15 Film Motivasi Hidup Yang Inspiratif

By Digitek

Corona telah mengunci kehidupan karena harus beraktivitas di rumah saja. Kita pasti bosan, karena kita tidak tahu bagaimana menghabiskan waktu. Nah, film motivasi hidup yang inspiratif ini bisa kamu tonton untuk mengisi waktu luang.

Semua film di bawah ini akan menjauhkanmu dari energi negatif yang ada akibat penyakit pandemi ini. Sejumlah orang mungkin tertekan secara mental karena dipaksa harus di rumah sepanjang hari.

Untuk mengatasi stres, libatkan pikiranmu dalam aktivitas yang menumbuhkan perasaan mempelajari sesuatu yang baru dalam hidup. Salah satu cara terbaik adalah dengan menonton film inspiratif.

15 Film Motivasi Hidup yang Inspiratif

Sejumlah film motivasi hidup yang inspiratif ini akan merecharge semangat hidupmu di tengah pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir. Berikut daftarnya.

1. 3 Idiots

3 Idiots adalah film motivasi inspiratif dan terbaik yang menceritakan tiga mahasiswa di perguruan tinggi teknik ternama.

Alur cerita mencakup fase bahagia dari mereka bertiga dan, bagaimana mereka menemukan tujuan masing-masing dalam hidup. Kemudian, mereka bekerja keras untuk mencapainya setelah melalui begitu banyak masa sulit.

Selain sukses, film ini adalah penghilang stres yang hebat bagi orang-orang yang bekerja keras untuk mencapai hal-hal besar dalam hidup.

Mantra terbaik dalam hidup adalah “all is well” yang akan membuat segala sesuatunya jatuh pada tempatnya secara otomatis.

Film ini menyampaikan pesan positif seperti “temukan semangat hidup dan kesuksesan akan mengikutimu”.

Alih-alih mengejar nilai yang hanya berupa angka, menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman penting dalam hidup agar bahagia.

2. Pursuit of Happyness

Pursuit of Happyness merupakan film motivasi hidup yang inspiratif terbaik yang pernah ada. Film diangkat berdasar kisah nyata Chris Garden, single parent yang berjuang menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk dirinya dan anak semata wayangnya, Christopher.

Chris berjuang melawan masa-masa krisisnya saat mencoba menyelesaikan magang di perusahaan pialang saham. Untuk mencukupi kebutuhannya, ia juga menjual pemindai medis, tapi permintaanya sangatlah rendah.

Secara keseluruhan, The Pursuit of Happyness merupakan film yang sangat bagus dalam hal inspirasi dan jika kamu masih belum menontonnya, tontonlah sekarang.

3. Never Back Down

Never Back Down adalah salah satu film inspirasional terbaik bisa kamu tonton setiap kali merasa bosan, atau mencari motivasi.

Film menceritakan tentang seorang remaja, Jake Tyler, yang merasa bertanggung jawab atas kematian ayahnya karena mengemudi dalam keadaan mabuk. Saudaranya Charlie mendapat beasiswa tenis di Orlando, yang kemudian mereka pindahkan.

Berjuang untuk mengatasi kemarahan dan emosinya, Tyler terpancing ke pertarungan MMA dengan salah satu pria dari sekolah barunya, di mana dia akhirnya ditendang.

Film ini dikemas dengan motivasi ketika Tyler bergabung dengan gym. Saat ia belajar dari salah satu pejuang seni bela diri campuran terbaik untuk mengatasi emosinya dan memperbaiki dirinya baik secara mental maupun fisik.

4. Forrest Gump

Forrest Gump adalah yang sempat sukses secara komersial dan menjadi film terlaris di Amerika Utara pada tahun perilisannya.

Film menceritakan tentang seorang pria bernama Forrest Gump dengan IQ 75 yang perjalanan hidupnya sangatlah epik. Ia bertemu dengan tokoh-tokoh bersejarah, mempengaruhi budaya pop dan bahkan terlibat dalam peristiwa sejarah tanpa disadari.

Forrest sering diejek oleh kawan-kawannya karena bodoh dan keterbatasan fisiknya. Tapi, di balik kekurangannya itu, ia punya kemampuan lari yang cepat.

Saat lulus kuliah, ia mendaftar ke militer dan dikirim ke Vietnam. Di sana, ia bertemu dengan Bubba yang meyakinkan Forrest untuk terlibat dalam bisnis udang setelah perang usai.

Dalam peperangan, Forest juga menjadi penyelamat banyak tentara yang luka karena kemampuan lari cepatnya. Ia bahkan menyelamatkan komandannya yang membuatnya mendapatkan Medali Kehormatan Kongres.

Suatu ketika, ia menemukan kemampuan terpendamnya di pingpong. Ia pun menjadi atlet tenis meja berbakat dan membawa negaranya ke ajang internasoional.

5. Shawshank Redemption

Berkat alur ceritanya yang memukau, film ini beberapa kali berada di peringkat 1 IMDd dengan skor 9.3. Berlatar tahun 1940an, Shawshank Redemtion menceritakan tentang kisah Andy Dufresne yang menjadi terdakwa karena kasus pembunuhan istrinya.

Padahal, bukan dia yang membunuh istrinya tersebut. Akibatnya, Andy harus dipenjara selama 20 tahun. Awalnya, ia tidak pernah berkomunikasi dengan tahanan di penjara.

Beberapa kali, Andy dianiyaya oleh tahanan lain dan geng tahanan yang bernama “The Sisters”. Ia mulai kesal hingga merencakanan sesuatu dan meminta beberapa barang pada penjaha tahanan.

Suatu ketika, Andy ditugaskan di perpustakaan penjara. Tugasnya tersebut membawanya ke pekerjaan yang ia tidak bayangkan dalam semua penjara.

6. A Beautiful Mind

A Beautiful Mind merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata peraih nobel bidang ekonomi yakni John Forbes Nash Jr.

Ia berkontribusi besar pada teori permainan, geometri diferensial dan ilmu tentang persamaan diferensial parsial.

Tetapi sayang, di usianya yang ke 31, ia menderita skizofrenia paranoid yang mengharuskannya dirawat di rumah sakit jiwa. Perjuangan dan kisah inspiratif itulah yang diangkat menjadi film.

7. Get Rich or Die Tryin

Film ini menunjukkan kehidupan inspirasional 50 Cent, rapper dan pengusaha terkenal. Ibu 50 Cent dibunuh ketika dia masih kecil, dan dia tidak pernah mengenal ayahnya.

Dia beralih ke perdagangan narkoba ketika dia masih muda untuk membayar sepatu ketsnya, tetapi selalu bermimpi menjadi rapper terkenal.

Perdagangan gelap itu yang pada akhirnya menyebabkan dia ditembak 9 kali oleh beberapa orang yang tidak menyukai apa yang dia lakukan.

Fakta bahwa dia pulih setelah tertembak 9 kali, dan kemudian menjadi rapper seperti sekarang ini, sangatlah menginspirasi.

8. 8 Mile

Mirip dengan Get Rich or Die Tryin’, 8 Mile adalah film yang mengikuti calon rapper Rabbit (Eminem). Rabbit tinggal di trailer bersama ibunya dan bekerja di Detroit.

Di waktu luangnya, dia mulai tampil di pertarungan rap di mana dia adalah satu-satunya pemain kulit putih. Ia juga menulis musik dan menabung agar punya cukup uang untuk pergi ke studio.

Ini adalah salah satu film inspirasional terbaik yang menunjukkan seseorang mulai dari bawah, bekerja sangat keras untuk mencapai puncak dan melawan segala rintangan.

9. Yes Man!

Yes Man! menceritakan tentang seorang pria bernama Carl Allen, yang memiliki pandangan negatif tentang kehidupan.

Dia mengambil saran dari seorang rekan untuk menghadiri seminar motivasi untuk mencoba dan mengatasi negativitasnya. Hidupnya berubah setelah bertemu motivator bernama Terrence Bundley.

Darinya, Carl belajar bahwa kaya “Ya” punya energi yang tak terbayangkan. Terrence kemudian mmeinta Carl mengatakan “ya” pada semua yang dikatakan orang.

Awalnya, hidup Carl lebih berwarna, tapi tak berlangsung lama karena ia banyak menghadapi masalah karena selalu berkata “ya”. Untungnya, ia bertemu Allison yang mengubah hidupnya menjadi lebih baik lagi.

Ini adalah film yang brilian untuk siapa saja yang memiliki pandangan negatif tentang kehidupan, seperti Carl.

10. The Intouchables

The Intouchables mengisahkan jutawan Paris bernama Philippe yang lumpuh dari leher ke bawah setelah mengalami kecelakaan paragliding.

Ia mewawancarai banyak pelamar pekerjaan. Ia sebenarnya tidak hanya membutuhkan bantuan fisik tapi juga seseorang yang mampu menghiburnya.

Di sisi lain, ada Driss yang bebas bersyarat karena kasus perampokan. Ia melamar sebagai pengasuh Philippe hanya untuk mendapatkan tanda tangan untuk tunjangan pengaggurannya.

Philipp kemudian menantang Driss dengan menawarinya masa percobaan satu bulan untuk mendapat pengalaman yang membantu kehidupannya.

Driss menerima tantangan dan kemudian pidah ke Mansion. Kehadiran Driss mengubah kehidupan monoton Philippe dan para karyawannya.

11. Spirit Away

Spirit Away merupakan film animasi yang mengisahkan seorang anak perempuan berusia 10 tahun bernama Chihiro.

Ia tidak sengaja masuk ke alam gaib bersama orang tuanya. Tetapi, kedua orang tuanya tersebut berubah menjadi babi karena makan tanpa permisi.

Beruntung, karena Chihiro bertemu dengan laki-laki bernama Haku yang membuatnya bertahan hidup di alam gaib tersebut.

Dengan banyak rintangan yang melelahkan, ia berhasil selamat dan kembali ke dunia manusia bersama orangtuanya.

Spirit Away bukan film animasi biasa, tetapi sepanjang film banyak sekali pesan moral baik yang diungkapkan langsung ataupun tersembunyi.

Film juga menunjukkan bahwa masa-masa sulit melatih kita untuk semakin kuat menghadapi tantangan hidup.

13. The Bucket List

The Bucket List merupakan film motivasi hidup inspiratif lainnya yang bisa kamu tonton. Film mengishkan dua pria yang menderita kanker stadium akhir. Salah satu dari mereka adalah miliarder perusahaan, dan yang lainnya seorang mekanik.

Mereka berdua memutuskan untuk melarikan diri dari bangsal kanker mereka dan berangkat untuk melakukan semua hal yang mereka inginkan sebelum mereka mati.

Ini adalah film yang harus ditonton bagi siapa saja yang berpikir mungkin sudah terlambat untuk mengejar impian. Atau hanya ingin sekedar pergi keluar dan melakukan semua yang mereka inginkan tetapi tidak pernah berpikir bisa melakukannya.

14. Bravehearts

Bravehearts mengisahkan William Wallace yang selamat dari serbuan Skotlandia dari pasukan Raja Erward tahun 1280.

Saat dewasa, ia menikahi Murron secara diam-diam. Suatu ketika, prajurit England menangkap Murron dan mengeksekusinya di depan umum.

Tidak terima, William kemudian memimpin klannya membunuh garnisun England. Sementara Raja Edward memerintahkan anaknya untuk menghentikan Wallace dengan cara apapun.

Willian memulai pemberontakan terhadap England dan membebaskan Skotlandia. Tetapi, perjuangannya tidak mudah, ia juga menghadapi sejumlah penghianatan.

Sebuah kisah yang benar-benar membangkitkan semangat seorang pejuang untuk berjuang demi mendapatkan kemerdekaan negaranya.

Pesan tersebut memberikan pesan “berjuang keraslah untuk hak-hakmu”, yang sangat penting dalam kehidupan.

15. Remember the Titans

Remember the Titans adalah kisah tentang pelatih Amerika Afrika yang baru diangkat, tim sekolah menengahnya, dan pertandingan pertama mereka sebagai unit yang bersatu secara ras.

Film ini mengirimkan pesan yang kuat untuk tetap bersatu meskipun begitu banyak perbedaan untuk tumbuh dan menjadi sukses.

Jangan merendahkan seseorang berdasarkan rasnya. Memperlakukan mereka secara setara adalah pesan tepat yang bisa dipetik dari film ini.

Penutup

Nah, itulah daftar film motivasi hidup yang inspiratif. Film adalah salah satu penghilang stress yang akan menghiburmu selama pandemi.

Habiskan waktu luang secara sehat dengan menonton beberapa film inspiratif untuk mendapatkan wawasan positif tentang kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.