Kabar Gembira, Google Bakal Hadirkan Game Android di Windows

By Digitek

Google berencana untuk membawa game Android ke PC Windows tahun depan. Aplikasi Google Play Game akan tersedia pada tahun 2022, dibuat oleh Google untuk memungkinkan game dari Google Play dimainkan di laptop, tablet, dan PC Windows.

Salah satu nilai jual besar untuk Windows 11 saat pertama kali diumumkan adalah support menjalankan aplikasi Android.

Tetapi tidak untuk semua pengguna, hanya Windows Insiders yang saat ini memiliki akses ke fitur tersebut.

Microsoft juga sudah bermitra dengan Appstore Amazon, yang membatasi jumlah pilihan. Sementara Google Play menawarkan lebih dari 2,5 juta aplikasi, alternatif Amazon hanya menyediakan lebih dari 450.000.

Sekarang Google mengambil langkah sendiri untuk berekspansi lebih luas lagi. Di The Game Awards kemarin, perusahaan mengungkapkan bahwa mereka akan membawa aplikasi Play Games desktop ke Windows.

Bukan hanya Windows 11, Google mengatakan aplikasi akan datang ke Windows 10, yang mungkin membuat kesal Microsoft.

Mengingat perusahaan tampaknya menggunakan emulator Android sebagai insentif besar dalam mendorong pengguna untuk upgrade ke Windows 11. Kalian pun tidak perlu menggunakan emulator tambahan jika ingin memainkan game android di Windows.

Mendukung Fitur Cross-Platform

Kabar Gembira, Google Bakal Hadirkan Game Android di Windows

via windows11

Di Android, Play Game adalah istilah umum Google untuk berbagai layanan terkait game termasuk sinkronisasi data, plugin sosmed, pencapaian, dan leaderboards. Menurut data perusahaan, layanan yang digunakan oleh 2,5 miliar orang setiap bulan.

Nampaknya, Windows akan melangkah lebih jauh dengan menghadirkan fitur yang mendukung aplikasi android dijalankan di PC.

Perusahaan berjanji bahwa pengguna bisa beralih antar perangkat dengan smooth. Nantinya, mereka bisa menggunakan opsi sinkronisasi cloud progress dari Android ke Windows dan sebaliknya.

Mulai tahun 2022, pemain akan dapat merasakan game Google Play favorit mereka di lebih banyak perangkat: beralih dengan mulus antara ponsel, tablet, Chromebook, dan PC Windows,” ucap direktur produk game Google untuk Android dan Google Play, Greg Hartrell kepada The Verge.

Google menjelaskan bahwa mereka telah membangun aplikasi sendiri tanpa bermitra dengan Microsoft. Selain tiba pada tahun 2022, Google belum mengungkapkan banyak detail, salah satunya apakah itu akan terbatas pada game atau juga aplikasi lainnya.

Detail tentang rencana Google untuk aplikasi Android di Windows pertama kali muncul dalam dokumen dari uji coba Epic v. Apple awal tahun 2021.

Tertanggal Oktober 2020, dokumen setebal 70 halaman itu menggambarkan upaya ambisius untuk menghadirkan game Android di Mac dan PC Windows. Dokumen tersebut mengungkapkan bahwa Google pertama-tama akan membawa “emulated, native dan game streaming” ke Windows, dan sepertinya rencana mereka dimulai pada 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.