM di ponselmu. CusROM adalah ROM ponsel yang sudah diperbaiki biasanya dibuat oleh pihak ketiga.

4. Lakukan Tweak

Tweak adalah cara mengatasi handphone ngelag yang sangat ampuh tapi berbahaya. Saat men-tweak sebuah ponsel biasanya akan terjadi bootloop, jadi berhati-hatilah.

Tweak sendiri punya arti mengedit sistem / dalaman android untuk mendapatkan performa ponsel yang lebih baik.

Kamu bisa mengoprek jaringan, ram, baterai dan banyak lagi. Kamu bisa men-tweak secara manual atau dengan aplikasi. Bagi yang awam soal ponsel sebaiknya dengan aplikasi saja.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah ‘L Speed,. Jika ragu, kamu bisa meminta bantuan ke teknisi atau orang yang ahli dibidang ponsel.

5. Reboot

Reboot menjadi cara lain untuk mengatasi ponsel lemot. Jika kamu belum pernah mematikan ponsel selama berbulan-bulan cobalah untuk me-restrart ponselmu.

Menghidupkan hp akan membersikan RAM dan aplikasi yang tidak seharusnya berjalan di latar belakang.

6. Factory Reset

Jika semua cara di atas sudah dilakukan tapi belum berhasil, solusi terakhir adalah dengan factory reset atau mengembalikan ponsel ke settingan pabrik.

Cara tersebut akan membersihkan semua data yang tersimpan dalam ponsel dan menjadikannya seperti baru beli.

Sebelum melakukannya, pastikan untuk membackup data-data penting atau menyimpannya ke memori eksternal.

Penutup

Nah, itulah sejumlah tips dan cara mengatasi handphone ngelag lengkap dengan penyebabnya. Jika sudah menjalankan berbagai tips di atas tapi masih saja lemot, mungkin saatnya untuk ganti hp baru.

Sedang mencari hp gaming murah? Baca rekomendasi HP gaming murah budget 1jutaan. Untuk kebutuhan fotografi baca rekomendasi HP dengan kamera stabilizer terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *