10 Film Superhero MCU Terkeren dan Tergokil Sejauh Ini

2 minggu lalu, by digitek

The Avengers

Mengatakan film superhero MCU terkeren apalagi, tergokil, bukanlah suatu hal yang mengherankan.

Pasalnya semenjak jalinan rana sinematik superhero Marvel ini diperkenalkan di tahun 2008, MCU selalu menuai kesuksesan keren baik secara kritikan maupun box-office.

Kesuksesan tersebut tentunya dikarenakan kualitas film superhero mereka yang secara konsisten terus mengagumkan. Nah sejauh ini, MCU sudah merilis 23 film superhero. Dan memang sangat sulit untuk mensortirnya lagi menjadi 10 film saja.

Hal ini sekali lagi dikarenakan semua 23 filmnya keren semua. Namun setelah melalui proses pendataan yang intens, berikut adalah 10 film superhero MCU terkeren dan tergokil versi Tim Digitek.

10. Doctor Strange (2016)

Film superhero MCU terkeren dan tegokil yang pertama adalah superhero mistis berjulukan Sorcerer Supreme ini.

Dan kalau mau berkata jujur banget, rasanya banyak dari kita kala itu yang merasa skeptis ketika film ini diumumkan. Karena selain masih banyak non-fans yang belum familiar dengan sosok bernama asli Stephen Strange, juga karena temanya yang notabene berbau sihir / mistis.

Pasalnya (tidak menghitung Harry Potter atau film berbau drama sihir lainnya), rata-rata audiens kalau kami lihat, tidak begitu tertarik terhadap kisah superhero yang berkekuatan / berbau sihir. Sehingga sekali lagi, tidak heran jika awalnya banyak yang skeptis.

Tapi ketika akhirnya dirilis, semua rasa skeptis tersebut berganti decak kagum dan pujian tanpa henti. Doctor Strange sama seperti film Iron Man atau Thor atau film-film asal-usul superhero MCU lainnya, sangat fun dari awal sampai akhir.

Dan aspek keren lainnya adalah melalui film inilah, kita untuk pertama kalinya bisa melihat ragam universe Marvel versi MCU.

9. Captain America: Civil War (2016)

Film MCU terkeren dan tergokil selanjutnya adalah film Captain America (Chris Evans) ketiga ini. Bahkan bisa kita katakan juga film ini adalah “Avengers 2.5”.

Selain karena faktor banyaknya superhero MCU yang tampil dan tentunya debut MCU Spider-Man (Tom Holland), faktor utama lainnya juga dikarenakan plot-nya yang mengadaptasi storyline komik Civil War karya Mark Millar yang dipublikasikan dari Juli 2006 hingga Januari 2007.

Fans yang sudah membaca komiknya, sangat penasaran apakah MCU bisa mengadaptasinya sekeren seperti ketika mereka membaca komiknya dulu. Pada akhirnya walau terdapat beberapa modifikasi signifikan (peran Spider-Man hanya numpang lewat saja), Captain America: Civil War tetaplah memuaskan.

Pertarungan final di bandara udara atau yang dikenal juga dengan nama airport scene, tak memungkiri merupakan salah satu adegan pertarungan final terkeren di genre film superhero sejauh ini.

8. Black Panther (2018)

Walau kini filmnya terlihat sangat keren bahkan, dianggap revolusioner, namun ketika proyek Black Panther diumumkan, adalah rasa was-was yang dirasakan banyak audiens / fans.

Karena seperti kita tahu di Hollywood film yang berfokus pada POC (people of color) masih sangat sensitif alias, diskriminasi ras-nya masih tinggi banget terlepas, Black Panther adalah film superhero.

Namun ketika akhirnya film arahan Ryan Coogler (Creed) ini rilis, seluruh audiens dan fans langsung berbalik 180 derajat memuja Black Panther. Tidak ada sindiran atau bahkan hinaan bernada SARA sama sekali.

Semua memuja banget naskah kisah filmnya yang sangat asyik dan juga performa seluruh aktornya terutama (alm) Chadwick Boseman sebagai T’Chall aka Black Panther.

7. Captain America: The First Avenger (2011)

Ketika mendengar proyek film ini, kami merasa sangat penasaran dan tertarik untuk menyaksikan kisah asal-usul Steve Rogers ini.

Selain memang belum pernah ditampilkan secara pas di layar lebar, juga kami penasaran banget dengan tampilan sekaligus rasa dekade 40an yang akan disuguhkan di filmnya. Dan betapa takjubunya kami ketika akhirnya menyaksikan filmnya.

Marvel sukses membuat kita serasa seperti berada di dekade 40an yang ditampilkan. Bahkan membuat kita ingin memiliki mesin waktu sendiri sehingga, bisa balik kapan saja ke dekade vintage yang super keren dan influensial ini.

Dan tentunya aspek menakjubkan lainnya adalah performa Evan sebagai si kapten superhero-nya. Siapa sangka sosok yang dulunya lebih dikenal memerankan Johnny Storm aka Human Torch di film Fantatsic 4 (2005) dan beberapa film rom-com, bisa berubah menjadi sosok karakter superhero yang sangat berwibawa.

6. Guardians of the Galaxy (2014)

Hampir serupa dengan Doctor Strange, banyak awam (dan beberapa fans Marvel) yang skeptis ketika mendengar proyek ini diumumkan. Karena tim superhero galaksi ini memang masih super awam bagi non pembaca komik kala itu.

Sudah begitu, nama dan sosok sutradara James Gunn sendiri, juga belum besar-besar banget namanya. Ia kala itu hanya dikenal sebagai penulis naskah film-film cult hit seperti: Dawn of the Dead (2004) dan 2 adaptasi live-action, Scooby-Doo.

Sedangkan untuk kredit penyutradaraan, kala itu ia baru menyutradarai 2 film: Slither (2006) dan Super (2010). Namun ketika akhirnya GOTG rilis, betapa takjubnya kita. Filmnya benar-benar sangat asyik dan memiliki attitude Rock N’ Roll yang sangat tinggi.

Dan ngomong-ngomong Rock N’ Roll, seluruh soundtrack di filmnya ini terasa pas dengan nuansa filmnya dan membuat kita mengangguk-anggukan asyik kepala kita tiada henti.

5. The Avengers (2012)

Bahkan seluruh aktor yang terlibat dalam proyek cross-over superhero termegah pertama ini, awalnya juga skeptis dengan kesuksesan filmnya.

Dan tak heran. Karena film yang biasanya menampilkan konsep cross-over karakter-karakter ternama, berpotensi saling timpang tindih dan akhirnya, membuat filmnya menjadi kacau (messy).

Namun kekhawatiran tersebut terhapuskan ketika film ini rilis. Melalui kejeniusan pengarahan Joss Whedon, ia sukses menerapkan ciri khas pembagian jatah layar (screen time) nya yang ikonik itu. Sehingga masing-masing karakternya mendapatkan momen kerennya tanpa terasa dipaksakan sama sekali.

4. Avengers: Endgame (2019)

Sejauh ini rasanya hanya beberapa film penutup besar dari sebuah seri, franchise atau fase film yang benar-benar keren dan memuaskan. Star Wars: Return of the Jedi (1983) dan The Lord of the Rings: The Return of the King (2003) adalah 2 contoh sempurnanya.

Nah menambah di dalam contoh tersebut adalah sekuel Avengers: Infinity War ini. Peratrungan seluruh superhero MCU dengan si villain botak ungu, Thanos (Josh Brolin) di akhir filmnya, merupakan pertarungan yang skal epiknya setara dengan Darth Vader VS Luke Skywalker atau geng Gandalf VS geng Sauron.

3. Capatain America: The Winter Soldier (2014)

Beberapa memang ada yang tidak suka dengan sekuel Captain America: The First Avenger ini. Alasannya terlalu “banyak omong” dan tema politiknya yang terasa berat bagi sebuah film superhero.

Tapi menurut kami, justru itulah yang membuat The Winter Soldier bersinar. Semua aspek kisah di filmnya terlihat dan terasa jauh lebih realistis. Spionase, pengkhianatan (orang dalam), ini semua memang ada bukan di dunia nyata?

2. Avengers: Infinity War (2018)

Pada awalnya, banyak dari kita yang menganggap kalau film pertama dari keseluruhan final 3 fase MCU ini akan seperti film-film MCU selanjutnya. Namun betapa salahnya kita ketika jentikan (snap) jari itu dilakukan oleh Thanos di akhir filmnya.

Ketika dijentikkan, kita merasa terkejut dan bahkan semi depresif menyaksikan beberapa karakter MCU favorit kita binasa dari keeksistensian. Alhasil, ketika akhirnya melangkahkan kaki keluar dari bioskop, kitapun juga keluar dengan sangat kedua kaki yang lemah pula.

Momen final film ini, adalah pertama kalinya film MCU berakhir dengan tone yang sangat kelam (dark).

1. Iron Man (2008)

Dan inilah film superhero MCU yang terkeren dan tergokil sejauh ini. Bukan hanya karena film yang memulai seluruh MCU nya saja, namun film ini terlihat sangat relevan dan simpatetik terhadap kita sebagai audiens.

Spesifiknya, Tony Stark aka Iron Man (Robert Downey Jr.) bukanlah sosok pahlawan berkekuatan super dari lahir. Ia adalah sosok orang biasa yang menjadi superhero karena cerdas dan super tajir. Ya 11-12 dengan Bruce Wayne aka Batman.

Sehingga dengan latar tersebut, tak ayal seperti yang kita lihat di filmnya ini, ia beberapa kali mengalami trial & error ketika merancang baju besi supernya. Juga ia bisa banget dikalahkan oleh villain utama, Obadiah Stan aka Iron Monger (Jeff Bridges) yang jauh lebih cerdas dari Stark.

Dan juga Stark sebagai manusia biasa juga banyak kesalahannya. Nah sekali lagi dengan seluruh ke-relevansiannya ini, membuat kita sebagai audiens juga turut simpatetik dan relatable terhadapnya. Nah dampak (impact) inilah yang akhirnya membuat Iron Man, film terkeren MCU sepanjang masa.

Dari 10 film superhero MCU terkeren ini, yang manakah yang kalian sukai?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *