15 Film Kartun Nickelodeon Terbaik Sepanjang Masa

3 bulan lalu, by Digitek

Film Kartun Nickelodeon Terbaik Sepanjang Masa

Nickelodeon merupakan program televisi khusus tayangan anak-anak. Nah, kali ini Digitek.id akan mengulas film kartun Nickelodeon terbaik sepanjang masa yang mungkin beberapa diantaranya pernah menghiasi hari-hari kamu saat kecil.

Nickelodeon sudah beberapa kali bekerjasama dengan pihak televisi swasta Indonesia untuk menayangkan konten mereka. Ada banyak sekali film kartun yang diproduksi Nickelodeon, tetapi tidak semuanya masuk Indonesia.

Lalu apa sajakah kartun Nickelodeon terbaik yang pernah ditayangkan bahkan masih eksis hingga kini? Simak daftarnya berikut ini.

1. Film Kartun Nickelodeon Terbaik Sepanjang Masa – SpongeBob SquarePants

spongebob

Spongebob Squarepants merupakan kartun Nickelodeon paling populer yang masih tayang hingga kini di salah satu stasiun televisi swasta.

Tidak hanya anak-anak yang menggemari kartun tersebut tetapi juga orang dewasa. Tingkah Spongebob yang selalu ceria di berbagai kondisi membuat serial ini disebut-sebut menjadi salah satu yang terbaik.

Ada juga Patric dengan kekonyolannya dan juga Sandy si tupai cerdas, Tuan Krabs mata duitan dan sebagainya. Musik latar belakangnya juga keren-keren, memanglah kartun ini tak ada matinya.

Meski penulis naskah Paul Tibbit telah tiada tidak lantas membuat serial ini berhenti produksi. Tiap tahun, SpongeboB Squarepants juga rutin membuat movie yang ditayangkan di bioskop. Tahun lalu, SpongeBob movie bahkan berkolaborasi dengan salah satu kartun Indonesia, si Juki.

2. Chalkzone

Chalkzone

Chalkzone merupakan film kartun produksi Nickelodeon yang sempat tayang di salah satu tv swasta (Sebut saja Global TV) sejak tahun 2003.

Sayangnya, penyangan serial kartun ini resmi dihentikan pada 9 September 2009. Kartun menceritakan seorang murid SD bernama Rudy Tabootie yang mempunyai kapur ajaib.

Menariknya, kapur tersebut bisa membawa Rudy masuk ke dimensi lain yang disebut Chalkzone atau dunia kapur.

3. Film Kartun Nickelodeon Terbaik – The Fairly OddParents

The Fairly OddParents

The Fairly OddParents merupakan serial kartun terbaik ciptaan Butch Hartman yang layak untuk kamu tonton.

Selain terbaik, The Fairly OddParents juga menjadi salah satu kartun terpopuler di Amerika Serikat, tidak kalah dengan film-film Hollywood.

Di Indonesia, kartun ini sempat tayang di salah satu stasiun televisi swasta (Global TV) pada tahun 2000-an. Terakhir tayang bulan Februari-April 2013.

Serial kartun ini mengisahkan kehidupan seorang anak berusia 10 tahun bernama Timmy Turner. Tidak seperti anak-anak kebanyakan, Timmy harus tinggal bersama pengasuhnya bernama Vicky.

Di depan orang tua Timmy, Vicky berpura-pura baik dan penyayang, Tetapi, saat orang tuanya pergi, sifat aslinya terlihat, ia selalu menyiksa Timmy.

Beruntung karena ada sepasang peri yang selalu membantu Timmy saat ia kesulitan. Mereka adalah Cosmo dan Wanda yang sudah lama memperhatikan kebusukan hati dari Vicky, Francis dan Tn. Rocker.

Namun, peri ini bukan seperti yang ada dibayangannya. Cosmo merupakan peri yang bodoh dan dungu, dan mereka berdua selalu mempunyai ide berbahaya.

4. Wishology

Wishology

Wishology adalah trilogi film televisi yang menjadi episode spesial kesembilan dari serial televisi animasi The Fairly OddParents.

Cerita berpusat pada karakter utama, Timmy Turner yang berusia 10 tahun. Cosmo dan Wanda, dan saudara baptis peri bayinya Poof, semuanya mengabulkan keinginan Timmy.

Robot yang dikenal sebagai Eliminator muncul di kampung halaman Timmy, Dimmsdale, untuk menghancurkan “yang terpilih”, Timmy sendiri.

Jorgen von Strangle, membawanya ke Gua Takdir, gua yang berisi ramalan untuk “yang terpilih”. Gua ini terletak di Dunia Peri, tempat yang berada di atas awan di angkasa dan terhubung ke Bumi oleh jembatan pelangi.

Jorgen menjelaskan sebuah legenda yang tertulis di dinding gua tentang prajurit peri kuno yang melawan Eliminator dan tuan mereka. Sebuah lubang hitam raksasa bernama The Darkness.

Untuk mengalahkan The Darkness dan Eliminators, Timmy harus mengambil dan menggunakan tiga tongkat khusus: tongkat putih, tongkat angin, dan tongkat es.

5. Film Kartun Nickelodeon Terbaik – Dora the Explorer

 

dora

via Nickelodeon

Bukan kartun biasa, Dora the Explorer menawarkan hiburan interaktif dan mengajak penonton untuk berpetualang bersama.

Karakter gadis kecil dengan rambut sebahu ini sering melemparkan pertanyaan kepada penonton untuk membantu dirinya menjelajahi berbagai tempat.

Arah penjelajahan biasanya dibimbing oleh peta yang saat tidak digunakan tersimpan dalam ransel milik Dora. Ia selalu berpetualang bersama seekor monyet bernama Indra.

Sepanjang perjalanan mereka akan dibantu oleh beberapa teman, seperti keluarga dan saudara Dora, juga binatang-binatang, tumbuhan, atau benda yang bisa berbicara lainnya. S

atu-satunya yang sering menghambat perjalanan mereka adalah Swiper, seekor rubah. Ia suka mencuri barang-barang yang dibutuhkan dalam perjalanan.

6. Avatar: The Last Airbender

avatar the last airblender

via Nickelodeon

Seri kartun Avatar: The Last Airbender pastinya sudah tidak asing lagi bagi anak tahun 2000-an. Ia bahkan mendapat penghargaan sebagai “kartun terhebat sepanjang masa”.

Salah satu alasannya karena menawarkan sesuatu yang sangat berbeda dibanding serial kartun kebanyakan saat itu. Terlihat seperti anime zaman sekarang.

Jalan ceritanya juga matang, animasi yang luar biasa dan karakter yang dewasa. Jalan ceritanya punya ruang tersendiri di hati para penonton. Serial ini berlanjut ke seri berikutnya bahkan diangkat menjadi live action.

Kartun menceritakan tentang Aang. Seorang anak laki-laki pengendali udara berusia 12 tahun dari Kuil Udara Selatan milik kaum Pengembara Udara.

Ia diberitahu oleh para tetua bahwa dirinya adalah “Sang Avatar”. Ia berpetualang bersama teman-temannya untuk menyelamatkan dunia dari Negara Api yang kejam.

7. Film Kartun Nickelodeon Terbaik – Hey Arnold!

Hey Arnold!

via Nickelodeon

Hey Arnold merupakan kartun yang cukup populer di tahun 1990-an. Kartun ini menceritakan kehidupan anak kelas empat SD bernama Arnold.

Ia hidup bersama kakek dan neneknya bernama  Gertie dan Phil di Brooklyn, Amerika Serikat. Padahal orang yang disebut kakek nenek itu adalah orang tua sebenarnya.

Mereka memberitahu Arnold bahwa orang tuanya mati dalam kecelakaan pesawat. Arnold mempunyai sahabat bernama Gerald dan musuh beebuyutan bernama Helg.

Menariknya, cerita tersebut bukan fiksi belaka melainkan diangkat dari kisah nyata. Meskipun kartun dirancang untuk anak-anak, orang dewasa juga menyukainya.

itu karena carena cerita dari kartun tersebut menarik dan ringan. Apalagi dilengkapi dengan grafis yang menarik.

8. The Adventures of Jimmy Neutron: Boy Genius

The Adventures of Jimmy Neutron Boy Genius

via Nickelodeon

The Adventures of Jimmy Neutron: Boy Genius atau sering disingkat Jimmy Neutron adalah serial televisi Amerika Serikat. Serial tersebut pertama kali disiarkan pada 6 September 2002.

Kartu ini mengisahkan tentang seorang anak kecil yang bernama Jimmy Neutron yang mempunyai kemampuan luar biasa.

Karena kecerdasannya semakin besar, ukuran otak dan kepalanya pun membesar. Salah satu penelitiannya berhasil menciptakan anjing mekanik yang langsung menjadi sahabatnya.

Ia juga terkenal menggunakan kecerdasannya untuk membantu teman-temannya yang membutuhkan. Bersama mereka juga, Jimmy berhasil menciptakan berbagai benda-benda aneh yang sangat canggih.

9. Danny Phantom

Danny Phantom

via Nickelodeon

Danny Phantom adalah serial animasi produksi Amerika Serikat dan Kanada karya Butch Hartman yang ditayangkan di Nickelodeon.

Kartun menceritakan kisah seorang anak yang secara tidak sengaja mendapatkan kekuatan hantu. Ia pun akhirnya menjadi Pahlawan Pembasmi Hantu.

Danny menjaga identitasnya bersama dua temannya, Sam dan Tucker, dan juga sang adik, Jazz. Danny juga menyimpan perasaan suka diam-diam kepada Sam.

Sam juga ternyata menyukai Danny dan diakhir cerita akhirnya mereka berdua menjalin hubungan lebih dari seorang sahabat.

10. Film Kartun Nickelodeon Terbaik – Rugrats

15 Film Kartun Nickelodeon Terbaik Sepanjang Masa

via Nickelodeon

Rugrats merupakan serial televisi animasi Amerika Serikat yang dibuat oleh Paul Germain, Gabor Csupo dan Arlene Klasky untuk Nickelodeon.

Kartun menceritakan sekelompok anak-anak muda, yakni Tommy, Chuckie, Phil, Lil, dan Angelica, dan kehidupan mereka sehari hari.

Ditayangkan sejak tahun 1991 hingga 2004, kartun dengan genre komedi ini berhasil menyabet sekitar 20 penghargaan. Salah satunya kategori program animasi anak terbaik.

11. All Grown Up!

15 Film Kartun Nickelodeon Terbaik Sepanjang Masa

via Nickelodeon

All Gwon Up merupakan sebuah spinoff dari Rugarts. Serial tersebut mengisahkan tentang sepuluh tahun setelah serial aslinya dimana karakter-karakternya sudah berusia remaja.

Tommy, Dil, Chuckie, Phil, Lil, Kimi, Angelica dan Susie mulai dihadapkan dengan situasi dan masalah remaja.

Serial tersebut ditayangkan dari tahun 2003 sampai 2008 dengan total lima season dan 55 episode. All Grown Up kembali hadir di Nicktoons dan di blok TeenNick The Splat sejak 2015.

12. Film Kartun Nickelodeon Terbaik – Kura-kura Ninja / Ninja Turtles

15 Film Kartun Nickelodeon Terbaik Sepanjang Masa

via Nickelodeon

Kura-kura Ninja atau Ninja Turtles adalah cerita fiksi yang mengisahkan empat ekor kura-kura mutan dilatih oleh mahaguru mereka yaitu Guru Splinter. Tujuannya agar mereka menjadi pahlawan ninja yang mahir.

Di Manhattan, mereka melawan penjahat dan mahluk asing sambil memastikan identitas mereka tidak diketahui oleh masyarakat luas.

Tokoh ninja tersebut awalnya muncul di komik. Kemudian dilisensikan untuk menjadi waralaba yang menghasilkan film kartun.

Pada 21 Oktober 2009, Nickelodeon berhasil mendapatkan seluruh royalti dari Kura-kura Ninja, dan memproduksi serial animasi komputer baru dan mulai mengudara pada 2012.

13. CatDog and the Great Parent Mystery

15 Film Kartun Nickelodeon Terbaik Sepanjang Masa

via Nickelodeon

Film kartun Nickelodeon terbaik lainnya yakni CatDog. Kartun tersebut cukup menarik karena mengisahkan karakter hewan hybrid yang mempunyai dua kepala tanpa ekor dan kaki belakang.

Ya, kucing dan anjing dengan satu badan. Ide dari karakter tersebut muncul dari Peter Hannan yang ingin menarik perhatian anak-anak. Ia Ingin menyatukan dua hewan yang dikenal rusuh saat bertemu tersebut.

14. Winx Club: The Secret of the Lost Kingdom

15 Film Kartun Nickelodeon Terbaik Sepanjang Masa

via Nickelodeon

Winx Club: The Secret of the Lost Kingdom adalah film animasi CGI Italia yang diilustrasikan oleh studio Rainbow.

Pada Februari 2011, perusahaan induk Nickelodeon, Viacom, menjadi salah satu pemilik Rainbow. Diumumkan bahwa Viacom akan merilis ulang The Secret of the Lost Kingdom melalui anak perusahaannya Paramount Pictures.

Nickelodeon A.S. menayangkan film tersebut pada 11 Maret 2012 dan Paramount merilisnya dalam bentuk DVD pada 7 Agustus 2012.

Serial menceritakan kisah Bloom dan teman-temannya, Flora, Stella, Musa, Aisha dan Tecna. Mereka mencari orang tua kandung Bloom yang hilang, Raja Oritel dan Ratu Marion, yang diyakini Bloom masih hidup.

Gadis-gadis itu melacak Hagen, seorang pandai besi yang menempa pedang Oritel yang kuat dan pedang ajaib yang tidak pernah bisa dipisahkan dari tuannya yang sah. Harapannya mereka bisa melacak kekuatan pedang itu sampai ke orang tua Bloom.

15. Film Kartun Nickelodeon Terbaik – The Loud House

15 Film Kartun Nickelodeon Terbaik Sepanjang Masa

via Nickelodeon

The Loud House adalah sebuah seri televisi animasi Amerika Serikat yang diilustrasikan oleh Chris Savino untuk Nickelodeon.

Cerita kartun iniberkisar pada kehidupan sehari-hari yang kacau dari seorang anak laki-laki bernama Lincoln Loud.

Ia merupakan anak tengah dan satu-satunya anak laki-laki dalam keluarga besar dengan 11 anak. Dia memiliki sepuluh saudari yang masing-masing punya kepribadian tersendiri.

Akhir Kata

Nah, itulah sejumlah film kartun Nickelodeon terbaik yang rekomended untuk kamu tonton sambil bernostalgia.

Hampir semua kartun di atas sudah tidak tayang lagi di televisi Indonesia. Hanya Spongebob saja yang masih eksis hingga kini.

Masa-masa kejayaan kartun di televisi swasta Indonesia sudah berakhir. Padahal dahulu tahun 2000-an televisi berlomba-lomba menayangkan mulai dari subuh sudah mulai tayang.

Jangan khawatir kamu bisa menontonnya melalui channel Youtube Nickelodeon atau situs streaming film seperti Amazon Prime.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *