Tips Dan Cara Ampuh Meningkatkan Jumlah Follower Instagram Secara Alami

3 bulan lalu   |     |   by digitek

Tips meningkatkan jumlah follower Instagram

Menurut data dari Statista.com pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 adalah sekitar 36% dari jumlah total penduduk Indonesia. Kemudian pada tahun 2018 pengguna internet via handphone atau smartphone sekitar 79,7 juta orang. Dengan kata lain Indonesia sangatlah aktif di sosial media. Tentunya Instagram merupakan salah satunya yang paling banyak di akses oleh masyarakat Indonesia.

Sebagai platform yang paling banyak di akses, Instagram tentunya sangat berperan untuk pengembangan bisnis, atau untuk sekedar eksis di dunia internet dan media sosial. Di sini kita akan membahas mengenai cara mendapatkan dan meningkatkan follower Instagram secara alami serta tidak melanggar ketentuan yang dibuat oleh Instagram.

Cara Meningkatkan Jumlah Follower IG

Menurut Reuters, dalam pengguna Instagram share foto dan video lebih dari 95 juta foto. Angka yang sangat fantastis bukan? Hal ini menjadikan Instagram sebagai salah satu tempat yang bisa membuat bisnis kita menjadi berkembang dengan cepat. Potensi menggait pelanggan, teman, dan orang yang memiliki kesamaan hobi melalui Instagram sangat terbuka lebar. Untuk itu meningkatkan jumlah follower terkadang menjadi strategi yang harus anda lakukan.

1. Gunakan Hashtag Atau Tagar Yang Tepat Dan Berhubungan Dengan Profil Instagram Anda

Gunakan hashtag yang tepat dan relevan untuk meningkatkan jumlah follower Instagram

Photo via blogunik.com

Inti dari Instagram dan media sosial lainnya adalah engagement. Apa itu engagement dan kenapa penting? Engagement merupakan tanggapan dari user lain dengan Instagram anda, engagement dalam Instagram ini bisa berupa komentar dan like. Salah satu ini termasuk ke dalam engagement, sehingga anda perlu menargetkan engagement ini, lebih baik keduanya secara bersamaan namun untuk awal dan pemula lebih baik menargetkan like saja atau komentar saja.

Media sosial adalah platform yang digunakan untuk berkomunikasi, untuk itulah kenapa engagement ini sangatlah penting. Jika anda memiliki banyak follower tapi tidak pernah engage dengan anda alias tidak ada interaksi, tentunya feed anda tidak akan terlihat oleh user lain. Tujuan dari penggunaan hashtag ini adalah untuk memperluas jangkauan engage. Pastikan anda mencari hashtag yang ramai sesuai dengan profil yang anda miliki atau postingan yang akan anda post di feed.

2. Cari Postingan Yang Relevan Dengan Anda Kemudian Ikut Berkomentar Atau Like

Mungkin anda tidak pernah berpikir bahwa dengan mengomentari postingan orang lain yang tentunya memiliki tema yang sama dengan kita akan berpengaruh terhadap follower kita bukan? Cara ini terbukti ampuh meningkatkan follower kita dengan alami dan sehat. Dengan cara kita melakukan komentar atau istilahnya kita engage ke postingan sejenis akan menyaring orang – orang yang memiliki minat sama dengan kita.

Sebagai contoh anda memiliki sebuah bisnis kuliner katakanlah jual es kopi, nah anda bisa mengomentari postingan Instagram yang menjual es kopi lain, atau akun jualan thai tea, dan sejenisnya. Tapi ingat jangan terlalu sering mengomentari jika tidak ingin dianggap sebagai spam.

3. Gunakan Filter Yang Menarik di Instagram

Filter foto di Instagram

Photo via enform.com.au

Instagram adalah platform visual yang tentunya keindahan foto akan berpengaruh dengan engagement yang akan anda dapatkan. Semakin foto anda menarik maka semakin anda akan mendapatkan engagement bisa like, komen, dan berakhir dengan bertambahnya follower anda. Beberapa fileter Instagram yang sangat populer digunakan adalah sebagai berikut:

  • Normal (No Filter)
  • Clarendon
  • Juno
  • Lark
  • Ludwig
  • Gingham
  • Valencia
  • X-Pro II
  • Lo-fi
  • Amaro

Menurut studi yang dilakukan oleh TrackMaven, Instagram filter ini sangat mempengaruhi engagement, dan filter yang paling memicu engagement menurut studi tersebut adalah Mayhair, Hefe, dan Ludwig. Tapi beberapa orang percaya bahwa yang paling mempengaruhi engagement adalah keunikan dan juga postingan yang menarik dari sebuah foto di IG.

4. Buat Dan Gunakan Tema Yang Konsisten

Tema instagram dapat membantu meningkatkan jumlah followe Instagram

Photo by instagram.com/meghanrienks

Mungkin anda pernah melihat orang yang memiliki feed Instagram hitam putih saja? Atau pernahkah anda melihat orang dengan feed Instagram yang berisi video pendek ala Instagram? Itulah tujuan dari tema. Dengan menentukan tema kita akan lebih mudah menyaring orang yang tertarik dengan kita sehingga kita bisa lebih mudah untuk mengajak mereka untuk follow Instagram yang kita miliki. Selain itu dengan konsisten dalam menggunakan tema tertentu maka secara tidak langsung akan menunjukkan identitas sebuah akun Instagram sehingga mudah dikenali.

5. Buat Caption Yang Memiliki Story Telling Menarik

Tapi sebelum masuk ke dalam caption, ada baiknya jika foto dan gambar yang anda upload dipastikan menarik terlebih dahulu. Nah, jika dirasa sudah cukup menarik langkah selanjutnya adalah caption. Story telling caption sungguh mempengaruhi orang untuk bisa follow ke akun yang kita miliki. Teknik story telling yang bagus adalah story telling yang memecahkan sebuah masalah, atau mungkin memberikan rasa empati dan simpati. Dengan story telling yang bagus akan mudah untuk mengajak orang menjadi follower kita.

6. Advertising

Khusus untuk anda yang memiliki dana lebih atau modal lebih, silakan untuk melakukan iklan di media sosial. Faktanya, secara alami kita membutuhkan waktu lama untuk meningkatkan follower kita, tidak seperti akun Instagram pada masa – masa tahun – tahun yang lalu dimana kita bisa dengan mudah meningkatkan follower. Sekarang ini Instagram memiliki algoritma yang sedikit lebih susah untuk meningkatkan follower, dan membutuhan usaha yang lebih.

Ada satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan iklan Instagram. Ikaln Instagram ini merupakan iklan media sosial yang sepaket dengan Facebook yang biasa disebut dengan FB Ads. Nah, jika anda beriklan disini dengan benar tentunya akan lebih mudah meningkatkan follower anda dengan mudah.

7. Menjalin Network Dan Kerjasama Dengan Akun Lain Yang Memiliki Follower Banyak

Cara meningkatkan follower Instagram dengan kerjasama dengan akun Instagram lain

Photo via spectator.us

Salah satu cara lainnya adalah dengan menjalin hubungan dengan akun lain. Dengan begitu kita bisa mendapatkan win – win solution yang sama – sama menguntungkan. Biasanya akun lain yang sudah memiliki follower banyak memberikan tarif juga untuk sekedar posting, ataupun mempromosikan akun. Nah, tapi jika anda bisa menjalin hubungan dengan baik mungkin juga anda bisa mendapatkan promosi dengan gratis jika anda menawarkan keuntungan untuk mereka juga bukan?

Menjalin hubugan dengan akun lain merupakan salah satu kesempatan yang harus kita coba sekarang juga.

8. Konsisten Update

Jadwal update juga haru anda perhatikan karena sebagai orang yang ingin menambah follower kita juga harus memiliki konten yang konsisten bukan. Jika anda menginginkan follower banyak tapi jarang update tentu hal tersebut tidak akan bisa terjadi, kecuali jika anda adalah artis maka hal tersebut bisa terjadi. Tapi untuk anda yang bukan artis dan menginginkan follower banyak, jalan satu – satunya adalah konsistensi dalam mengupdate feed secara konsisten.

9. Stories Dan Instagram Live

Meningkatkan follower Instagram dengan Instagram Stories dan Instagram Live

Photo via iclarified.com

Kedua fitur ini juga merupakan salah satu fitur yang sangat berpengaruh di Instagram. Bagi anda yang ingin memberikan lebih banyak engage kepada orang – orang disekitar anda tentunya penggunaan fitur ini akan sangat membantu anda. Instagram Story memiliki fitur engagement yang sangat baik sehingga anda akan terlihat memperhatikan follower secara intens. Sama halnya dengan Instagram live, dengan Instagram live kita juga bisa lebih mudah berkomunikasi dengan para follower dan akhirnya menambah follower karena kita akan menjadi lebih populer di Instagram.

10. Perhatikan Bio Dan Buatlah Bio Lebih Menarik

Meningkatkan follower Instagram dengan bio yang menarik

Photo via oberlo.com

Hal pertama yang dilihat pada akun Instagram adalah feed Instagram, setelah membuat tema menarik seperti pada poin ke 4, tentunya hal kedua yang dilihat di akun Instagram sebelum kita follow adalah Bio. Hal ini merupakan sebuah sifat psikologi manusia dengan rasa keinginan tahuan yang tinggi. Dengan memberikan Bio yang bagus kita akan meningkatkan follower dengan aman. Jadi pastikan untuk membuat Bio yang menarik dan juga unik.

Demikian adalah tips ampuh meningkatkan jumlah follower Instagram secara alami. Ke 10 cara ini jika anda terapkan dengan cermat, anda akan dapat meningkatkan jumlah follower Instagram dengan cara yang aman dan alami, tanpa takut kena hukuman dari Instagram.

Jadi bagaimana menurut anda? Apakah follower akun Instagram kalian stagnan? Coba deh cara ini pasti anda akan mendapatkan tambahan follower dengan cepat, atau anda menemukan cara lain? Share dong cara anda untuk meningkatkan follower akun Instagram di kolom komentar. Silakan share artikel ini jika dirasa bermanfaat agar teman – teman anda juga bisa membacanya ya? Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *