Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode Terbaru!

2 tahun lalu, by digitek

Cara mengaktifkan instagram dark mode

Punya HP canggih kok masih kudet sih! Percuma banget dong! Apalagi kalau punya fitur yang bisa buat mengaktifkan Instagram Dark Mode.

Sejak adanya fitur Dark Mode yang dirilis iPhone 13 lalu, semua device kini berlomba-lomba bikin fitur itu. Yang pasti, cuman device atau HP keluaran terbaru yang punya fitur ini.

Ya tau sendiri kan kalau tampilan HP yang terang banget itu bisa bikin mata sakit! Jadi nggak bisa menyalahkan deh kalau banyak orang tua yang komplain terhadap kesehatan mata anak mereka gara-gara main HP.

Selain itu, HP juga penting banget untuk pebisnis terutama mereka yang menjalankan bisnis online. Kehidupan mereka nggak bakal bisa terpisah dari peran HP untuk melancarkan perputaran uang dan bisnis itu.

Nah dengan latar belakang inilah muncul inisiatif untuk membuat user lebih nyaman pakai HP. Akhirnya, iPhone mengawalinya dengan membuat fitur Dark Mode. Bahagianya, fitur ini juga support untuk aplikasi, salah satunya adalah Instagram Dark Mode yang keren abis!

Terus, gimana cara mengaktifkan Instagram Dark Mode di iPhone dan Android ini?

Tenang aja, kita udah merangkumnya khusus buat kamu. Bahkan, nggak cuman di iPhone dan Android aja, kamu juga bisa mengaktifkan fitur keren ini di Chrome loh! So, check it out ya!

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode

Kayak yang kita jelaskan tadi, cara untuk mengaktifkan Instagram Dark Mode ini gampang banget. Tapi, cara ini dikit beda di iPhone dan Android serta di Chrome.

1. Instagram Dark Mode iPhone

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode

Instagram Dark Mode iPhone source The Buzz Paper

Sebelum bisa mengaktifkan fitur Instagram Dark Mode ini, pastikan kalau iOS yang kamu pakai adalah iOS 13 atau diatasnya ya. Kalau versi iOS kamu dibawah itu, coba upgrade dulu ya sistemnya.

Kalau system udah mumpuni, yuk langsung aktifkan Instagram Dark Mode nya!

  1. Pastikan system iOS minimal versi iOS 13
  2. Buka Menu Setting di iOS
  3. Scroll ke bawah sampai ketemu sub menu Display and Brightness
  4. Lihat Menu Light and Dark Mode
  5. Klik menu Dark Mode
  6. Semua system display di iPhone kamu bakal berubah ke Dark Mode
  7. Kamu juga bisa pilih menu Automatic dimana system akan otomatis berubah tampilan Dark Mode dan Light Mode.

Gampang kan?

Jika menu itu masih belum kamu temukan, coba download update terbaru dari system iOS. Tapi kita jamin 100% kalau system udah update saat kamu beli iPhone baru-baru ini.

2. Instagram Dark Mode Android

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode

Instagram Dark Mode Android source Qoura

Sama kayak kasus iPhone di atas. Pastikan untuk mengecek OS kamu sebelum bisa mengaktifkan Instagram Dark Mode ini. Pada dasarnya, fitur Instagram ini cuman bisa kamu akses dengan minimal OS Android 10.

Meski begitu, Android punya limit tertentu yang nggak bisa kayak iOS. Tapi, nggak usah khawatir! Semuanya aman terkendali kok!

Untuk aktifkan Instagram Dark Mode di Android, kamu cukup melakukan beberapa step ini.

  1. Pastikan system OS yang kamu punya sekarang adalah versi OS 10 atau di atasnya. Kalau belum, update dulu ya. Caranya: Klik Menu Setting >> System >> System Update!
  2. Kalau udah OS 10, aktifkan langsung Dark Mode nya ya. Buka Setting > pilih Menu Display > klik Dark Mode.
  3. Selain itu, kamu juga bisa aktifkan Dark Mode ini pakai fitur Battery Saver. Caranya buka Menu Setting > Battery > Battery Saver. Kedua fitur ini, yaitu Battery Saver dan Dark Mode itu saling menyambung. Jadi jika Battery Saver hidup, otomatis Dark Mode juga bakal hidup.
  4. Buka Instagram dan nikmati Dark Mode yang udah aktif itu

Kontroversi dan Feedback User Android

Emang sih nggak bisa disangkal lagi kalau mengaktifkan Instagram Dark Mode ini simple banget. Nggak ada kaitannya dengan aplikasi Instagram itu sendiri. Cuman pakai Seeting smartphone atau HP aja kan ya.

Tapi perlu kamu ingat juga, ada limitasi Android yang jadi halangan. Salah satunya datang dari Google Pixel Phone. Pihak Google sendiri mengaku bahwa ia akan mengembangkan Android versi 10 di tahun 2019.

Artinya, system Android Google Pixel smartphone jadi yang pertama upgrade ke Android 10. Sementara itu, smartphone lainnya bakal tertinggal. Tapi faktanya, brand besar kayak Samsung udah menyusulnya dalam waktu dekat.

Sebelumnya, beberapa aplikasi juga udah punya fitur Dark Mode. Dibuktikan pada awal September 2019 kemarin, Twitter juga udah terintegrasi dengan Dark Mode di iOS 13. Sayangnya, Android emang kalah cepat sedikit aja dari iPhone.

So, kalau kamu adalah salah satu user Android yang beruntung dengan system Android 10 bawaan, jangan tunda lagi buat coba Instagram Dark Mode ya.

3. Instagram Mode Gelap Chrome

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode

Windows 10 Dark Mode source Resellerindo

Kalau bicara tentang Google Chrome, pasti ada banyak device yang kita bahas. Faktanya, Google Chrome sebagai browser paling favorit saat ini. Jadi udah pasti kalau Chrome bakal muncul di PC, Laptop, smartphone, dan Tabs.

  • Windows 10:
    1. Buka Menu Setting > Personalization > Customize > Choose Your Default App Mode
    2. Pilih Dark. Maka semua tampilan Windows akan berubah jadi tampilan gelap
  • MacOS:
    1. Buka System Appearance > klik General > pilih Appearance
    2. Pilih Dark. Otomatis, semua tampilan dalam laptop dan PC kamu bakal berubah ke mode Dark
  • Android:
    1. Buka Chrome > ketik Chrome://flags
    2. Ketik ‘Dark’ > ada pilihan Android web content Dark Mode atau Android Chrome UI Dark Mode. Keterangan: Android web content Dark Mode > mengubah tampilan browser jadi Dark Mode. Android Chrome UI Dark Mode > Mengubah tampilan UI jadi Dark Mode.
    3. Klik Activate
  • iOS atau PadOS
    1. Buka Setting > General > Accessibility > Display Accomodation
    2. Pilih 2 pilihan > Classic Invert atau Smart Invert. Keterangan: Classic Invert untuk mengubah semua tampilan screen. Smart Invert untuk mengubah semua tampilan tanpa pengaruh ke image.

Kesimpulan

Instagram Dark Mode emang cocok banget buat gaya. Apalagi, fungsi utamanya adalah untuk mencegah mata dari radiasi screen putih biasa. Dengan begini, fitur Instagram ini benar-benar pantas dicoba!

Percuma dong kalau udah keren pakai fitur Mode Gelap ini tapi likes nya nggak ada. Cari tau yuk kenapa Instagram kini melakukan uji coba menghapus likes di beberapa akun. Termasuk Indonesia juga kena uji coba Instagram menghapus likes feed ini.

So, kita rasa segini aja ya sharing-sharing kita hari ini. Masih ada banyak banget info yang nggak boleh kamu tinggalkan di Digitek.id, situs paling update tentang dunia Digital dan Teknologi. Ada banyak tips, info, trik, sampai update terbaru dari dunia digital!

Pastikan buat subscribe email newsletter kita ya biar makin update dan nggak ketinggalan info terbaru dari kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *