Dompet Digital Rekomendasi Untuk Alternatif Transaksi

By digitek

Penggunaan dompet digital sebagai alternatif metode transaksi makin meningkat. Bank Indonesia (BI) merekam terjadinya peningkatan transaksi non-tunai ini mencapai Rp 2.774,5 triliun tahun 2020 lalu. Secara persentase, peningkatan ini melebihi 13 persen.

Apa lagi situasi pandemi juga memberi pengaruh besar terhadap perubahan ini. Adanya protokol kesehatan, mendorong masyarakat untuk mengurangi transaksi dengan uang fisik.

*—*

Kemudahan akses hanya dari perangkat telepon pintar tentu jadi nilai tambah bagi pengguna. Khususnya dalam rangka mengurangi jumlah agenda keluar rumah yang tersedia alternatifnya seperti pembayaran tagihan.

Beberapa dompet digital ini sendiri mengembangkan fitur ekstra. Tidak hanya berhenti pada fungsi pembayaran, aplikasi ini juga memfasilitasi penggunanya untuk mengelola keuangan rutin dengan baik. Seperti fitur perencanaan uang bulanan ataupun target simpanan pribadi.

Dompet Digital Untuk Alternatif Metode Transaksi

*—*

Alternatif dompet digital di perangkat seluler saat semakin banyak. Berbagai pengembang aplikasi mobile dari latar belakang yang berbeda melihat celah pada perubahan kebiasan masyarakat dalam bertransaksi. Mulai dari pengembang berlatar belakang industri perbankan, hingga para pemain baru di sektor ini marak menjajakan layanan efisien ini melalui telepon pintar.

Menyikapi perubahan yang mulai terasa semakin berpengaruh ini, lebih bijak kita untuk tidak terbawa arus begitu saja. Konstruksi pemikiran yang matang menjadi kebutuhan sebelum mengambil keputusan layanan baru ini. Karena lingkungan keuangan adalah hal yang krusial bagi setiap orang, terkhusus keuangan pribadi.

Kita bisa mengatur seberapa tinggi tingkat penggunaan rutin terhadap layanan dompet digital. Juga menimbang dengan matang keputusan pilihan layanan paling ideal. Sebelumnya, kita perlu melihat jelas sisi keuntungan dan tantangan dari penawaran berbagai layanan ini.

Keuntungan Menggunakan Dompet Digital

Penyedia layanan dompet digital menawarkan berbagai keuntungan bagi pengguna. Mengenali penawaran ini membantu kita memanfaatkan fitur dan layanan sebaik mungkin. Juga mengatur seberapa tinggi tingkat kebutuhan kita pada layanan dompet digital.

*—*

Kami merangkum beberapa keuntungan bagi pengguna dari berbagai aplikasi dompet digital yang beredar.

Mudah dan Praktis

Semua layanan dompet digital yang berjalan tersedia dalam perangkat telepon pintar. Hanya dalam hitungan menit, kita sudah bisa mengunduh dan memasangnya ke dalam perangkat. Rata-rata ukuran aplikasi dompet digital ini pun masuk ke kategori ringan. Sehingga tidak membebani operasional perangkat kita.

Setelah terpasang, pembuatan akun dan personalisasinya juga sangat mudah dan singkat. Umumnya, tidak memakan waktu terlalu lama untuk kita memasukkan data pribadi ke dalam aplikasi. Dalam hitungan menit, layanan dompet digital akan bisa digunakan.

Bisa Dihubungkan Dengan Rekening

Layanan dompet digital yang lebih modern memungkinkan akunnya terhubung dengan rekening pribadi. Menjadi metode pengganti dari cara mengisi saldo di merchant pendukung. Semakin menghemat waktu dan kita bisa mengalokasikannya untuk memenuhi kebutuhan lain.

Rata-rata biaya yang dikenakan untuk fitur ini pun cenderung ringan. Antara Rp 1.000,- hingga Rp 5.000,- per pengisian saldo dompet digital. Tetap lebih ringan dibandingkan waktu dan ongkos yang bisa dihemat dibandingkan mengisi saldo melalui counter fisik. Beberapa layanan bahkan tidak mengenakan biaya pada fitur ini.

Keamanan Terjaga

Layanan dompet digital umum yang bisa kita temukan sudah menggunakan tingkat keamanan perbankan. Sebagian besar sudah menerapkan enkripsi berlapis kepada data dan informasi privasi pengguna aplikasi. Jadi, resiko kebocoran data pengguna bisa dihindari. Pengguna bisa mempercayakan lebih baik layanan keuangan pada metode ini.

Masing-masing layanan dompet digital ini pun memiliki layanan pelanggan 24 jam. Memfasilitasi pengguna untuk mendapatkan informasi yang jelas. Juga melayani keluhan jika terjadi kesalahan teknis dalam pengoperasian aplikasi.

Riwayat Transaksi Tercatat

Dengan menggunakan dompet digital, seluruh riwayat transaksi tercatat dengan rapi. Cocok untuk kita yang berencana mengelola keuangan pribadi dengan detail. Ataupun keluarga yang mengedepankan transparansi finansial di dalam keluarganya.

Riwayat transaksi yang jelas ini juga memudahkan kita untuk mengevaluasi kebiasaan finansial. Mengukur seberapa tepat distribusi kas rutin pengguna. Sehingga bisa lebih bijak dalam pengambilan keputusan finansial skala kecil.

Bukti dan riwayat transaksi ini juga jadi pegangan yang baik untuk transaksi-transaksi pengguna di sektor non-formal. Seperti pelaku bisnis online ataupun pekerja-pekerja dengan pola baru dalam transaksi rutinnya.

Promo Menarik

Dompet digital tentu adalah hal baru dalam kebiasaan keuangan masyarakat kita. Tidak semuanya menerima secara cepat layanan ini. Berbagai pertimbangan dan isu berkembang atas layanan yang masih terbilang unik ini.

Dengan situasi tersebut, berbagai layanan dompet digital melakukan aktivitas edukasi dan persuasi. Salah satunya dengan memberikan berbagai promo menarik kepada pengguna baru. Promo menarik ini pun didistribusikan melalui saluran-saluran pembayaran dan merchant yang bekerjasama.

Tidak hanya bagi pengguna baru, promo menarik ini juga berlaku untuk pengguna lama. Memastikan aktivitas keuangan pengguna di layanan mereka tetap baik. Fitur-fitur bebas biaya transfer dan diskon di berbagai merchat bekerjasama umumnya tetap tersedia bagi pengguna lama.

Memberikan kesempatan kita untuk lebih bisa menghemat anggaran. Selagi memanfaatkan promo tersebut dengan benar. Bukan justru melakukan transaksi tidak terkendali karena banyaknya promo yang ditawarkan.

Perencanaan Keuangan

Dalam beberapa layanan dompet digital, kita bisa menemukan fitur untuk mengelola distribusi kas. Fitur ini membantu kita merencanakan keuangan rutin dengan memisahkan kas berdasarkan kebutuhan. Misal untuk belanja harian, anggaran transportasi, dan kebutuhan lainnya.

Tidak hanya di sisi pengeluaran, fitur ini juga mendukung perencanaan simpanan. Kita bisa membuat perencanaan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Seperti tabungan pernikahan, rumah, kendaraan, dan berbagai rencana pribadi lainnya.

Tentu fitur yang positif untuk pengguna. Mendorong perencanaan keuangan rutin dan jangka panjang yang lebih baik.

Beberapa aplikasi dompet digital ini juga sudah bermitra dengan layanan investasi dan asuransi. Memudahkan pengguna yang memiliki minat dalam berbagai bentuk investasi untuk mengalokasikan dana rutin. Mulai dalam bentuk emas, reksadana, pasar uang, dan bentuk lainnya.

Adaptasi Dengan Dompet Digital

Layanan dompet digital menawarkan keuntungan dan kemudahan yang sangat banyak. Tapi bukan berarti penggunaannya tidak akan menemukan kendala. Bisa kita lihat dari kesadaran aplikasi dompet digital menyediakan layanan pelanggan yang aktif 24 jam.

*—*

Penyedia layanan memiliki kesadaran bahwa metode baru transaksi ini akan memerlukan banyak adaptasi. Penyesuaian tersebut akan dibentuk salah satunya dari kebiasaan, keluhan, dan kendala pengguna.

Adapatasi yang masih perlu kita sikapi dengan bijak diantaranya adalah hal-hal berikut ini.

Layanan Terbatas

Layanan dompet digital yang beredar memiliki segmen prioritasnya sendiri. Ada yang dikembangkan untuk lingkungan pekerja kreatif. Lainnya berusaha mengakomodir pebisnis dan mendapatkan pengembangan khusus untuk pekerja kantoran.

Tentu antara layanan yang memiliki prioritas berbeda ini tidak seluruhnya cocok dengan kebutuhan kita. Mempelajari rincian layanan dan tidak memutuskan terlalu cepat untuk menjadi pengguna setia bisa kita lakukan untuk prosesnya.

Dalam kasus tertentu, aplikasi dompet digital ini pun masih terbatas dalam jangkauan wilayahnya. Pada demografi yang berbeda, kita mungkin akan kesulitan menggunakan layanan ini. Salah satu kondisi yang mungkin terjadi adalah karena belum cukup merchant pendukung di wilayah tersebut. Ataupun masyarakat lokal yang masih menggunakan uang fisik sebagai prioritas.

Tidak Bisa Diuangkan

Tentu saja saldo dari dompet digital kita tidak bisa dikonversi menjadi uang fisik. Beberapa layanan juga menerapkan transaksi minimal untuk transfer. Sehingga untuk kebutuhan transaksi konvensional, kita perlu memiliki rencana sendiri secara terpisah.

Kondisi yang paling memungkinkan untuk kebutuhan uang fisik di kondisi darurat adalah dengan transfer saldo ke layanan perbankan. Tentu saja setelahnya kita perlu menarik tunai dari ATM terdekat dari layanan perbankan yang kita gunakan.

Rekomendasi Dompet Digital Untuk Tagihan Rutin

*—*

Tidak semua layanan dompet digital perlu kamu gunakan. Layanan-layanan ini mempunya arah pengembangan sesuai kebutuhan dan segmen prioritas masing-masing. Mengkombinasikan beberapa layanan untuk mendapat keuntungan lebih bisa jadi pilihan. Dari itu ayo kita ulas satu per satu detail layanan dompet digital berikut ini.

DANA

Layanan dompet digital yang aktivitas promonya sangat tinggi. Dengan #GANTIDOMPET menjadi salah satu pelopor penggunaan dompet digital di Indonesia. Pergerakan promosinya di lini-lini yang strategis berhasil mendapatkan 10 juta pengguna aplikasi. Sebuah prestasi yang sangat baik, melihat pengembangnya yang bukan termasuk lingkungan perbankan konvensional.

*—*

Sinkronisasi Dengan Kartu Kredit & Debit

Pengguna DANA bisa menghubungkan kartu kredit ataupun debit ke dalam aplikasi layanan. Dengan menghubungkan kartu kredit ataupun debit, pengguna tidak perlu repot lagi untuk mengisi saldo dengan transfer ataupun pergi ke merchant yang bekerjasama.

Pembayaran

DANA punya berbagai fitur yang menarik di dalamnya. Mulai dari layanan pembayaran yang mendukung banyak kebutuhan, seperti:

Asuransi

Di dalam aplikasinya, DANA juga mendukung pembayaran polis asuransi dari berbagai penyedia, mulai BPJS Kesehatan, Jiwasraya, dan Tokio Marine. Selain pembayaran, DANA juga menyediakan fitur bagi penggunanya yang ingin mendaftarkan diri di layanan asuransi.

Transfer & Request

Untuk kebutuhan pembayaran lain dan aktivitas perbankan DANA juga memiliki layanan khusus. DANA mendukung transfer ke berbagai bank. Uniknya, DANA memberikan gratis biaya transfer sebanyak 10 kali setiap bulan. Dengan minimal nominal Rp 50.000,- per transfer. Jadi pengguna bisa lebih menghemat biaya transfer dengan aplikasi ini.

Pengguna juga bisa menggunakan fitur request untuk keperluan tagihan perorangan ataupun kebutuhan serupa. Fitur request ini mendukung pembayaran bagi sesama pengguna aplikasi, QRIS, dan pilihan pembayaran lainnya.

Kecocokan

Secara singkat layanan ini akan sangat cocok untuk pekerja ataupun pebisnis dengan tingkat mobilitas tinggi. Fitur pembayaran yang cepat dan mudah tanpa perlu pergi ke counter fisik sangat mendukung kebutuhan kelompok ini.

OVO

*—*

Transfer & Pembayaran

Pengguna OVO bisa menikmati fitur transfer dengan mudah langsung di aplikasi. Transfer ini bisa ditujukan kepada sesama pengguna aplikasi OVO ataupun berbagai layanan perbankan. Selain transfer dengan kedua cara tersebut, OVO juga bisa melakukan pembayaran dengan fitur scan QR yang tersedia di dalam aplikasi.

Partnership Dengan Tokopedia

Kerjasama OVO dengan Tokopedia mungkin jadi salah satu nilai jual favorit untuk penggunanya. Dari kerjasamanya, pengguna bisa menikmati berbagai promo menarik yang ditawarkan. Juga pengguna OVO bisa menggunakan layanannya sebagai pilihan pembayaran secara langsung di dalam aplikasi Tokopedia

Promo

Selain kerjasama dengan Tokopedia yang menghasilkan banyak promo untuk pengguna, OVO juga punya banyak promo menarik. Salah satunya adalah fitur Points. Fitur ini tersedia untuk pengguna sebagai apresiasi karena telah menggunakan OVO sebagai pilihan layanan dompet digitalnya.

Points akan terus meningkat di setiap transaksi pengguna. Jadi pengguna yang aktif berbelanja akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Pengguna mendapatkan keuntungan dari promo reguler yang umumnya berbentuk diskon dan sistem Points yang diterapkan OVO. Pada nilai tertentu, Points yang telah dikumpulkan bisa digunakan sebagai metode pembayaran seperti saldo utama OVO. Menarik ya

Merchant

Ada lebih dari 60.000 merchant pendukung OVO yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah merchat yang sangat banyak tersebut memberikan pengguna keleluasaan untuk menikmati berbagai promo menarik dan aktivitas transaksi lainnya.

Kecocokan

Aplikasi OVO menjadi dompet digital yang cocok untuk segmen dengan tingkat transaksi harian tinggi. Segmen ini bisa teridentifikasi sebagai pelaku bisnis online di kelompok usaha mikro. Juga cocok untuk kelompok pekerja yang ada di lingkungan penjualan dengan aktivitas pertemuan dan mobilitas dengan klien yang tinggi.

GOPAY

*—*

Layanan dompet digital GOPAY sedikit berbeda dengan layanan lain. Pasalnya GOPAY tidak berdiri sebagai satu aplikasi dompet digital sendiri. Keberadaannya menjadi bagian dari layanan inti dari aplikasi GOJEK. Ya, maklum saja GOPAY sendiri awalnya ada sebagai perangkat pembayaran di internal aplikasi antara pengguna dengan mitra GOJEK.

Jadi, sulit memisahkan antara pengguna layanan dompet digital GOPAY dengan fitur-fitur GOJEK lainnya. Beberapa kemudahan dan fasilitas yang bisa dinikmati pengguna antara lain seperti berikut ini.

Pembayaran

Tentu saja seperti fungsi dasarnya, GOPAY bisa digunakan untuk pembayaran seluruh fitur dari GOJEK. Fitur ini meliputi pemesanan makanan, ojek motor/mobil, obat, belanja kebutuhan harian, pengiriman barang, dan banyak fitur lainnya.

GOPAY PLUS dan Paylater

Pengguna memiliki kesempatan meningkatkan akun menjadi GOPAY+ untuk mendapatkan lebih banyak dukungan layanan. Dengan memverifikasi identitas pribadi, pengguna akan mendapatkan fitur transfer, peningkatan limit saldo hingga 10 juta, penarikan tunai di ATM BCA, dan bisa menikmati fitur Paylater.

Dengan fitur Paylater, pengguna bisa menikmati layanan pembayaran di seluruh aplikasi dengan limit yang diatur oleh GOJEK. Pengguna baru akan diwajibkan membayar dan mengganti limit di awal bulan berikutnya. Setelah dibayarkan, pengguna akan mendapatkan limitnya kembali.

Tagihan

Selain untuk layanan yang berada di dalam GOJEK, ada banyak tagihan lain yang bisa didukung pembayaran GOPAY. Beberapa tagihan yang mendapat dukungan dalam aplikasi antara lain:

  • Isi pulsa dan paket data
  • Pembayaran tagihan
    • Listrik
    • PDAM
    • BPJS
    • Internet dan TV Kabel
    • Telepon
    • Pembiayaan multiguna
    • Gas PGN
    • Tagihan pendidikan (kampus dan bimbel)
    • Voucher digital
    • Layanan Streaming
    • Asuransi
  • Pembayaran layanan publik
    • eKIR
    • PBB
    • PKB
    • Retribusi
    • Pajak daerah

Selain layanan pembayaran yang ada di daftar tersebut, GOPAY juga mendukung pembayaran untuk keperluan donasi melalui BAZNAS. Seluruh layanan yang menggunakan QRIS juga mendapakan dukungan pembayaran dengan fitur GOPAY.

Transfer

Tidak mau berhenti di layanan pembayaran saja, GOPAY juga saat ini mendukung untuk keperluan transfer ke berbagai bank. Pengguna bisa menikmati transfer ke layanan perbankan dengan biaya Rp 2.500,- per transaksi.

Kecocokan

Dengan aplikasi dompet digital yang berada satu ruang dengan layanan ojek online, layanan ini menjangkau segmen yang sangat luas. Hampir seluruh kebutuhan bisa terfasilitasi dalam dompet digital ini. Tantangan bagi pengguna adalah mengelola penggunaannya dengan bijak.

LinkAja

*—*

Plat merah tidak mau ketinggalan dalam sektor bisnis layanan dompet digital. Bekerjasama dengan Telkomsel, himpunan bank milik negara mengembangkan layanan LinkAja. Layanan ini sendiri sebelumnya telah eksis dengan nama Telkomsel Cash (t-cash).

Transfer & Pembayaran

Dengan bekal lahir dari himpunan bank milik negara, tentan LinkAja memfasilitasi penggunanya dengan fitur transfer. Pengguna bisa melakukan transfer melalui LinkAja ke berbagai rekening mulai dari nominal Rp 10.000,- per transaksi. Keuntungannya, LinkAja memberikan bebas biaya transfer kepada pengguna.

Selain transfer ke layanan perbankan, pengguna LinkAja bisa melakukan pembayaran untuk berbagai keperluan, seperti:

  • Tagihan Listrik
  • Tagihan PDAM
  • BPJS Kesehatan
  • Layanan PT KAI

Pengguna juga bisa menggunakan LinkAja untuk seluruh layanan dengan QRIS.

Isi Saldo Uang Elektronik

Pengguna bisa mengisi saldo uang elektronik dari layanan bank BUMN dengan LinkAja. Seperti TapCash milik BNI, emoney milik mandiri,. dan BRIZZI milik BRI.

Tiket Masuk KRL Commuter Line

Sebagai bagian dari perusahaan plat merah, LinkAja memiliki jaringan kerjasama dengan PT Kereta Commuter Indonesia yang menaungi layanan Commuter Line di JABODETABEK. Lewat kerjasama ini, pengguna LinkAja bisa menggunakan aplikasi sebagai metode pembayaran di pintu masuk dan keluar stasiun Commuter Line.

Aplikasi dompet digital LinkAja bisa menggantikan metode pembayaran lain di stasiun Commuter Line. Setara dengan Kartu Single-Trip, Kartu Multi Trip, dan Kartu Uang Elektronik.

Kecocokan

Dari fiturnya, dompet digital ini cocok untuk pengguna layanan-layanan BUMN secara rutin. Khususnya yang menggunakan layanan Commuter Line seperti pekerja kantoran di lingkungan JABODETABEK.

Kesimpulan

Berbagai layanan dompet digital tersedia untuk kita gunakan. Beberapa layanan lain yang tidak tercantum dalam daftar juga tetap bisa menjadi pilihan. Setiap layanan memiliki keunggulan dan prioritas pelanggan masing-masing.

Penggunaan Bijak

Kita dituntut untuk semakin bijak dalam sisi keuangan. Adanya banyak layanan tidak berarti harus digunakan seluruhnya. Sesuaikan dengan rencana finansial dan optimalkan fasilitas yang tersedia untuk pemenuhan kebutuhan yang lebih efisien.

Hindari dorongan pengeluaran akibat promo yang tidak relevan dari penyedia layanan dompet digital. Agar seluruh rencana keuangan kita tepat berjalan dengan baik.

Tetap Siapkan Uang Fisik

Pada kenyataannya dompet digital masih ditempatkan sebagai alternatif dari transaksi menggunakan uang fisik. Beberapa kebutuhan masih belum bisa sepenuhnya menggunakan layanan ini. Untuk menghindari situasi darurat yang membutuhkan uang fisik, distribusikan anggaran ke dalam dompet digital sesuai dengan kebutuhan. Bentuk lainnya bisa kita simpan di layanan perbankan secara umum ataupun uang fisik yang tersedia di kantong pribadi.

Tinggalkan Balasan