League of Legends Mobile: Tips dan Trik untuk Pemula 2020

2 minggu lalu, by DigiTek ID

Tips dan Trik League of Legends Mobile untuk Pemula

Jangan sembarangan ya! Makin sering main, kamu bakal makin ngerti dan paham kalau League of Legends mobile itu punya banyak spectrum. Nggak cukup kalau cuman prilih hero dan strategi aja.

Serius!

Kita udah buktikan beberapa kali. Ternyata, selain hero dan strategi, kamu juga harus pinter banget ngatur gameplay di stage atau fields. Padahal sekarang ini, League of Legends udah jadi game internasional dan banyak banget kompetisi yang bisa kamu ikutin!

Jadi, kita udah putuskan buat bikin tips dan trik main League of Legends mobile buat pemula biar jadi makin pro.

Nggak sulit kok. Asal kamu ikutin selengkapnya, udah kita jamin kalau skill kamu bakal terus bertambah dan kamu makin pro.

Siap ya? Yuks check it out …

Tips dan Trik League of Legends Mobile untuk Pemula 2020

Sebenarnya, buat jadi player pro atau GG itu nggak butuh banyak step kok. Sedikit step tapi fokus dan berkualitas itu jauh lebih keren dan efektif daripada kebanyakan trik tapi nggak pernah bisa goal.

So, buat kamu yang belum main, langsung aja yuk download League of Legends!

1. Control dan Totem Wards

Tips dan Trik League of Legends Mobile

League of Legends Mobile: Tips dan Trik | Totem Wards

Perlu kamu tau, elemen pertama yang harus kamu kuasai adalah wards. Kalau kamu udah bisa menggunakan wards dengan baik, tentu kamu bakal punya vision dimana spot yang paling penting. Dan faktanya, vision itu kunci victory.

Kenapa? Karena kalau kamu punya vision dan bisa baca pergerakan, tentu permainan bakal kamu kuasai sepenuhnya. Asal kamu tau, League of Legends itu cuman masalah gimana kamu bisa tau dimana posisi musuh.

Nah, dengan begini kamu bisa kill musuh di lane mereka dan menghindari musuh champion nge-kill kamu di lane kamu. Dengan item, kamu bakal dapat beberapa ward gratis.

Pastikan buat taruh wards ini di spot penting dimana musuh kamu bakal datang. Kalau mereka datang, coba pikirkan apakah kamu mampu nge-kill mereka atau nggak.

Kalau emang nggak mampu, retreat aja ke area dekat tower kamu. Soalnya, lebih baik main aman aja daripada hunting bounty dengan banyak kills.

Oh iya, saran kita sih banyakin aja beli Ward Pink ya.

2. Minimal Champion League of Legends Mobile

Tips dan Trik League of Legends Mobile

League of Legends Mobile: Tips dan Trik | Champion

Kamu mungkin udah tau kalau ada 140 lebih champion League of Legends yang bisa kamu pilih. Bahkan per minggu nya pasti ada champion baru. Jadi, possible banget dong kalau kamu bisa kuasai lebih dari 1 champion.

Tapi, champion yang kamu pilih punya chance atau peluang yang berbeda loh buat memenangkan game. Makin keren skill kamu main champion, makin dekat peluang kamu buat dapatkan broze dan silver league.

Nah, di stage ini, kamu masih bisa kill musuh terberat dengan strategi dan skill terbaik kamu. Artinya, kamu harus banyak latihan dengan minimal 2 champion yang udah kamu kuasai.

Jangan lupa juga ya, pastikan build item dengan benar ya. Kalau kamu masih nggak tau banyak tentang item, kamu bisa browsing.

3. First Blood

Tips dan Trik League of Legends Mobile

League of Legends Mobile: Tips dan Trik | First Blood

Ini nih juga nggak kalah penting. Kamu bisa dapat First Blood dengan nge-kill champion musuh. Atau, kamu juga bisa dapatkan First Tower Blood kalau udah menghancurkan tower pertama.

Nah disini nih pentingnya. Waktu first blood atau first tower blood, kamu bakal dapat tambahan gold yang bikin kamu dapat keuntungan di early game. Tapi, tentu ini nggak bakal mudah. Faktanya, mungkin aja dalam league itu ada pemain lain yang udah mendapatkannya.

Kalau kamu berhasil dapat first blood atau first tower blood, cepat-cepat balik ke base ya. Beli beberapa item penting buat support kamu di stage awal ini, kayak Doran’s Blade atau Doran’s Ring juga bisa.

4. Fokus ke Tujuan

Tips dan Trik League of Legends Mobile

League of Legends Mobile: Tips dan Trik | Tower

Nggak bisa dipungkiri deh kalau bisa kill banyak champion itu bikin seneng banget. Nyatanya, banyak banget pemain yang masih melakukannya. Mereka nggak fokus ke tujuan utama, yaitu menang games.

Jadinya, mereka mati gara-gara turret. Kebayang nggak sih. Mereka mau kill musuh, tapi mereka sendiri yang terbunuh.

So, bikin prioritas dulu kalau main ya. Kita sarankan buat kill beberapa elemen ini pertama:

  • Tower
  • Nexus
  • Champion
  • Minion

Ngerti kan kalau Tower dan Nexus jadi prioritas utama kita. Nggak worth banget gitu loh buat mengejar dan nge-kill champion. Jadi, fokus aja semua energi dan waktu kamu buat menghancurkan tower pertama ya.

Nah, makin dekat sama Nexus, makin cepat kamu menang! Serius!

Tapi, bukan berarti kalau kamu nggak boleh nge kill champion sebelum dapatkan tower. Kayak yang kita bilang tadi, kalau kamu bisa bunuh champion, bakal ada bonus uang yang banyak banget. Jadi, kalau emang bisa nge-kill, langsung aja kill champion ya.

Tapi, jangan pernah kejar mereka sampai area yang terlalu jauh. Terutama, jangan kejar mereka kalau sampai dekat sama tower musuh.

5. Minion dan Creep Score League of Legends Mobile

Tips dan Trik League of Legends Mobile

League of Legends Mobile: Tips dan Trik | Minion

Creep Score (CS) itu adalah jumlah minion yang berhasil kamu kill selama game berlangsung. Jadi, tiap minion yang kamu bunuh itu bikin kamu bisa dapatkan beberapa gold. Hampir sebagian besar gold yang kamu kumpulkan itu berasal dari minion kan?

Artinya, kamu juga harus fokus ke kill minion di akhir prioritas. Kalau nggak, sayang banget deh. Padahal dengan gold yang kamu dapatkan itu, kamu bisa beli banyak item keren.

Kalau masih nggak yakin, lihat benchamark ini ya.

  • Jelek banget: 5 Creep Score per menit
  • Lumayan: 7,5 Creep Score per menit
  • Keren abis: 10 Creep Score per menit

Eh tapi banyak gold aja itu masih nggak cukup kan? So, pastikan buat beli item yang emang kamu butuhkan buat champion kamu.

6. Komunikasi

Kalau jaman kita main dulu sih banyak banget pemain yang egois dan nggak mau main kerjasama team atau teamwork. Jadi akhir-akhirnya, kita kalah meski skill dan build item udah beneran keren.

Jadi, pastikan ada satu atau 2 orang yang bisa kamu ajak komunikasi dalam team. Paling enak sih pakai headset.

Asal kamu tau, League of Legends Mobile itu sama kayak Dota dan Mobile Legends. Meski kamu punya banyak pilihan hero Dota 2 yang keren dan punya skin mahal di Mobile Legends, nggak bakal ada artinya kalau timing dan strategi kamu nggak pas.

Jadi, usahakan buat nyusun strategi dan mengarahkan semua damage ke satu jenis champion aja.

Tapi biasanya, ada juga pemain yang komunikasinya enak banget. Cuman mereka nggak tau maksud dan tujuan.

Kalau emang begini keadaannya, kamu bisa main game dengan premade sendirian.

7. Lihat Kompetisi Live League of Legends Mobile

Tips dan Trik League of Legends Mobile

League of Legends Mobile: Tips dan Trik | Statistik

Cuek ke game itu pasti bikin kamu kalah. Jadi, kita sarankan buat selalu lihat statistik game yang kamu ikutin. Kamu bisa melakukannya dengan masuk ke akun dan lihat di LolNexus.

Jadi, ada beberapa info yang bisa kamu dapatkan di tabel ini, contohnya:

  • Berapa kali champion dimainkan
  • Menang dan Kalah di rank
  • Liga dan Divisi
  • Role utama yang dimainkan
  • Tipe Runes yang dipakai

Info tentang apa aja champion serta history menang dan kalah yang udah tercatat disitu, kamu pasti bisa memperkirakan seberapa skill mereka. Jadi, kamu bisa menghindari lawan mereka yang udah pro.

Oh iya, jangan lupa kill semua player yang masih noob atau ratingnya masih jelek ya. Dengan begini, kamu bakal bisa level up gold. Kalau gold level udah naik dan agak tinggi, kamu bisa mulai main sama player pro.

8. Jangan Tilting

League of Legends Mobile: Tips dan Trik

League of Legends Mobile: Tips dan Trik | Tilting

Kebanyakan dan sebagian besar game di League of Legends Mobile itu gampang banget dimenangkan. Soalnya, kebanyakan player itu tilting.

Ngerti nggak artinya tilting?

Tilting itu kamu emosi gara-gara terbawa game. Kamu pasti pernah mengalaminya. Jujur aja deh. Kita juga kok.

Gara-gara tilting ini, kamu hilang kontrol dan bikin musuh tambah gampang buat menang. Biasanya, kamu nekat masuk ke tower demi mengejar champion yang resek, atau bahkan langsung quit game.

Padahal selama pengalaman kita nih, kamu bisa aja menang mudah kalau nggak sampai terbawa tilting itu. Kita menang banyak banget pertandingan gara-gara sabar nge-build champion sama itemnya sekalian.

Waduh kok tips kayak gini lagi sih! Iya jelas dong. Kamu nggak bakal pernah kehilangan tempo bermain kalau nggak sampai tilting. Bahkan, gameplay kamu bakal jauh lebih bagus kalau kamu slow dan enjoy aja.

Kerennya lagi, kamu bisa dapat honor yang lebih banyak kalau tips ini kamu mainkan.

9. Pelajari Player Pro

Kayak yang kita bilang tadi, ada banyak banget game turname yang diadakan dunia khusus buat League of Legends Mobile. Terus, nggak berat kan kalau kamu ikutin beberapa pertandingan pro dan lihat gimana sih para player pro itu main.

Kamu bisa cari player pro di beberapa situs populer kayak Twitch dan YouTube. Terus, lihat video itu sampai abis dan analisa apa yang mereka lakukan buat jadi player pro.

Kalau kamu bosen sama cowok dan butuh yang seger-seger, ada kok gamer cewek Indonesia yang rajin banget streaming dan bagi-bagi tips soal gaming. Kita jamin deh bakal betah banget nontonnya.

10. Karakter Main

Terakhir, kamu harus bisa jadi player yang paling friendly. Bukan berarti kalau kamu harus comment dan ucapkan pujian terus menerus ke teman satu team kamu.

Tapi, lebih pada peran untuk mendamaikan beberapa player yang mungkin sedang panas dan bertengkar. Nah, kalau mereka udah bisa mengumpulkan kills yang banyak, baru bilang pujian ke mereka.

Oh iya, kalau main Bronze dan Silver League terus ada yang nggak ngerti, coba jelaskan ke mereka dengan detail, biar main mereka tambah keren.

Contoh yang sering kita lakukan sama team:

  • Kamu aja yang jaga towernya, aku yang nge-kill musuh
  • Waduh, item kamu salah bro. Ini nih item yang pas buat champion kamu …
  • Kalem aja bro, jangan nge-troll. Kita bakal kalah kalau ada yang trolling ya …

Gimana? Mantaps kan?

Kesimpulan

Meski cuman game, tapi League of Legends mobile juuga buka peluang buat kamu buat berkarir di dunia gaming. Yah, mirip-mirip kayak pemain esport pro Indonesia lah ya.

Mereka bisa dapat banyak banget uang cuman dari kompetisi game di seluruh dunia yang mereka ikuti. Selain itu, ada beberapa cewek yang udah berhasil jadi brand ambassador gaming gear loh!

So, mungkin itu aja ya sharing kita kali ini. Jangan lupa buat ikutin terus cerita kita di Digitek.id!

Kita bakal terus update info per hari mulai dari dunia games, gadget terbaru, film rekomendasi, sampai tips dan trik serta tutorial keren abis khusus buat kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *