15 Game Android Terbaik dan Terlaris 2021

2 bulan lalu, by Digitek

Jika mencari rekomendasi game android terbaik, kamu datang ke tempat yang tepat. Kali ini, Digitek akan membagikan daftar game android terbaik dan terlaris 2021.

Mobile game nampaknya terus bertambah dan makin eksis tiap tahunnya. Kami melihat banyak sekali game ponsel baru yang dirilis, terutama game berbasis gacha seperti Blue Archive, Wild Hunter Goddes, dan banyak lagi.

Di tahun 2021, ada beberapa game populer yang punya basis penggemar banyak. Popularitasnya juga didukung oleh turnamen esport rutin yang digelar tiap musim.

Game Android Terbaik dan Terlaris 2021

Ada sejumlah game seluler mengesankan yang menarik untuk dimankan. Beberapa di antaranya bahkan bersaing dengan game konsol dan PC atau juga tersedia di PC dan konsol bersama dengan seluler (crossplay). Apa saja? berikut daftarnya.

1. Mobile Legends : Bang-Bang

Game android terbaik dan terlaris 2021 di peringkat pertama adalah Mobile Legends. Di tahun ini, Game tersebut mendapat predikat sebagai game terpopuler di Asia Tenggara oleh Esports Charts.

Dari data mereka, game besutan Moonton tersebut menempati peringkat pertama diantara game-game mobile esports lainnya.

Indonesia juga tercatat memberikan kontribusi terbesar pada total waktu tontonan dalam turnamen Mobile Legends. Kepopuleran game ini tidak pernah habis karena didukung turnamen nasional hingga dunia yang rutin digelar.

Pada turnamen tingkat Asia Tenggara tahun ini, tim wakil Indonesia yakni Onic Esports keluar sebagai juara baru. Sebelumnya, mereka juga mendapat gelar juara di turnamen nasional MPL ID Season 8.

2. Higgs Domino Island-Gaple QiuQiu Poker Game Online

15 Game Android Terbaik dan Terlaris 2021

via Play Store

Di peringkat kedua game terlaris ada Higgs Domino Island yang merupakan permainan domino yang berciri khas lokal Indonesia.

Ia adalah game online yang unik dan menyenangkan. File-nya yang kecil membuat Higgs Domino Island mendukung dijalankan pada ponsel spesifikasi rendah sekalipun.

Berbeda dengan game war seperti Mobile Legends, game ini tidak mengharuskanmu menyusun strategi melawan musuh. Melainkan mengasah cara perfikir dan hoki kalian.

Game tidak hanya menyediakan domino, tetapi juga ada pilihan kartu lainnya seperti gaple, qiuqiu, remi, poker, dan lainnya.

Mode gaple yang tersedia yakni mode kamar biasa dan bet. Sementara yang paling populer adalah jenis QiuQiu sebagai ikon game. Permainan pokenya juga cukup lengkap mulai dari texas, kartu remi dan capsa susun.

3. Garena Free Fire

Garena Freee Fire menjadi game android terbaik dan terlaris 2021 berikutnya. Seperti halnya MLBB, FF juga populer berkat turnamen yang rutin digelar tiap tahunnya. Pada event Esports Awards 2021, Free Fire berhasil mendapat penghargaan Mobile Game of The Year.

Dalam game ini, kamu diberikan waktu 10 menit untuk ditempatkan di pulau terpencil, kemudian harus bertarung melawan 49 pemain lainnya.

Sebelum bertarung, kamu bebas memilih posisi untuk memulai permainan. Pemilihan posisi haruslah tepat agar karakter bisa bertahan hidup lebih lama.

Terdapat banyak karakter dengan skill khusus yang bisa dipilih. Ada juga varian senjata, skin, pet, senjata dan kendaraan yang bisa kamu pilih dengan bebas.

Garena Free Fire juga makin digemari karena seringkali menggelar kolaborasi atau crosscover untuk memanjakan para fansnya.

Collab FF sangat beragam. Selain antar game, mereka juga melakukan kolaborasi dengan artis, atlet olahraga populer seperti CR7, animasi, hingga serial drama.

4. PUBG MOBILE

PlayerUnknown’s Battlegrounds atau PUBG merupakan game battle royale terlaris di Indonesia lainnya. Di game, kamu harus bertahan hidup dan menjadi yang terakhir bertahan dengan melawan 99 pemain lainnya.

Game menawarkan beberapa mode mulai dari payload, fastpaced 4v4 team deathmatch dan zombie. PUBG juga merupakan game esports seperti halnya FF dan MLBB yang rutin menggelar turnamen.

Indonesia sendiri punya tim PUBG yang sempat menjadi tim terbaik di dunia yakni Bigetron Red Aliens. Mereka pernah menyabet juara nasional, Asia Tenggara hingga dunia yakni pada turnamen PUBG Mobile World League (PMWL) East Season Zero.

Game ini juga sempat didapuk sebagai game moba terlaris di seluruh dunia pada rentang bulan Januari – September 2021.

5. Genshin Impact

Genshin Impact adalah game RPG aksi dengan mekanisme gacha. Gim mendapat banyak ulasan positif karena visualnya yang mengesankan dan gameplay yang luar biasa.

Game memiliki sistem party dan kamu bisa men-summon karakter baru melalui sistem gacha yang mirip dengan gacha pada game lainnya.

Namun, elemen visual, mekanika gameplay, dan dunia yang sepenuhnya terbuka (lengkap dengan glider) membuat gim ini terasa jauh lebih menarik daripada kebanyakan genre lainnya.

Game juga sempat menempati posisi pertama charts SensorTower September 2021 sebagai game mobile terlaris dengan pendapatan IDR 4,8 triliun. Sangat fantastis, mengingat game baru dirilis November 2020.

Game bersifat crossplay, kamu bisa memainkannya di ponsel android dan iOS, PlayStation, PC Windows, hingga Nintendo Switch.

Tapi sayang, hanya perangkat spesifikasi kelas atas saja yang bisa memainkan game wibu satu ini. Baca : spesifikasi main Genshin Impact. Wajar saja, karena grafisnya yang sangat HD dengan dunia open world yang terus mendapat update rutin.

6. Seven Knights 2

Seven Kinghts 2 merupakan game yang baru rilis tahun ini tapi sudah menempati peringkat kedua dalam daftar game terlaris November 2021.

Hal utama yang menjadi keunggulan game ini adalah tampilan grafisnya yang sangat tajam. Dunia yang dihadirkan dalam game benar-benar indah.

Karakternya juga tampak hebat, dengan desain ala JRPG yang unik namun menawan. Game juga sepenuhnya diisi suara, dengan rekan satu tim bisa saling mengobrol.

Game mengikuti kisah Lene, putri komandan, dan kelompok teman-temannya saat mereka berusaha menyelamatkan rumah dari Power of Destruction yang mengancam untuk menghancurkan dunia mereka.

Sepanjang jalan, kamu akan bertemu banyak karakter yang menarik, dari Yeonhee hingga Phiné anak yang misterius dan kuat.

7. Roblox

Nama Roblox mungkin tidak begitu populer dibanding Minecraft. Tapi, menurut data Similarweb, game ini menempati urutan ke-8 di Play Store.

Di game sanbox ini, pemain bisa membangun game dan virtualnya sendiri. Kamu bisa membuat game menggunakan development tools yang ada atau yang diciptakan oleh pemain lain.

Di game ini, kamu bisa berkreasi, berimajinasi sekaligus berusaha. Ya, kamu bisa mendapat gaji bulanan dengan membangun game di roblox. Mau tahu caranya? Baca di sini.

Terdapat lebih dari 40juta game yang tersedia yang dibangun dengan program desain yang disebut Roblox studio.

Game juga bisa disesuaikan dengan gender, hobi dan usia pengguna yang ditargetkan. Misalnya Work at a Pizza Place memungkinkan pemain mengelola restoran pizza.

Atau game role-playing Jailbreak yang menjadikan pemain sebagai polisi atau penjahat, dan masih banyak lagi.

8. Ragnarok X: Next Generation

Ragnarok X : Next Generation sangat asyik dimiainkan bagi kalian yang sudah pernah memainkan seri game sebelumnya ataupun belum.

Di game ini, kamu akan diajak berpetualang di dunia terbuka Benua Midgard. Ragnarok X mengikuti kisah setelah Ragnarok, dimana pemain sebagai garis keturunan Odin harus mengumpulkan Fragment of Ymir’s Heart.

Permainan semakin seru karena sepanjang berpetualang kamu bakal menemukan berbagai keajaiban di dunia Ragnarox.

Pemain bisa memilih 6 Jobs Klasik mulai dari Swordsman, Acolyte, Mage, Archer, Thief, dan juga Merchant dengan keunikan masing-masing.

Nantinya, job tersebut akan membuka dua jobs lanjutan yang bisa kamu pilih. Ada juga fitur trascendent yang membuat karaktermu mendapatkan versi lebih kuat dari job yang dipilih.

9. Wild Hunter: Goddess

15 Game Android Terbaik dan Terlaris 2021

via Wild Hunter Goddess

Wild Hunter Goddess adalah game idle MMORPG dnegan grafik 3D Next-gen dimana kamu diajak memecahkan misteri yang ada di dunia fantasi.

Keunikan game ini adalah pengaruh pemain sangat mutlak terhadap perkembangan karakter. Misalnya, jika kamu ingin menjadi boss, kamu bisa memilih boss tersebut dan menantang mereka. jika menang, kamu berhak menjadi boss.

Ada beberapa bos yang bisa kamu lawan, mulai dari Lucifer, Shadow Queen, hingga Flaming Wolfking. Selain mode PvE, game junga menghadirkan fitur PvP dimana kamu bisa bertarung melawan pemain lain.

10. Rise of Kingdoms: Lost Crusade

Rise of Kingdoms: Lost Crusade adalah game strategi dan pertahanan real-time seperti halnya Clash of Clans.

Game android terbaik dan terlaris 2021 ini didukung dengan grafis memukau yang memanjakan mata. Tapi jangan salah, ukuran file-nya sangat ringan, lancar dimainkan di hp kentang sekalipun.

Keunggulan game ini adalah ia hadir dengan sistem item boost time. Dengan begitu, kamu tidak perlu buang-buang waktu untuk menunggu proses. Pemain bisa menyelesaikannya dengan instan hanya dengan mengerjakan quest simple.

11. State of Survival: The Zombie Apocalypse

State of Survival : The Zombie Apocalypse merupakan game bertema zombie besutan KingsGroup Holdings yang rilis 2019 silam.

Jika kebanyakan game zombie dikemas sebagai game shooter, State of Survival menghadirkan pengalaman bermain dalam bentuk strategi.

Nantinya, pemain akan ditugaskan menjaga kelangsungan hidup karakter sendiri dan satu tim. Sebagai game strategi, kamu akan menemukan sistem upgrade untuk menaikkan kemampuan karakter dan pemukiman yang dikelola.

Kamu juga tetap bisa merasakan ketegangan tembak-menembak dengan zombie pada mode Jejak Eksplorer.

12. Call of Duty: Mobile

Call of Duty: Mobile game FPS lainnya yang populer dan punya basis pemain yang terus meningkat tiap tahunnya.

Game memiliki mode PvP online FPS normal dan juga mode battle royale 100 pemain. Itu jauh lebih banyak dibanding game battle royale seperti PUBG Mobile, Critical Ops atau Modern Combat.

Ada banyak hal menarik untuk dilakukan dalam game. Call of Duty adalah game gratis, tetapi menawarkan pembelian dalam game seperti game online lainnya.

13. Legends of Runeterra

Legends of Runeterra adalah salah satu game Android terbaik di tahun 2021. Ini hadir dengan gameplay battle online yang serupa dengan game seperti Hearthstone.

Pemain nantinya diharuskan mengumpulkan kartu dan hero, lalu membangun dek dari kartu dan hero tersebut.

Nantinya kamu bisaa battle dengan lawan random secara online. Game menghadirkan lebih dari 24 champions, banyak kartu, dan kamu juga bisa mengundang teman untuk berduel denganmu. Kamu bisa menemukan lebih banyak permainan duel kartu hebat di sini.

14. Sky: Children of Light

Sky: Children of Light adalah game adventure luar biasa yang memulai debutnya sejak 2021. Game menampilkan tujuh dunia untuk kamu jelajahi.

Ada juga penyesuaian karakter agar terlihat seperti yang kamu inginkan, grafik yang luar biasa, dan menghadirkan pengalaman sosial paling yang tidak ada di game manapun.

Kamu bisa berinteraksi dengan pemain dalam game tanpa obrolan suara atau teks (meskipun obrolan teks tersedia).

Pemain lain bisa kamu ajak kemanapun kamu pergi dengan menggandeng mereka dan membawanya berpetualang bersama.

Itu sangatlah menarik seperti di dunia nyata. Ada banyak game adventure yang hebat di luar sana, tetapi Sky: Children of Light menawarkan sesuatu yang berbeda.

15. Pokemon Go

Pokemon GO merambah ke kancah game seluler pada Juli 2016 dan segera menjadi salah satu game Android terbaik yang pernah ada.

Ia adalah game augmented reality yang mirip dengan Ingress di mana kamu berjalan di sekitar dunia nyata, menangkap Pokemon, menyelesaikan misi sederhana, bertempur untuk Gym, dan menekan Pokestop untuk mengisi kembali item.

Game juga sehat, karena kamu akan diajak berjalan-jalan untuk menangkap pokemon atau bertarung dengan pokemon lainnya.

Sekarang, game sudah banyak mendapat pembaruan dengan fitur-fitur baru. Beberapa diantaranya termasuk mode kamera AR, Pokemon baru, dan banyak lagi.

Penutup

Nah, itulah sejumlah game android terbaik dan terlaris 2021. Game manakah yang menjadi favoritmu  atau tertarik untuk kamu mainkan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *