15 Film Survival Terbaik Sepanjang Masa

By Digitek

Bagi kamu penggemar film genre petualangan berikut kami rekomendasikan film survival terbaik sepanjang masa.

Ada ratusan bahkan ribuan film tentang survival baik fiksi atau berdasarkan kisah nyata. Berbagai film tersebut selalu meninggalkan kesan karena menampilkan emosi yang mendalam seperti ketakutan, kesedihan, kemarahan cinta dan kegembiraan.

Film tersebut juga memberikan nilai-nilai inti kemanusian seperti keberanian, kebijaksanaan dan ketekunan.

15 Film Survival Terbaik Sepanjang Masa

Film survival menyajikan kesulitan dan seseorang untuk hidup karena terjebak dalam kondisi mencekam. Langsung saja, berikut daftar film survival terbaik yang bisa kamu tonton.

1. The Revenant

Film survival terbaik

via imdb.com

Karya survival terbaik sepanjang masa ini didasarkan pada kisah nyata. The Revenant mengisahkan perjuangan Hugh Glass (Leonardo DiCaprio) untuk bertahan hidup di tengah suhu dingin yang yang mengancam jiwa.

Selama ekspedisi, beruang menyerangnya dia dari kepala hingga kaki dan meninggalkannya dalam kondisi mengenaskan, kaki patah, luka menganga, hingga beberapa organ tertusuk.

Dua anggota ekspedisinya meninggalkannya dan satu membunuh putranya tepat di depan matanya. Ingin membalas kematian putranya (Forrest Goodluck), ia nekat berjalan melalui medan bersalju untuk mencari sang pembunuh.

Glass melawan cuaca ekstrem dan rasa sakit akibat serangan beruang. Ia melawan kelaparan dan hipotermia dengan memanfaatkan apa yang disediakan alam. Sampai-sampai ia tidur dalam bangkai kuda yang berlubang untuk menghangatkan diri.

2. In The Heart Of The Sea

Film survival terbaik

via imdb.com

The Revenant merupakan film survival terbaik sepanjang masa yang diadaptasi dari buku non-fiksi berjudul sama karangan Nathaniel Philbrick.

Film drama petualangan ini berfokus pada pengalaman mengerikan akibat tenggelamnya kapal ikan di perairan Essex, Inggris tahun 1820.

Para awak kapal berjuang untuk bertahan hidup di tengah Samudra Pasifik setelah seekor paus raksasa menyerang dan membalikan kapal mereka.

Beberapa kru ada yang bernasib naas dimakan oleh paus tersebut. Mereka yang selamat harus terombang-ambing di lautan berjuang melawan kelaparan, badai, keputusasaan, dan kepanikan. Mereka melakukan hal yang tidak terpikirkan untuk bertahan hidup.

3. Into The Wild

Film survival terbaik

via imdb.com

Film mengisahkan tentang siswa dan atlet top Christopher McCandless (Emil Hirsch). Setelah lulus dari perguruan tinggi, ia memutuskan untuk melakukan perjalanan melalui Amerika Utara dan tinggal di hutan Alaska.

Dia meninggalkan harta bendanya dan menyumbangkan uangnya untuk amal. Sepanjang jalan, ia bertemu dengan berbagai hal yang memberikan makna baru pada hidupnya.

Film menceritakan penemuan diri karakter dan penerimaan akan pentingnya keluarga dan teman dalam mengejar kebahagiaan.

McCandless mempelajari kebenaran yang sulit selama kesendiriannya di dalam bus yang ditinggalkan, yang telah menjadi rumahnya dan akhirnya ranjang kematiannya.

4. 127 Hours

Film survival terbaik

via imdb.com

Film ini merupakan adaptasi dari memoar Between a Rock and a Hard Place oleh canyoneer kehidupan nyata dan penggemar olahraga Aron Ralston.

127 Hours menceritakan bagaimana dia selamat dan melarikan diri setelah sebuah batu menjebaknya dan mengisolasinya di canyon (lembah terjal) di Utah.

Pada April 2003, Ralston (James Franco) mendaki Taman Nasional Canyonlands dan melewati celah di Blue John Canyon.

Dia terpeleset, jatuh dan tangannya terjebak dalam bebatuan. Dia berusaha memotong batu untuk membebaskan tangannya.

Hingga akhirnya, Ralston akhirnya berhasil membebaskan dirinya sendiri tetapi setelah lima hari yang melelahkan.

5. The Martian

Film survival terbaik

via imdb.com

The Martian merupakan film survival terbaik sepanjang masa yang diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Andy Weir.

Film petualangan sci-fi ini menceritakan tentang kisah bertahan hidup di planet yang jauh. Selama misi ke Mars, Astronot Mark Watney (Matt Damon) menemukan dirinya sendirian setelah timnya mengira dia meninggal saat badai dahsyat.

Watney harus belajar beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan menghadapi situasi dengan cerdas jika ingin bertahan hidup.

Dengan sedikit makanan yang dia miliki, ia berupaya menanam sayuran di planet yang tidak bersahabat. Dia menggunakan kecerdasan dan pengetahuannya dan akhirnya menemukan cara untuk memberi sinyal kepada Bumi untuk menyelamatkannya.

6. The Way Back

Film survival terbaik

via imdb.com

The Way Back merupakan film yang didasarkan pada memoar 1956 The Long Walk, yang menceritakan kisah mantan tawanan perang Polandia Sławomir Rawicz.

Film menyoroti pelariannya dari Gulag Soviet dan menuju kebebasan selama Perang Dunia II. Versi sinematiknya mengikuti perwira tentara Polandia Janusz Wieszczek (Jim Sturgess).

Serta tujuh tahanan lainnya saat mereka melakukan perjalanan sejauh 4.000 mil dari kamp Gulag dengan berjalan kaki.

Di tengah perjalanan, mereka bertemu gadis yatim piatu Polandia Irena (Saoirse Ronan) yang juga dalam pelariannnya sendiri.

The Way Back adalah kisah bertahan hidup yang mencekam dalam situasi yang sangat nyata di mana penyitas harus belajar beradaptasi dengan lingkungan untuk hidup.

Film akan menyajikan perjalanan yang melelahkan dan menantang saat mereka menghadapi dinginnya Siberia dan suhu panas dan kering di gurun Mongolia.

7. Lone Survivor

Film survival terbaik

via imdb.com

Lone Survivor merupakan film bertahan hidup saat perang yang didasarkan dari peristiwa nyata kelompok SEAL yang dikirim ke Afghanistan.

Marcus Luttrell (Mark Wahlberg), Danny Dietz (Emile Hirsch), Michael Murphy (Taylor Kitsch), dan Matthew “Axe” Axelson (Ben Foster) sedang dalam misi pengintaian dan pengawasan untuk melacak dan membunuh seorang agen Taliban.

Tim tiba di wilayah Hindu Kush Afghanistan di mana mereka disergap. Luttrell adalah satu-satunya yang berhasil keluar hidup-hidup.

Dia hidup untuk menceritakan kisah tentang bagaimana tim berjuang untuk hidup mereka ketika mereka kalah jumlah oleh musuh.

Lone Survivor menyoroti realitas situasi pertempuran dan keinginan orang untuk hidup di bawah tekanan luar biasa dari musuh.

Ini adalah penggambaran yang jujur dan brutal dari dampak perang dan menceritakan kisah emosional tentang keberanian dan heroisme.

8. Rescue Dawn

Film survival terbaik

via imdb.com

Film survival terbaik sepanjang masa Rescue Dawn mengisahkan pilot angkatan Laut, Dieter Dengler (Christian Bale) yang menabrak hutan Laos pada tahun 1966.

Ia dipaksa untuk belajar beradaptasi dengan lingkungannya yang baru tersebut untuk bertahan hidup. Film didasarkan pada kisah nyata tentang bagaimana Dengler hidup melalui kelaparan, kehausan, dan siksaan fisik sebagai tawanan perang Vietkong.

Rescue Dawn menyoroti penderitaannya untuk bertahan hidup di salah satu hutan belantara ganas di dunia, di mana ia berjuang melawan suhu panas dan dingin.

Herzog menggambarkan Dengler sebagai seseorang yang pemberani dan punya kemauan yang kuat untuk tetap bertahan hidup.

9. The Perfect Storm

Film survival terbaik

via imdb.com

The perfect Storm merupakan film survival terbaik yang diangkat dari kisah nyata. Film menceritakan para nelayan yang menghadapai badai besar di lautan.

Bill Tyne adalah kapten dari sebuah kapal ikan. Pada Oktober 1991, ia memutuskan untuk berlayar meski cuaca diprediksi memburuk.

Lima orang bergabung dengannya tapi hasil tangkapan yang sedikit membuat mereka berlayar ke timur meski badai besar mengintai. Untuk bisa sampai ke darat, mereka pun nekat menerjang badai meski sangat beresiko.

10. Everest (2015)

Film survival terbaik

via imdb.com

Film survival terbaik biasanya didasarkan pada peristiwa nyata dan salah satunya Everest. Ia terinspirasi dari bencana Gunung Everest tahun 1996.

Film menyoroti penderitaan sekelompok pendaki saat mereka berjuang untuk bertahan hidup melawan suhu dingin yang menusuk.

Cerita berfokus pada upaya bertahan hidup Robert Edwin Hall (Jason Clarke) dan Scott Fischer (Jake Gyllenhaal) saat mereka memimpin ekspedisi mendaki gunung tertinggi di Bumi.

Badai menyambut mereka pada pendakian terakhir ke puncak. Mereka pun harus berjuang melawan badai tersebut.

Film ini memberikan pelajaran bahanyanya ekspedisi komersial Everest terlepas dari keahlian guide karena perubahan kondisi cuaca ekstreem.

11. The Grey

Film survival terbaik

via imdb.com

The Grey merupakan film survival yang diangkat dari cerita pendek Ghost Walker karya Ian Mackenzie Jeffers. Film menceritakan sekelompok tukang minyak yang terdampar di Alaska setelah badai menerjang pesawat mereka.

Para pria berjuang untuk tetap hidup melawan ancaman serigala dan di tengah cuaca dingin yang ekstrem.

John Ottway (Liam Neeson) menunjukkan keterampilan bertahan hidup yang hebat di antara para penyintas dan dia segera mengambil tanggung jawab sebagai pemimpin kelompok.

Ottway adalah pemburu yang terampil dan tahu bagaimana menghadapi serigala. Namun, para pria menemukan diri mereka terpojok oleh serigala dalam perjalanan mereka untuk mencari perlindungan di hutan.

Serigala merasa wilayahnya terancam karena kedatangan para pria tersebut. Hingga mereka pun mendapat serangan bertubi-tubi.

12. Life of Pi

Film survival terbaik

via imdb.com

Life of Pi merupakan versi sinematik dari novel karya Yann Martel. Film ini akan membawamu ke perjalanan epik melintasi samudra Pasifik.

Diceritakan seorang pemuda India bernama Pi Patel (Suraj Sharma) selamat dari kapal karam tapi terjebak di tengah lautan tanpa makanan.

Ia terjebak besama hewan buas yakni harimau, heyna, zebra dan orangutan. Mereka saling memakan satu sama lain hingga hanya harimau Bengal yang tersisa.

Sang harimau yang menjalin hubungan dekat dengan Pi dan menamainya Richard Parker. Bahaya laut dan kondisi cuaca yang tidak terduga membuat Pi harus memutar otak agar tetap hidup.

Dia belajar bagaimana menangkap ikan untuknya dan Richard. Pi dan harimau akhirnya berhasil diselamatkan setelah 227 hari yang melelahkan.

13. Cast Away

Film survival terbaik

via imdb.com

Film survival ini menyoroti kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan lingkungannya saat harapan untuk diselamatkan tampaknya sia-sia. Cast Away adalah lambang dari film survival yang bagus dan inspiratif.

Cerita berpusat pada Chuck Noland (Tom Hanks), seorang insinyur sistem, yang menemukan sebuah rumah di sebuah pulau tak berpenghuni setelah kecelakaan pesawat.

Dia tinggal di luar pulau selama bertahun-tahun dan belajar untuk bersyukur dengan kondisi hidupnya yang serba kekurangan. Ia mencoba berburu makanan dan membuat api.

Dia benar-benar ditarik dari interaksi sosial yang sebenarnya. Satu-satunya teman bicaranya adalah bola voli yang dia sebut Wilson.

Tekad Noland untuk tetap hidup membuatnya menjadi Robinson Crusoe dalam film ini. Endingnya, dia akhirnya melarikan diri dari pulau untuk kembali ke peradaban.

14. All Is Lost

Film survival terbaik

via imdb.com

Robert Redford membintangi kisah mencekam tentang ketekunan, tekad, dan keberanian dalam pencarian untuk bertahan hidup di tengah kondisi yang tidak terkendali.

All is Lost mengangkat kisahnya saat dia hanyut di Samudra Hindia melawan ombak besar. Redford hampir tenggelam, selamat dari badai, dan hidup dalam kelaparan dan kehausan saat berada di atas rakit.

Terlepas dari situasinya yang mengerikan, ia tetap fokus pada tugas yang dihadapi, yaitu menemukan cara untuk hidup.

Menggunakan naluri dan akal pelautnya, ia mampu membuat air minum yang bersih. Dia membiarkan arus laut membimbingnya untuk menyelamatkannya.

Dia berusaha keras untuk bertahan hidup meskipun ada ancaman hiu dan terik matahari. All Is Lost mirip dengan Cast Away karena berfokus pada keinginan kuat seseorang untuk hidup.

15. The Road

Film survival terbaik

via imdb.com

Film ini dikisahkan tentang dunia pasca-apokaliptik di mana sebagian besar umat manusia lenyap. The Road mengikuti kisah ayah dan anak saat mereka berjuang untuk bertahan hidup di antara sisa-sisa dunia dan populasi manusia.

Ancaman datang dari orang-orang yang tidak punya nilai moral dan melakukan hal yang tidak terduga demi kelangsungan hidup.

Ayah yang sakit (Viggo Mortensen) harus melindungi putranya (Kodi Smit-McPhee) dengan segala cara di tengah bahaya kanibal, pencuri, dan geng ganas.

Mereka juga harus berjuang melawan rasa lapar dan dingin saat melakukan perjalanan menuju tempat yang lebih hangat dan aman.

Film ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Cormac McCarthy. Versi bukunya menekankan pada kanibalisme sebagai tema twists yang mengejutkan.

Tetapi adaptasi filmnya lebih menyoroti hubungan ayah dan anak dan perjuangan mereka untuk bertahan hidup.

Penutup

Nah, itulah film survival terbaik sepanjang masa yang bisa menemanimu selama di rumah saja. Selain menyajikan adegan dramatis, kamu juga bisa mendapatkan motivasi dan makna kehidupan saat menonton berbagai film di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.