15 Film Hollywood Dengan Sekuel Terbanyak

By Digitek

Ketika sebuah film sukses, film tersebut biasanya akan membuat sekuel. Kamu mungkin penasaran apa saja film Hollywood dengan sekuel terbanyak?

Selain parameter untuk menilai sebuah film bisa diterima publik atau kurang menarik, sekuel atau spin off juga berfungsi sebagai pembabakan dari kisah yang panjang. Seperti serangkaian film Marvel misalnya. Apa saja daftarnya? Simak di bawah ini.

1. Godzilla (36 Film)

Memulai debutnya pada tahun 1954, Godzilla adalah salah satu film hollywood dengan sekuel terbanyak pertama.

Film menggabungkan pengalaman nyata bangsa dengan radiasi nuklir dari Perang Dunia II dan menggunakannya sebagai katalis untuk membangkitkan makhluk laut prasejarah, Godzilla.

Serial film ini mengenalkan 34 karakter kaiju spin-off termasuk Mothra, Rodan dan bahkan King Kong, yang kini menjadi bagian dari genre kaiju berkat Kong: Skull Island. Dari 35 film yang diproduksi, semuanya kecuali tiga dibuat oleh kreator asli Godzila, Toho Films.

Hollywood melalui Legendary dan TriStar Pictures melirik Godzilla untuk mendulang keuntungan lebih besar lagi. Tapi, hanya Legendary yang mampu merilis hingga empat sekuel, termasuk Godzilla vs. Kong (2021).

2. Marvel Cinematic Universe (28 Film)

Film Marvel Cinematic Universe (MCU) adalah serangkaian film superhero Amerika yang diproduksi oleh Marvel Studios berdasarkan karakter yang muncul dalam publikasi oleh Marvel Comics.

MCU adalah alam semesta bersama di mana semua film diatur. Film-film tersebut sudah diproduksi sejak 2007, dan pada saat itu Marvel Studios telah memproduksi dan merilis 29 film.

Saat ini Doctor Strange in the Multiverse of Madness sedang tayang di bioskop sejak 2 Mei 2022. Setidaknya ada 10 film lagi sedang dalam berbagai tahap pengembangan.

Ia adalah franchise film terlaris sepanjang masa, setelah meraup lebih dari 26,4 miliar dollar di box office global. Ini termasuk Avengers: Endgame, yang menjadi film terlaris sepanjang masa saat perilisannya.

3. James Bond (27 Film)

James Bond memulai debutnya pada tahun 1962 dengan Sean Connery memainkan peran tituler di Dr. No. Sejak itu, serial film berdasarkan novel dengan nama yang sama dari Ian Fleming terus dirilis dan menarik lebih banyak penonton.

Pada tahun 1961, produser Albert R. Broccoli dan Harry Saltzman membeli hak pembuatan film untuk novel-novel Fleming.

Mereka mendirikan Eon Productions dan, dengan dukungan United Artists, film perdana James Bond berjudul Dr. No yang menampilkan Connery sebagai Bond dirilis.

Serial Eon saat ini memiliki dua puluh lima film, dengan yang terbaru, No Time to Die, dirilis pada September 2021.

Ketika Broccoli dan Saltzman membeli hak atas judul Fleming, kesepakatan itu tidak termasuk Casino Royale (1967) dan Never Say Never Again (1983) karena sudah dijual ke produser lain.

4. Batman (17 Film)

Superhero fiksi Batman, yang muncul dalam buku komik Amerika terbitan DC Comics, diangkat dalam di berbagai film sejak 1940.

Serial ini telah meraup lebih dari 4,99 miliar dollar di box office global, menjadikannya franchise film terlaris kesebelas sepanjang masa.

Batman juga muncul di beberapa film animasi, baik sebagai karakter utama dan sebagai karakter ansambel.

The Dark Knight pada 2008 dan The Dark Knight Rises pada 2012 menjadi film terlaris sepanjang masa yang menghasilkan lebih dari 1 miliar dollar di seluruh dunia.

Di 2022 ini, ada The Batman yang ditayangkan perdana di Lincoln Center, New York, pada 1 Maret 2022, dan dirilis secara teatrikal di seluruh dunia pada 4 Maret 2022.

5. X-Men (13 Film)

X-Men adalah serial film superhero Amerika berdasarkan tim superhero fiksi dengan nama yang sama. Film diadaptasi dari serangkaian buku komik yang dibuat oleh Stan Lee dan Jack Kirby dan diterbitkan oleh Marvel Comics.

20th Century Fox memperoleh hak film untuk karakter tahun 1994. Bryan Singer dipekerjakan untuk mengarahkan film pertama X-Men (2000) dan sekuelnya, X2 (2003).

Sementara angsuran ketiga dari trilogi original, X-Men: The Last Stand (2006), disutradarai oleh Brett Ratner.

Setelah itu, beberapa film spin-off dirilis, termasuk tiga film Wolverine (2009–2017), empat film prekuel X-Men (2011–2019), dua film Deadpool (2016–2018).

Ada juga dua serial televisi Legion and The Gifted (2017–2019) dan The New Mutants mengakhiri seri pada tahun 2020 setelah berjalan selama 20 tahun.

Dengan tiga belas film yang dirilis, film seri X-Men adalah seri film terlaris kesembilan, setelah meraup lebih dari 6 miliar dollar di seluruh dunia.

Pada Maret 2019, Marvel Studios memperoleh hak film untuk X-Men setelah Disney mengakuisisi 21st Century Fox.

Pada Oktober 2020, film-film dalam seri X-Men dan film Fantastic Four, diganti namanya menjadi film Marvel Legacy di Disney+.

6. Star Wars (12 Film)

Star Wars adalah franchise multimedia epik space-opera Amerika besutan George Lucas, yang dimulai dengan film 1977 eponymous.

Franchise telah diperluas ke berbagai film dan media lainnya, termasuk serial televisi, video game, novel, buku komik, dan lainnya yang terdiri dari alam semesta fiksi.

Saat ini, Star Wars merupakan waralaba media terlaris kelima sepanjang masa. Film original Star Wars dibentuk oleh tinga angsuran masing-masing New Hope (1977), diikuti oleh The Empire Strikes Back (1980) dan Return of the Jedi (1983).

Pada 2012, Lucas menjual perusahaan produksinya ke Disney, melepaskan kepemilikannya atas franchise. Kemudian rilislah trilogi sekuel, yang terdiri dari The Force Awakens (2015), The Last Jedi (2017), dan The Rise of Skywalker (2019).

Pendapatan box office gabungan dari film-film tersebut setara dengan lebih dari 10 miliar dollar, yang menjadikannya waralaba film terlaris kedua sepanjang masa setelah Marvel Cinematic Universe.

Sebuah film tambahan, Rogue Squadron, direncanakan untuk rilis 22 Desember 2023. Kamu mungkin tertarik membaca: Film Star Wars Terbaik, Ranking Terendah hingga Tertinggi.

7. Wizarding World (11 Film)

Wizarding World atau yang sebelumnya dikenal sebagai J. K. Rowling’s Wizarding World adalah sebuah franchise fantasy media dan alam semesta fiksi yang berpusat pada seri novel Harry Potter.

Serangkaian film telah diproduksi sejak tahun 2000, dan pada saat itu sebelas film telah diproduksi. Delapan film adalah adaptasi dari novel Harry Potter dan tiga adalah bagian dari seri Fantastic Beasts.

Film-film tersebut dimiliki dan didistribusikan oleh Warner Bros Pictures. Serial secara kolektif berhasil meraup lebih dari $9,6 miliar di box office global.

Itu menempatkannya sebagai franchise film terlaris keempat sepanjang masa, setelah Marvel Cinematic Universe, Star Wars dan Spider-Man.

Film pertama di Wizarding World adalah Harry Potter and the Philosopher’s Stone (2001), diikuti tujuh sekuel Harry Potter, dimulai dengan Harry Potter and the Chamber of Secrets pada tahun 2002 dan berakhir dengan Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2 pada tahun 2011.

Ada juga seri spinoff/prekuel Fantastic Beast yang angsuran ketiganya berjudul Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore dirilis pada 15 April 2022.

Dua angsuran tambahan masih dalam berbagai tahap produksi, dengan yang pertama Video game naratif berlatar dunia sihir, Hogwarts Legacy, dijadwalkan untuk rilis akhir 2022.

8. Fast & Furious (10 Film)

Fast & Furious adalah franchise media yang berpusat pada serangkaian film aksi berkaitan dengan balapan di jalanan, perampokan, mata-mata, dan keluarga.

Film pertama dirilis pada tahun 2001, memulai tetralogi original yang berfokus pada balap jalanan ilegal dan memuncak dalam film Fast & Furious (2009).

Serial ini beralih ke perampokan dan mata-mata dengan Fast Five (2011) dan diikuti oleh lima sekuel, dengan yang terbaru, Fast X, ditetapkan untuk rilis pada tahun 2023.

Film kesebelas direncanakan untuk mengakhiri seri, dan film-film utama secara kolektif dikenal sebagai The Fast Saga.

9. DC Extended Universe (10 Film)

DC Extended Universe (DCEU) merupakan franchise media Amerika yang berpusat pada serangkaian film superhero dan serial televisi yang diproduksi oleh DC Films dan didistribusikan Warner Bros.

Film didasarkan pada karakter yang dalam buku komik Amerika yang diterbitkan oleh DC Comics. DCEU dimulai dengan film Man of Steel (2013), reboot dari seri film Superman, diikuti oleh Batman v Superman: Dawn of Justice (2016), yang menjadi reboot dari seri film Batman.

Film-film ini diikuti oleh Suicide Squad (2016) hingga The Suicide Squad (2021). Film yang akan dirilis mendatang termasuk Black Adam, Shazam! Fury of the Gods and Batgirl pada tahun 2022.

Menyusul Aquaman and the Lost Kingdom serta The Flash and Blue Beetle pada tahun 2023. DCEU diperluas dengan memasukkan serial televisi untuk layanan streaming HBO Max pada tahun 2022, dimulai dengan Peacemaker.

10. Transformer (7 Film)

Transformers adalah serangkaian film aksi fiksi ilmiah Amerika berdasarkan franchise Transformers, yang dimulai pada 1980-an.

Film pertama yang diperkenalkan adalah Transformers (2007), Revenge of the Fallen (2009), Dark of the Moon (2011), Age of Extinction (2014), dan The Last Knight (2017).

Menyusul film spin-off Bumblebee, dirilis pada 21 Desember 2018. Film ketujuh, Rise of the Beasts, yang disutradarai oleh Steven Caple Jr. sebagai sekuel Bumblebee rencananya akan dirilis pada tahun 2023.

11. Middle-earth (7 Film)

Novel J. R. R. Tolkien The Hobbit (1937) dan The Lord of the Rings (1954–55), berlatar Middle-earth, telah didaptasi ke berbagai adaptasi film, baik bioskop ataupun TV series.

Peter Jackson membawa Middle-earth ke layar lebar dalam enam film fitur live-action yang dirilis oleh Warner Bros

New Line Cinema merilis bagian pertama dari serial film The Lord of the Rings yang disutradarai Jackson pada tahun 2001 sebagai bagian dari trilogi The Hobbit.

Film ketiga dalam trilogi Peter Jackson, The Lord of the Rings: The Return of the King, adalah yang pertama dan satu-satunya film fantasi yang memenangkan penghargaan Film Terbaik Oscar.

12. Mission: Impossible (6 Film)

Mission: Impossible adalah serangkaian film aksi mata-mata yang merupakan lanjutan dari serial televisi dengan nama yang sama yang ditulis oleh Bruce Geller.

Serial diproduksi oleh dan dibintangi oleh Tom Cruise, yang memerankan karakter utama Ethan Hunt, seorang agen dari Impossible Missions Force (IMF).

Film pertama dengan judul Mission : Impossible dimulai pada 1996 hingga yang keenam berjudul Mission: Impossible – Fallout dirilis pada 27 Juli 2018.

Dua film mendatang, yakni Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One dan Mission: Impossible – Dead Reckoning Part Two masing-masing dijadwalkan rilis pada 14 Juli 2023 dan 28 Juni 2024.

13. Jurassic Park (5 Film)

Jurassic Park, yang kemudian disebut sebagai Jurassic World, adalah franchise media Amerika yang berpusat pada usaha untuk membuat taman hiburan dinosaurus kloning.

Film dimulai pada tahun 1990 ketika Universal Pictures dan Amblin Entertainment membeli hak atas novel Jurassic Park karya Michael Crichton sebelum diterbitkan.

Film terbukti sukses dan kemudian menerima rilis ulang 3D teatrikal pada tahun 2013. Sebuah novel sekuel tahun 1995, The Lost World diperkenalkan, diikuti oleh film adaptasi pada tahun 1997.

Film-film berikutnya dalam seri, termasuk Jurassic Park III (2001), tidak didasarkan pada novel. Pada tahun 2015, trilogi film kedua dimulai dengan film keempat dalam seri, Jurassic World.

Menyusul, Fallen Kingdom (2018) yang menjadi film terlaris ketiga tahun 2018 dan film terlaris ke-13 sepanjang masa. Film terakhir dalam trilogi, Jurassic World Dominion, dijadwalkan rilis pada 10 Juni 2022.

14. Pirates of the Caribbean (5 Film)

Pirates of the Caribbean adalah serangkaian film fantasi yang mengikuti petualangan Kapten Jack Sparrow (Johnny Depp). Film diproduksi oleh Jerry Bruckheimer.

Serial film ini dimulai pada tahun 2003 dengan Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl, yang mendapat sambutan positif dari penonton dan kritikus film.

Setelah kesuksesan film pertama, film kedua dari franchise tersebut, dengan subjudul Dead Man’s Chest, dirilis pada tahun 2006.

Film ketiga dalam seri, At World’s End, menyusul rilis tahun 2007. Disney merilis film keempat, dengan subjudul On Stranger Tides, pada 2011.

15. The Twilight Saga (5 Film)

The Twilight Saga adalah seri lima film fantasi romantis bertema vampir dari Summit Entertainment berdasarkan empat novel yang diterbitkan oleh Stephenie Meyer.

Angsuran pertama, Twilight, dirilis pada 21 November 2008. Diikuti angsuran kedua, New Moon pada 20 November 2009.

Judul ketiga, Eclipse, dirilis pada tanggal 30 Juni 2010. Adaptasi dua bagian dari Breaking Dawn menyusul hadir pada 18 November 2011, dan 16 November 2012.

Penutup

Nah, itulah film hollywood dengan sekuel terbanyak saat ini. Apakah ada film favoritmu yang masuk daftar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.